• Home
  • Berita Sumut
  • Satpol PP Bebaskan Trotoar di Medan Yang Diokuvasi PK5 dan Pengusaha Bengkel Las

Satpol PP Bebaskan Trotoar di Medan Yang Diokuvasi PK5 dan Pengusaha Bengkel Las

faeza Rabu, 11 September 2019 15:25 WIB
Mtc/ist
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH langsung menjawab keluhan warga, terkait para pejalan kaki yang merasa terganggu saat melintasi trotoar di Jalan Masjid Raya dan Jalan Mahkamah. Selain lapak pedagang kaki lima, trotoar yang ada telah diokuv
MATATELINGA, Medan: Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH langsung menjawab  keluhan warga,  terkait para pejalan kaki yang merasa terganggu saat melintasi trotoar di Jalan Masjid Raya dan Jalan Mahkamah. Selain lapak pedagang kaki lima, trotoar yang ada telah diokuvasi lempengan dan batangan besi milik  pengusaha bengkel las dan besi. Rabu (11/9/2019), sekitar 200 personel Satpol PP Kota Medan dibantu petugas Babinsa dan Babinkantibmas melakukan penertiban.




Penertiban dipimpin langsung Kasatpol PP Kota H MSofyan.  Selain membawa sejumlah mobil truk dan pick-up, Sofyan juga membawa peralatan mesin las  guna mendukung kelancaran penertiban yang dilakukan.  Sebelum melakukan penertiban sekitar pukul 10.00 WIB, Sofyan pun memberikan arahan kepada seluruh anggotanya di samping Masjid Raya.

Usai  memberikan arahan, Sofyan  membawa seluruh personelnya menyisiri Jalan Masjid Raya. Sejumlah pedagang kaki lima (PK5) yang menggelar lapak di atas trotoar diminta untuk menghentikan aktifitas jual beli dan membongkar  lapaknya. Tak mau barang dagangannya diamankan, para PK5 langsung mengemas dan membawanya pergi.

Sebelum  pergi, Sofyan telah mengingatkan kepada sleuruh PK5 agar tidak berjualan lagi di atas  trotoar maupun parit. Sebab,  kawasan itu bukan lokasi untuk berjalan melainkan ruang milik jalan (rumija)  yang diperuntukan bagi para pejalan kaki. "Apabila kami dapati berjualan kembali, barang dagangannya langsung kami sita!" tegas Sofyan.




Penertiban berjalan lancar, tak satu pun pedagang kaii lima yang melakukan perlawanan, termasuk warga yang  berjualan nasi maupun warung kopi di rumah dan menggunakan trotoar untuk tempat duduk  makan maupun minum pembelinya. Mereka pun mematuhi instruksi Kasatpol PP, meja dan bangku yang diletakkan di atas trotoar langsung diangkat.

Setelah trotoar bersih dari  PK5, Sofyan minta  petugas Dinas Pencegah dan pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan yang ikut mendukung  penertiban diminta untuk membersihkan trotoar. Pasalnya, kondisi trotoar sangat jorok dan permukaannya ditutupi tanah yang sudah mengering.

Petugas Dinas P2K kemudian menyemprot trotoar dengan menggunakan satu unit mobil tangki sampai bersih dibantu personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Kota. Pasca pembersihan trotoar, Sofyan pun membawa personelnya melanjutkan penertiban di Jalan Mahkamah.

Di kawasan yang dipenuhi usaha bengkel  las dan besi, Sofyan pun bertindak tegas. Pasalnya, para pengusaha bengkel las dan besi sudah berulangkali diingatkan agar tidak  menempatkan besi maupun peralatan mesin lasnya di atas parit maupun parit. Bahkan, kawasan itu sudah beberapakali ditertibkan namun apa yang menjadi larangan tetap saja dilanggar.




Itu sebabnya dalam penertiban kali ini, Sofyan langsung bersikap tegas. Selin melakukan penyegelan, dia juga memerintahkan anggotanya untuk menyita potongan besi yang sengaja ditempatkan pengusaha bengkel las dan besi di atas parit maupun trotoar. Di samping itu juga bagi pengusaha bengkel las dan besi yang menambah tempat usahanya dnegan kanopi hingga ata sparit dan trotoar, Sofyan minta dibongkar. "Apabila kanopi ini tidak dibongkar, kami siap membongkarnya," ungkapnya.

Pengusaha bengkel las dan besi pun ketar-ketir, tak mau dibongkar paksa, mereka pun membongkar sendiri kanopinya. "Selain melanggar peraturan, keberadaan kanopi menjadi pemicu para pengusaha bengkel las dan besi untuk menempatkan material pekerjaan mereka di atas parit hingga trotoar, termasuk sebagai loksi bekerja karena tempat usaha yang mereka miliki hanya menjadi tempat penyimpanan besi," jelasnya.

Saat petugas Satpol PP hendak mengangkut potongan besi, beberapa pengusaha bengkel las dan besi  mendekati Sofyan dan minta diberi waktu untuk memindahkan sendiri ke dalam gudang milik mereka. Namun Sofyan menolak mentah-mentah permintaan tersebut, dia langsung memerintahkan anggotanya untuk mempercepat pengangkutan besi.




" Mohon maaf, sudah beberapa kali kita ingatkan bahwasannya  permukaan parit maupun trotoar tidak boleh diletakkan besi-besi seperti ini. Selama ini hanya janji-janji saja mau memindahkannya tapi tidak pernah dilakukan. Jadi hari ini kita melakukan tindakan tegas," ungkapnya.

Sebelum potongan maupun lempengan besi diangkut, Sofyan telah meminta anggotanya untuk mencatat jumlahnya lebih dahulu disaksikan Lurah Masjid serta petubas Babinsa dan Babinkantibmas. Lempengen maupun potongan besi yang diangkut itu selanjutnya dibawa menuju Kantor Satpol PP. (mtc)
Editor: faeza

T#g:blibliBlibliGoogleMatatelingamatatelinga.commatatelinga comPemko MedanSatpol PP Bebaskan Trotoar di Medan Yang Diokuvasi PK5 dan Pengusaha Bengkel LasTerkiniTravelokaMedansatpol PP
Komentar
Jumat, 28 Feb 2020 22:33Nasional

Pertama di Indonesia, SMSI Raih Penghargaan MURI

Jumat, 28 Feb 2020 22:00Berita Sumut

Raker Anggota KONI Sumut Usung Prestasi Menuju PON 2020

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajeckshah berharap pencapaian prestasi olahraga di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua, bisa lebih baik dari pelaksanaan sebelumnya. Jika pada PON 2016 Sumut mampu menduduki peringkat sembilan,

Jumat, 28 Feb 2020 21:22Berita Sumut

Polsek Kotarih Berikan Sembako ke kaum Dhuafa

Kapolsek Kotarih di wakili oleh Kapos Pol Bintang Bayu Polsek Kotarih Polres Sergai Aiptu Harto Pardede bersama Bhabinkamtibmas Bripka H Bakkara memberikan sejumlah paket sembako kepada kaum dhuafa warga Dusun II Desa Ujung Negeri Hulu Kecamatan Bintang B

Jumat, 28 Feb 2020 21:00Berita Sumut

H.Surya Terima Audensi FKPLD Asahan

H.Surya selaku kepala Daerah Kabupaten Asahan menerima kedatangan unsur kepengurusan Forum Komonikasi Pendamping Lokal Desa (FK PLD) Kabupaten Asahan, kedatangan tersebut dalam rangkaian audensi dengan Bupati Asahan

Jumat, 28 Feb 2020 20:15Berita Sumut

Jumat Barokah, Kapolda Sumut Jalin Silaturahmi Dengan Masyarakat Mandala

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si didampingi Pejabat Utama Polda Sumut melaksanakan Safari Jumat Barokah di Masjid Al-Amin, Jalan Belibis Perumnas Mandala Kel. Kenangan Kec. Percut Sei Tuan, Jumat (28/02/2020)

Jumat, 28 Feb 2020 20:00Berita Sumut

Petani Desa Kacaribu Diamankan Sat Narkoba Polres Tanah Karo

Satuan Reserse Narkoba Polres Tanah Karo mengamankan seorang pria berinisial MJSS alias S (36) warga Desa Kacaribu, Kec. Kaban Jahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis (27/2/2020) sekitar pukul 17.30 wib dari salah satu lokasi di Desa Kacaribu.

Jumat, 28 Feb 2020 19:51Berita Sumut

Sidang Prapid Fenny Laurus Chen Baru Digelar, Haim Sebut Pemohon Kalah 2-0

Sidang permohonan Praperadilan (Prapid) Fenny Laurus Chen terhadap Kapolsek Percut Seituan Cq Kapolresta Medan Cq Kapolda Sumut digelar di ruang Cakra 7 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jumat (28/2). Dalam sidang dipimpin hakim tunggal Abdul Kadir itu berag

Jumat, 28 Feb 2020 19:18Berita Sumut

Ini Sikap Pangdam I/BB dan Kapoldasu Soal Insiden di Mapolsek Pahae Jae

Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayjen Sabrar Fadhilah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani bertemu membahas tindak anarkistis yang terjadi di Kantor Polsek Pahae Jae Tapanuli Utara (Taput), Sumut, kemarin. Dalam peristiwa ini, sejumlah polisi terluka dan

Jumat, 28 Feb 2020 17:50Berita Sumut

Tabrakan Septor Sesama Pelajar, Satu Meninggal Dunia Dua Luka Ringan

Kecelakaan lalu lintas yang merenggut korban jiwa kembali terjadi. Kali ini melibatkan pelajar dan terjadi di Jalan Umum KM 7-8 Jurusan arah Simpang Parbeokan-Batu Lotung Huta VII Nabolak baru Nagori Buntu Turunan Kecamatan Hatonduhan, Kab.Simalungun, Kam

Jumat, 28 Feb 2020 17:35Berita Sumut

Septor Tanpa TNKB Tabrak Truk Colt Diesel, Dua Orang Luka Ringan

Sebuah sepeda motor (septor) mengalami kecelakaan lalu lintas dengan sebuah Mobil Mitsubhisi Colt Diesel di Jalan Umum Huta Gunung Nagori Tangga Batu Kecamatan Hatonduhan, Kab.Simalungun. Kamis (27/02/2020) sekira pukul 10.30 wib.

Jumat, 28 Feb 2020 17:20Berita Sumut

Akhyar Resmikan Masjid Baru Al Muttaqin Sidomulyo

Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi memotong pita dan nasi tumpeng tanda diresmikannya Masjid Al Muttaqin di Jalan Bunga Turi I, Kelurahan Sidomulyo, Medan Tuntungan, Jumat (28/2/2020).

Jumat, 28 Feb 2020 17:04Berita Sumut

Pangdam Pimpin Rapim Kodam I/BB TA 2020

Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah memimpin sekaligus membuka secara resmi Rapat Pimpinan Kodam I/BB yang digelar di Balai Prajurit Makodam I/BB, Jln Gatot Soebroto Km 7,5 Medan, Jumat (28/2/2020).

Jumat, 28 Feb 2020 16:49Berita Sumut

Pemko Binjai dan Tokopedia Segera Jalin Kerjasama

Mewakili wali kota Binjai, Sekdako Binjai, M. Mahfullah P Daulay SSTP, M.Ap menerima audiensi Senior Publik Policy and Government Relation Tokopedia Arliska Fatma Rosi di ruangan Binjai Command Center (BCC), Jum'at (28/02/2020).

Jumat, 28 Feb 2020 16:30Berita Sumut

Jelang Liga 2, Stadion Teladan Dibenahi

Jelang pertandingan Liga 2 Indonesia 2020 yang akan kick- off 13 Maret mendatang, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau Stadion Teladan Medan yang tengah dalam perbaikan

Jumat, 28 Feb 2020 16:00Berita Sumut

Polsek Medan Baru Hadiahkan Pencuri Handphone dengan Timah Panas

Seorang pelaku pencurian dihadiahi timah panas oleh personil Polsek Medan Baru. Pelaku berinisial SH alias Putra (27) terekam kamera CCTV saat mencuri handphone di kediaman Suwadi,(49) warga Jalan Sekip GG. Agus Salim Medan Petisah pada Minggu (23/2) lalu

Jumat, 28 Feb 2020 15:30Bola

SSB Katabima Cetak Pesepakbola Handal

Perkembangan sepakbola di Sumatera Utara, khususnya kabupaten Deli Serdang telah memberikan kontribusi bagi timnas, misalnya Egy Maulana dan David Maulana. Tidak hanya itu saja, dari Sekolah Sepakbola (SSB) Katabima juga telah melahirkan pemain timnas U-1