Puluhan Jurnalis Perempuan Sumut Ikut Pelatihan Isu Gender

amelia Rabu, 14 Agustus 2019 11:16 WIB
mtc/amel
Ketika berbicara tentang media dan gender, tak hanya bicara tentang medianya atau jurnalisnya, tapi juga sumber daya manusia (SDM) dan manajemennya. Untuk itu Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI melaksanakan pelatihan tentang isu -
MATATELINGA, Medan : Ketika berbicara tentang media dan gender, tak hanya bicara tentang medianya atau jurnalisnya, tapi juga sumber daya manusia (SDM) dan manajemennya. Untuk itu Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI melaksanakan pelatihan tentang isu -isu gender dan anak dalam pemberitaan bagi SDM media di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Hotel Grand Mercure, Rabu (14/8).

Asisten Deputi Partisipasi Media Kemen PPPA - RI, Fatahillah menuturkan kegiatan indilakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang jurnalisme persepektif gender. "Sehingga media juga terlibat kepeduliannya tentang ramah anak," ungkapnya.




Kegiatan di Sumut ini, sambungnya, merupakan kegiatan pertama dan akan berlanjut lagi di daerah lainnya di Indonesia. Dengan mengundang puluhan jurnalis perempuan.

Dalam kesempatan ini Ketua Umum Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), Uni Lubis didaulat sebagai narasumber. Pemimpin Redaksi IDN Times ini memberikan pelatihan penulisan pemberitaan yang berperspektif gender. Pelatihan yang digelar dua hari ini juga menghadirkan Fasilitator dari PWI Pusat, Syamsul yang menjelaskan tentang undang-undang SPPA dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak.




Kepala Dinas PP dan PA Provinsi Sumut, Nurlela menuturkan pelatihan ini sangat perlu. Karenanya berterimakasih kepada Kemen. PPPA Sumut masuk dalam 8 provinsi dilakukannya pelatihan ini.

"Apa yang kita laksanakan menjadi ladang amal kita. Sehingga masalah anak ini tidak menjadi masalah gunung es," terang dia.

Sumut mensosialisasikan perda UU 35 tentang perlindungan anak. Kita juga punya ipt untuk mensosialisasikan.

Anak kekerasan seksualnya sangat banyak di Sumut. Jadi kegiatan ini dibutuhkan untuk membantu para pekerja media membantu dan mengenali berbagai isu dan fakta secara terstruktur.




Cara pandang gender, melihat perempuan sebagai masyarakat yang termajinalkan dan membutuhkan kebutuhan khusus. Dan hak yang sama antara perempuan dan laki-laki. 

Para narasumber agar fokus agar media bisa memahami pemberitaan ramah anak. Apalagi Sumut sudah menadapat 14 kota layak anak, dan Sumut sebagai provinsi penggerak kota layak anak. "Diharap tahun depan, agar semua 33 kabupaten/kota mendapatkan apresiasi kota ramah anak semua," tandasnya. (mtc/amel)
Editor: faeza

T#g:Forum Jurnalis Perempuan IndonesiaJurnalis Perempuan SumutKemen PPPA - RIKemen PPPA RIPelatihan Isu Gender
Komentar
Rabu, 20 Nov 2019 08:02Lifestyle

Apa Yang dilakukan Dua Artis Ini Dalam Kolam Renang

Bintang Nenek Gayung ini tak ragu mengganti BH (Buste Houder atau bra) di dalam kolam renang dan disaksikan Billy Syahputra. Nikita Mirzani bukan hanya dikenal sebagai sosok yang kerap tampil seksi.

Rabu, 20 Nov 2019 07:47Nasional

Gempa Guncang Kuta Bali Selatan, Kekuatan M 5.2

Kabupaten Badung Bali, Kecamatan Kuta Selatan, Provinsi Bali diguncang gempa dengan magnitudo 5.2 mengguncang, pada Rabu (20/11/2019) dini hari. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Rabu, 20 Nov 2019 07:32Aceh

Cekcok Mulut Pasutri Berujung Maut

Bertengkar mulut pasangan suami istri di aceh Timur berujung maut

Rabu, 20 Nov 2019 07:17Lifestyle

Kenapa Makam Umar bin Khattab dan Rasulullah Berdampingan, Ingin Tahu Ceitanya.....

Amirul Mukminin Umar bin Khattab merasakan ajal akan menjemputnya, suatu ketika. Ia mempunyai sebuah keinginan terpendam di dalam hatinya, yakni dimakamkan di samping makam Rasulullah SAW yang sangat dicintainya.

Rabu, 20 Nov 2019 07:02Bola

Dianggap Gagal, Mauricio Pochettino di Pecat Mendadak

Pada lima laga terakhir di Liga Inggris 2018-2019, Tottenham Hotspur bahkan mencatatkan tiga kekalahan, sekali imbang, dan sekali menang. Harry Kane dan kawan-kawan nyaris gagal menembus empat besar Liga Inggris musim lalu karena hanya berjarak satu poin

Rabu, 20 Nov 2019 06:47Berita Sumut

Wagub Berpesan Publikasi Harus Gencar

Kegiatan tahunan Festival Danau Toba (FDT) akan kembali dilaksanakan pada 9 - 12 Desember 2019 di Parapat, Kabupaten Simalungun. Berbagai kegiatan menarik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya pun dipersiapkan.

Rabu, 20 Nov 2019 06:32Berita Sumut

Gubernur Ajak Bergandengan Tangan Membangun Sumut

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengundang ratusan tokoh masyarakat Kristen se-Sumut, di Aula Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan,

Rabu, 20 Nov 2019 06:28Nasional

Friendship Tournament' antara Indonesian Coast Guard dan Indian Coast Guard

Selama kunjungannya ke Jakarta, delegasi Indian Coast Guard (ICG) khususnya kru kapal Shaurya yang sedang berlabuh di Dermaga Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, melakukan olah raga dan pertandingan persahabatan bers

Rabu, 20 Nov 2019 06:13Ekonomi

Pelayanan Calon Investor Tahun 2020 di Manjakan

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan menjemput calon investor di Bandara kemudian mengantarnya ke lokasi investasi memasuki 1 Janurari 020. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik.

Selasa, 19 Nov 2019 22:11Nasional

Perkokoh Sinergitas dan Silaturahmi, Pangdam I/BB Ramah Tamah dengan Kapolda Kepri

Guna memperkokoh sinergitas dan eratkan silaturahmi yang selama ini sudah terjalin dengan baik,Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah,menghadiri undangan ramah tamah dengan Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Rivianto

Selasa, 19 Nov 2019 21:51Berita Sumut

Keenakan Jambret di Jalanan,Dua Anak Baru Gede Ini Kesebelasnya Menuju Terali Besi

Dua penjahat jalan ini arus merasakan kerasnya pukulan massa, saat jambret Handphone milik korban yang kesebelas kalinya.

Selasa, 19 Nov 2019 21:44Nasional

Gowes Sinergitas Pangdam I/BB dan Kapolda Kepri di Lagoi Bintan

Sinergitas TNI-Polri sebagai benteng kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia terus dibangun Mayjen TNI MS Fadhilah di wilayah jajaran Kodam I/Bukit Barisan.

Selasa, 19 Nov 2019 21:39Berita Sumut

Polsek Medan Kota Lumpuhkan Pelaku Curas dengan Timah Panas

Petugas Unit Reskrim Polsek Medan Kota mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian dengan pemberatan (curat) di sejumlah tempat kejadian perkara (TKP) wilayah hukumnya.

Selasa, 19 Nov 2019 21:05Berita Sumut

Wagub Harapkan Objek Wisata dan Desa Jadi Prioritas

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah berharap General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut yang baru M Irwansyah Putra dapat meningkatkan pelayanan kelistrikan di Sumut. Objek wisata dan desa diharapkan dapa

Selasa, 19 Nov 2019 20:55Berita Sumut

Pekerja Jl Jamin Ginting Tewas Dengan Luka Koyak Diwajah

Kembali kecelakaandi Jl Jamin Ginting menelan korban jiwa tewas. Kali ini yang menjadi korban nya, Sunarto (36) warga Dusun III, Desa Namo Simpur, Kec. Pancur Batu, Kab. Deli Serdang. Kecelakaan yang menewaskan korban tersebut

Selasa, 19 Nov 2019 20:47Berita Sumut

Tim Gabugan Datang, Padagang Kemas Daganganya

Tim gabungan Pemko Padangsimpuan melakukan penertiban terhadap ratusan Pedagang kaki lima (K5)