• Home
  • Berita Sumut
  • Ranperda Ketentraman dan Ketertiban Umum Jadi Perda Kota Medan

Ranperda Ketentraman dan Ketertiban Umum Jadi Perda Kota Medan

faeza Senin, 19 Agustus 2019 18:28 WIB
Mtc/ist
Persetujuan ditandai dengan penandatanganan/pengambilan keputusan bersama antara Pimpinan DPRD Medan dengan Kepala Daerah Kota Medan. Penandatanganan dilakukan oleh Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung dan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH d
MATATELINGA, Medan: DPRD Kota Medan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang  Kententraman dan Ketertiban Umum Tahun 2019 ditetapkan jadi Perda Kota Medan dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Senin (19/8). Sebelum penandatanganan persetujuan dilakukan, rapat paripurna diawali dengan penyampaian laporan panitia khusus (pansus) serta pendapat seluruh fraksi di DPRD Medan.

Persetujuan ditandai dengan penandatanganan/pengambilan keputusan bersama antara Pimpinan DPRD Medan dengan Kepala Daerah Kota Medan. Penandatanganan dilakukan oleh Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung dan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH disaksikan Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi dan Sekda Ir Wiriya Alrahman MM.




Wali Kota mengatakan, Pemko Medan senantiasa berusaha menciptakan rasa aman, nyaman, ketentraman dan ketertiban Kota Medan lewat OPD terkait. Hal ini merupakan tanggungjawab  pemerintah untuk terus melakukan pembenahan demi terciptanya ketentraman dan ketertiban yang dapat dirasakan masyarakat Kota Medan secara adil dan merata dalam segala hal.

"Langkah-langkah konkrit senantiasa kami lakukan dalam mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum bagi masyarakat. Misalnya saja dengan terus gencar melakukan penertiban papan reklame bermasalah, perbaikan sejumlah taman dan fasilitas umum termasuk normalisasi drainase yang seluruhnya bertujuan untuk memberikan rasa nyaman sekaligus menjadikan Kota Medan lebih tentram, tertib, teratur dan tertata," kata Wali Kota.




Selanjutnya, Wali Kota juga mengungkapkan, nantinya segala masukan dan saran yang telah disampaikan menjadi referensi dan pedoman sekaligus pertimbangan untuk merumuskan arah kebijakan serta program prioritas dalam penyelenggaraan pemerintah ke arah yang lebih baik lagi. Dengan demikian, visi misi Kota Medan menjadi kota multikultural yang humanis, berdaya saing, sejahtera dan religius dapat terwujud.

"Kami menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasih kepada Pansus DPRD Medan dan seluruh perangkat daerah terkait yang telah mencurahkan perhatian besar terhadap Kota Medan. Melalui persetujuan Ranperda menjadi Perda ini, semoga dapat memberi manfaat yang signifikan bagi kehidupan masyarakat secara berkesinambungan sehingga seluruh masyarakat juga dapat menyadari peran dan fungsinya untuk ikut serta menciptakan, menjaga dan merawat ketentraman dan ketertiban umum," ungkapnya.




Orang nomor satu di Pemko Medan tersebut optimis bahwa Kota Medan dapat menjadi kota yang nyaman bagi siapapun.  Hal itu bisd adiwujudkan jika semua pihak penyelenggara pemerintahan dapat senantiasa menjaga soliditas, sinergitas dan koordinasi yang terukur dan terarah. Namun di samping itu tentu dibutuhkan pula dukungan penuh seluruh warga Kota Medan sebagai bentuk kepedulian pada kemajuan ibukota Provinsi Sumut.

"Dengan disetujuinya Ranperda Ketentraman dan Ketertiban Umum menjadi Perda ini, semoga menjadi energi dan semangat bagi Pemko Medan untuk lebih melakukan dan terus melakukan pembenahan dalam hal ketertiban umum. Kami harap semua pihak, terkhusus masyarakat dapat ikut serta mendukung upaya Pemko Medan dengan senatiasa memperhatikan aturan yang berlaku dalam setiap hal agar tidak menimbulkan konflik yang dikhawatirkan dapat mengganggu dan merugikan orang lain," pesannya.




Terakhir, Wali Kota mengungkapkan sesuai dengan mekanisme pembentukan daerah, usai persetujuan bersama ini nantinya Pemko Medan akan menyampaikan Ranperda tersebut kepada Gubernur untuk selanjutnya di fasilitasi sekaligus mendapatkan nomor register. "Selanjutnya hal ini akan kami sampaikan kepada Gubernur untuk selanjutnya ditetapkan dan diundangkan dalan lembaran daerah Kota  Medan," pungkasnya.(mtc)

Editor: faeza

T#g:DPRD MedanPemko MedanPerda Kota MedanRanperda Ketentraman dan Ketertiban UmumRanperda Ketentraman dan Ketertiban Umum Jadi Perda Kota Medan
Komentar
Kamis, 20 Feb 2020 00:06Berita Sumut

Forkopimda Tanjung Balai Silaturahmi Kepada 3 Pejabat Yang Beragama Hindu

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tanjung Balai bersilaturahmi ke tiga orang Kepala Kantor Instansi Pemerintahan di Kota Tanjung Balai yang merayakan Hari Raya Galungan Kuningan, Rabu (19/2/2020).

Rabu, 19 Feb 2020 22:09Berita Sumut

BBKSDA Sumut Akan Cabut LK Jika Gajah di Medan Zoo Tetap Jadi Tunggangan

Terkait dengan penyebab kematian gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis) bernama Neneng (55) di Kebun Binatang Medan

Rabu, 19 Feb 2020 21:54Berita Sumut

Nurul Akhyar Terus Ajak Kaum Ibu Bangun Karakter Bersih Generasi Muda

Seusai melakukan peninjauan di Posyandu Lestari 4 Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua TP PKK Kota Medan Hj. Nurul Khairani Akhyar, SE menghadiri acara Pengajian Akbar Kecamatan Medan Labuhan yang diselenggarakan di

Rabu, 19 Feb 2020 21:39Berita Sumut

Wali Kota Tanjungbalai Terima Audiensi Pengurus BASNAZ Tanjungbalai

Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH menerima audiensi dari pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tanjungbalai, di ruang kerja Wali Kota Tanjungbalai

Rabu, 19 Feb 2020 21:24Berita Sumut

Restorasi Orangutan Tapanuli Masih Dapat Dilakukan

Dampak atas proyek pembangkit listrik tenaga air PLTA Batangtoru yang dilakukan oleh PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) terhadap keberlangsungan hidup Orangutan Tapanuli masih dapat direstorasi.

Rabu, 19 Feb 2020 21:09Nasional

Kepala Bakamla RI Courtesy Call Ke Mabes TNI AU

Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., melakukan Courtessy Call ke Mabes TNI AU yang diterima langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., di Mabes TNI AU, Cil

Rabu, 19 Feb 2020 20:54Berita Sumut

PJU Kodam I/BB Sambut Kasdam Baru

Sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam I/Bukit Barisan, Rabu (19/2/2020) Sore melakukan penyambutan kedatangan Brigjen TNI Didied Pramudito, SE, sebagai Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan yang baru.

Rabu, 19 Feb 2020 20:39Berita Sumut

Antisipasi Curas Dan Curat, Sat Sabhara Polres Tanjung Balai Patroli

Untuk mengantisipasi dengan curas dan curat, Sat Sabhara Polres Tanjung Balai Rabu (19/2/2020) pukul 14.00 Wib, melaksanakan Patroli di seputaran Kota Tanjung Balai.

Rabu, 19 Feb 2020 20:24Berita Sumut

Kapolres Labuhanbatu Terjun Lansung Pengamanan Pendaftaran Balon Bupati

Kapolres labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK MH, bersama Kabag Ops Kompol Marludin S.Ag , mendatangi kantor KPU Labuhanbatu dan terjun Lansung dalam pengamanan pendaftaran Balon Bupati Labuhanbatu Tahun 2020

Rabu, 19 Feb 2020 20:09Berita Sumut

Akhyar Apresiasi PT Telkom Dukung Pengembangan Smart City Di Kota Medan

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyapaikan apreasiasinya atas dukungan PT Telkom Wilayah Medan terkait pengembangan smart city di Kota Medan.

Rabu, 19 Feb 2020 19:54Berita Sumut

Bunuh Paman Karena Dimarahi, Zulfadly Dituntut 5 Tahun Penjara

Zulfadly (27), pemuda yang didakwa membunuh paman kandungnya, Nizam dituntut 5 tahun penjara. Warga Jalan Karang Sari, Komplek Purna Bakti, Kecamatan Medan Polonia ini, tega membunuh karena dimarahi korban.

Rabu, 19 Feb 2020 19:39Berita Sumut

Kapoldasu Besuk Aiptu Basmi Ginting Pasca Dibacok Saat Basmi Pelaku Narkoba

Kepolisian Daerah Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si didampingi Kapolres Karo AKBP Benny Remus Hutajulu membesuk seorang personel Satres Narkoba Polres Karo, Aiptu Basmi Ginting yang tengah dirawat secara medis di ruan

Rabu, 19 Feb 2020 19:24Berita Sumut

Calon Istri Temukan Calon Suami Tewas Gantung Diri

Nasib memang tidak ada yang tau, semua merupakan rahasia dari sang pencipta. Seperti yang dialami Untung Ginting yang masih berusia 32 tahun warga Desa Namoriam, Kec. Pancurbatu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara ini.

Rabu, 19 Feb 2020 19:09Berita Sumut

Akhyar Nasution: Pewarta Foto Harus Ikut Membangun Peradaban Kota

Kantor Wali Kota Medan ‘digeruduk’ para pengurus dan anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Rabu (19/2) petang. Bukan karena ingin berunjuk rasa pastinya.

Rabu, 19 Feb 2020 18:28Berita Sumut

Polisi Selidiki Video Viral Pelajar Bonceng 5 di Medan

Beredar video pelajar SMA berboncengan lima dalam satu sepeda motor di Kota Medan, baru baru ini. Video itu viral di media sosial. Di video berdurasi 8 detik itu, bahkan tampak salah seorang siswa naik di atas pundak temanya agar volume kendaraan cukup d

Rabu, 19 Feb 2020 18:13Berita Sumut

PDAM Tirtanadi Sudah Layani 20.123 Pelanggan Air Limbah

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meresmikan grand Launching Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) dan Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal (L2T3) yang diselenggarakan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi, Selasa (18/2), di Gubernuran, Medan