Peserta Didik Berprestasi Pasti Dihargai

Mtc/James Minggu, 17 Desember 2017 15:37 WIB
Istimewa
Peserta didik berprestasi dihargai dengan study tour ke luar negeri, tahun ini ke India
MATATELINGA, Medan : Salah satu cara untuk memotivasi peserta didik berprestasi agar tetap termotivasi mempertahankan prestasinya dan membangkitkan semangat yang lainnya untuk semakin giat dalam belajar adalah dengan memberikan penghargaan. Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) PrimeOne School (POS) Medan sangat menyadari bahwa memberi penghargaan terhadap warga sekolah yang berprestasi merupakan salah satu cara untuk memotivasi agar setiap warga sekolah di POS selalu berusaha melakukan yang lebih baik dari waktu ke waktu.



Oleh karena itu manajemen (POS) menyusun berbagai jenis penghargaan kepada warga sekolah setiap bulan, semester maupun setiap tahunnya. Selain diberikannya penghargaan untuk peserta didik pemenang kompetisi dan guru pelatihnya, ada berbagai penghargaan lainnya yaitu pada setiap bulan diadakan pemilihan Star of The month, The Best Scoring, The Most Progressive, The Cleanest Class, dll.  Di semester I khususnya untuk para guru diadakan pemilihan Pedagogical, Professional, Sociable, Congenial Teacher dan Best Homeroom, Best Lesson Plan.



Penghargaan yang paling ditunggu-tunggu warga sekolah setiap tahunnya adalah Best Of the Best Teacher, Best of The Best Student, Best of the Best Staff, Best Coordinator, Best Attendance,  Penghargaan masa bakti  lima tahun (PELITA), dan masa bakti sepuluh tahun (PERSADA). Bentuk apresiasi dari sekolah adalah berupa Study Tour atau Cultural Tour ke berbagai negara di dunia. Berikut ini adalah negara-negara yang pernah dikunjungi oleh warga sekolah yang berprestasi di POS Medan.



Tahun 2008, mengunjungi Hongkong, Shenzen dan China, 2008-2009 ke Beijing, China, 2009-2010 ke Korea Selatan, 2010-2011 ke Yunnan, China, 2011-2012 ke Perth, Australia, 2012-2013 ke Hongkong, 2013-2014 ke Shanghai, China, 2014-2015 ke Jepang, 2015-2016 ke Vietnam dan 2016-2017 ke India.

Pengurus Yayasan, Nicolas Naihongga menyampaikan bahwa tujuan diadakannya Study Tour atau Cultural Tour adalah untuk memperluas wawasan dan pengetahuan warga sekolah dan memperluas hubungan dengan sekolah-sekolah luar negeri.



Ketika di Beijing misalnya, POS mengunjungi sekolah internasional yaitu Beijing Biis International School. Di Australia, selain mengunjungi tempat-tempat yang indah, POS juga berkesempatan melihat proses belajar mengajar di sekolah Rowellyn Park. Pada saat di Shanghai, POS berkesempatan mengunjungi sekolah Rainbow Bridge International School dan  mengunjungi The Bund Shanghai, Yue Pei Temple, dan yang lainnya.

"Tahun ini kita berkesempatan ke India India (11 - 16 Desember 2017), untuk melihat salah satu keajaiban dunia yaitu Taj Mahal, termasuk mengunjungi The Golden Triangle untuk menambah pengetahuan tentang kekayaan budaya di India," katanya.



Study Tour atau Cultural Tour juga menjadi salah satu saraba untuk menjalin keakraban antara manajemen, guru, dan peserta didik. Berada jauh dari orang tua, peserta didik juga dilatih mandiri dan percaya diri dalam berkomunikasi.

Salah seorang peserta didik kelas 2 SMA, Varenina Valerie menyampaikan bahwa dia sangat senang karena berhasil meraih kesempatan ini setelah berusaha selama satu tahun untuk belajar dengan lebih giat dan menjaga tingkah laku agar tidak melanggar peraturan sekolah.

"Kriteria untuk menjadi Best Of the Best Student selain harus memiliki nilai yang sangat bagus, juga harus tidak tercatat melakukan tindakan yang melanggar tata tertib sekolah," kata Varenina yang juga Ketua OSIS POS Medan.



Sama halnya dengan peserta didik SD kelas 6 Rachel Emily Yeo, dia akan berusaha terus sampai nanti di tingkat SMP untuk tetap mempertahankan prestasinya.

Melihat banyaknya manfaat baik dari pemberian penghargaan-penghargaan yang bergengsi ini, Ketua Yayasan POS Medan Amrin Susilo Halim menyampaikan bahwa POS akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi pendidikan anak-anak dengan menyusun lebih banyak lagi penghargaan.

"Siapa pun orangnya memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan penghargaan. Pesan saya kepada seluruh peserta didik agar terus bersemangat dan antusias dalam mewujudkan yang diimpikannya. Perlu tekad yang kuat serta kemauan bekerja keras untuk meraih sebuah kesuksesan, sukses itu tidak datang dengan sendirinya tapi melalui usaha dan kerja keras yang konsisten," tandasnya. 
Editor: James P Pardede

T#g:Amrin Susilo Halim 039 PrimeOne School MedanPOS Medan
Komentar
Selasa, 24 Apr 2018 09:02Internasional

Usai Lahirkan Anak Ketiganya, Kate Pulang Ke Istana

Kate Middleton selesai menjalani proses lahiran anak ketiganya yang berjenis kelamin laki-laki. Kate, bersama Pangeran William, lalu meninggalkan rumah sakit tempat bersalinnya.

Selasa, 24 Apr 2018 08:45Internasional

Tambah Jumlah Korban, Kali Ini ISIS Penggal Tiga Bersaudar Di Afghanistan

Kelompok teroris ISIS dilaporkan memenggal tiga warga bersaudara di timur Provinsi Nagarhar, Afghanistan, pada akhir pekan lalu. Ketiga korban tersebut berprofesi sebagai petugas medis di wilayah itu.

Selasa, 24 Apr 2018 08:42Internasional

George HW Bush Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Pemakaman Istri

Mantan Presiden Amerika Serikat, George H.W. Bush, dilarikan ke rumah sakit pada Minggu (22/4), satu hari setelah menghadiri pemakaman istrinya, Barbara Bush.

Selasa, 24 Apr 2018 08:37Nasional

Hari Ini Setya Novanto Akan Hadapi Vonis Kasus Korupsi E-KTP

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto alias Setnov bakal menghadapi vonis dalam perkara dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP hari ini, Selasa (24/4).

Selasa, 24 Apr 2018 08:31Nasional

Menkumham Tidak Persoalkan Hukum Cambuk Di Lapas

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly menegaskan bahwa hukuman cambuk tetap bisa dilakukan di lembaga pemasyarakatan. Menurut Yasonna, tak masalah jika pelaksanaan hukuman cambuk di dalam lapas.

Selasa, 24 Apr 2018 08:25Nasional

Moeldoko: Jangan Recoki Jokowi Dengan Hal Yang Tidak Substansi

MATATELINGA, Jakarta: Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko meminta semua pihak memberikan kesempatan kepada Presiden Joko Widodo menyelesaikan tugas-tugasnya. Dia tak ingin masa tugas Jokowi yang tersisa sekitar satu setengah tahun lagi, direcoki hal-hal y

Selasa, 24 Apr 2018 08:21Nasional

Aksi E-Lelang Tas Sembako Jokowi Tuai Kontroversi

Pemerintah mengadakan lelang elektronik (e-Lelang) untuk pengadaan tas sembilan bahan pokok (sembako) bantuan Presiden. Berdasarkan situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Keuangan, proyek pengadaan itu senilai Rp3 miliar.

Selasa, 24 Apr 2018 08:16Nasional

Fadli Zon: Tas Sembako Jokowi Harus Dievaluasi

Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menyindir lelang pengadaan tas sembako presiden yang menelan anggaran senilai Rp3 miliar. Fadli menyebut Jokowi menggunakan anggaran negara untuk kepentingan kampanye jelang pemilihan presiden 2019.

Selasa, 24 Apr 2018 08:15Nasional

Ketum Dharma Pertiwi : Ibu-Ibu Harus Menjadi Sumber Inspirasi Keluarga

Kaum Ibu harus menjadi sumber inspirasi bagi keluarga yang senantiasa memberikan perhatian kepada suami dan anak-anak, baik dalam menjaga kesehatannya, memperhatikan pendidikannnya serta memberi semangat untuk berbuat lebih baik.

Selasa, 24 Apr 2018 08:00Berita Sumut

Beginilah Cara Istri Sihar Menebar Inspirasi di Komunitas Peduli Anak

Sekumpulan anak-anak sedang membaca buku di salah satu rumah baca milik Komunitas Peduli Anak atau yang disingkat dengan Kopa. Mereka merupakan anak-anak warga yang tinggal dan bermukim di bantaran Sungai Deli.

Selasa, 24 Apr 2018 07:45Nasional

Panglima TNI Kunjungi Prajurit TNI dan Polri di Natuna

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Ketum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto bersama Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A., Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Pangkostrad Letjen TNI Agus Kriswanto, Danjen Kopassus Mayjen Eko Mar

Selasa, 24 Apr 2018 07:30Berita Sumut

Kondisi Pantai Kami Hancur Pak, Sebentar Lagi Kami lah yang Hancur

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara, Sihar Sitorus miris lihat kehidupan masyarakat Desa Regemuk Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang.

Selasa, 24 Apr 2018 07:15Berita Sumut

Merajut Benang Menguntai Kebersamaan

Matahari bersinar cukup terang, pancarkan cahaya mengantarkan panas. Namun perempuan bernama Patricia Boru Siahaan itu tidak menghiraukannya. Dia melangkah menapaki jejak di Jalan Syahbandar, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimon

Selasa, 24 Apr 2018 07:00Berita Sumut

Tokoh Lintas Agama Akui Edy-Ijeck Mampu Berdiri di Atas Semua Golongan

Isu-isu SARA di Pilgub Sumut tak terelakkan. Namun, masyarakat diingatkan untuk tetap menjaga kedamaian dalam Pilgubsu dan saling menghormati. Masyarakat juga diminta untuk memilih berdasarkan hati nurani selain berdasarkan agama. Sumut

Selasa, 24 Apr 2018 06:45Bola

Liverpool Mulai Menunjukkan "Taringnya"

Liverpool sudah menjejak ke babak semifinal Liga Champions. Mereka akan menghadapi AS Roma untuk memperebutkan tiket ke babak final. Leg I akan berlangsung di Anfield, Rabu (25//4/2018). Sepekan kemudian mereka akan gantian akan melawat ke Stadio Olimpico

Selasa, 24 Apr 2018 06:30Berita Sumut

"Centeng " Aksara Terkapar dengan Kondisi Babak Belur

Centeng di Pasar Aksara diketahui bernama Dody, yang kerap berada di Pajak Aksara, Senin (24/4/2018) ditemukan terkapar dengan kondisi babak belur di bundaran Komplek MMTC Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan.‎