• Home
  • Berita Sumut
  • Satpol PP Bebaskan Trotoar di Medan Yang Diokuvasi PK5 dan Pengusaha Bengkel Las

Satpol PP Bebaskan Trotoar di Medan Yang Diokuvasi PK5 dan Pengusaha Bengkel Las

faeza Rabu, 11 September 2019 15:25 WIB
Mtc/ist
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH langsung menjawab keluhan warga, terkait para pejalan kaki yang merasa terganggu saat melintasi trotoar di Jalan Masjid Raya dan Jalan Mahkamah. Selain lapak pedagang kaki lima, trotoar yang ada telah diokuv
MATATELINGA, Medan: Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH langsung menjawab  keluhan warga,  terkait para pejalan kaki yang merasa terganggu saat melintasi trotoar di Jalan Masjid Raya dan Jalan Mahkamah. Selain lapak pedagang kaki lima, trotoar yang ada telah diokuvasi lempengan dan batangan besi milik  pengusaha bengkel las dan besi. Rabu (11/9/2019), sekitar 200 personel Satpol PP Kota Medan dibantu petugas Babinsa dan Babinkantibmas melakukan penertiban.




Penertiban dipimpin langsung Kasatpol PP Kota H MSofyan.  Selain membawa sejumlah mobil truk dan pick-up, Sofyan juga membawa peralatan mesin las  guna mendukung kelancaran penertiban yang dilakukan.  Sebelum melakukan penertiban sekitar pukul 10.00 WIB, Sofyan pun memberikan arahan kepada seluruh anggotanya di samping Masjid Raya.

Usai  memberikan arahan, Sofyan  membawa seluruh personelnya menyisiri Jalan Masjid Raya. Sejumlah pedagang kaki lima (PK5) yang menggelar lapak di atas trotoar diminta untuk menghentikan aktifitas jual beli dan membongkar  lapaknya. Tak mau barang dagangannya diamankan, para PK5 langsung mengemas dan membawanya pergi.

Sebelum  pergi, Sofyan telah mengingatkan kepada sleuruh PK5 agar tidak berjualan lagi di atas  trotoar maupun parit. Sebab,  kawasan itu bukan lokasi untuk berjalan melainkan ruang milik jalan (rumija)  yang diperuntukan bagi para pejalan kaki. "Apabila kami dapati berjualan kembali, barang dagangannya langsung kami sita!" tegas Sofyan.




Penertiban berjalan lancar, tak satu pun pedagang kaii lima yang melakukan perlawanan, termasuk warga yang  berjualan nasi maupun warung kopi di rumah dan menggunakan trotoar untuk tempat duduk  makan maupun minum pembelinya. Mereka pun mematuhi instruksi Kasatpol PP, meja dan bangku yang diletakkan di atas trotoar langsung diangkat.

Setelah trotoar bersih dari  PK5, Sofyan minta  petugas Dinas Pencegah dan pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan yang ikut mendukung  penertiban diminta untuk membersihkan trotoar. Pasalnya, kondisi trotoar sangat jorok dan permukaannya ditutupi tanah yang sudah mengering.

Petugas Dinas P2K kemudian menyemprot trotoar dengan menggunakan satu unit mobil tangki sampai bersih dibantu personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Kota. Pasca pembersihan trotoar, Sofyan pun membawa personelnya melanjutkan penertiban di Jalan Mahkamah.

Di kawasan yang dipenuhi usaha bengkel  las dan besi, Sofyan pun bertindak tegas. Pasalnya, para pengusaha bengkel las dan besi sudah berulangkali diingatkan agar tidak  menempatkan besi maupun peralatan mesin lasnya di atas parit maupun parit. Bahkan, kawasan itu sudah beberapakali ditertibkan namun apa yang menjadi larangan tetap saja dilanggar.




Itu sebabnya dalam penertiban kali ini, Sofyan langsung bersikap tegas. Selin melakukan penyegelan, dia juga memerintahkan anggotanya untuk menyita potongan besi yang sengaja ditempatkan pengusaha bengkel las dan besi di atas parit maupun trotoar. Di samping itu juga bagi pengusaha bengkel las dan besi yang menambah tempat usahanya dnegan kanopi hingga ata sparit dan trotoar, Sofyan minta dibongkar. "Apabila kanopi ini tidak dibongkar, kami siap membongkarnya," ungkapnya.

Pengusaha bengkel las dan besi pun ketar-ketir, tak mau dibongkar paksa, mereka pun membongkar sendiri kanopinya. "Selain melanggar peraturan, keberadaan kanopi menjadi pemicu para pengusaha bengkel las dan besi untuk menempatkan material pekerjaan mereka di atas parit hingga trotoar, termasuk sebagai loksi bekerja karena tempat usaha yang mereka miliki hanya menjadi tempat penyimpanan besi," jelasnya.

Saat petugas Satpol PP hendak mengangkut potongan besi, beberapa pengusaha bengkel las dan besi  mendekati Sofyan dan minta diberi waktu untuk memindahkan sendiri ke dalam gudang milik mereka. Namun Sofyan menolak mentah-mentah permintaan tersebut, dia langsung memerintahkan anggotanya untuk mempercepat pengangkutan besi.




" Mohon maaf, sudah beberapa kali kita ingatkan bahwasannya  permukaan parit maupun trotoar tidak boleh diletakkan besi-besi seperti ini. Selama ini hanya janji-janji saja mau memindahkannya tapi tidak pernah dilakukan. Jadi hari ini kita melakukan tindakan tegas," ungkapnya.

Sebelum potongan maupun lempengan besi diangkut, Sofyan telah meminta anggotanya untuk mencatat jumlahnya lebih dahulu disaksikan Lurah Masjid serta petubas Babinsa dan Babinkantibmas. Lempengen maupun potongan besi yang diangkut itu selanjutnya dibawa menuju Kantor Satpol PP. (mtc)
Editor: faeza

T#g:blibliBlibliGoogleMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPemko MedanSatpol PP Bebaskan Trotoar di Medan Yang Diokuvasi PK5 dan Pengusaha Bengkel LasTerkiniTravelokaMedansatpol PP
Komentar
Minggu, 22 Sep 2019 08:45Bola

Liga Italia 2019-2020, Sabtu 21 September 2019, ini Hasil Laganya

Pekan keempat yang berlangsung, Sabtu 21 September 2019 hingga Minggu

Minggu, 22 Sep 2019 08:30Ekonomi

Instagram Mulai Terapkan Batasan Usia Pengguna

Aplikasi berbagi foto ini telah mengeluarkan kebijakan baru pada aplikasinya. Ia memberikan batasan usia

Minggu, 22 Sep 2019 08:15Bola

Liga Inggris 2019-2020, Sabtu 21 September 2019, ini Hasil Laganya

Laga lanjutan pekan keenam Liga Inggris 2018-2019. Sejumlah pertandingan yang seru dan menarik tersaji semalam

Minggu, 22 Sep 2019 08:00Lifestyle

Kisah Misteri Dibalik Nikah Muda Febri

Menikah muda bukanlah hal yang sangat mudah. Mungkin ada pasangan yang nikah muda karena sudah merencanakannya

Minggu, 22 Sep 2019 07:45Bola

Kisrus di Real Madrid Semakin Memanas, Zidane Angkat Bicara

Ajang Liga Champions membuat kelanjutan karier Pelatih Los Blancos, Zinedine Zidane

Minggu, 22 Sep 2019 07:30Lifestyle

Ini Doa Hingga Keutamannya Shalat Tahajud

Shalat yang hanya bisa dikerjakan pada sepertiga malam ini memiliki banyak keutamaan

Minggu, 22 Sep 2019 07:15Nasional

Maluku Diguncang Gempa 6,4 Magnitudo

Gempa 6,4 magnitudo guncang wilayah Maluku Tenggara Barat. Gempa tersebut dilaporkan terjadi, Minggu

Minggu, 22 Sep 2019 07:00Bola

Granda Petik Poin Penuh Usai Taklukkan Barcelona 2-0

Laga lanjutan Liga Spanyol 2019-2020. Granada memetik kemenangan meyakinkan dengan skor 2-0 kala menjamu Barcelona

Sabtu, 21 Sep 2019 20:13Berita Sumut

MPW PP Sumut Persiapkan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Panitia Pelaksana Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Desa Bandar Khalipah Tembung terus di lakukan. Dimana setiap tahunnya Majelis Pempinan Wilayah Pemuda Pancasila (MPW PP) Sumatera Utara dibawah komando H Kodrat Shah dan Sekretari H Ali Madhy telah men

Sabtu, 21 Sep 2019 20:05Berita Sumut

Penyambutan Dan Farewell Parade Kapolres Simalungun

Kapolres Simalungun dari AKBP. Marudut Liberty Panjaitan S.I.K, M.H kepada Kapolres yang baru AKBP. Heribertus Ompusunggu S.I.K, M.si berlangsung dengan hikmat dan penuh haru dari seluruh personil berserta seluruh jajaran Polres Simalungun.di Mapolres Sim

Sabtu, 21 Sep 2019 19:28Nasional

Komandan Task Force Briefing Peserta TNI dalam Latihan Staf Gema Bhakti 2019

Kolonel Inf Edwin Habel selaku Komandan Task Force Latihan Staf Gema Bhakti 2019 melaksanakan briefing kepada peserta TNI terkait pelaksanaan kegiatan latihan TNI dengan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat di Hotel Raffles Kuningan Jakarta. Sabtu 21/9/20

Sabtu, 21 Sep 2019 19:13Berita Sumut

Puluhan Ton Minyak Makan Tumpah ke Laut

Puluhan ton minyak makan milik PT Sinar Mas jenis Ekspor tujuan kemancanegara dikawasan Gudang 105 Pelabuhan Ujung Baru Belawan Kota Medan Propinsi Sumater Utara pada Sabtu pagi ( 21/09/2019) tumpah kelaut. Tumpahnya minyak makan tersebut membuat lawa law

Sabtu, 21 Sep 2019 18:45Berita Sumut

Lely Zailani Apresiasi DPR RI Tetapkan RUU Tentang PKS

Puluhan massa yang tergabung dalam gerakan masyarakat sipil Sumut melakukan aksi damai dan aksi teatrikal di Tugu Pos Lapangan Merdeka Medan, tentang Pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (GEMSU), Sabtu (21/9/2019) .

Sabtu, 21 Sep 2019 17:40Aceh

Kebakaran Hutan Bukan di Provinsi Riau Saja, Tetapi di Aceh Ada Juga Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan bukan saja terjadi di Provinsi Riau, tetapi di Desa Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, dua hektare lahan gambut terbakar dan hingga Sabtu(21/9/2019) api masih belum bisa dipadamkan

Sabtu, 21 Sep 2019 17:30Ekonomi

Perdagangan Emas Hantam Naik Rp 7000 Menjadi Rp763.000 per gram

Pada perdagangan, Sabtu (21/9/2019), harga emas Antam naik Rp7.000 menjadi Rp763.000 per gram dari harga sebelumnya Rp756.000 per gram

Sabtu, 21 Sep 2019 17:06Berita Sumut

Komplotan Bajing Loncat di Pintu Tol Mabar 2 Diringkus

Satu dari dua bajing loncat yang beraksi di dekat pintu Tol Mabar 2, pada Rabu (18/9/2019) lalu, akhirnya diringkus satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pelabuhan Belawan