Polisi Didesak Segera Tangkap Sintong Gultom

Amrizal Jumat, 18 Januari 2019 18:13 WIB
mtc/ist
Sekelompok pemuda dari Forum Mahasiswa dan Pemuda Peduli (Formasi) Tapanuli Tengah berunjuk rasa di Mapolda Sumut, Jumat (18/1/2019). Mereka mendesak agar polisi segera menangkap Sintong Gultom, tersangka kasus perjalanan fiktif DPRD Tapteng yang saat ini
MATATELINGA, Medan: Sekelompok pemuda dari Forum Mahasiswa dan Pemuda Peduli (Formasi) Tapanuli Tengah berunjuk rasa di Mapolda Sumut, Jumat (18/1/2019). Mereka mendesak agar polisi segera menangkap Sintong Gultom, tersangka kasus perjalanan fiktif DPRD Tapteng yang saat ini menjadi buronan.

"Kami minta Polda Sumut segera menangkap Sintang Gultom, tersangka kasus kasus perjalanan dinas dan hotel fiktif DPRD Tapteng tahun anggaran 2016-2017. Kami menganggap Polda Sumut sangat lamban menuntaskan kasus ini," ujar Sam Marbun, koordinator aksi.

Selain itu, Marbun dan rekan-rekannya menilai Polda Sumut diduga telah melakukan tebang pilih dalam penanganan kasus perjalanan dinas fiktif tersebut. Massa mengklaim, setahu mereka kasus tersebut bukan hanya melibatkan 5 orang saja. 

"Ada 32 anggota DPRD Tapteng lain yang diduga terlibat dalam kasus tersebut. Kita minta Polda Sumut segera memanggil 32 orang tersebut untuk diperiksa," teriak Marbun.

Beberapa saat melakukan orasi, massa diterima langsung oleh Kasubdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut, Kompol Roman Smaradana Elhaj didampingi Kasubbid PID, Kompol Juben MS Sagala dan Kompol Jonny Siahaan. Dihadapan massa, Roman mengatakan kalau pihaknya akan mendalami kasus tersebut. 

"Walau masih dilakukan pendalamam, kami sudah menangkap 4 orang tersangka dan 1 lagi masih diburu. Setelah itu kami mengirim berkas keempat tersangka ke Kejatisu dan kami sudah melakukan penahanan. Untuk anggota DPRD Tapteng Fraksi Demokrat Sintong Gultom masih dalam pencarian polisi," pungkas Roman.

Sebelumnya, Polda Sumut menetapkan lima anggota DPRD Tapteng sebagai tersangka dugaan korupsi perjalanan dinas fiktif tahun 2016/2017 yang mengakibatkan kerugian negara Rp 655 juta lebih.

Polda Sumut telah berhasil menangkap empat tersangka dari tempat terpisah dan waktu berbeda. Mereka adalah Awaluddin Rao, Hariono Nainggolan, Julianus Simanungkalit dan Jonias Silaban. Sedangkan Sintong Gultom masih diburu.

Penangkapan terhadap keempat tersangka dilakukan petugas di Padang, Sumatera Barat, Rabu (5/12/2018) malam. Modus yang dilakukan kelima tersangka dengan menggunakan bukti pembayaran hotel yang diduga fiktif atau di-mark up sebagai pertanggungjawaban atas perjalanan dinas ke luar daerah dalam hal agenda konsultasi, kunjungan kerja dan bimbingan teknis.

Penetapan status tersangka dilakukan setelah penyidik memeriksa 49 saksi yang terdiri dari PNS sekretariat dan pihak management dari sejumlah hotel yang ada di Medan, Samosir, Tarutung, Jakarta, Bandung dan Manado.

Kelima tersangka dipersangkakan pasal 2 ayat 1 subsider pasal 3 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara.(mtc/amr)

Editor: Faeza

T#g:demodprd taptengformasperjalanperjalanan fiktifPolda sumutSintong Gultom
Komentar
Jumat, 03 Jul 2020 17:50Nasional

Satgas Yonif 125/Simbisa Dampingi Guru Saat Pendaftaran Siswa Baru

Salah satu tujuan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana yang tertuang di dalam Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Jumat, 03 Jul 2020 17:35Berita Sumut

Kerusuhan di Madina, Polisi Minta Para Pelaku Menyerahkan Diri

Pihak kepolisian telah mengamankan tiga terduga pelaku kerusuhan dan pembakaran dua unit mobil saat unjuk rasa di Desa Mompang Julu Kecamatan Penyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Jumat, 03 Jul 2020 17:20Berita Sumut

Terjatuh Usai Senggol Mobil, Wanita Muda Ini Tewas Digilas Truk

Ranti Mawarni (18) tewas mengenaskan usai dilindas truk di Jalan KL Yos Sudarso KM 15 pada Jumat (3/7/2020). Sebelum dilindas truk, warga Jalan Boxit, Lingkungan I, Kelurahan Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli ini terlebih dahulu menabrak mobil dan terja

Jumat, 03 Jul 2020 17:05Ekonomi

Berbanding Terbalik dengan Rupiah, Rupee India

Berbanding terbalik dengan rupiah, rupee India menjadi mata uang dengan penguatan tertinggi pada siang hari ini. Rupee berhasil menguat 0,44% terhadap dolar AS. Berikutnya ada peso Filipina yang naik 0,37% dan dolar Taiwan yang terapresiasi 0,20%.

Jumat, 03 Jul 2020 16:50Ekonomi

Sore ini, Harga Emas Naik Tipis 0,01%

Pada hari ini Jumat (3/7/2020) sore ini, harga emas masih menguat tipis Sekitar pada pukul 14.08 WIB, harga emas di pasar spot berada di level US$ 1.775,05 per ons troi alias menguat tipis 0,01%.

Jumat, 03 Jul 2020 16:35Berita Sumut

Polisi Ciduk Pencuri dan Penadah di Rumah PNS Dinas PU

Tim Reskrim Polsek Delitua berhasil meringkus pelaku pencurian yang menggasak harta benda di rumah Junita Teresia, PNS di Dinas PUn di l.Jaya Tani No.9 Kel.Kwala Bekala Kec.Medan Johor. Polisi juga meringkus dua orang penadah hasil kejahatan pelaku.

Jumat, 03 Jul 2020 16:20Berita Sumut

Kasdam I/BB Hadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Pilkada Serentak

Kasdam I/BB Brigjen TNI Didied Pramudito menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada Serentak tahun 2020 dalam rangka mendukung kelancaran tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2020 bertempat di Ballroom Hotel Grand Aston

Jumat, 03 Jul 2020 16:00Berita Sumut

POSPERA Minta AIA Berikan Hak Agency, Tenaga Pemasaran dan Karyawan Yang Dipecat

Posko Perjuangan Rakyat (POSPERA) Sumatera Utara bersama Kuasa Hukum Nasabah, Agency dan Karyawan korban pemutusan hubungan kerja (PHK) PT AIA Financial akan terZahra Kharina Nasutionus berjuang sampai keadilan didapatkan para korban, dan POSPERA akan mem

Jumat, 03 Jul 2020 15:50Berita Sumut

Ketua Komisi II DPR RI Apresiasi Koordinasi Kemendagri Siapkan Pilkada Serentak 2020

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia mengapresiasi langkah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam melakukan koordinasi untuk memantapkan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020

Jumat, 03 Jul 2020 15:35Berita Sumut

Jenazah Alm. Pelda Anumerta Rama Wahyudi Dimakamkan di TMP Pekanbaru

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc., Memimpin langsung penerimaan Jenazah Alm. Pelda Anumerta rama wahyudi Anggota Satgas Kizi Tni Kongo Xx-Q/Monusco dari Mabes TNI tiba di Main Avron Baseops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru pada Jumat, (3/7/2020)

Jumat, 03 Jul 2020 15:07Berita Sumut

Kapolda Sumut Hadiri Rakor Pilkada Serentak Tahun 2020 Dengan Menkopolhukam dan Mendagri

Menko Polhukam RI Bpk. Mahfud MD dan Mendagri RI Jendral Pol. (Purn) Tito Karnavian, P.hD menggelar rapat koordinasi terkait kesiapan menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di wilayah Sumut

Jumat, 03 Jul 2020 14:47Berita Sumut

Belum Ada Penurunan Covid 19, Polres Siantar Belum Izinkan Keramaian

Di tengah wabah virus Corona Covid-19 dan kondisi perekonomian yang sudah sangat menurun Kapolri Jenderal Idham Azis resmi mencabut Maklumat Kapolri dengan Nomor MAK/2/III/2020. Maklumat yang melarang kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa i

Jumat, 03 Jul 2020 14:32Berita Sumut

Ini Alasan Pemerintah Tunda Pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila,

Pemerintah masih menunda pembahasan terkait Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan Mahfud MD saat bersilaturahmi dngan para tokoh di Sumatera Utara, Kamis (2/7) mal

Jumat, 03 Jul 2020 14:04Berita Sumut

4 Pejabat Eselon II Pemko Medan Dilantik

Guna meningkatkan kinerja dan inovasi yang lebih baik lagi di tengah pandemi Covid-19, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengambil sumpah jabatan dan melantik 4 pejabat eselon II di Lingkungan Pemko Medan di Ruang Rapat III La

Jumat, 03 Jul 2020 12:27Nasional

Panglima : Keluarga Besar TNI Kehilangan Prajurit Terbaik Pada Misi PBB

Seluruh Keluarga Besar TNI merasa kehilangan prajurit terbaik pada misi perdamaian dan kemanusiaan, Pelda Anumerta Rama Wahyudi personel Satgas Kizi TNI Konga XX-Q/Monusco yang gugur akibat serangan milisi bersenjata saat menjalankan tugas misi sebagai pa

Jumat, 03 Jul 2020 11:05Berita Sumut

Kapolda Sumut Dampingi Kunker Menkopolhukam dan Mendagri di Sumut

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara pada Kamis (02/07/20). Kedatangan dua menteri ini dalam rangka koordinasi kes