Puluhan Nelayan Tradisional Giring Pukat Trawl

M.Yusuf/Khas Jumat, 12 Januari 2018 20:42 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Batubara:  Puluhan Nelayan tradisional yang mengatas namakan Masyarakat Nelayan Tradisional Batu Bara(Mantab) mengiring enam unit Kapal Pukat Trawl yang telah melakukan penarikan pukat sekitar  1 mil dari pesisir pantai kemudian diserahkan Kepihak berwajib.



Keenam unit kapal pukat trawl yang telah diamankan dari Gambus laut 4, Pagurawan 1 , Batu Bara 1 unit kapal, sedangkan 1 unit kapal pukat trawl lainnya sempat lari dari penangkapan tersebut dengan cara memotong alat tangkapnya, Kamis(11/1/2018) Sei Padang Desa Lalang Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara.

Awalnya, pukat trawl(Hella) menarik pukatnya sekitar  lebih kurang 1 Mil dari pesisir pantai, yang membuat konflik diperairan laut selat Kabupaten Batu Bara terhadap nelayan tradisional sekitar pukul 06.00 Wib puluhan masyarakat nelayan yang mengatasnamakan Mantab langsung menuju laut dimana pukat trawl yang melakukan penarikan pukat dan langsung melakukan penggiring sekitar pukul 09.00 Wib serta menyerahkan kepada pihak yang berwajib.  



Hal tersebut dikatakan oleh warga nelayan tradisional "Sul" serta berharap pukat Trawl agar benar-benar dihentikan karena telah menghancurkan terumbu karang serta benih-benih ikan dan menghilangnya ikan dimana nelayan tradisional akan punah secara berlahan.

ABK Pukat Trawl Ibrahim warga Bagan dalam, Tanjung Tiram, Batu Bara menyampaikan Pukat Trawl dilarang tetapi pemerintah belum juga memperhatikan nasib dari penguna kapal, dimana Hingga kini bantuan dari pemerintah belum juga didapat, " Kerjaan kami hanya dilaut, sedangkan anak istri kami mau makan, ya mau tak mau dijalankan juga la". ujarnya.

Syawal Pane selaku Ketua Mantab mengatakan sesuai dengan surat edaran menteri bahwa pukat trawl(Hella) tidak dibenarkan lagi  beroperasi sampai akhir 2017 tapi hingga kini masih berjalan, " Kami dari masyarakat nelayan tradisional akan melakukan terus menerus penggiringan terhadap pukat Trawl serta menyerahkan ke pihak berwajib" ungkapnya.

Sementara itu, Ipda Heru Edyanto. ka.Unit Markas Pol Air Belawan Sumut, ke enam unit kapal akan dibawa kebelawan untuk proses selanjutnya," setelah sampai kebelawan, akan dilakukan pemanggilan terhadap pemilik kapal untuk diminta keterangan untuk menyakinkan atas kepemilikan kapal" tuturnya.

Hadir, Pol Airud(Heru), TNI Al(Arif M Halim), Polres Batu Bara, Ka.Polsek Medang Deras(Usman), Perwakilan Diskanla Batu Bara(James Simanjuntak) serta Aliansi Nelayan Sumut(Sutrisno SH).

(Mtc/M.Yusuf/Khas)
Editor: Amrizal

T#g:BatubaraMatatelingaNelaynPukat Trwalpenarikan Kapal
Komentar
Kamis, 15 Nov 2018 10:11Berita Sumut

Sungai Belidah Meluap Warga Kebanjiran

Sebanyak 7 kepala keluarga yang bermukim di lingkungan VII kelurahan Sentang kecamatan kota kisaran timur Asahan , terpaksa harus mengungsi dikarenakan terendam air luapan sungai Belidah.

Kamis, 15 Nov 2018 07:24Nasional

Prajurit TNI Kogasgabpad Bantu Pembangunan Sekolah Dasar di Kota Palu

Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 714/Sintuwu Maroso (Yonif 714/SM) dan Kodim 1306/Donggala yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) penanggulangan bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi, membantu pembangunan Sekolah Dasar

Kamis, 15 Nov 2018 06:09Nasional

Datangi Kantor KPK, Forum Mahasiswa Sumut Laporkan Tiga Kepala Daerah

Forum Mahasiswa Sumatera yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ( IMM ) Sumut, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim ( KAMMI ) Sumut dan Himpunan Mahasiswa Al Washliyah ( HIMMAH) Sumut menyambangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) di Jakart

Rabu, 14 Nov 2018 23:07Berita Sumut

Satu Keluarga Korban Pembunuhan, Jenazahnya Tiba di Bandara Kualanmu

Dengan menggunakan dua pesawat komersil dari Jakarta membawa empat jenazah satu keluarga korban pembunuhan sadis di Bekasi, tiba di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (14/11/2018) malam.

Rabu, 14 Nov 2018 20:30Berita Sumut

Korban Tewas Keempat Longsor Nisel Kembali Ditemukan

Korban keempat akibat tanah longsor yang terjadi di Dusun Dua, Desa Suka Maju Mohili, Gomo, Nias Selatan (Nisel), ditemukan Tim SAR gabungan.

Rabu, 14 Nov 2018 20:15Ekonomi

Kurs Jisdor turun 1% menjadi Rp 14.895 per dollar AS

Kurs Jisdor turun 1% menjadi Rp 14.895 per dollar AS.. Bank Indonesia masih menunggu data domestik di mana kurs tengah rupiah melemah cukup dalam kemarin.

Rabu, 14 Nov 2018 20:00Berita Sumut

Balitbang Kaji Potensi dan Daya Tarik Wisata Kota Medan

Pengembangan bidang pariwisata merupakan suatu hal yang perlu dilakukan oleh Pemko Medan mengingat potensi wisata Kota Medan sendiri sangat besar. Untuk mengembangan pariwisata dibutuhkan berbagai pendukung untuk memperlancar jalannya kegiatan

Rabu, 14 Nov 2018 19:45Lifestyle

Beli Produk Harus Mengantisipasi Kemanan dan Kesehatan

Masyarakat dalam mengakses produk yang diinginkan sangat mudah sekarang ini, Namun, harus lebih hati hati. Pasalnya, produsen "kalengan" semakin mudah menjangkau pasarnya. Tentu dengan mengabaikan sisi keamanan dan kesehatan

Rabu, 14 Nov 2018 19:30Berita Sumut

Dua Rekannya Berhasil Kabur, Sedangkan Dirinya Babak Belur Pukuli Warga

Sepandai pandai tupai melompat, sekali kali akan jatuh ketanah. Kata kiasan ini, pantas dilontar terhadap tersangka jambret handpone milik salah seorang pengemudi ojek online.

Rabu, 14 Nov 2018 19:15Berita Sumut

Pemko Medan Tak Terbebani Pencapaian Target PAD

Dengan dicabutnya Perda Kota Medan No. 5 Tahun 2016 tentang Retribusi Izin Gangguan, Pemko Medan tidak terbebani dalam pencapaian target PAD Kota Medan. Sebab, langkah-langkah antisipatif sudah dilakukan Pemko Medan dengan mengoptimalkan potensi PAD pada

Rabu, 14 Nov 2018 19:00Aceh

Kenali Lebih Dekat Alat Pantau Kamla di SPKKL Aceh

Sejumlah pelajar dan taruna dan taruni dari beberapa sekolah dan akademi berkunjung ke SPKKL Aceh untuk melihat dan mengenal lebih dekat tugas yang dijalankan Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Aceh, di Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Be

Rabu, 14 Nov 2018 18:53Berita Sumut

Akhyar & 2 Wakil Ketua DPRD Medan Tinjau Terminal Amplas

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama dua Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli dan Ikhwan Ritonga serta salah seorang anggota DPRD Medan T Aswin ST meninjau Terminal Terpadu Amplas (TTA), Rabu (14/11) petang. Peninjauan dilakukan untuk mel

Rabu, 14 Nov 2018 18:43Lifestyle

Pria dan Wanita Memiliki Beberapa Persamaan

Meskipun ada banyak perbedaan biologis antara pria dan wanita, pada dasarnya pria memiliki beberapa persamaan dengan wanita. Setiap ciptaan tuhan khususnya Manusia yang ada di dunia ini pasti memiliki persamaan, walaupun tidak secara keseluruhan.

Rabu, 14 Nov 2018 18:38Bola

Luka Modric Merasa Optimis Klubnya Menjuarai Liga Champions 2018-2019

Dalam persaingan memburu gelar juara Liga Champions musim 2018-2019, gelandang Real Madrid, Luka Modric memberikan komentar terkait peluang klubnya. Modric optimis Madrid bakal kembali menjadi juara Liga Champions di musim ini.

Rabu, 14 Nov 2018 18:22Berita Sumut

Bupati Soekirman Sampaikan Komitmen Junjung Tinggi dan Peduli HAM

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didaulat sebagai Keynote Speaker pada acara Festival Hak Asasi Manusia (HAM) Indonesia Tahun 2018 bertempat di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, Rabu (14/11). Festival tersebut mengangkat tema Merawat Keberag

Rabu, 14 Nov 2018 18:00Berita Sumut

APBD 2019 Pemkab Sergai Diproyeksikan Rp 1.5 Trilyun

APBD Pemkab Serdangbedagai pada tahun 2019 diproyeksi sebesar Rp 1.570.104.307.000. Jumlah itu didominasi anggaran Belanja Tidak Langsung sebesar Rp 56,50%.