• Home
  • Berita Sumut
  • Rakerda Kejatisu Satukan Hati dalam Upaya Penegakan Hukum di Sumatera Utara

Rakerda Kejatisu Satukan Hati dalam Upaya Penegakan Hukum di Sumatera Utara

Mtc/James Senin, 17 Desember 2018 23:51 WIB
Mata telinga/James P Pardede
Rakerda Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara di Prime Plaza Hotel Kualanamu, Senin (17/12/2018).
MATATELINGA, Medan : Rapat Kerja Daerah Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dibuka secara resmi oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Fachruddin Siregar, SH, MH dengan tema "Kukuhkan Semangat baru, persepsi dan citra diri, ukir prestasi untuk negeri" di Prime Plaza Hotel, Kualanamu, Senin  (17/12/2018).


Dalam arahannya Kajati Sumut Fachruddin Siregar mengajak seluruh peserta Rakerda yang terdiri dari para Asisten, Kajari se-Sumut, Kacabjari dan para Kasi mengikuti acara sampai selesai untuk menyamakan persepsi dalam upaya penegakan hukum di Sumatera Utara. Apa yang disampaikan dalam Rakernas di Bali disosialisasikan kepada peserta Rakerda di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Penyampaian materi dilanjutkan oleh Wakil Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Yudhi Sutoto, Asbin Akmal Abbas, Asintel Leo Simanjuntak. Dalam materinya Asintel menyampaikan perlunya koordinasi dalam pelaksanaan tugas-tugas bidang intelijen.


Dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Aspidum Edyward Kaban dimana dalam Rakernas yang digelar di Bali telah menyampaikan bahwa upaya penegakan hukum ke depan tidak bisa dipisahkan lagi dari kemajuan teknologi informatika. Sikap Pidum dalam menanggapi kemajuan peradaban harus optimis untuk berbenah diri. 

Memasuki agenda Pemilu dan Pilpres 2019, banyak sekali kasus-kasus pidana seperti berita hoax dan kampanye hitam yang menjelekkan orang lain lewat media sosial karena didukung kemajuan teknologi.


"Konsep perubahan menuju zona integritas Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah  Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) membutuhkan komponen pengungkit antara lain penguatan SDM, peningkatan kualitas pelayanan publik, dan komitmen dari semua elemen yang terlibat didalamnya," kata Edyward Kaban.


Materi yang disampaikan Aspidsus Agus Salim memaparkan hasil yang diperoleh dari Rakernas dan pencapaian kinerja bidang Pidsus di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Aspidsus juga mengumumkan Kejari terbaik berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Juara 1 Kejari Binjai, juara 2 Kejari Karo, juara 3 Kejari Belawan, juara harapan 1 Kejari Sibolga, juara harapan 2 Kejari Tanjung Balai dan juara harapan 3 Kejari Labuhan Batu. Untuk Kacabjari, juara 1 Kacabjari Deliserdang di Pancur Batu, juara 2 Kacabjari Langkat di Pangkalan Brandan dan juara 3 Kacabjari Nias Selatan di Telo.


Kemudian penyampaian materi dari Asdatun Munasim yang menekankan bahwa Jaksa Pengacara Negara harus lebih proaktif. Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Aswas Firdaus yang menyampaikan pencapaian kinerja bidang pengawasan. 

Aswas juga membacakan Kejari terbaik untuk kategori kebersihan kantor, minimnya laporan pengaduan dan indikator lainnya. Juara 1 Kejari Deliserdang, juara 2 Kejari Labuhan Batu dan juara 3 Kejari Langkat.


Paparan terakhir disampaikan oleh Kajari Deliserdang Asep Maryono yang baru saja memperoleh penghargaan Sidhakarya dan penghargaan WBK/WBBM dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dengan pemanfaatan aplikasi teknologi berbasis jaringan untuk penanganan perkara, tilang online dan aplikasi lainnya.

Diakhir acara ada penandatanganan pakta integritas dan komitmen untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi dengan benar.

Editor: James P Pardede

T#g:Fachruddin SiregarkejatisuKualanamurakerda
Komentar
Kamis, 01 Okt 2020 17:45Berita Sumut

GKN di Multatuli, Tekab Polsek Medan Kota Ciduk 4 Pelaku Narkoba

Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Polsek Medan Kota meringkus 4 orang pria yang diduga sebagai pemakai narkoba saat melaksanakan Gerebek Kampung Narkoba (GKN) di kawasan Jalan Multatuli Lingkungan I, Kelurahan Hamdan, Medan Maimun.

Kamis, 01 Okt 2020 17:30Berita Sumut

Lecehkan Lagu Aisyah Istri Rasulullah, YouTuber Asal Medan Dituntut 7 Bulan Bui

YouTuber Aleh-Aleh Khas Medan, Rahmat Hidayat alias Aleh (19) warga Jalan Ileng Gang Nangka LK II Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan ini dituntut 7 bulan penjara. Dia dinilai bersalah dalam kasus UU Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.

Kamis, 01 Okt 2020 17:15Berita Sumut

Wanita Asal Medan Dibunuh 3 Rekannya di Humbahas, Korban Juga Diperkosa

Seorang wanita asal Medan bernama Kurnia Maya Sari (33) ditemukan tewas di sebuah gubuk di Perladangan Sayur di Desa Sait Nihuta Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas Hasundutan, Sumatera Utara, Senin (28/9). Korban ternyata dibunuh 3 rekan kerjanya

Kamis, 01 Okt 2020 17:00Ekonomi

Sore Ini, Harga Emas spot Naik di Level US$1.896,31 Per Ons Troi

Akhir perdagangan Kamis (1/10/2020) pukul 15.06 WIB, harga emas spot berada di level US$ 1.896,31 per ons troi alias menguat 0,56% di pasar spot.

Kamis, 01 Okt 2020 16:50Berita Sumut

Pangdam I/BB : Kenaikan Pangkat meningkatkan Etos Kerja

Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah, MA, M.Sc menerima acara Korp Raport Kenaikan Pangkat Pamen Kodam I/BB, acara digelar di Serambi Kehormatan Makodam I/BB Jl. Gatot Subroto km 7,5 Medan pada Kamis, (1/10/2020).

Kamis, 01 Okt 2020 16:45Ekonomi

IHSG Naik 2,05% ke Level 4.970,09 di Akhir Perdagangan

Akhir perdagangan Kamis (1/10/2020) sore ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melonjak setelah turun dalam tiga hari perdagangan sebelumnya.

Kamis, 01 Okt 2020 16:25Berita Sumut

Arief: Kebijakan & Keputusan Diambil Dengan Berbasis Data

Pjs Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT melakukan pengecekan data jumlah kasus terbaru Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Medan di Command Center Balai Kota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Kamis (1/10). Hal ini dilakukan guna mengetah

Kamis, 01 Okt 2020 16:15Berita Sumut

Ketua DPD Sumut: TMMD Ke-109 Wujudkan Persatuan dan Kesatuan NKRI

Untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan merupakan hal yang gampang. Tapi upaya pemecah belah itu, diduga selalu ada.

Kamis, 01 Okt 2020 16:10Berita Sumut

Pedagang Es Tebu Berterimakasih Pada Kodim 0208/Asahan

Adanya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 yang juga dilaksanakan diseluruh Indonesia terdiri dari 50 Kodim, tapi yang mengikuti kegiatan 47 Kodim. Termasuk Kodim 0208/Asahan yang dipusatkan diBatu Bara membuat masyarakat senang.

Kamis, 01 Okt 2020 15:54Berita Sumut

Program TMMD Ke-109 adalah Wujud Dari Butir Pancasila

Segala Kegiatan yang dilakukan pada agenda TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109. Merupakan wujud dari butir-butir Pancasila.

Kamis, 01 Okt 2020 15:47Berita Sumut

Tersangka Dugaan Keterangan Palsu Dikonfrontir dengan Korban

Penyidik Subdit II/Harda-Bangtah Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut melakukan konfrontir terhadap tersangka kasus dugaan penipuan dan penempatan keterangan palsu dengan korban Tansri Chandra, Selasa (29/9).

Kamis, 01 Okt 2020 15:32Berita Sumut

Sidang Kasus Narkoba Oknum Polisi, Hakim Pertanyakan Status Kanit Reskrim Hamparan Perak

Oknum Panit Reskrim Polsek Hamparan Perak, Jenry Heriono dan Kiki Kusworo alias Kibo menjalani sidang perdana kasus kepemilikan dan peredaran sabu dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Penuntut Fransisca Panggabean yang dilanjutkan dengan keterangan saksi.

Kamis, 01 Okt 2020 15:01Ekonomi

BPS Sumut: Kota Medan Alami Deflasi 0,05 persen

Berdasarkan hasil pemantauan Badan Pusat Statistik (BPS), pada bulan ini Kota Medan deflasi 0,05 persen.

Kamis, 01 Okt 2020 14:59Berita Sumut

Tak Patuhi Prokes, Gubsu Minta Waterpark yang Viral Karena Kerumunan Orang Ditutup

Gubernur Sumatera Utara Edy Ramayadi angkat bicara terkait kerumuman orang di Hairos Waterpark di Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang. Menurutnya tindakan pengelola jelas melanggar protokol kesehatan COVID-19.

Kamis, 01 Okt 2020 14:45Berita Sumut

Pemko PSP Launching BSB PKH

Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan melaksanakan Launching Bantuan Sosial Beras (BSB) Program Keluarga Harapan (PKH), Kamis (1/10) di Aula Kantor Walikota Padangsidimpuan.

Kamis, 01 Okt 2020 14:11Berita Sumut

Sedang Main Handphone, Bocah di Desa Namu Tualang Tewas Tersambar Petir

Seorang bocah laki-laki berusia 9 tahun berinisial RS tewas tersambar petir di rumahnya Desa Namu Tualang, Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa (29/9). Korban tewas ketika sedang bermain game di handphone.