• Home
  • Berita Sumut
  • Pusaka Indonesia Duga Djarum Eksploitasi Anak untuk Promosi Rokok

Pusaka Indonesia Duga Djarum Eksploitasi Anak untuk Promosi Rokok

Mtc Rabu, 20 Februari 2019 10:09 WIB
GOOGLE
Yayasan Pusaka Indonesia (YPI) menuding pihak perusahaan rokok Djarum di duga telah melakukan eksploitasi terhadap setidaknya 23.000 anak usia 6-15 tahun yang mengikuti audisi beasiswa Djarum.
MATATELINGA, Medan: Yayasan Pusaka Indonesia (YPI) menuding  pihak perusahaan rokok Djarum di duga telah melakukan eksploitasi terhadap setidaknya 23.000 anak usia 6-15 tahun yang mengikuti audisi beasiswa Djarum. Tanpa disadari, tubuh anak-anak tersebut telah dijadikan sebagai media promosi brand image Djarum, hal ini disampaikan Koordinator Advokasi Pengendalian Tembakau YPI Elisabeth,SH dalam siaran persnya kepada wartawan, Rabu (20/02/2019).



Tudingan yang sama juga juga disampaikan Komisioner Penanggung Jawab Bidang Kesehatan dan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (Napza) Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Siti Hikmawatty.

Menurut Elisabeth, penggunaan kaus itu tanpa mereka sadari telah dimanfaatkan untuk mempromosikan produk rokok tersebut. Mereka berisiko menjadi perokok di kemudian hari dan ini sangat bertentangan dengan UU Perlindungan Anak  yang harus di lindungi dari zat adiktif.

"Mereka dimanfaatkan sebagai media pemasaran sekaligus konsumen perokok pemula. Industri rokok menggunakan anak-anak sebagai iklan berjalan untuk mempromosikan produk tembakau," ungkapnya.

YPI mendesak dan menuntut penyelenggara Audisi Beasiswa Djarum Bulutangkis, yaitu Djarum Foundation, untuk tidak melibatkan anak dalam seluruh kegiatannya dan menghentikan eksploitasi anak dalam segala bentuk, termasuk menjadikan anak media promosi.



Ditambahkannya, sebenarnya pemerintah telah membatasi iklan dan sponsorship produk rokok sebagaimana diatur dalam UU Kesehatan maupun PP No.109 Tahun 2012  terus mendapat perlawanan dari industri rokok, dengan berinovasi mencari strategi-strategi baru untuk mengiklankan produk mereka. Salah satunya dengan kedok CSR (Coorporate Sosial Responcibilty)memberikan beasiswa kepada pelajar/mahasiswa dan pembinaan olah raga melalui pencarian untuk pembinaan atlit berbakat, ungkap Elisabeth Koordinator Divisi Advokasi YPI.

Sayangnya, masyarakat dan pemerintah masih banyak yang belum menyadari kalau strategi pemberian CSR tersebut justru sangat berbahaya karena dapat merubah "image" produk rokok di kalangan generasi mileneal khususnya anak usia 6 15 tahun yang memang belum mampu mencerna dan menganalisis suatu peristiwa. Mereka akan beranggapan bahwa produsen rokok sebagai produsen yang sangat perduli dengan perhatian terhadap pendidikan dan prestasi anak muda, dan rokok bukanlah sesuatu yang berbahaya bagi kesehatan mereka nantinya.

Data The Global Youth Tobacco Survey Indonesia (GYTS tahun 2014) mengungkap 46,3% remaja menyebutkan  iklan  memberi pengaruh besar untuk mulai merokok, 41.5% remaja mengaku jika  kegiatan disponsori industri rokok memiliki pengaruh untuk mulai merokok, 29% remaja perokok mengatakan barumenyalakan rokoknya ketika melihat iklan rokok, dan 8% remaja perokok mengaku kembali merokok  karena mengikuti kegiatan yang disponsori rokok.



Sebagai lembaga yang konsern pada perlindungan anak, Yayasan Pusaka Indonesia mengharapkan agar Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)dapat memainkan peran strategis mereka untuk melakukan koordinasi dengan institusi terkait, seperti Kementerian Pemuda dan Olah Raga atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menolak segala bentuk CSR dan beasiswa dari produsen rokok.

Pemerintah harus berani bertindak tegas dan menjatuhkan sanksi hukum dan sanksi sosial terhadap produsen rokok ataupun pihak-pihak lain yang melanggar ketentuan tentang larangan iklan karena telah mengeksploitasi anak untuk kepentingan ekonomi dan bisnis mereka. Jika hal itu tidak dilakukan maka angka prevalensi perokok usia remaja di Indonesia akan terus meningkat dan dapat mengancam bonus demografi Indonesia yang puncaknya diperkirakan tahun 2030 mendatang.

(Mtc/Amel)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibliDjarumMatatelingaTerkiniYPIYayasan Pusaka IndonesiaEksploitasieksploitasi anak
Komentar
Jumat, 22 Mar 2019 15:16Berita Sumut

Pemilih Tambah di Sumut Capai 6.381 Jiwa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah mengumumkan hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb)-2 Pemilu 2019 di Sumatera Utara. Total terdapat 6.381 pemilih tambahan, dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 4.203 dan p

Jumat, 22 Mar 2019 14:50Berita Sumut

Harga Cabai Sentuh Rp 25 Ribu/Kg, Bakal Capai Inflasi Tinggi

Sumatera Utara (Sumut) diperkirakan akan mencetak inflasi besar di bulan Maret ini. Ada kenaikan harga cabai merah yang dari sebelumnya sekitar Rp 15 ribuan per Kg, saat ini dijual dikisaran Rp 25 ribu per Kg. kenaikannya lebih dari 50%.

Jumat, 22 Mar 2019 14:30Berita Sumut

Pagelaran Pesona Budaya Sergai di PRSU Promosikan Seni dan Budaya

Wakil Bupati Sergai H Darma Wijaya menghadiri pentas Seni Malam Pagelaran Pesona Budaya Kabupaten Sergai pada Pekan Raya Sumatera Utara PRSU ke-48 Tahun 2019, Kamis (21/3). Kegiatan ini dilaksanakan di Open Stage PRSU Jl Gatot Subroto Tapian Daya Medan.

Jumat, 22 Mar 2019 14:14Berita Sumut

Tim Supervisi PKK Sumut Berkunjung ke Binjai

Tim Supervisi Kelurahan Pelaksanaan tertib administrasi PAAR cinta kasih, UP2K PKK, hatinya PKK, Iva test, Kesrag PKK KB Kes, posyandu, PHBS, LBS, dan PTP2WKSS tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2019 berkunjung ke Kota Binjai.

Jumat, 22 Mar 2019 13:55Berita Sumut

Poldasu Ciduk Penghina Presiden di Medsos

Personil Ditkrimsus Polda Sumut menciduk seorang pelaku penghina Presiden Joko Widodo di media sosial. Pelaku berinisial ZA (25) dicokok dari kediamannya di Dusun 1 Desa Sipare-pare Kecamatan Air Putih, Batubara, Kamis (21/3).

Jumat, 22 Mar 2019 12:30Berita Sumut

Penyerang Loket Koperasi Bintang Tapanuli Diringkus Polisi

Sebanyak 4 orang pelaku penyerangan dan penganiayaan di loket angkutan umum Koperasi Bintang Tapanuli (KBT) jln. SM. Raja kel. Harjosari 1 kec. Medan Amplas berhasil diringkus Personil Polsek Patumbak. Sisanya 4 pelaku lainnya masih diburu polisi.

Jumat, 22 Mar 2019 12:00Berita Sumut

Kodam I/BB Kerahkan 20 Ribu Personil Bantu Polri Kawal Pemilu 2019

Untuk membantu Polri dalam mengamankan Pemilu 2019, Kodam I/Bukit Barisan mengerahkan personilnya. Sembilan diantaranya diperbantukan di Sumatera Utara.

Jumat, 22 Mar 2019 11:31Berita Sumut

13 Ribu Personil Gabungan Dikerahkan Kawal Pemilu 2019 di Sumut

Sebanyak 13.002 orang personil gabungan dari jajaran Polda Sumatera Utara dan Kodam I Bukit Barisan dikerahkan untuk mengamankan proses tahapan inti dalam Pemilu 2019. Dua pertiga diantaranya merupakan perbantuan dari TNI.

Jumat, 22 Mar 2019 11:15Berita Sumut

Pemkab Asahan Berikan Apresiasi Kepada Polisi Atas Pelimpahan Berkas Penyebar HOAX Ke JPU

Sat.Resrim Polres Asahan telah melengkapi serta menyerahkan seluruh berkas dan tersangka penyebar HOAX

Jumat, 22 Mar 2019 11:01Berita Sumut

Polisi Ringkus Dua Pelaku Penyebar Video Hoax Surat Suara Tercoblos di Sumut, Ini Motifnya

Personil Ditkrimsus Polda Sumatera Utara akhirnya berhasil meringkus dua pelaku penyebar video hoax surat suara 01 tercoblos di Sumatera Utara. Keduanya merupakan warga Provinsi Jawa Barat.

Jumat, 22 Mar 2019 11:00Berita Sumut

Wakil Bupati Asahan Hadiri Takjiah Malam Ketiga Amarhumah Ibunda UAS

Wakil bupati Asahan H.Surya.BSc bersama ribuan warga masyarakat Asahan mengahadiri takjiah malam ketiga almarhumah ibunda Ustadz Abdul Somad (UAS)

Jumat, 22 Mar 2019 10:43Berita Sumut

Kapolrestabes Medan Hadiri Apel Gelar Pasukan Dilapangan Benteng Medan

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi menghadiri kegiatan Apel gelar pasukan yang dilaksanakan di lapangan Benteng jalan pengadilan Medan, Jum'at (22/03/2019).

Jumat, 22 Mar 2019 10:02Nasional

NasDem Kian Optimistis Hadapi Pemilu 2019

Partai NasDem kian optimistis menatap Pemilu 2019 karena yakin akan masuk tiga besar dengan perolehan minimal 100 kursi DPR.

Jumat, 22 Mar 2019 08:15Lifestyle

Pedangdut Siti Badriah Resmi Dilamar Sang Kekasih

Rasa bahagia kini tengah menyelimuti pedangdut Siti Badriah

Jumat, 22 Mar 2019 08:00Nasional

Sadis, Bayi Ditemukan Telanjang dan Ditutupi Genteng

Warga Kampung Poncol Nomor 67 RT 09 RW 16, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat

Jumat, 22 Mar 2019 07:45Lifestyle

Di Isukan Sudah Menikah Lagi, Lucinta Luna Umbar "Foto Hotnya"

Penyanyi penuh kontroversi Lucinta Luna kembali menghebohkan publik