• Home
  • Berita Sumut
  • Persoalan Aset, Banjir Hingga Sampah Warnai LPJ APBD 2018 Kota Medan

Persoalan Aset, Banjir Hingga Sampah Warnai LPJ APBD 2018 Kota Medan

Amrizal Selasa, 23 Juli 2019 16:48 WIB
mtc/net
MATATELINGA, Medan: Sejumlah fraksi DPRD Medan menyoroti tidak maksimalnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota Medan. Selain itu, persoalan banjir, sampah, infrastruktur dan aset juga dijadikan sebagai catatan untuk pembenahan kota.






Seperti disampaikan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan lewat juru bicara Drs Daniel Pinem terhadap Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Pelaksanaan APBD Kota Medan TA 2018 di sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung, Senin (22/7/2019). 

Daniel menyebutkan, banyak aset Pemko Medan
yang kini dialihkan ke pihak ketiga. Diantaranya, Lahan Cadika Pramuka di Medan Johor, Lapangan Gajah Mada Jalan Krakatau Medan, Pasar Tradisional Pringgan, Buana Plaza Aksara, Lahan Pekuburan di Medan Permai, Kuala Bekala, dan lainnya.

"Jadi kami menilai ada kebobrokan pengelolaan aset oleh Pemko Medan. Kita minta kedepannya tingkatkan pengawasan aset. Berikutnya terkait pengurangan volume pekerjaan atas 54 paket pekerjaan jalan, irigasi dan jaringan yang menjadi temuan BPK agar segera ditindaklanjuti,''sebut Daniel meminta Pemko Medan segera mengatasi persoalan sampah dan banjir.

Sementara Fraksi Demokrat yang disampaikan Herry Zulkarnain meminta agar dilakukan perbaikan manajemen pengelolaan serta optimalisasi pengawasan di lapangan terhadap sumber-sumber penerimaan PAD. Aeperti retribusi parkir di tepi jalan umum, retribusi sampah dan lainnya.






Banyaknya ruas jalan protokol di Kota Medan mengalami kerusakan, lampu penerangan jalan umum yang tidak terawat, permasalahan banjir yang masih terjadi di beberapa titik, tidak terlaksananya perbaikan sarana dan prasarana puskesmas, drainase yang rusak, akibat kurang maksimalnya kinerja sebagian SKPD dalam pencapaian prestasi kinerja. 

Sehingga berakibat minimnya serapan anggaran dari setiap anggaran yang ditetapkan. 

"Ada kelemahan dan kekurangtelitian Pemko Medan dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kinerja yang telah ditetapkan.  Besarnya Silpa hingga Rp67 miliar lebih tidak seharusnya terjadi,"sebutnya. 

Sedangkan Fraksi Partai Keadilan Sosial (PKS) meminta agar dilakukan pengawasan terhadap pohon-pohon. Apalagi belakangan ini terjadi hujan disertai angin kencang sehingga berpotensi merubuhkan pohon, bilboard dan lain sebagainya.

"Kami juga mendesak pemerintah kota medan agar segera membuat sistem early warning system atau sistem peringatan dini kepada masyarakat disepanjang bantaran sungai sehingga masyarakat dapat melakukan persiapan ketika air sungai naik secara cepat,''sebut H Jumadi, juru bicara PKS. 





Selain itu diingatkan pemerintah kota medan agar segera berkoordinasi dengan pihak kepolisian resort Kota Besar Medan dan Polres KP3 Belawan untuk meningkatkan kembali keamanan di kota medan karena beberapa pekan terakhir ramai di media sosial aksi begal yang dilakukan di jalur underpass titi kuning yang terekam kamera cctv milik warga. 

"Pencapaian pendapatanpada sektor retribusi parkir tepi jalan umum sangat rendah. Jika kepala  dinas perhubungan tidak mampu mendongkrak pendapatan dari sektor ini, maka kami rekomendasikan ganti,''sebut Jumadi pada paripurna yang dihadiri Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin dan Wakil Walikota Akhyar Nasution.

Kendati memberikan sejumlah kritik dan masukan, namun 3 fraksi ini menyatakan menerima dan menyetujui LPj 2018 ini untuk disahkan dan ditetapkan menjadi peraturan Daerah Kota Medan. (mtc)
Editor: faeza

T#g:Matatelingamatatelinga.commatatelinga comTerkiniTravelokablibliDPRD Medanlpj apdb 2018Pemko Medan
Komentar
Selasa, 20 Agu 2019 09:45Nasional

Mabuk Kendarai Motor, Dua Pemuda ini Viral Pasca Terobos Barisan Upacara

Peringatan HUT kemerdekaan ke-74 RI. Sebuah video yang menampilkan dua pemuda

Selasa, 20 Agu 2019 09:30Ekonomi

Usai Penyerangan Kilang Minyak Aramco, Harga Minyak Naik 2%

Pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB). Harga minyak dunia naik sekitar 2%

Selasa, 20 Agu 2019 09:15Lifestyle

Mengapa Pernikahan Glenn Fredly Digelar Tertutup

Digelar di Taman Kajoe, Ampera, Jakarta. Glenn Fredly dan Mutia Ayu menggelar resepsi pernikahan pasa Senin 19 Agustus 2019 malam.

Selasa, 20 Agu 2019 09:00Ekonomi

Bursa Saham AS, Wall Street Menguat

Pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB). Bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street menguat

Selasa, 20 Agu 2019 08:30Nasional

Pasca OTT, KPK Segel Kantor Dinas PU

Pasca operasi tangkap tangan (OTT) terhadap oknum Jaksa di Yogyakarta. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Selasa, 20 Agu 2019 08:00Internasional

Picu Kemarahan Warganet, Dua Pria Tunggangi Hiu Paus, Viral

Memicu kemarahan warganet (netizen), dua pria yang muncul dalam foto terlihat sedang menunggangi hiu paus yang terancam punah.

Selasa, 20 Agu 2019 07:30Lifestyle

Tanda Kemunculan Dajjal Sudah Dekat, Danau Tiberias jadi Buktinya!

Meskipun tidak ada yang dapat mengetahui kapan hari kiamat itu akan datang kecuali Allah SWT. Setiap umat Islam tentunya harus mengimani hari akhir bahkan kemunculan Dajjal

Selasa, 20 Agu 2019 07:00Nasional

Gudang Amunisi Polda Ludes Dilalap Sijago Merah

Sebanyak 13 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi. Kebakaran terjadi di gudang

Selasa, 20 Agu 2019 06:15Nasional

Cole: Chelsea Tak Perlu Panik, Meski Dua Laga Alami Ke kalahan

Cole menyebut Chelsea untuk tak perlu merasa panik, karena belum juga meraih kemenangan.

Selasa, 20 Agu 2019 06:00Nasional

Asrama Mahasiswa Papua di Jaga Ketat Pihak Kepolisian

Bentrok antara warga dengan penghuni asrama terjadi Senin 19 Agustus 2019 malam. Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen Hamidin meninjau langsung Asrama Mahasisiwa Papua di Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kota Makassar, usai terjadi bentrok.

Senin, 19 Agu 2019 23:57Internasional

Kemenag hingga MUI Dilibatkan, Arab Saudi Susun Fatwa Manasik Haji

Upaya peningkatan kualitas manasik haji. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi akan menggelar workshop

Senin, 19 Agu 2019 23:45Bola

Leroy Sane Batal Gabung dengan Bayern Munich

Di bursa transfer musim panas 2019. Bayern Munich merupakan klub yang paling ngotot untuk merekrut winger Manchester City

Senin, 19 Agu 2019 23:30Lifestyle

Yuk Simak Ciri-ciri Manusia yang Dekat dengan Allah SWT, Apakah kamu Termasuk Didalamnya

Menyebarkan kebaikan tak hanya pada manusia. Namun juga pada hewan dan alam. Kebaikan adalah salah satu sifat terpuji dan mendapatkan ridha dari Allah SWT

Senin, 19 Agu 2019 23:15Bola

Piala AFF U-19 2019, Timnas Indonesia U-19 Sandang Juara Tiga

Laga perebutan gelar juara ketiga Piala AFF U-19 2019. Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19

Senin, 19 Agu 2019 23:00Nasional

Dua Minggu Hilang di Hutan, Anggota Yonif 411 Kostrad Berhasil Temukan Johanis Kanimu

Anggota TNI Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad yang sedang bertugas sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan

Senin, 19 Agu 2019 22:12Berita Sumut

Dandim 0201/BS Hadiri Pencanangan Narkoba

Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J. Sinaga, S.Sos menghadiri acara pencanangan narkoba Provinsi. Sumut sekaligus menyambut Kunjungan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol Heru Winarko melakukan kunjungan kerja di Jalan Klambir V, Kelura