Pj Gubsu: Tingkatkan Upaya Kesehatan di Kabupaten/Kota

faeza Kamis, 12 Juli 2018 13:10 WIB
mtc/ist
Proses pembangunan kesehatan nasional tidak terlepas dari upaya peningkatan kesehatan di daerah kabupaten/kota. Karena itu, Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) diharapkan mampu mendorong upaya peningkatkan kesehatan
MATATELINGA, Medan: Proses pembangunan kesehatan nasional tidak terlepas dari upaya peningkatan kesehatan di daerah kabupaten/kota. Karena itu, Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) diharapkan mampu mendorong upaya peningkatkan kesehatan di daerah.

Hal itu disampaikan Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA pada pembukaan Rakerkesda Provsu tahun 2018, di Hotel Emerald Garden Medan, Rabu (11/7). Hadir pada acara tersebut Menteri Kesehatan RI Prof Dr Nila Djuwita F Moeloek, Sekjen Kemenkes dr Untung Suseno Sutarjo MKes,  dan Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes dr Kirana Pritasari.

Eko Subowo mengatakan, Rekerkesda pada dasarnya merupakan rangkaian vertikal dari Rakerkesnas, sebagai forum pertemuan antara pusat dan daerah untuk melakukan evaluasi berbagai program kesehatan, sekaligus menyusun, menyepakati dan menetapkan program prioritas nasional kesehatan dan upaya pencapaianya, sebagai bagian dari proses pembangunan kesehatan nasional.

"Sebagaimana amanat Rakerkesnas yang diadakan di Tangerang Banten, bahwa setiap provinsi diharapkan mampu membangun sistem kesehatan guna mencapai universal health coverage (UHC), yakni suatu sistem untuk memastikan bahwa setiap warga telah dapat memperoleh akses kesehatan kabupaten/kota melalui penyediaan premi bagi penerimaan bantuan iuran JKN," paparnya.

Seperti provinsi lain, tambah Eko, kalau wilayah Provinsi Sumut secara epistemologis masih membutuhkan peningkatan penanganan kasus tuberkulosis (TBC), dimana dari jumlah kasus TBC yang ditemukan masih terdapat sebagian kasus yang tersembunyi atau tidak terlapor dan berpotensi menimbulkan resistensi kuman terhadap obat TBC, sehingga dapat memunculkan permasalahan yang lebih serius seperti TB-MDR.

"Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Sumut menunjukkan bahwa jumlah kasus TB -MDR di Provinsi Sumut cenderung meningkat dalam tiga tahun terakhir, tahun 2015 kasus TB MDR sebanyak 143 kasus, tahun 2016 meningkat menjadi 209 kasus dan akhir 2017 sebanyak 269 kasus. Untuk itu diperlukan upaya nyata yang bermakna guna menghentikan proses penyebaran penyakit TB melalui kegiatan percepatan eliminasi TB," jelasnya.

Begitu juga dengan data stunting balita atau balita pendek. Juga memerlukan perhatian untuk dilakukan peningkatan penanggulangan secara sistematis. "Data balita pendek dan sangat pendek dilaporkan kabupaten/kota pada tahun 2017 rata-rata 28,42 persen dan diantaranya terdapat balita sangat pendek sebesar 12,45 persen," katanya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Provsu Drs Agustama Mkes, yang juga panitia pelaksana kegiatan, mengatakan, bahwa Rakerkesda Provsu akan berlangsung sampai 12 Juli, yang diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari para Kadis Kesehatan dari kabupaten/kota, kepala rumah sakit, dan Kanwil BKKBN Sumut.(mtc)
Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Jumat, 16 Nov 2018 17:15Berita Sumut

Tersangkut Kasus Penipuan, Nasib Bonaran Situmeang Ditangan Kejati Sumut

Berkas perkara dugaan penipuan dan pencucian uang tersangka mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bonaran Situmeang telah dilimpahkan Poldasu ke Kejaksaan.

Jumat, 16 Nov 2018 17:00Berita Sumut

Mengaku Sebagai Polisi, Tiga Bandit Ini Dipelor Polisi Sungguhan

Polsek Medan Barat meringkus tiga orang pelaku kejahatan Curanmor yang mengaku sebagai polisi setiap menjalankan aksinya. Berdasarkan pemeriksaan, ketiganya tercata sudah empat kali melancarkan aksi kejahatan dengan menyamar sebagai polisi.

Jumat, 16 Nov 2018 16:45Berita Sumut

Mau Tahu 21 Tokoh Sumut yang Memotivasi? Baca Buku Ini

Buku berjudul "Sumut Bangga 21 Tokoh Yang Memotivasi" diluncurkan di Omerta Kafe Jalan KH Wahid Hasyim, Medan, Jumat (16/11).

Jumat, 16 Nov 2018 16:25Berita Sumut

Taiwan Excellence Cara Pemerintah Taiwan Penetrasi Produk Ke Indonesia

Taiwan terus menjadikan Indonesia sebagai salah satu target pasar paling potensial untuk produk-produk unggulan mereka. Penetrasi pasar pun terus dilakukan untuk memperkenalkan produk-produk tersebut.

Jumat, 16 Nov 2018 15:46Berita Sumut

Dinas PMPTSP Kota Medan Didesak Tingkatkan Pelayanan

Panitia Khusus (Pansus) R APBD Kota Medan TA 2019, mendesak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Medan supaya meningkatkan pelayanan pengurusan izin bagi pelaku usaha. Sama halnya lintas kordinasi sesama Satuan Kerja Perang

Jumat, 16 Nov 2018 15:24Berita Sumut

Hujan Lebat Bakal Melanda Lima Hari Kedepan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, jika selama lima hari kedepan, sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya Sumatera Utara (Sumut) bakal dilanda oleh hujan lebat.

Jumat, 16 Nov 2018 14:59Berita Sumut

Peserta Optimis Ikuti Ujian Seleksi Penerimaan CPNS Kejaksaan di Medan

Peserta yang mengikuti ujian seleksi CPNS secara online banyak yang gagal dengan passing grade yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Jumat, 16 Nov 2018 14:03Berita Sumut

Pembunuh Wanita Dalam Kardus Segera Diadili

Hendri alias Ahen, pelaku pembunuhan terhadap Rina Karina (21) yang jasadnya dimasukkan dalam kardus dan ditinggal di atas sepeda motor Honda Scoopy bernomor polisi 5875 ABM segera diadili di Pengadilan Negeri Medan. Pasalnya, tim Penuntut Umum dari Kejar

Jumat, 16 Nov 2018 13:17Berita Sumut

Kepergok Polisi, Pelaku Jambret Ini Berakhir di Penjara

Tim Pegasus Polsek Medan Helvetia meringkus seorang pelaku jambret di Jalan Kapten Muslim Medan, Kamis (15/11) malam. Sedangkan seorang lagi berhasil melarikan diri saat penyergapan.

Jumat, 16 Nov 2018 13:00Berita Sumut

Sungai Deli Kembali Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Ratusan rumah di kawasan bantaran Sungai Deli, tepatnya di Kelurahan Aur dan Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun terendam oleh banjir, Jumat (16/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 12:30Berita Sumut

Pertamina Bersama Rumah Zakat Bentuk Balai Bina Mandiri

Meningkatkan kemandirian masyarakat, PT Pertamina (Persero) MOR l Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Medan Group bekerjasama dengan Rumah Zakat membuat program Balai Bina Mandiri, di Lingkungan 19 & 21, Kecamatan Medan Labuhan, Medan.

Jumat, 16 Nov 2018 12:00Berita Sumut

Wali Kota Kembali Raih Penghargaan Natamukti 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Penghargaan Natamukti 2018 dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia bekerjasama dengan International Council for Small Buniness (ICSB) di Graha Widya Bhakti, Ged

Jumat, 16 Nov 2018 11:14Berita Sumut

Vonis PT Medan Terhadap Tamin Sukardi Dinilai Tidak Adil

Putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi Medan yang menjatuhkan vonis delapan tahun penjara buat Tamin Sukardi dan membayar kerugian Rp 132,4 miliar serta seluruh aset tanah yang diperkarakan dirampas untuk negara dinilai tidak adil.

Jumat, 16 Nov 2018 10:22Berita Sumut

Pemkab Asahan Apresiasi Kampung Pengawasan Pemilu

Wakil Bupati Asahan H.Surya,BSc menerima kunjungan komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Asahan, Kamis (15/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 09:54Berita Sumut

Lantik 6 PJU dan 7 Kapolres, Kapoldasu : Ini Angin Segar Baru

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan enam Pejabat Utama (PJU) Polda Sumatera Utara (Sumut) serta tujuh Kapolres di Mapolda Sumut, Jumat (16/11) pagi.

Jumat, 16 Nov 2018 07:33Nasional

Kasad : Latihan Ancab TNI AD 2018 Akumulasi Kemampuan Tempur

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono menyaksikan langsung Latihan Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD TA. 2018 di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur), Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel),