Sahuti Aspirasi Driver Online, Gubsu Edy Bakal Tindak PT TPI

faeza Senin, 11 Februari 2019 17:14 WIB
Mtc/ist
Aksi unjuk rasa ratusan driver taksi online yang mendesak agar Gubsu mencabut izin PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI) di depan kantor Gubsu pada Senin (11/2/2019) tidak sia-sia. Perwakilan mereka langsung diterima Gubsu Edy Rahmayadi di ruang konf
MATATELINGA, Medan: Aksi unjuk rasa ratusan driver taksi online yang mendesak agar Gubsu mencabut izin PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI)  di depan kantor Gubsu pada Senin (11/2/2019) tidak sia-sia. Perwakilan mereka langsung diterima Gubsu Edy Rahmayadi di ruang konferensi pers Gedung Pemprov Sumut.


Dalam kesempatan itu, Gubsu Edy terlebih dahulu meminta perwakilan driver taksi online untuk menyampaikan tuntutannya. . 

Daniel, salah seorang perwakilan massa bercerita, PT TPI mengakibatkan para driver taksol merugi. Karena perusahaan Grab memberikan prioritas kepada driver yang bermitra dengan PT TPI. 

"Ini berakibat pada konflik antara mitra individu dan mitra PT TPI," ujar Daniel. 

PT TPI adalah vendor Grab untuk menyediakan armada untuk dirental atau dicicil driver mitranya. Cicilan dipotong dengan menarik saldo mitra. 


Setelah mendapat penjelasan dari driver, Edy pun bertanya kepada perwakilan Dinas Perhubungan yang juga ikut hadir dalam pertemuan. Baru diketahui ternyata ilegal. 

Edy pun kaget mendengar PT TPI ternyata ilegal. Edy pun langsung menanggapi aspirasi para driver online ini.

"Kalau tak legal bukan ditutup. Ditangkap dia. Kok bisa hidup ilegal gitu," tanya Edy. 

Dia pun mengintruksikan kepada anak buahnya untuk memanggil semua pihak terkait. Agar masalah itu dibahas secara komprehensif untuk mencari solusinya. 

"Yang jelasnya yang ilegal, itu tak boleh hidup. Karena kalau ilegal hidup pasti merusak. Saya mau yang legal - legal ajah. Istri ajah harus legal," tegasnya lagi usai pertemuan. 


Keberadaan PT TPI yang sudah beroperasi selama dua tahun dianggap telah melanggar Undang-Undang Nomor 5 Tahun1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Karena, para driver mitra pribadi merasa didiskriminasi oleh Grab. 

"Karena orderan berkurang, mitra individu armadanya ditarik oleh pihak pembiayaan. Karena kami tidak bisa membayarkan cicilan," ujar Koordinator Aksi Rahmat Kristin. 

Pertemuan seluruh stakeholder terkait rencananya akan digelar pekan depan. Para driver berharap PT TPI bisa ditutup, supaya tidak ada konflik yang terjadi sesama driver. (mtc/fae)
Editor: Faeza

T#g:MatatelingaPT TPITerkinidemo driver onlineGubsu Edy RahmayadiPemprovsuunjuk rasa taksi online
Komentar
Senin, 22 Jul 2019 23:00Nasional

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Rektor Asing Bakal Ngajar di Indonesia

Pemerintah serius akan mendatangkan rektor dari luar negeri untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air

Senin, 22 Jul 2019 22:45Internasional

Jamaah Haji Jangan Paksakan Diri Cium Hajar Aswad

Jamaah haji Indonesia diimbau tidak memaksakan diri untuk mencium hajar aswad.

Senin, 22 Jul 2019 21:32Berita Sumut

DPRD Terima LPJ APBD Kota Medan T.A 2108

DPRD Kota Medan menyetujui Ranperda Kota Medan tentang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pelaksananaan APBD Kota Medan Tahun Anggaran 2018 dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis

Senin, 22 Jul 2019 21:27Berita Sumut

Aspidum Edyward Kaban Terima Satyalancana Karya Satya 30 Tahun

Asisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Edyward Kaban, SH, MH menerima tanda penghargaan Satyalancana Karya Satya yang telah berbakti sebgai pegawai negeri sipil selama 30 tahun secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapa

Senin, 22 Jul 2019 21:05Berita Sumut

Kanimsus Medan Luncurkan Immigration Corner di KNIA

Kantor Imigrasi Klas 1 Khusus (Kanimsus) TPI Medan meluncurkan inovasi terbaru untuk melayani para warga negara asing (WNA) yang datang melalui Bandara Internasional Kualanamu . Inovasi yang dimaksud adalah dengan mendirikan Immigration Corner.

Senin, 22 Jul 2019 20:40Berita Sumut

Hanyut di Sungai Seruwai, Pemancing Ini Ditemukan Tewas

Seorang pria bernama Awi ,59, yang dilaporkan hanyut saat memancing di atas sampan di Sungai Seruwai pada Minggu (21/7) kemarin akhirnya ditemukan. Pria tua itu ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Senin (22/7/2019) sore.

Senin, 22 Jul 2019 20:14Berita Sumut

Jaksa Rayakan HUT Adhyaksa, PN Medan Sepi Persidangan

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Adyaksa ke-59, Senin (22/7/2019) kembali mengakibatkan sepinya aktivitas persidangan di PN Medan. Pemandangan ini juga terjadi Senin pekan lalu berkaitan dengan acara pembukaan Pekan Olahraga (POr) yang diikuti ke

Senin, 22 Jul 2019 19:51Berita Sumut

Akhyar Jadi Narasumber KKLDN

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi memaparkan berbagai hal terkait Kota Medan dihadapan para Perwira Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) di Markas Kodim 0201/BS, Jalan Pengadilan

Senin, 22 Jul 2019 19:36Nasional

UNSW Australia Kunjungi Mabes Bakamla RI/IDNCG

Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R. menerima kunjungan delegasi University of New South Wales (UNSW) Australia, di Markas Besar Bakamla RI/IDNCG, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No.56, Jakarta Pusat,

Senin, 22 Jul 2019 19:21Berita Sumut

Wali Kota Medan Terima Penghargaan Indonesia Creative Leader

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima kunjungan jajaran redaksi Sindo Media di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman Medan, Senin (22/7). Selain bersilaturahmi, kedatangan tersebut dalam rangka menyerahkan langsung penghargaan Government

Senin, 22 Jul 2019 18:47Berita Sumut

Sudah Dinonaktifkan, Eks Kades di Tapteng Ini Harus Meringkuk di Penjara

Seorang eks kepala desa (Kades) di Kabupaten Tapanuli Tengah ditangkap polisi lantaran melakukan tindak pidana korupsi. Tersangka berinisial RS alias Roi ,34, disangka mengorupsi dana desa lebih dari Rp 280 juta saat menjabat Kades Ra

Senin, 22 Jul 2019 18:24Berita Sumut

Polsek Sunggal Ungkap Perdagangan Anak Dibawah Umur yang Libatkan Keluarga

Polsek Sunggal mengungkap kasus perdagangan perempuan di bawah umur yang melibatkan keluarga. Dalam kasus ini, polisi mengamankan dua orang pelaku.

Senin, 22 Jul 2019 18:00Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Bimtek PBMD

Pemko Medan melalui Badan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Barang Milik Daerah (PBMD) di lingkungan Pemko Medan Tahun Anggaran 2019 di Hotel Polonia, Jalan Sudirman Medan, Senin (22/7).

Senin, 22 Jul 2019 17:41Berita Sumut

Pangdam Lepas Keberangkatan 73 Orang Calon Haji KBIH Kodam I/BB

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah melepas keberangkatan jama'ah calon haji KBIH Kodam I/BB ke Asrama Haji, pada Senin 22 Juli 2019 di Masjid At Taqwa Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan.

Senin, 22 Jul 2019 17:26Berita Sumut

57 Pati TNI Sandang Pangkat Baru

Sebanyak 57 prajurit Perwira Tinggi (Pati) TNI menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula. Kenaikan pangkat ini berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1720/VII/2019 tanggal 19 Juli 2019.

Senin, 22 Jul 2019 17:08Berita Sumut

Aneh, Wartawan Dilarang Liput Rapat Pansus DPRD Medan

Rapat tertutup mulai membudaya di DPRD Medan. Jika sebelumnya rapat tertutup saat pembahasan LPj Walikota terhadap penggunaan APBD TA 2018 diberlakukan. Kali ini rapat tertutup terulang saat pembahasan Pansus Ranperda Perusahaan Umum Daerah Pasar Pemko Me