Perkebunan Kelapa Sawit Harus Peduli Hak Anak

Mtc/James Jumat, 10 Agustus 2018 10:50 WIB
Istimewa
Direktur Eksekutif Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA), Keumala Dewi
MATATELINGA, Medan: Perkebunan kelapa sawit di Sumatera Utara diminta berkomitmen penuh untuk memenuhi hak-hak anak terutama di area perkebunan dan lingkar perkebunan. Permintaan tersebut dikemukakan Direktur Eksekutif Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA), Keumala Dewi, berkaitan pelaksanaan serial konsultasi daerah tentang Advokasi Hak Anak dalam Prinsip Bisnis dan HAM kepada kalangan pemerintah, sektor bisnis, media massa dan masyarakat di Sumatera Utara, di Medan (9/8/2018) lalu.

"Perusahaan perkebunan kelapa sawit wajib menghormati dan melindungi anak-anak dari berbagai dampak negatif operasional persusahaan. Indonesia telah memiliki banyak regulasi baik adopsi dari regulasi internasional maupun regulasi nasional dan lokal. Sebagai pedoman penghormatan, pemenuhan dan perlindungan hak anak telah di tersedia pedoman bisnis dan hak anak" ujar Keumala Dewi.


Menurutnya, serial konsultasi daerah tahap awal tersebut akan dilaksanakan PKPA di Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Langkat dengan tujuan untuk menindaklanjuti rekomendasi workshop dan stakeholders meetting penerapan Children's Rights and Business Principles (CRBP) atau prinsip-prinsip bisnis dan hak anak yang dilakukan PKPA Mei 2018 lalu.

"Tujuan lain dari konsultasi daerah ini adalah untuk memetakan potensi sinergi advokasi multistakeholders dalam kerangka penerapan CRBP di sektor perkebunan dan industri minyak sawit serta membentuk forum atau jejaring CRBP yang melibatkan multistakeholder kunci di Sumatera Utara" paparnya.

Desa Perkebunan Layak Anak

Misran Lubis, Senior Officer PKPA yang menjadi fasilitator konsultasi tersebut mengungkapkan bahwa dari total luas perkebunan kelapa sawit di Indonesia, maka 70 persen berada di Pulau Sumatera dan Sumatera Utara merupakan wilah pertama kali kebun sawit dikembangkan dan posisi Sumatera Utara merupakan terbesar kedua setelah Riau dengan luas mencapai 1.2 juta hektare.


Menurutnya, sektor perkebunan sawit masih memiliki masalah mulai dari deforestasi, korupsi, pekerja anak, sampai pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

"Kita harus ingat bahwa resolusi Parlemen Uni Eropa telah menyerukan syarat mutlak bagi industri kelapa sawit yaitu harus sepenuhnya menghormati HAM dan sosial mendasar serta mematuhi sepenuhnya standar ketenagakerjaan memadai yang dirancang untuk menjamin keselamatan dan kesejahteraan pekerja di perkebunan sawit" tegasnya. 

Point penting lain dari resolusi tersebut adalah masalah pekerja anak. Hal tersebut bukan hanya persoalan ada tidaknya pekerja anak di perkebunan, tetapi juga berkaitan dengan kesejahteraan anak secara komprehensif dan berkelanjutan.


"Perbincangan kita sekarang tidak lagi pada soal ada tidaknya pekerja anak atau buruh anak di perkebunan kelapa sawit. Lebih penting adalah hubungan sektor bisnis dengan anak terkait banyak hal baik hubungan yang berdampak positif untuk perlindungan dan kesejahteraan anak, maupun dampak-dampak negatif yang melanggar hak-hak anak" jelas Misran Lubis.

Menurut Misran Lubis, dalam proses itulah saat ini PKPA telah menggalang kerjasama untuk penarapan dua desa layak anak di area perkebunan di Kabupaten Langkat dan satu desa di area lingkar perkebunan sawit di Kabupaten Deli Serdang. 

"Di Langkat PKPA telah bekerjasama menerapkan desa layak anak di Desa Amal Tani dengan PT. Amal Tani dan di Desa Bekiun dengan PT. Langkat Nusantara Kepong (LNK), sementara di Deli Serdang di Desa Damak Maliho" terangnya.


Terkait goal dari konsultasi daerah tentang hak anak dalam prinsip bisnis yang saat ini digalang PKPA, menurut Keumala Dewi, pihaknya berharap agar pihak-pihak terkait semaksimal mungkin menerapkan Children Right and Coorporate Social Responsibility (CCSR).

Menurutnya, tidak cukup pada pencegahan dan penghapusan pekerja anak di perkebunan saja, jauh lebih penting adalah perusahaan harus memastikan agar seluruh aktivitas perusahaan berdampak positif terhadap tumbuh-kembang anak secara menyeluruh. 

"Anak-anak merupakan pemangku kepentingan dalam pekebunan kelapa sawit. Mereka hidup di are kebun, mereka anggota keluarga dari karyawan, pekerja masa depan dan sekaligus sebagai konsumen dari produk kebun itu sendiri" pungkas Keumala Dewi.
Editor: James P Pardede

T#g:AnakMatatelingaPKPAPerkebunan Kelapa SawitSumutTerkini
Komentar
Jumat, 03 Jul 2020 23:45Lifestyle

Hubungan Asmara Cita Citata dengan Roy Geurts, Kenapa..?

Sebelumnya diberitakan, Cita Citata mengumumkan bahwa hubungan asmaranya dengan Roy Geurts sudah berakhir.

Jumat, 03 Jul 2020 23:30Berita Sumut

Diduga Pelaku Kerusuhan Mompang Julu, 11 Orang Diamankan Polres Madina

Sebanyak 11 orang diduga pelaku kerusuhan di Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Madina, diamankan. Hal tersebut dikatakan Dikabarkan Kapolres Mandailing Natal (Madina) AKBP Horas Tua Silalahi.

Jumat, 03 Jul 2020 23:15Bola

Kabar Buruk Menimpa Lazio, Jelang Laga Lazio vs Milan

jelang laga kontra AC Milan pada pekan 30 Liga Italia 2019-2020, Minggu 5 Juli dini hari WIB, kabar buruk menimpa Lazio

Jumat, 03 Jul 2020 23:00Nasional

Diduga Kasus Suap Proyek, Bupati Kutai Timur dan Istrinya Tersangka

Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur, ISM, dan istrinya yang merupakan Bupati Kutai Timur, EU ditetapkan KPK sebagai tersangka suap terkait proyek pekerjaan infrastruktur tahun anggaran 2019 sampai 2020

Jumat, 03 Jul 2020 22:07Internasional

Insiden Tanha Longsor dikabarkan 162 Orang Meninggal

Dalam insiden tanah longsor di sebuah pertambangan batu giok di Myanmar sebelah utara meninggal meningkat sedikitnya 162, dan dikhawatirkan lebih banyak lagi yang tewas, kata pihak berwenang.

Jumat, 03 Jul 2020 21:00Berita Sumut

Angkutan Kota Ludes Terbakar, Penumpang Selamat

Para pengguna jalan raya matanya tertuju pada Angkutan kota jurusan Terminal Sambo-Tanjung Morawa padat penumpang. Pasalnya, angkutan Kota terbakar di kawasan Jalan Sisingamangaraja Medan

Jumat, 03 Jul 2020 20:53Berita Sumut

Hilang Kendali Truk Bermuatan Kayu Nyaris Timpa Rumah Warga

Satu unit Truk Colt Diesel BK 9441 YK berwarna kuning bermuatan kayu terbalik di Jalan Medan Km 6, Kelurahan Tanjung Tongah, Kecamatan Siantar Martoba Pematangsiantar

Jumat, 03 Jul 2020 19:50Berita Sumut

Mantan Polisi Serang Polisi, Terkapar di Terjang Timah Panas

Personil Reskrim Polsek Medan Timur terpaksa menembak seorang pelaku narkoba di Jalan Bukit Barisan Gang Pandan Kelurahan Glugur Darat II Kecamatan Medan Timur

Jumat, 03 Jul 2020 19:35Berita Sumut

Karyawan Mini Market Di Tebing Tinggi Positif Covid-19

Seorang karyawan mini market menambah daftar warga Tebing Tinggi yang terpapar covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab.

Jumat, 03 Jul 2020 19:20Berita Sumut

Dua Puluh Tahanan Polres Tebing Tinggi Jalani Rapid Test

Sebanyak 20 orang tahanan Polres Tebing Tinggi menjalani rapid test COVID-19, Jumat (3/7/2020), di Mapolres Tebing Tinggi

Jumat, 03 Jul 2020 19:05Berita Sumut

Mendagri Tito Karnavian Turun Langsung Koordinasikan Kesiapan Pilkada di Wilayah Sumut

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian turun langsung untuk mengkoordinasikan kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Sumatera Utara.

Jumat, 03 Jul 2020 18:50Berita Sumut

Ketua Bhayangkari Sumut Serahkan Paket Bansos Bagi Tim Medis

Ketua Bhayangkari Polda Sumut, Ny Risma Martuani Sormin, menyerahkan bantuan sosial (bansos-red) kepada para tim medis

Jumat, 03 Jul 2020 18:35Nasional

Pangdam I/BB Kunjungan Kerja Ke Polda Riau

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA. MSc., melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Mapolda Riau dan disambut langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si. beserta PJU Polda Riau

Jumat, 03 Jul 2020 18:20Berita Sumut

Pangdam I/BB : Laksanakan Tugas Secara Profesional, Tingkatkan Soliditas antara TNI-Polri

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA., MSc., Melaksanakan kunjungan perdananya ke satuan wilayah jajaran Kodam I/BB yaitu Korem 031/WB Pekanbaru Prov. Riau dan disambut langsung oleh Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI M. Syech Ismed, S.E, M.Han serta Pra

Jumat, 03 Jul 2020 18:05Internasional

Pembunuhan Jurnalis Jamal Khasoggi di Tahun 2018 Mulia di Sidangkan

Persidangan terhadap 20 pejabat Arab Saudi atas pembunuhan jurnalis Jamal Khasoggi di tahun 2018, akan mulai disidangkan pengadilanTurki

Jumat, 03 Jul 2020 17:50Nasional

Satgas Yonif 125/Simbisa Dampingi Guru Saat Pendaftaran Siswa Baru

Salah satu tujuan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana yang tertuang di dalam Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.