Ribuan Warga Saksikan Penutupan Gemes 2018

faeza Senin, 05 November 2018 12:45 WIB
Mtc/ist
Ribuan warga memenuhi halaman Istana Maimun untuk menyaksikan malam penutupan gelar seni dan tari bertitel Gelar Melayu Serumpun (Gemes) 2018, Minggu (4/11). Antusiasme masyarakat menyaksikan pertunjukan gawean Dinas Pariwisata Kota Medan cukup tinggi. S
MATATELINGA, Medan: Ribuan warga memenuhi halaman Istana Maimun untuk menyaksikan malam penutupan gelar seni dan tari bertitel Gelar Melayu Serumpun (Gemes) 2018, Minggu (4/11).  Antusiasme masyarakat menyaksikan pertunjukan gawean Dinas Pariwisata Kota Medan cukup tinggi. Selama tiga hari pertunjukan, setiap malamnya masyarakat  ramai  menyaksikan aneka seni dan tari dari etnis Melayu tersebut.

Oleh karenanya Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi yang menutup   Gemes, berharap event ini  masuk dalam kalender tetap Dinas Pariwisata sehingga rutin digelar setiap tahun. Setelah itu lakukan evaluasi  sehingga gelaran Gemes tahun brikutnya lebih baik dan meriah lagi, sehingga mampu mendatangkan lebih banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Tidak hanya pertunjukannya semakin lebih baik dan berkualitas ke depannya, kita berharap peserta pengisi kegiatan  bisa lebih banyak lagi. Jika tahun ini yang ikut mengisi Gemes berasal dari  negeri  jiran Malaysia, Singapura, Brunei Darusalam dan Thailand, kita berharap tahun depan bisa bertambah  lagi dari negeri serumpun di Asia tenggara,  begitu juga peserta  dari dalam negeri,'" kata  Akhyar.

Selanjutnya dalam sambutannya dihadapan perwakilan unsur Forkopimda Kota Medan, Kadis Pariwisata Agus Suriono serta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan masyarakat, camat serta  lurah, Wakil Wali Kota menyatakan memahami perbedaan yang ada dalam kehidupan orang Melayu merupakan kebanggaan dan harta yang tidak ternilai harganya sebagai kekayaan asli budaya melayu.

Oleh karenanya kata Akhyar, pantaslah kiranya apabila menjadikan keberagaman sebagai kekayaan yang di miliki bangsa Melayu dimana pun berada. Namun, tanpa disadari budaya asing pun telah menginvasi kehidupan sehari-hari masyarakat dan mencoba bermain-main di ranah budaya asli bangsa Indonesia.

"Tentunya  kita tidak ingin budaya asli kita hilang di telan zaman, generasi muda kita harus mampu melestarikan budaya asli daerah. Itu sebabnya saya sangat mengapresiasi digelarnya Gemes 2018. Selain mengenalkan lebih jauh seni dan budaya Melayu kepada masyarakat, terutama generasi muda dapat terlibat aktif idalam kegiatan pelestarian budaya luhur Melayu tersebut," ungkapnya.

Atas dasar itulah Akhyar berharap semakin banyak generasi muda yang peduli dengan budaya melayu, sebab di pundak generasi mudahlah tersandang harapan untuk lestarinya budaya Melayu di muka bumi ini. "Mari kita jadikan Gemes 2018 sebagai momentum untuk melestarikan seni dan budaya Melayu," harapnya.

Malam penutupan Gemes 2018 sangat meriah. Seluruh duta seni dari Malaysia, Singapura, Brunei Darusalam, Thailand serta dari sejumlah kota di Pulau Sumatera, termasuk DKI Jakarta  menampilkan tarian Melayu diiringi lantunan musik Melayu yang menstimulus pendengarnya untuk ikut berjoget.

Pengunjung menikmatinya seluruh tarian yang ditampilkan hingga pertunjukan Gemes 2018 selesai. Sebagai  pertunjukan pamungkas, panitia menghadirkan penyanyi Melayu ternama Rani Dahlan.  Sebelum pertunjukan berakhir, tim tari dari Malaysia memberikan cindera mata kepada Wakil Wali Kota sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih kepada Pemko Medan karena telah menggelar Gemes serta pertunjukan Tarian Ahoi dari seluruh pengisi acara Gemes 2018. (mtc)

Editor: faeza

T#g:gemes 2018Pemko Medan
Komentar
Selasa, 20 Agu 2019 10:15Nasional

Polda Metro Jaya: Ruang Bawah Tanah yang Terbakar Bukan Gudang Peluru

Polda Metro Jaya menyatakan objek yang terbakar di kompleksnya adalah ruang bawah tanah yang di dalamnya sama sekali tak berisi peluru

Selasa, 20 Agu 2019 10:00Ekonomi

THR PNS Cair Lebih Cepat, Gimana dengan Gaji 13?

PNS dapat THR dan gaji ke-13 meski tidak ada kenaikan gaji pada 2020. Dipastikan Kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Selasa, 20 Agu 2019 09:45Nasional

Mabuk Kendarai Motor, Dua Pemuda ini Viral Pasca Terobos Barisan Upacara

Peringatan HUT kemerdekaan ke-74 RI. Sebuah video yang menampilkan dua pemuda

Selasa, 20 Agu 2019 09:30Ekonomi

Usai Penyerangan Kilang Minyak Aramco, Harga Minyak Naik 2%

Pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB). Harga minyak dunia naik sekitar 2%

Selasa, 20 Agu 2019 09:15Lifestyle

Mengapa Pernikahan Glenn Fredly Digelar Tertutup

Digelar di Taman Kajoe, Ampera, Jakarta. Glenn Fredly dan Mutia Ayu menggelar resepsi pernikahan pasa Senin 19 Agustus 2019 malam.

Selasa, 20 Agu 2019 09:00Ekonomi

Bursa Saham AS, Wall Street Menguat

Pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB). Bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street menguat

Selasa, 20 Agu 2019 08:30Nasional

Pasca OTT, KPK Segel Kantor Dinas PU

Pasca operasi tangkap tangan (OTT) terhadap oknum Jaksa di Yogyakarta. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Selasa, 20 Agu 2019 08:00Internasional

Picu Kemarahan Warganet, Dua Pria Tunggangi Hiu Paus, Viral

Memicu kemarahan warganet (netizen), dua pria yang muncul dalam foto terlihat sedang menunggangi hiu paus yang terancam punah.

Selasa, 20 Agu 2019 07:30Lifestyle

Tanda Kemunculan Dajjal Sudah Dekat, Danau Tiberias jadi Buktinya!

Meskipun tidak ada yang dapat mengetahui kapan hari kiamat itu akan datang kecuali Allah SWT. Setiap umat Islam tentunya harus mengimani hari akhir bahkan kemunculan Dajjal

Selasa, 20 Agu 2019 07:00Nasional

Gudang Amunisi Polda Ludes Dilalap Sijago Merah

Sebanyak 13 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi. Kebakaran terjadi di gudang

Selasa, 20 Agu 2019 06:15Nasional

Cole: Chelsea Tak Perlu Panik, Meski Dua Laga Alami Ke kalahan

Cole menyebut Chelsea untuk tak perlu merasa panik, karena belum juga meraih kemenangan.

Selasa, 20 Agu 2019 06:00Nasional

Asrama Mahasiswa Papua di Jaga Ketat Pihak Kepolisian

Bentrok antara warga dengan penghuni asrama terjadi Senin 19 Agustus 2019 malam. Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen Hamidin meninjau langsung Asrama Mahasisiwa Papua di Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kota Makassar, usai terjadi bentrok.

Senin, 19 Agu 2019 23:57Internasional

Kemenag hingga MUI Dilibatkan, Arab Saudi Susun Fatwa Manasik Haji

Upaya peningkatan kualitas manasik haji. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi akan menggelar workshop

Senin, 19 Agu 2019 23:45Bola

Leroy Sane Batal Gabung dengan Bayern Munich

Di bursa transfer musim panas 2019. Bayern Munich merupakan klub yang paling ngotot untuk merekrut winger Manchester City

Senin, 19 Agu 2019 23:30Lifestyle

Yuk Simak Ciri-ciri Manusia yang Dekat dengan Allah SWT, Apakah kamu Termasuk Didalamnya

Menyebarkan kebaikan tak hanya pada manusia. Namun juga pada hewan dan alam. Kebaikan adalah salah satu sifat terpuji dan mendapatkan ridha dari Allah SWT

Senin, 19 Agu 2019 23:15Bola

Piala AFF U-19 2019, Timnas Indonesia U-19 Sandang Juara Tiga

Laga perebutan gelar juara ketiga Piala AFF U-19 2019. Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19