• Home
  • Berita Sumut
  • Polisi Ringkus Seorang Tersangka Penyebar Video Hoax Surat Suara Tercoblos 01

Polisi Ringkus Seorang Tersangka Penyebar Video Hoax Surat Suara Tercoblos 01

Amrizal Selasa, 19 Maret 2019 16:30 WIB
MATATELINGA,  Medan:  Petugas Subdit V/Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut meringkus seorang tersangka penyebar video hoax terkait Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut melakukan kecurangan karena surat suara sudah tercoblos 01.


Hal ini dibenarkan Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, Selasa (18/3/2019).

"Sudah diamankan, inisialnya UR. Ini yang berdasarkan laporan KPU Sumut. Yang (KPU)  Medan belum,"ujar  AKBP MP Nainggolan.

Pelaku lanjut Akhyar ditangkap petugas di Jawa Barat, Kamis (14/3/2019).  "Dia merupakan warga sana (Jawa Barat). Dia penyebar video itu, "sebut Nainggolan. 

Nainggolan mengatakan, akun yang dipakai tersangka untuk menyebar video tersebut adalah palsu dan selama ini lokasi akunnya selalu berubah-ubah. 


Penangkapan ini, kata Nainggolan, dilakukan setelah petugas bekerja ektsra dan berhasil menelusuri pertemanan di akun Facebook (FB) tersebut.

"Dari pertemanannya ditelurusi, kemudian dijebak dan tersangka berhasil diamankan. Jadi untuk menangkap tersangka yang kasusnya seperti ini itu tidak mudah," kata Nainggolan.

Dikatakan Nainggolan, tersangka kini sudah berada di Polda Sumut dan telah dilakukan penahanan. Penyidik pun masih melakukan pemeriksaan intensif untuk mengetahui motif tersangka menyebarkan video hoax yang menuding KPU Sumut curang tersebut. 

"Kalau motifnya masih diselidiki. Dia (tersangka) sudah ditahan," pungkas mantan Kapolres Nisel tersebut. 


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) dan KPU Kota Medan secara resmi melaporkan video hoax surat suara tercoblos 01 ke Mapolda Sumut, Minggu (3/3/2019) lalu. Laporan dibuat karena video tersebut dianggap dapat memprovokasi dan menjelekkan nama baik KPU sebagai penyelenggara Pemilu.

Komisioner Divisi Advokasi dan Hukum  KPU Sumut, Ira Wartati mengatakan, peristiwa ini merupakan hoax pertama yang menyerang KPU Sumut dan Kota Medan. Ia menjelaskan, pelaporan yang dilakukan ke polisi sebagai bentuk pembelajaran kepada masyarakat agar tidak sembarangan menyebarkan informasi yang belum teruji kebenarannya. 

"Laporan kita adalah dugaan pencemaran nama baik. Karena dalam video itu kita merasa KPU Sumut telah diciderai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," ujarnya. 

Ira menerangkan, informasi soal video itu pertama kali diketahui pada Sabtu (2/3/2019) malam. Atas dasar itu, pihaknya merasa perlu untuk membuat laporan. Menurutnya, jika dibiarkan video itu akan semakin melebar dan memberikan persepsi publik.

"Itu bisa membahayakan KPU sebagai penyelenggara. Harapan kita masyarakat melakukan kroscek terlebih dahulu sebelum menyebarkan informasi. Kita pastikan video itu hoax," tegasnya. 

Seperti diketahui, video hoax itu diketahui di posting oleh akun Facebook Muhamad Adrian dan Kusmana. Dalam postingannya, Adrian menambahi keterangan yang bernada provokatif. 

"Memang keparat kau KPU di Sumatera Utara, surat suara sudah tercoblos 01 semua?," ujar Adrian dalam postingannya. (mtc/amr)
Editor: faeza

T#g:KriminalitasMatatelingaMedanPoldasuSumutTerkiniditangkapkriminalpenyebar hoax
Komentar
Jumat, 03 Jul 2020 15:35Berita Sumut

Jenazah Alm. Pelda Anumerta Rama Wahyudi Dimakamkan di TMP Pekanbaru

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc., Memimpin langsung penerimaan Jenazah Alm. Pelda Anumerta rama wahyudi Anggota Satgas Kizi Tni Kongo Xx-Q/Monusco dari Mabes TNI tiba di Main Avron Baseops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru pada Jumat, (3/7/2020)

Jumat, 03 Jul 2020 15:07Berita Sumut

Kapolda Sumut Hadiri Rakor Pilkada Serentak Tahun 2020 Dengan Menkopolhukam dan Mendagri

Menko Polhukam RI Bpk. Mahfud MD dan Mendagri RI Jendral Pol. (Purn) Tito Karnavian, P.hD menggelar rapat koordinasi terkait kesiapan menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di wilayah Sumut

Jumat, 03 Jul 2020 14:47Berita Sumut

Belum Ada Penurunan Covid 19, Polres Siantar Belum Izinkan Keramaian

Di tengah wabah virus Corona Covid-19 dan kondisi perekonomian yang sudah sangat menurun Kapolri Jenderal Idham Azis resmi mencabut Maklumat Kapolri dengan Nomor MAK/2/III/2020. Maklumat yang melarang kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa i

Jumat, 03 Jul 2020 14:32Berita Sumut

Ini Alasan Pemerintah Tunda Pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila,

Pemerintah masih menunda pembahasan terkait Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan Mahfud MD saat bersilaturahmi dngan para tokoh di Sumatera Utara, Kamis (2/7) mal

Jumat, 03 Jul 2020 14:04Berita Sumut

4 Pejabat Eselon II Pemko Medan Dilantik

Guna meningkatkan kinerja dan inovasi yang lebih baik lagi di tengah pandemi Covid-19, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengambil sumpah jabatan dan melantik 4 pejabat eselon II di Lingkungan Pemko Medan di Ruang Rapat III La

Jumat, 03 Jul 2020 12:27Nasional

Panglima : Keluarga Besar TNI Kehilangan Prajurit Terbaik Pada Misi PBB

Seluruh Keluarga Besar TNI merasa kehilangan prajurit terbaik pada misi perdamaian dan kemanusiaan, Pelda Anumerta Rama Wahyudi personel Satgas Kizi TNI Konga XX-Q/Monusco yang gugur akibat serangan milisi bersenjata saat menjalankan tugas misi sebagai pa

Jumat, 03 Jul 2020 11:05Berita Sumut

Kapolda Sumut Dampingi Kunker Menkopolhukam dan Mendagri di Sumut

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara pada Kamis (02/07/20). Kedatangan dua menteri ini dalam rangka koordinasi kes

Jumat, 03 Jul 2020 10:33Berita Sumut

Akhyar Minta Bantuan & Dukungan Keluarga Besar Al Jam'iyatul Washliyah Kota Medan Atasi Covid-19

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi minta bantuan keluarga besar Pengurus Daerah (PD) Al Jam'iyatul Washliyah guna mengatasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Di samping itu juga mendukung Peraturan Wali Ko

Jumat, 03 Jul 2020 09:53Berita Sumut

Pemerintah Kabupaten Asahan Bersama Masyarakat Sentang Gelar Sunatan Massal

Masyarakat Kelurahan Sentang Kecamatan Kota Kisara Timur bersama Pemerintah Kaupaten Asahan melaksanakan sunatan masal yang dilaksanakan di kelurahan Sentang lingkungan VI , Kamis (02/7/2020). Pelaksanaan sunatan maaal tersebut juga dihadiri oleh Bupati A

Jumat, 03 Jul 2020 08:50Berita Sumut

Balita di Simalungun Tewas Tenggelam Saat Bermain di Saluran Irigasi

Seorang balita yang masih berusia 3 tahun ditemukan tewas di saluran irigasi di kawasan Huta III Nagori Raja Maligas Kecamatan Hutabayu Raja, Rabu (1/7). Sebelum ditemukan meninggal dunia, korban bernama Anju Riski Pratama Sitorus itu bermain di saluran

Jumat, 03 Jul 2020 08:25Berita Sumut

Dua Angkutan Ringsek Terlibat Laka Lantas di Sibolangit, Dua Sopir Luka

Kecelakan lalulintas terjadi di Jl Jamin Ginting tepat nya di Km 38-39 Desa Sibolangit, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (2/7/2020) sekitar pukul 11.00 wib. Akibat nya, dua unit kenderaan truk dan dua sopir nya ringsek dan luka-lu

Jumat, 03 Jul 2020 07:30Bola

AS Roma Harus Meneran luka , Tumbang di Kendang Sendiri,

Laga dimulai dengan tempo sedang. Kedua tim Nampak berhati-hati ketika mencoba membangun serangan. Meski begitu, pada akhirnya Roma yang menebar ancaman lebih dulu.

Jumat, 03 Jul 2020 07:15Nasional

Pekan Raya Bakti Sosial Satgas Yonif 133/YS, Wujudkan Pembangunan Merata di Wiltas

Melalui pelaksaaan Pekan Raya Bakti Sosial, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS berupaya semaksimal mungkin untuk menghadirkan pembangunan yang merata di wilayah perbatasan, khususnya di Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan B

Jumat, 03 Jul 2020 07:00Bola

Pertandingan Banyak di Soroti Yakni Antara Real Madrid vs Getafe

Pertandingan yang paling menyorot perhatian adalah pertemuan antara Real Madrid vs Getafe, dari sejumlah pertandingan yang seru dan menarik tersaji semalam dalam lanjutan jornada ke-33 Liga Spanyol 2019-2020.

Jumat, 03 Jul 2020 06:45Berita Sumut

Tim Sat Reskrim Polres Dairi Berhasil Tangkap 4 Kawanan Perampok

Tim satuan reskrim Polres Dairi menangkap kawanan pencuri rumah toke jagung di Dusun Tampuk Kite Desa Batu Gungun Kecamatan Gunung Sitember, Dairi, Kamis (2/07/2020). Satu dari lima pelaku melarikan diri.

Jumat, 03 Jul 2020 06:00Berita Sumut

Mayat Bayi Ditemukan di Pinggir Komplek Malibu

Warga yang tinggal di sekitar Komplek Taman Malibu Indah, Kelurahan Sukadame, Kecamatan Medan Polonia, digegerkan dengan penemuan mayat bayi