• Home
  • Berita Sumut
  • Proyek Gedung Baru Inalum : Melihat Lebih Dekat Ikon Baru di Kawasan Industri Kuala Tanjung

Proyek Gedung Baru Inalum : Melihat Lebih Dekat Ikon Baru di Kawasan Industri Kuala Tanjung

Faeza Kamis, 23 Mei 2019 12:14 WIB
mtc/ist
PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM yang merupakan Induk Holding Industri Pertambangan yang beroperasi di Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, sedang membangun sebuah gedung perkantoran yang modern dan representatif
MATATELINGA, Batubara: PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM yang merupakan Induk Holding Industri Pertambangan yang beroperasi di Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, sedang membangun sebuah gedung perkantoran yang modern dan representatif di kawasan lapangan bola A-Camp Kuala Tanjung. Gedung yang rencananya terdiri dari 1 unit gedung 8 lantai dan 1 unit ballroom dengan total luas bangunan 32.353 m2 serta lahan seluas 2,37 hektar ini ditargetkan mampu menampung ± 1.000 orang karyawan.
 

Manager Proyek Pembangunan Gedung INALUM, Ari Suryo Purnomo menyampaikan bahwa pembangunan gedung INALUM ini selain untuk mendukung pengembangan bisnis INALUM juga untuk memenuhi kebutuhan perkantoran di kawasan Kuala Tanjung yang berkembang cukup pesat ke depan. Selain digunakan oleh INALUM, lantai 6, 7 dan 8, juga akan diperuntukkan bagi anak usahanya, rekanan, perbankan & asuransi dan perusahaan lain di kawasan Kuala Tanjung yang lokasinya dekat dengan kawasan pelabuhan ini dan kluster aluminium. 

"Dengan adanya gedung baru ini diharapkan akan meningkatkan nilai tambah bagi perusahaan dan masyarakat sekitar, mendukung percepatan pengembangan ekonomi daerah khususnya di Kabupaten Batu Bara dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar," ungkap Ari.
 

Ari juga menjelaskan bahwa gedung INALUM yang dirancang dengan konsep "Green and Smart Building" ini jugamengakomodir unsur-unsur budaya dan kearifan lokal dalam arsitekturnya serta mencerminkan INALUM sebagai perusahaan global terkemuka di bidang peleburan aluminium. Konsep bangunan yang mengedepankan aspek sustainability development ini diharapkan dapat menjadi pelopor pembangunan gedung sejenis diKabupaten Batu Bara khususnya dan Sumatera Utara pada umumnya.
 
Lebih lanjut, Deputy Sekretaris Perusahaan INALUM Mahyaruddin Ende mengatakan bahwa keberadaan gedung INALUM akan menjadi ikon baru di Kuala Tanjung dan sangat layak diperhitungkan oleh para pelaku usaha yang mengedepankan aspek integrasi bisnis, aspek kedekatan lokasidengan pelabuhan,dan komersial.
 
Gedung Ramah Lingkungan

Pada prinsipnya konsep bangunan ini adalah memanfaatkan seefisien mungkin pemakaian sumber daya air, energi listrik, penyelarasan bangunan dengan alam dan lingkungan hijau sekitarnya. Secara teknis hal itu dilakukan antara lain dengan memanfaatkan aliran udara alami untuk sirkulasi udara dalam area prefunction, pemakaian penerangan alami cahaya matahari, pemanfaatan air hujan untuk menyiram tanaman penghijauan danflushing, pembuatan sumur resapan, taman-taman horisontal dan vertikal, pemakaian AC dengan teknologi terkini yang hemat listrik (VRV/Variable Refrigerant Volume), pemakaian solar cell, pemakaian kaca khusus dan panel aluminium extrude sebagai kisi-kisi paling luar penahan panas matahari, demikian papar Aprili Gunawan, Wakil Project Manager.
 

Aprili menambahkan, Selain itu, gedung inijuga akan menawarkan working space yang cukup luas dengan fasilitas umum berupafoodcourt, fitness center, layanan perbankan (front and back office), ruang eksibisi,ballroom dengan kapasitas 1.000 orang dan area perparkiran yang mampu menampung ± 250 kendaraan roda 4. Sistem pengamanan gedung ini akan dimonitor secara terus menerus selama 24 jam non stop melalui CCTV di berbagai titik.
 
Gedung ini dirancang oleh PT Wiratman selaku konsultan perencana dan dalam pelaksanaan konstruksinya dibantu oleh PT Yodya Karya (Persero) selaku konsultan manajemen konstruksi. Adapun kontraktor pelaksana konstruksi adalah PT PP (Persero). Groundbreaking Gedung INALUM ini telah dilaksanakan pada 30 Agustus 2018. Hingga saat ini progress pembangunan gedung sudah mencapai sekitar 30% dan ditargetkan selesai pada Januari 2020.
 
"Selain itu, sudah ada beberapa perusahaan yang berkomitmen untuk menempatiworking space yang ada dan upaya pemasaran terus dilakukan sejalan dengan proses pembangunan Gedung……namun dikarenakan terbatasnya space yang tersedia dan mengingat potensi perkembangan Kawasan Industri Kuala Tanjung..…maka bagi calon tenant yang berminat dapat langsung menghubungi kami di 0622-31331 Ext : 1113 atau melihat langsung di lokasi proyek" demikian ungkap Ari.
 
Selain gedung INALUM sebagai gedung perkantoran, INALUM berencana mengembangkan kawasan lain di sekitar Kuala Tanjung (kawasan B-Camp, kawasan Tanjung Gading) untuk dibangun hotel, pusat perbelanjaan, sekolah, politeknik, perumahan dan lain-lain sebagai bagian dari pengembangan bisnisnya. (mtc/rel)
Editor: Faeza

T#g:InalumKawasan Industri Kuala TanjungMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPT InalumTerkini
Komentar
Minggu, 16 Jun 2019 21:45Berita Sumut

Diduga Mengantuk, Pengendara Motor Tewas Usai Jatuh Parit

Seorang pengendara sepeda motor tewas dalam peristiwa laka lantas tunggal di Jalan Rajawali, Kecamatan Medan Sunggal, Minggu (16/5/2019).

Minggu, 16 Jun 2019 21:29Berita Sumut

Tampil di TCWMF 2019, Musisi Meksiko Puji Keindahan Danau Toba

Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) 2019 sukses menghentak pangunjung di Bukit Singgolom, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (15/6) malam. Gelaran bekelas internasional itu masih menyisakan para m

Minggu, 16 Jun 2019 20:53Berita Sumut

Aplikasi e-POS Mudahkan Orang Tua Pantau Perkembangan Anak

Tauhun ini kita juga memberikan penghargaan kepada peserta didik yang mendapat prestasi terbaik (best of the best) mulai dari PG sampai SMA. Penghargaan untuk tingkat SD kelas 4 sampai SMA akan mendapatkan studi tour atau jalan-jalan ke luar negeri,"

Minggu, 16 Jun 2019 20:15Berita Sumut

Aksi Save lumba-lumba Sirkus Lumba-lumba Bentuk Sebuah Penyiksaan

Maraknya pertunjukan sirkus dengan menggunakan hewan sebagai hiburan masyarakat, terlebih pada hewan lumba-lumba. Hal tersebut tentu akan menyebabkan perburuan terhadap hewan mamalia itu berlanjut, sehingga dapat mengancam keberadaan hewanlucu itu.

Minggu, 16 Jun 2019 20:00Berita Sumut

Perusahan PT Pelni dan PT Pelindo l Medan Kembali Molor, Ribuan Penumpang Berjemur

Perusahan PT Pelni dan PT Pelindo l Medan kembali berjemur calon penumpang kapal KM Kelud dilapangan Terminal Penumpang Pelabuhan Belawan, Minggu (16/6/2019).

Minggu, 16 Jun 2019 19:45Internasional

Ledakan-ledakan, Yang Merusak Kapal Front Altair, Saudi Salahkan Iran

Serangan-serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman dan menyerukan masyarakat internasional untuk mengambil "sikap tegas" terkait serangan tersebut, Putra Mahkota Arab Saudi menyalahkan Iran.

Minggu, 16 Jun 2019 19:12Nasional

Kapal Kayu Digunakan Kades dan Tiga Warga Dihantam Ombak

Kapal kayu yang tumpangi empat warga Pulau Poleonro, Kecamatan Liukang Tangaya Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan, berlayar dari Pulau Sumbawa NTB menuju pulau Poleonro, Pangkep terjebak cuaca buruk saat berada di lautan lepas, saat dalam perjalanan pulan

Minggu, 16 Jun 2019 19:04Nasional

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya Bongkar Jaringan Narkoba dan Sita Ribuan Butir Narkoba

ebuah rumah di Kampung Ambon, Jakarta Barat digrebek Ditresnarkoba Polda Metro Jaya . Dalam penggerebekan tersebut, Polisi menemukan 1.000 butir pil ekstasi serta ketamine, usai melakukan penggerebekan serupa di Kampung Bahari, Jakarta Utara.

Minggu, 16 Jun 2019 17:12Internasional

Hongkong Makin Memanas, Puluhan Ribu Pendemo Turun Ke Jalan dan Minta Pimpinan Mundur

Demonstrasi tersebut digelar sehari setelah dia menangguhkan rancangan undang-undang (RUU) menyusul unjuk rasa terbesar dalam sejarah Hong Kong dan kekerasan yang terjadi dalam sepekan terakhir. Dengan berpakaian hitam untuk Puluhan ribu orang turun ke j

Minggu, 16 Jun 2019 15:58Aceh

Festival Mie Aceh, Menuju Kuliner Dunia Dengan Cita Rasanya

Mi Aceh sudah terkenal dipenjuru Nusantara maupun Luar Negeri. Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bertekad menjadikan sebagai kuliner kelas dunia karena cita rasanya sudah begitu terkenal, terutama di nusantara.

Minggu, 16 Jun 2019 14:28Lifestyle

Mempelai Pria dengan wanita Beda Usia 27 Tahun

Saat ini, mempelai laki-laki Rustam sudah berusia 41 tahun, sementara wanita dinikahinya berusia 13 tahun, dan masih menimba ilmu di bangku kelas 1 di MTs (setara dengan SMP).

Minggu, 16 Jun 2019 13:30Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Festival band Millenial 2019

Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Medan akan menggelar Medan Art Millenial Festival (Band) 2019 di Merdeka Walk pada 22-23 Juni mendatang. Festival yang akan memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH dilak

Minggu, 16 Jun 2019 13:15Aceh

Bawa kabur Sepeda Motor, Jadi Bulan Bulan Warga dan Hingga Tak Berdaya

Diduga melakukan pencurian kenderaan bermotor roda dua, di kawasan Desa Suak Timah, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat

Minggu, 16 Jun 2019 13:00Lifestyle

Pelantun Lagu "Sesuatu" Membagikan Suasana liburannya Bersma Suami

Selebrity Indonesi Syahrini baru saja mengunggah foto liburan mesra bareng suaminya Reino Barack. Mereka melancong ke Pulau Bora-Bora, suasananya romantis banget.

Minggu, 16 Jun 2019 12:45Nasional

Kapal Tenggelam, Dua ABK Meninggal dan Lima Masih Dalam Pencarian

Ada empat anak buah kapal (ABK) sedang dalam pemeriksaan penyidik Reskrim Polres Alor dengan tenggelamnya Kapal Motor Nusa Kenari 02 yang menyebabkan dua penumpang meninggal dan lima orang masih hilang, sebut Kapolres Alor, Nusa Tenggara Timur, AKBP, Pat

Minggu, 16 Jun 2019 12:30Bola

Cesc Fabregas Menilai Lionel Messi, Layak Meraih Gelar Pemain Terbaik Dunia

Lionel Messi, layak untuk meraih gelar pemain terbaik dunia atau yang akrab disebut Ballon d’Or 2019, sebut Gelandang AS Monaco, Cesc Fabregas, merasa mantan rekan setimnya di Barcelona.