• Home
  • Berita Sumut
  • Produk Olahan Tanaman Khas Danau Toba Laku Keras di Inacraft 2018

Produk Olahan Tanaman Khas Danau Toba Laku Keras di Inacraft 2018

Amr/rel Senin, 30 April 2018 07:44 WIB
Matatelinga
Gubsu HT Erry Nuradi memberikan apresiasi atas produk olahan kreatif konservasi keanekaragaman hayati dan olahan limbah yang ditampilkan di Inacraft 2018 di JCC Jakarta.
MATATELINGA, Jakarta:  Produk olahan tanaman khas kawasan Danau Toba laris manis selama penyelenggaraan Inacraft 2018 di JCC Jakarta yang berakhir Minggu (29/4/2018) kemarin. Spesies endemik langka yang habitatnya terbatas pada daerah sekitar Danau Toba itu, yakni pohon andaliman, dari tangan-tangan kreatif anak Sumatera Utara (Sumut) berhasil dijadikan komoditas ekonomis. Yang laku keras antara lain sambal andaliman, sasagun andaliman dan bubuk masak andaliman Toba.

Sejumlah turis mancanegara yang berkunjung ke Paviliun Sumut semuanya mengaku kagum atas kreativitas bernuansa Danau Toba ketika diwawancarai wartawan. "Kami sudah lama kenal Danau Toba yang tersohor. Dengan adanya produk kreatif bernuansa Danau Toba, khususnya produk olahan dari spesies endemik, selain untuk pelestarian lingkungan juga bermanfaat secara ekonomis. 'Good' untuk Toba," ujar Barbara dan Carmel, turis asal Belanda dan Jerman hampir senada.

Beberapa both yang hadir di Paviliun Sumut memang menonjolkan nuansa Danau Toba, meski sejumlah both lainnya dari sekira 57 both di Paviliun Sumut itu juga cukup menarik perhatian pengunjung dengan menampilkan sejumlah komoditas pengrajin Sumut, seperti ulos dan tenunan dari beberapa daerah di propinsi ini dan hasil kerajinan lainnya. Dari pengamatan wartawan dan catatan sementara setidaknya lebih 150.000 pengunjung singgah ke Paviliun Sumut hingga hari terakhir.

Khusus tentang spesies endemik Danau Toba andaliman yang menarik minat pengunjung, hal ini  terutama dikarenakan produk olahan kreatif ini bernilai konservasi keanekaragaman hayati. Jadi tidak heran, bukan hanya pengunjung dalam negeri, khususnya para perantau asal Sumut yang datang dari berbagai propinsi di Indonesia, melainkan juga turis mancanegara betah berlama-lama di both Sumut dan berlomba-lomba mencicipi sample produk ini, lalu membelinya.

Konservasi hayati ini mampu memberikan nilai tambah ekonomi sekaligus memberikan nuansa baru bagi membangkitkan nilai-nilai kearifan tradisional lokal Sumut ke alam modernisasi, seperti sambal andaliman dan bubuk masak Toba yang rasanya diakui lezat di lidah turis mancanegara, apalagi lidah nusantara, yang sempat mencicipi produk olahan ini.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo maupun Gubernur Sumut Dr Ir HT Erry Nuradi MSi menjawab wartawan secara terpisah mengakui even yang selalu dinantikan para pelaku industri kreatif sektor kerajinan ini memang signifikan untuk mengangkat potensi lokal dan mendongkrak nilai jual produk kerajinan seni dan budaya Sumut. "Bagus, saya memberi apresiasi atas komitmen Sumut yang bersedia menjadi ikon Inacraft ke-20 tahun 2018 sejak 25 hingga 29 April 2018," ujar Mendagri menjawab wartawan ketika bertemu di Bandara Soekarno Hatta.

Kadis Lingkungan Hidup Sumut Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP selaku penanggung jawab Both Dinas Lingkungan Hidup pada Paviliun Provinsi Sumut di Inacraft 2018 yang menyajikan produk-produk olahan kreatif berbabis konservasi keanekaragaman hayati dan pelestarian lingkungan hidup, juga mengakui produk tanaman andalimantelah mendapat pengakuan LIPI sebagai tanaman khas Danau Toba yang baik untuk kesehatan, mengandung vitamin C baik dan juga anti oksidan. "Kita bekerjasamma dengan Taman eden 100. Juga sudah ada penelitian dari LIPI," jelasnya.

Koordinator Both Dinas Lingkungan Hidup Sumut Rismawati Simanjuntak yang juga Kabid Peningkatan Kapasitas Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Sumut mengemukakan pihaknya dlam paradiga baru pelestarian lingkungan dan ekosistem terus berupaya mengembangkan konservasi yang berwawasan lingkungan dan ekonomi. Hal ini sejalan dengan program ekonomi kreatif. Dalam hal ini, pohon andaliman yang merupakan spesies endemik Danau Toba dan sempat tergolong langka, kini sudah bisa dilestarikan dengan baik dan diolah menjadi produk ekonomi seperti sambal andaliman, sosagn dan bubuk Toba.

"Keanekaragaman hayati dan keindahan alam merupakan anugerah yang tidak terhingga , maka dari itu kita harus bersyukur kepada Yang Maha Kuasa dengan cara menjaga, merawat dan melestarikannya. Di tangan-tangan generasi bangsa kreatif, upaya menjaga, merawat dan melestarikannya itu dapat diolah menjadi nilai ekonomis," ujar Risma yang selama Inacraft tampak tetap semangat memberikan penjelasan dan pemahaman tentang produk olahan spesies endemik Danau Toba ini.

Pada Inacraft 2018 ini sejumlah produk olahan kreatif dari limbah juga ditampilkan dan sebagian dijual kepada pengunjung yang juga mendapat sambutan positip. Beberapa produk kreatif dari bahan limbah tersebut seperti vas bunga dan aneka barang rumah tangga yang dibuat dari anyaman koran bekas, barang dari anyaman botol plastik air mineral bekas dan barang dari anyaman olahan encenh gondok. Beberapa barang olahan limbah ini merupakan hasil tangan-tangan kreatif dari para siswa sekolah binaaan berwawasan lingkungan.  

Secara umum, tenunan ulos dan songket berbagai etnis Sumut juga banyak dibeli pengunjung. Produk Sumut memang terasa menonjol dalam pameran ini karena tahun ini Inacraft menampilkan produk kerajinan, seni dan atraksi budaya Sumatera Utara sebagai ikon.

Vice Chairman Corporation and Promotion, Association of Expert and Producers of Indonesia Handicraft (Asephi), Gusmardi Bustami, mengatakan, pemilihan Sumatera Utara sebagai ikon tidak lain karena ingin mengenalkan Sumatera Utara yang selama ini lebih terkenal karena destinasi wisatanya.

"Sumatera Utara itu mempunyai kesenian dan kebudayaan yang banyak, yang selama ini tidak dikenal, maka dari itu kami memperkenalkan Sumatera Utara bukan hanya sekadar sebagai destinasi wisata, craft-nya banyak, bukan hanya ulos saja, ada tekstil kayu juga dan ini direspon oleh Pemprov Sumut," tutur Gusmardi saat ditemui di Jakarta Convention Center Jakarta.

Kadis Perindustrian Sumut Alwin Sitorus menyebut selama kegiatan berlangsung, para pengunjung disuguhkan dengan berbagai jenis produk kerajinan kreatif dan kesenian Sumatera Utara.

"Ada hasil kerajinan berbagai jenis, ada tari Tor-tor, dan yang lainnya. Setiap hari tarian yang disuguhkan berbeda. Selama pameran pun ada backsound khas Sumatera Utara. Jadi bagi orang Sumatera Utara yang sudah lama di Jakarta atau di perantauan lainnya, datang ke Inacraft akan serasa ada di rumah kembali. Begitu juga pengunjung lainnya," tuturnya.

Sejumlah pengunjung termasuk sejumlah artis yang singgah di Paviliun Sumut mengemukakan warisan kebudayaan dalam bentuk kain ulos dan songket merupakan hasil kerajinan tenun yang selalu memikat mereka karena tenunan ini selalu ditampilkan dalam berbagai upacara adat, penyambutan tamu kehormatan, membangun rumah serta prosesi lain dalam masyarakat.

Menurut mereka Sumatera Utara merupakan provinsi dengan multietnis penduduk yang mendiami. Kerajinan ulos dan tenunan songket adalah seni kerajinan yang menarik dari suku Batak. Bahan kain ulos terbuat dari benang kapas atau rami di mana warna hitam, putih dan merah mempunyai makna tertentu. Sedangkan warna lain merupakan lambang dari variasi kehidupan. Adapun Tenun songket yang didominasi oleh masyarakat pesisir barat provinsi ini menghasilkan Songket Barus, dengan warna dasar merah tua atau kuning emas.

Tidak hanya seni kerajinan, panorama alam dan kuliner masyarakat Sumatera Utara yang sangat popular, tetapi tradisi upacara adat menjadi kekuatan budaya yang sangat dikenal wisatawan. Keelokan provinsi Sumatera Utara secara khusus itulah yang telah hadir dalam suguhan ikon INACRAFT 2018. "Mudan-mudahan even ini menjadi wadah bagi pengrajin dan penggiat seni budaya Sumut untuk terus melakukan inovasi kreatif," kata Gubsu didampingi Ketua Dekranasda Sumut Ny Evi Erry Nuradi.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:Danau tobaMatatelingaProduk olahanSumutT Erry Nuradi
Komentar
Selasa, 19 Mar 2019 21:30Berita Sumut

Pemko Medan Dan Kodam I/BB Bersih-Bersih Sungai Bedera

Pemko Medan bersama Kodam I/BB akan menggelar kegiatan bersih-bersih Sungai Bedera, Jumat (22/3/2019) mendatang. Selain itu, aksi bersih-bersih tersebut juga melibatkan unsur Polda Sumut, Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II, pihak kecamatan, organisas

Selasa, 19 Mar 2019 21:15Nasional

Mutasi Jabatan dan Promosi 72 Pati TNI

Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi

Selasa, 19 Mar 2019 21:00Berita Sumut

Pemko Medan & BNNP Sumut Bersinergi Berantas Narkoba

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH berharap Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatra Utara terus membantu Pemko Medan dalam menangani masalah narkoba yang ada di Kota Medan. Selain itu, Wali Kota juga mengapresiasi kinerja BNNP Sumut s

Selasa, 19 Mar 2019 20:45Berita Sumut

Wali Kota Dinobatkan Sebagai Indonesia Visioner Leader

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH bersama sejumlah kepala daerah di Indonesia akan menerima penghargaan Indonesia Visioner Leader dalam Acara Silaturahmi Nusantara yang akan berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta, Jumat (29/3/2019) mendatang.

Selasa, 19 Mar 2019 20:35Nasional

Lagi-Lagi Gunung Merapi Tunjukkan "Kemarahannya"

Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas

Selasa, 19 Mar 2019 20:30Berita Sumut

Sekdaprov Sumut Buka Musrenbang Kabupaten Deli Serdang

Sekertaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprov Sumut), Dr Ir Hj R Sabrina MSi membuka musyarawah perencanaan pembangunan (Musrenbang ) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) daerah Kabupaten Deli Serdang tahun 2020, Selasa (19/3/2019) di Prime Plaza Hotel K

Selasa, 19 Mar 2019 20:15Berita Sumut

Penampilan Debat Cawapres No 1, Mahfud MD Memberi Tanggapan

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD memberi tanggapan dengan penampilan Cawapres Nomor Urut 01 KH Ma'ruf Amin di acara Debat Cawapres beberapa malam lalu.

Selasa, 19 Mar 2019 20:00Berita Sumut

Polsek Medan Baru Musnahkan Barang Bukti Narkoba Jenis sabu sabu

Polsek Medan baru melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 1,5 kilo gram, yang dilaksankan di halaman Apel Mapolsek Medan Baru Selasa (19/3/ 2019) siang

Selasa, 19 Mar 2019 19:45Berita Sumut

Mahfud MD: Jauh Jauh Hari Sudah Kita Ingatkan Ketum DPP Romahurmuziy

Jauh-jauh hari sudah Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD sudah mengingatkan Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy yang kerap disapa Romi sebelum terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Selasa, 19 Mar 2019 19:30Berita Sumut

Supir Mobil yang Nyemplung ke Danau Toba Ditemukan Meninggal

Tim SAR gabungan akhirnya menemukan Bukti Siregar (70), pengemudi mobil yang terjun ke Danau Toba, Selasa (19/3). Korban ditemukan dalam kondisi meninggal di dalam mobilnya yang tenggelam.

Selasa, 19 Mar 2019 19:15Berita Sumut

Buron Hampir Setahun, Perampok Sadis di Tol H Anif Dibedil Polisi

Seorang pelaku perampokan sadis yang nyaris merenggut nyawa pengemudi Gojek, Fakri Husaini (23) di Jalan Cemara/Tol H Anif, Rabu (30/5/2018) tahun lalu, dibekuk Tim Pegasus Polrestabes Medan. Polisi terpaksa melumpuhkan kedua kaki tersangka berinisial Yus

Selasa, 19 Mar 2019 19:00Berita Sumut

Umat Islam Sumut Kutuk Aksi Teroris di Dua Mesjid di Selandia Baru

Ribuan umat Islam di Sumatera Utara menggeruduk Kantor Australia Centre Medan di Jalan Kartini, Selasa (19/3/2019). Mereka mengutuk keras serangan di dua mesjid di Selandia Baru yang menyebabkan puluhan jamaah meninggal dunia.

Selasa, 19 Mar 2019 18:42Berita Sumut

YKI Gelar Penyuluhan di Langkat dan Binjai

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumatera Utara bekerjasama dengan IKBI PTPN II dan PT Tembakau Deli Medica menggelar penyuluhan penyakit kanker dan pemeriksaan papsmear gratis di Rumah Sakit PTPN II Tanjung Selamat Kabupaten Langkat dan Rumah Sakit Bangkat

Selasa, 19 Mar 2019 18:26Berita Sumut

Pemko Medan Dukung Penuh Pelebaran Jalan Simpang Dobi

Pemko Medan sangat mengapresiasi penuh rencana pelebaran Jalan Yos Sudarso, persisnya Simpang Dobi, Kelurahan Titi Papan, Kecamatan Medan Deli. Pasalnya, kondisi jalan mengalami penyempitan sehingga menyebabkan arus lalu lintas acap kali crowded sehingga

Selasa, 19 Mar 2019 18:11Berita Sumut

Menjaga Kerukunan Tanpa Memandang Perbedaan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mendukung penuh pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) yakni memilih Presiden dan Wakil Presiden serta legislatif pusat dan daerah untuk lima tahun ke depan sehingga berjalan dengan aman dan damai. Untuk itu

Selasa, 19 Mar 2019 17:51Berita Sumut

DPRD Medan Rekomendasikan Relokasi Pedagang Lt 3 Pasar Petisah Ditunda

Pedagang Pasar Petisah bermohon untuk tetap bertahan berjualan seperti biasa di lantai 3. Keberadaan mereka sudah nyaman selama ini dan menjalankan kewajiban membayar pajak dan iuran.