• Home
  • Berita Sumut
  • Proyek Gedung Baru Inalum : Melihat Lebih Dekat Ikon Baru di Kawasan Industri Kuala Tanjung

Proyek Gedung Baru Inalum : Melihat Lebih Dekat Ikon Baru di Kawasan Industri Kuala Tanjung

Faeza Kamis, 23 Mei 2019 12:14 WIB
mtc/ist
PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM yang merupakan Induk Holding Industri Pertambangan yang beroperasi di Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, sedang membangun sebuah gedung perkantoran yang modern dan representatif
MATATELINGA, Batubara: PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM yang merupakan Induk Holding Industri Pertambangan yang beroperasi di Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara, sedang membangun sebuah gedung perkantoran yang modern dan representatif di kawasan lapangan bola A-Camp Kuala Tanjung. Gedung yang rencananya terdiri dari 1 unit gedung 8 lantai dan 1 unit ballroom dengan total luas bangunan 32.353 m2 serta lahan seluas 2,37 hektar ini ditargetkan mampu menampung ± 1.000 orang karyawan.
 

Manager Proyek Pembangunan Gedung INALUM, Ari Suryo Purnomo menyampaikan bahwa pembangunan gedung INALUM ini selain untuk mendukung pengembangan bisnis INALUM juga untuk memenuhi kebutuhan perkantoran di kawasan Kuala Tanjung yang berkembang cukup pesat ke depan. Selain digunakan oleh INALUM, lantai 6, 7 dan 8, juga akan diperuntukkan bagi anak usahanya, rekanan, perbankan & asuransi dan perusahaan lain di kawasan Kuala Tanjung yang lokasinya dekat dengan kawasan pelabuhan ini dan kluster aluminium. 

"Dengan adanya gedung baru ini diharapkan akan meningkatkan nilai tambah bagi perusahaan dan masyarakat sekitar, mendukung percepatan pengembangan ekonomi daerah khususnya di Kabupaten Batu Bara dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar," ungkap Ari.
 

Ari juga menjelaskan bahwa gedung INALUM yang dirancang dengan konsep "Green and Smart Building" ini jugamengakomodir unsur-unsur budaya dan kearifan lokal dalam arsitekturnya serta mencerminkan INALUM sebagai perusahaan global terkemuka di bidang peleburan aluminium. Konsep bangunan yang mengedepankan aspek sustainability development ini diharapkan dapat menjadi pelopor pembangunan gedung sejenis diKabupaten Batu Bara khususnya dan Sumatera Utara pada umumnya.
 
Lebih lanjut, Deputy Sekretaris Perusahaan INALUM Mahyaruddin Ende mengatakan bahwa keberadaan gedung INALUM akan menjadi ikon baru di Kuala Tanjung dan sangat layak diperhitungkan oleh para pelaku usaha yang mengedepankan aspek integrasi bisnis, aspek kedekatan lokasidengan pelabuhan,dan komersial.
 
Gedung Ramah Lingkungan

Pada prinsipnya konsep bangunan ini adalah memanfaatkan seefisien mungkin pemakaian sumber daya air, energi listrik, penyelarasan bangunan dengan alam dan lingkungan hijau sekitarnya. Secara teknis hal itu dilakukan antara lain dengan memanfaatkan aliran udara alami untuk sirkulasi udara dalam area prefunction, pemakaian penerangan alami cahaya matahari, pemanfaatan air hujan untuk menyiram tanaman penghijauan danflushing, pembuatan sumur resapan, taman-taman horisontal dan vertikal, pemakaian AC dengan teknologi terkini yang hemat listrik (VRV/Variable Refrigerant Volume), pemakaian solar cell, pemakaian kaca khusus dan panel aluminium extrude sebagai kisi-kisi paling luar penahan panas matahari, demikian papar Aprili Gunawan, Wakil Project Manager.
 

Aprili menambahkan, Selain itu, gedung inijuga akan menawarkan working space yang cukup luas dengan fasilitas umum berupafoodcourt, fitness center, layanan perbankan (front and back office), ruang eksibisi,ballroom dengan kapasitas 1.000 orang dan area perparkiran yang mampu menampung ± 250 kendaraan roda 4. Sistem pengamanan gedung ini akan dimonitor secara terus menerus selama 24 jam non stop melalui CCTV di berbagai titik.
 
Gedung ini dirancang oleh PT Wiratman selaku konsultan perencana dan dalam pelaksanaan konstruksinya dibantu oleh PT Yodya Karya (Persero) selaku konsultan manajemen konstruksi. Adapun kontraktor pelaksana konstruksi adalah PT PP (Persero). Groundbreaking Gedung INALUM ini telah dilaksanakan pada 30 Agustus 2018. Hingga saat ini progress pembangunan gedung sudah mencapai sekitar 30% dan ditargetkan selesai pada Januari 2020.
 
"Selain itu, sudah ada beberapa perusahaan yang berkomitmen untuk menempatiworking space yang ada dan upaya pemasaran terus dilakukan sejalan dengan proses pembangunan Gedung……namun dikarenakan terbatasnya space yang tersedia dan mengingat potensi perkembangan Kawasan Industri Kuala Tanjung..…maka bagi calon tenant yang berminat dapat langsung menghubungi kami di 0622-31331 Ext : 1113 atau melihat langsung di lokasi proyek" demikian ungkap Ari.
 
Selain gedung INALUM sebagai gedung perkantoran, INALUM berencana mengembangkan kawasan lain di sekitar Kuala Tanjung (kawasan B-Camp, kawasan Tanjung Gading) untuk dibangun hotel, pusat perbelanjaan, sekolah, politeknik, perumahan dan lain-lain sebagai bagian dari pengembangan bisnisnya. (mtc/rel)
Editor: Faeza

T#g:InalumKawasan Industri Kuala TanjungMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPT InalumTerkini
Komentar
Jumat, 03 Jul 2020 17:50Nasional

Satgas Yonif 125/Simbisa Dampingi Guru Saat Pendaftaran Siswa Baru

Salah satu tujuan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana yang tertuang di dalam Undang-Undang Dasar 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Jumat, 03 Jul 2020 17:35Berita Sumut

Kerusuhan di Madina, Polisi Minta Para Pelaku Menyerahkan Diri

Pihak kepolisian telah mengamankan tiga terduga pelaku kerusuhan dan pembakaran dua unit mobil saat unjuk rasa di Desa Mompang Julu Kecamatan Penyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Jumat, 03 Jul 2020 17:20Berita Sumut

Terjatuh Usai Senggol Mobil, Wanita Muda Ini Tewas Digilas Truk

Ranti Mawarni (18) tewas mengenaskan usai dilindas truk di Jalan KL Yos Sudarso KM 15 pada Jumat (3/7/2020). Sebelum dilindas truk, warga Jalan Boxit, Lingkungan I, Kelurahan Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli ini terlebih dahulu menabrak mobil dan terja

Jumat, 03 Jul 2020 17:05Ekonomi

Berbanding Terbalik dengan Rupiah, Rupee India

Berbanding terbalik dengan rupiah, rupee India menjadi mata uang dengan penguatan tertinggi pada siang hari ini. Rupee berhasil menguat 0,44% terhadap dolar AS. Berikutnya ada peso Filipina yang naik 0,37% dan dolar Taiwan yang terapresiasi 0,20%.

Jumat, 03 Jul 2020 16:50Ekonomi

Sore ini, Harga Emas Naik Tipis 0,01%

Pada hari ini Jumat (3/7/2020) sore ini, harga emas masih menguat tipis Sekitar pada pukul 14.08 WIB, harga emas di pasar spot berada di level US$ 1.775,05 per ons troi alias menguat tipis 0,01%.

Jumat, 03 Jul 2020 16:35Berita Sumut

Polisi Ciduk Pencuri dan Penadah di Rumah PNS Dinas PU

Tim Reskrim Polsek Delitua berhasil meringkus pelaku pencurian yang menggasak harta benda di rumah Junita Teresia, PNS di Dinas PUn di l.Jaya Tani No.9 Kel.Kwala Bekala Kec.Medan Johor. Polisi juga meringkus dua orang penadah hasil kejahatan pelaku.

Jumat, 03 Jul 2020 16:20Berita Sumut

Kasdam I/BB Hadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Pilkada Serentak

Kasdam I/BB Brigjen TNI Didied Pramudito menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada Serentak tahun 2020 dalam rangka mendukung kelancaran tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2020 bertempat di Ballroom Hotel Grand Aston

Jumat, 03 Jul 2020 16:00Berita Sumut

POSPERA Minta AIA Berikan Hak Agency, Tenaga Pemasaran dan Karyawan Yang Dipecat

Posko Perjuangan Rakyat (POSPERA) Sumatera Utara bersama Kuasa Hukum Nasabah, Agency dan Karyawan korban pemutusan hubungan kerja (PHK) PT AIA Financial akan terZahra Kharina Nasutionus berjuang sampai keadilan didapatkan para korban, dan POSPERA akan mem

Jumat, 03 Jul 2020 15:50Berita Sumut

Ketua Komisi II DPR RI Apresiasi Koordinasi Kemendagri Siapkan Pilkada Serentak 2020

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia mengapresiasi langkah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam melakukan koordinasi untuk memantapkan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020

Jumat, 03 Jul 2020 15:35Berita Sumut

Jenazah Alm. Pelda Anumerta Rama Wahyudi Dimakamkan di TMP Pekanbaru

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA, MSc., Memimpin langsung penerimaan Jenazah Alm. Pelda Anumerta rama wahyudi Anggota Satgas Kizi Tni Kongo Xx-Q/Monusco dari Mabes TNI tiba di Main Avron Baseops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru pada Jumat, (3/7/2020)

Jumat, 03 Jul 2020 15:07Berita Sumut

Kapolda Sumut Hadiri Rakor Pilkada Serentak Tahun 2020 Dengan Menkopolhukam dan Mendagri

Menko Polhukam RI Bpk. Mahfud MD dan Mendagri RI Jendral Pol. (Purn) Tito Karnavian, P.hD menggelar rapat koordinasi terkait kesiapan menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di wilayah Sumut

Jumat, 03 Jul 2020 14:47Berita Sumut

Belum Ada Penurunan Covid 19, Polres Siantar Belum Izinkan Keramaian

Di tengah wabah virus Corona Covid-19 dan kondisi perekonomian yang sudah sangat menurun Kapolri Jenderal Idham Azis resmi mencabut Maklumat Kapolri dengan Nomor MAK/2/III/2020. Maklumat yang melarang kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa i

Jumat, 03 Jul 2020 14:32Berita Sumut

Ini Alasan Pemerintah Tunda Pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila,

Pemerintah masih menunda pembahasan terkait Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan Mahfud MD saat bersilaturahmi dngan para tokoh di Sumatera Utara, Kamis (2/7) mal

Jumat, 03 Jul 2020 14:04Berita Sumut

4 Pejabat Eselon II Pemko Medan Dilantik

Guna meningkatkan kinerja dan inovasi yang lebih baik lagi di tengah pandemi Covid-19, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengambil sumpah jabatan dan melantik 4 pejabat eselon II di Lingkungan Pemko Medan di Ruang Rapat III La

Jumat, 03 Jul 2020 12:27Nasional

Panglima : Keluarga Besar TNI Kehilangan Prajurit Terbaik Pada Misi PBB

Seluruh Keluarga Besar TNI merasa kehilangan prajurit terbaik pada misi perdamaian dan kemanusiaan, Pelda Anumerta Rama Wahyudi personel Satgas Kizi TNI Konga XX-Q/Monusco yang gugur akibat serangan milisi bersenjata saat menjalankan tugas misi sebagai pa

Jumat, 03 Jul 2020 11:05Berita Sumut

Kapolda Sumut Dampingi Kunker Menkopolhukam dan Mendagri di Sumut

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara pada Kamis (02/07/20). Kedatangan dua menteri ini dalam rangka koordinasi kes