OTT Dinas Pertanian Palas

Polda Sumut Tetapkan Dua Tersangka

Amr/rel Selasa, 21 Agustus 2018 21:26 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:  Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) resmi menetapkan 2 orang tersangka dalam kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang mereka lakukan terhadap lima orang pegawai Dinas Pertanian Padang Lawas (Palas), Kamis (9/8) lalu.



Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Sumut Kombes Pol Toga Habinsaran Panjaitan mengatakan, masing-masing keduanya ialah, JP yang menjabat sebagai Kasi Produksi Dinas Pertanian Palas serta MH yang menjabat sebagai Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Palas.

"Dari kelima orang yang diamankan saat OTT beberapa waktu lalu, kita telah menetapkan dua orang tersangka dan kini sudah dilakukan penahanan," ungkapnya kepada wartawan, saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Mapolda Sumut, Selasa (21/8/2018).



Tambah Toga, OTT tersebut dilakukan atas laporan masyarakat petani yang merasa dirugikan karena ada pemotongan dana bantuan terhadap kelompok tani, serta kegiatan fasilitas penerapan budidaya padi dan palawija di Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas Tahun Anggaran 2018. Sehingga dana yang disalurkan pemerintah pusat ke daerah tidak sesuai.

Dari OTT ini kata Toga, pihaknya mengamankan uang tunai sebesar Rp 1.167.255.000, dimana uang tersebut merupakan hasil pemotongan dari masing-masing kelompok tani.

"Harusnya mereka mendapat Rp 12 jutaan. Tapi dilakukan pemotongan sampai Rp 6 juta per kelompok tani," jelasnya.



Uang itu terang Toga, masuk ke rekening pribadi tersangka, dan belum di setorkan. Akan tetapi, sambung dia, pihaknya masih akan mendalami prihal tersebut, apakah benar dana yang dipotong ini hanya untuk kedua tersangka saja atau memang selanjutnya akan di setor keatas.

"Namun berdasarkan pengakuan Kepala Dinas Pertanian Palas, dirinya belum pernah menerima setoran," terangnya.

Selain uang tunai, Toga mengaku pihaknya juga turut mengamankan beberapa dokumen, termasuk hasil penyadapan yang dilakukan terhadap handphone tersangka. Karenanya, kedua tersangka akan dijerat dengan Undang Undang tindak pidana korupsi, pasal 12 e atau 11 Undang Undang 20 tahun 2001 dengan ancaman kurungan penjara diatas 5 tahun.

"Tidak menutup kemungkinan akan kita kembangkan ke daerah lain," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ditreskrimsus Polda Sumut dikabarkan berhasil menjaring Kepala Dinas Pertanian Palas berinisial AN bersama koleganya melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT), Kamis (9/8).

Terungkapnya kasus OTT ini sendiri, terjadi sekitar Pukul 14.30 WIB di Jalan Hasahatan Julu, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas.

Adapun modus tindak korupsi yang dilakukan setelah uang diterima direkening tabungan kelompok tani kemudian diarahkan menemui JP selaku Kasi Produksi di Dinas Pertanian Palas dan memberikan uang dengan alasan untuk pembelian bibit serta pupuk. Ironisnya, yang dilakukan oleh pihak Dinas Pertanian juga tidak ada persetujuan antara kelompok tani.
Editor: Amrizal

T#g:Krimsus PoldasuMatatelingaOTT PalasTerkini
Komentar
Sabtu, 20 Apr 2019 12:49Berita Sumut

Gugur Usai PAM TPS, Aiptu Jonter Dapat Kenaikan Pangkat

Polri memberikan kenaikan pangkat luar biasa kepada Aiptu Jonter Siringoringo, anggota Satreskrim Polres Dairi yang gugur usai mengawal pemungutan suara di TPS. Upacara kenaikan pangkat rencananya akan digelar hari ini, Sabtu (20/4/2019 ) di Mapolres Da

Sabtu, 20 Apr 2019 12:26Berita Sumut

Dua Kecamatan di Medan Pinjam Gedung Simpan Kotak Surat Suara

Dua dari 21 kecamatan yang ada di Medan terpaksa meminjam gedung untuk menyimpang kotak surat suara Pemilu 2019. Langkah ini dilakukan karena aula kecamatan tidak mampu menampung kotak suara.

Sabtu, 20 Apr 2019 12:11Berita Sumut

Kodam I/BB Berlakukan Status Siaga 1 Seluruh Jajaran

Kodam I/Bukit Barisan memberlakukan status Siaga 1 kepada seluruh jajarannya yang meliputi empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kepri).

Sabtu, 20 Apr 2019 11:48Berita Sumut

Soal Banjir Rob, Warga Belawan Tagih Janji Walikota

Dulu saat berkampanye di Medan Utara khususnya di Kota Belawan H Zulmi Eldin Msi berjanji akan memasang Turap di sepanjang pantai agar air pasang ROB tidak merendam perumahan warga.

Sabtu, 20 Apr 2019 10:27Berita Sumut

Polri Berduka, Personil Satreskrim Polres Dairi Gugur Usai Kelelahan Jaga TPS

Jajaran Polri berduka kehilangan salah seorang personilnya yang bertugas mengawal TPS di Kabupaten Dairi. Aiptu Jonter Siringoringo (51) diketahui gugur setelah menjalankan tugas mengawal tempat pemungutan suara (TPS) di Tiga Baru, Kecamatan Pegagan Hil

Sabtu, 20 Apr 2019 10:00Lifestyle

Tak Semua Berhati Mulia, Berikut 6 Wanita Tangguh yang Diabadikan Namanya dalam Al Qur'an

Sejak zaman nabi, perempuan punya peranan besar dalam kehidupan. Mereka dijadikan panutan bagi banyak orang karena pengalaman hidupnya menyentuh.

Sabtu, 20 Apr 2019 09:45Lifestyle

3 Selebriti Ini Ungkap Pacaran Settingan Vicky Prasetyo

Nama Vicky Prasetyo dalam dunia hiburan selebriti memang dikenal sosok yang kontroversial, apalagi bicara soal kisah asmara dengan deretan publik figur.

Sabtu, 20 Apr 2019 09:32Berita Sumut

Pasutri Embat Tas Milik Istri Supir PT.BSP DiKepung Massa

Warga komplek PT.Bakrie Sumatera Plantitions (BSP) mendadak ramai dan berhamburan keluar rumah setelah mendengar teriakan "Maling ...maling...jambret..",Jum'at (19/4/2019).

Sabtu, 20 Apr 2019 09:30Ekonomi

Tertekan Poundsterling, Indeks Dolar AS Melemah

Indeks dolar AS menurun pada akhir perdagangan 19 April 2019. Dolar melemah di tengah pound Inggris yang lebih kuat

Sabtu, 20 Apr 2019 09:15Ekonomi

Harga Pangan Naik Bawang Putih Rp50.000/Kg Jelang Bulan Puasa

Menjelang bulan suci Ramadan, sejumlah harga bahan pokok mulai merangkak naik di pasar-pasar tradisional. Di antaranya harga bawang putih yang harganya sudah naik.

Sabtu, 20 Apr 2019 09:00Nasional

TKN Tolak Rekonsiliasi dengan Prabowo

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin menolak rekonsiliasi atau pemulihan hubungan dengan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Sabtu, 20 Apr 2019 08:45Lifestyle

Dikabarkan Menikah, Jessica Iskandar Ungkap Kebenarannya

Jessica Iskandar akhirnya mengungkap rencana pernikahan dengan Richard Kyle. Dalam acara yang dia pandu bersama Nia Ramadhani

Sabtu, 20 Apr 2019 08:30Lifestyle

Billy Syahputra Gandeng Wanita Baru, Nikita Mirzani Beberkan Rahasianya

Nikita Mirzani memberikan bocoran soal kedekatan Billy Syahputra dengan seorang perempuan lain

Sabtu, 20 Apr 2019 08:15Bola

Jelang Kontra Liverpool, Cardiff Siap Persulit Langkah Liverpool

Manajer Cardiff City, Neil Warnock, mengakui bahwa laga melawan Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris musim 2018-2019

Sabtu, 20 Apr 2019 08:00Nasional

Jokowi-Ma'ruf 54,91% dan Prabowo-Sandi 45,09% di Real Count KPU 4,6%

Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan penghitungan suara pemilihan presiden dan wakil presiden 2019. Hingga Pukul 07.30 WIB

Sabtu, 20 Apr 2019 07:45Bola

Begini Respons Koulibaly, Usai Rumor ke Gabungannya ke Manchester United Kian Genjar

Bek andalan Napoli, Kalidou Koulibaly, memberikan tanggapan mengenai rumor yang mengatakan