• Home
  • Berita Sumut
  • Polri Susun 5 Strategi Jalankan Prognas Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur

Polri Susun 5 Strategi Jalankan Prognas Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur

faeza Rabu, 16 Januari 2019 14:15 WIB
Mtc/ist
Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D pada Selasa sore, 15 Januari 2019, di Pelabuhan Batu Ampar Batam, dalam acara Konferensi Pers Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera dan Ekspose Hasil Penin
MATATELINGA, Batam: Jajaran Polri akan mendukung penuh Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera.


Hal tersebut disampaikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D pada Selasa sore, 15 Januari 2019, di Pelabuhan Batu Ampar Batam, dalam acara Konferensi Pers Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera dan Ekspose Hasil Penindakan Bersama antara Polri, TNI, Bea Cukai.

Hadir dalam acara tersebut Menko Kemaritiman Jend (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Ph.D., Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., Jaksa Agung Drs. H. M. Prasetyo, serta Ketua KPK Ir. Agus Rahardjo.


Acara dilaksanakan sebagai tindak lanjut pelaksanaan Program Impor Berisiko Tinggi yang dideklarasikan pada 12 Juli 2017, di Kantor Pusat Ditjen Bea Cukai Jakarta.

Dalam acara tersebut, digelar hasil Operasi Gabungan Nasional Polri, TNI, dan Bea Cukai, sepanjang tahun 2018, berupa 53 kasus dengan nilai barang Rp. 3,9 triliun dan kerugian negara yang berhasil diselamatkan Rp. 29,8 miliar.

Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera diwujudkan dengan 11 kegiatan, yaitu Penertiban pelabuhan tidak resmi di Batam dan pesisir timur Sumatera; Pengelolaan ship to ship area di Batam dan pesisir timur Sumatera; Pertukaran data terkait kapal-kapal yang berangkat dari pelabuhan, baik tujuan ke luar daerah pabean maupun antar pulau; Pembentukan Maritime Domain Awareness (MDA) dalam rangka meningkatkan pengawasan kemaritiman; Kewajiban penggunaan Automatic Identification System (AIS) bagi seluruh kapal di Indonesia; serta Pembatasan kecepatan bagi kapal non-pemerintah atau non-militer.

Selain itu juga diwujudkan dengan Penerbitan kuota impor di Free Trade Zone Batam dan penerbitan kuota BKC yang masuk ke kawasan bebas; Pemanfaatan analisis komunikasi berbasis IT dalam penyelidikan dan penyidikan tindak pidana; Patroli laut bersama Bea Cukai, TNI, Polri di daerah perairan sekitar Batam dan Pesisir Timur Sumatera; Operasi bersama Bea Cukai, TNI, Polri di daerah asal atau tujuan penyelundupan barang impor dari luar negeri atau dari Kawasan Bebas Batam yang tidak memenuhi kewajiban pabean serta tidak membayar Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor; serta Pengawasan berlapis terhadap barang eks impor ilegal yang diangkut antar pulau dengan tujuan wilayah pelabuhan Tanjung Priok (dari Batam dan Pontianak).


Dalam sambutannya, Kapolri menyampaikan bahwa kejahatan penyelundupan melalui jalur laut di Indonesia, menurut modus operandinya dibedakan ke dalam 2 jenis. Pertama, penyelundupan yang dilakukan di pelabuhan resmi dengan melanggar ketentuan administratif, seperti perbedaan jumlah dan jenis barang yang diimpor, sehingga menimbulkan kerugian negara. Kedua, penyelundupan yang dilakukan di pelabuhan-pelabuhan tidak resmi tanpa dilengkapi dokumen adminstratif sama sekali.

Kejahatan penyelundupan dengan modus operandi pertama telah dilaksanakan penindakan secara sinergis antara Polri, TNI, serta Ditjen Bea dan Cukai, telah membawa dampak yang sangat besar bagi peningkatan pemasukan keuangan negara. Untuk selanjutnya, Polri siap kembali bersinergi untuk melakukan penindakan dengan sasaran kejahatan penyelundupan di kawasan bebas Batam dan pantai timur Sumatera, mulai dari Aceh, Sumut, Riau, Kepri, sampai dengan Jambi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Polri akan melaksanakan 5 strategi utama. Pertama, Polri akan melaksanakan sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat di wilayah pantai timur Sumatera. Kedua, Polri akan memperbanyak patroli gabungan bersama dengan TNI dan Bea Cukai, dengan sasaran wilayah perairan dan pelabuhan-pelabuhan tidak resmi di sepanjang pantai timur Sumatera, untuk mencegah kejahatan penyelundupan. 


Ketiga, Polri akan mengoptimalkan deteksi intelijen. Keempat, Polri akan memberikan asistensi kepada Penyidik Pegawai Negeri Sipil Ditjen Bea Cukai untuk mendukung keberhasilan penyidikan. Kelima, Polri akan melaksanakan penindakan, baik secara mandiri maupun secara gabungan dengan TNI dan Bea Cukai untuk memberikan _deterrence effect._ 

Acara yang dihadiri oleh ratusan awak media cetak dan elektronik tersebut ditutup dengan peninjauan barang bukti hasil operasi penindakan bersama.(mtc)

Editor: faeza

T#g:bliblibukalapakKPKMatatelingaPenertiban Kawasanpilpres 2019TerkiniTravelokaKapolrilima Strategi Jalankan Prognasprognas penertiban kawasan bebasTito Karnavian
Komentar
Senin, 22 Apr 2019 21:22Berita Sumut

Sumut Berduka, Bupati Asahan Tutup Usia

Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang tutup usia, Senin (22/4). Bupati yang sudah menjabat dua periode itu meninggal pada usia 55 tahun.

Senin, 22 Apr 2019 19:15Ekonomi

Untuk Apa Pertamina Beli Pesawat Airbus A400...?

Rencana pembelian pesawat Airbus A400 oleh PT Pertamina (Persero) melalui anak usahan Pelita Air Service (PAS) . Tujuan pembelian pesawat tersebut adalah untuk menjalankan bisnis kargonya.

Senin, 22 Apr 2019 19:00Berita Sumut

Gubernur Sumut Apresiasi Akad Massal KPR BTN

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan "Akad Massal KPR BTN" yang dilaksanakan Bank Tabungan Negara (BTN) di Perumahan Rorinata Resindence, Desa Suka Maju, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang,

Senin, 22 Apr 2019 18:45Lifestyle

Kenapa Orang Indonesia Banyak Terkena HIV, Apa Penyebabnya....?

Apabila T cell rusak, tubuh akan kehilangan kemampuan antibody untuk menyerang zat asing yang masuk ke dalam tubuh termasuk virus dan penyakit. HIV berbeda dengan AIDS, merupakan kondisi yang timbul akibat rusaknya system pertahanan tubuh karena virus HIV

Senin, 22 Apr 2019 18:30Berita Sumut

Gelar Deklarasi Damai Pasca Pemilu, Kombes Dadang : Terima Kasih Warga Medan

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto menggelar Deklarasi Damai Bersama Jaga Pemilu 2019 di Regale Convention Hall, Senin (23/4/2019). Dalam kegiatan ini, Kapolrestabes juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga Medan yang menjaga keko

Senin, 22 Apr 2019 18:15Berita Sumut

Berawal dari Postingan Warga di Medsos, Polisi Amankan 5 Pelaku Narkoba di Percut Seituan

Tim Pegasus Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Medan meringkus lima orang pelaku narkoba dari kawasan Dusun I Kamboja Jl. Jatian Gg. Banten Desa Laut Dendang Kec. Percut Sei Tuan, Sabtu (20/4/2019). Penangkapan ini berawal dari keluhan salah seorang netize

Senin, 22 Apr 2019 18:00Berita Sumut

935 Prajurit Siswa Ikuti Diktukba dan Dikmata Tahun 2019 di Siantar

Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Hassanudin, SIP yang mewakili Pangdam, secara resmi membuka Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AD Tahap I TA 2019 sebanyak 605 orang, dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) PK TNI AD Ge

Senin, 22 Apr 2019 17:45Berita Sumut

Rekapitulasi Suara di Kecamatan Belawan Berlangsung Lambat

Puluhan saksi dari berbagai partai pada Senin pagi (22/04/2019) pagi merasa kecewa karena penghitungan suara hasil pemilu 2019 di kantor Camat Belawan terkesan lambat.

Senin, 22 Apr 2019 17:30Lifestyle

Semarakan HUT Kota Banda Aceh, Grand Arabia Hotel Diskon 35 Persen

Grand Arabia Hotel yang berada di Jalan Prof A. Majid Ibrahim II No 3, Banda Aceh memberikan diskon bagi wisatawan domestik dan Mancanegara yang hendak menginap.

Senin, 22 Apr 2019 17:14Berita Sumut

Soekirman Buka Raker Tim Reformasi Birokrasi Serdangbedagai Tahun 2019

Tim Reformasi Birokrasi Serdangbedagai menggelar rapat kerja di Sibayak Internasional Hotel Brastagi, Kabupaten Karo, Minggu (21/4/2019). Rapat kerja itu langsung dibuka Bupati Sergai Ir. H. Soekirman. Hadir dalam acara itu, Ketua TP PKK Hj Marliah Soek

Senin, 22 Apr 2019 16:56Berita Sumut

Organisasi Perempuan di Binjai Dapat Pelatihan Suminagashi

Demi meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan perempuan, Pemerintah Kota (Pemko) Binjai menggelar kegiatan pembinaan organisasi perempuan program peningkatan peran serta dan kesetaraan gender dalam pembangunan di Kota Binjai,

Senin, 22 Apr 2019 15:52Berita Sumut

Tinjau Rekapitulasi Kecamatan, Wakapoldasu : Keseluruhan Berjalan Lancar

Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Mardiaz meninjau penghitungan suara di tingkat PPK Kecamatan. Mardiaz,menegaskan sampai saat ini proses Pemilihan Umum (Pemilu) aman dan lancar.

Senin, 22 Apr 2019 15:30Berita Sumut

Sebar Hoax Bom Surabaya Pengalihan Isu, Oknum Dosen USU Dituntut 1 Tahun Penjara

Dosen USU Himma Dewiyana Lubis (45) dituntut setahun penjara akibat postingannya di media sosial yang dianggap melanggar UU ITE. Dia juga dituntut membayar denda sebesar Rp10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Senin, 22 Apr 2019 14:54Berita Sumut

HUT Ke-55 Dharma Pertiwi, Momentum Eratkan Persaudaraan, Kesejahteraan dan Kemajuan Organisasi

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Dharma Pertiwi Tahun 2019, diharapkan menjadi momentum untuk lebih mengeratkan ikatan persaudaraan untuk kesejahateraan anggota dan kemajuan organisasi.

Senin, 22 Apr 2019 14:32Berita Sumut

Ketua DPRD Madina Sebut Presiden Tolak Pengunduran Diri Bupati Lewat Bobby

Permohonan pengunduran diri Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution ditolak Presiden Jokowi. Penolakan itu disampaikan Presiden langsung via telepon menantu Jokowi, Bobby Nasution.

Senin, 22 Apr 2019 13:53Berita Sumut

Kawal Kotak Suara, Aiptu Martin Sembiring Kritis Alami Laka Lantas

Kapolda Sumatera Utara Irjen pol Agus Andrianto menjenguk Aiptu Martin Sembiring, anggota Babinkamtibmas Polres Padangsidimpuan yang kondisinya kritis dan tak sadarkan diri, pasca mengalami kecelakaan lalu lintas saat menjalankan tugas mengawal kotak suar