• Home
  • Berita Sumut
  • Sehari jelang Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Provinsi

KPU Sumut gelar Rakor pengamanan

Sehari jelang Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Provinsi

Robby Sabtu, 07 Juli 2018 19:08 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:  Guna membahas masalah keamanan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Provinsi, KPU Sumut gelar rapat koordinasi (rakor) pengamanan di Hotel Polonia, Sabtu (7/7/2018) yang dipimpin oleh Ketua KPU Sumut Mulia Banurea, S.Ag, M.Si.


Dalam rakor tersebut, dihadiri dan diikuti peserta sebanyak 20 orang diantaranya, Komisioner KPU Sumut, Kabag Hukum dan Kasubbag Tekhnis KPU Sumut Maruli Pasaribu dan Harry Dharma Putra.

Kemudian undangan dari Kepolisian diantaranya, Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP I Gede Nakti W, S.Ik, Kasubdit I Dit Intelkam Poldasu AKBP Titus Sianturi, Kanit Politik Polrestabes Medan IPTU SBI. Manullang, serta pihak keamanan hotel.


Kegiatan diawali sambutan oleh Kasubbag Tekhnis KPU Sumut yang mengucapkan selamat datang kepada peserta rakor. Dilanjutkan sambutan Komisioner KPU Sumut DR. Iskandar Zulkarnaen.

Dalam sambutannya, Iskandar Zulkarnaen menyampaikan harapannya agar peserta rakor menyampaikan dan memberikan bagaimana agar pengamanan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara tingkat Provinsi besok (8/720/18) berjalan tertib, lancar dan aman.

"Acara kita buat tanggal 8 Juli 2018 dikarenakan pihak Bawaslu hari Senin tanggal 9 Juli 2018 ada kegiatan di Bawaslu RI,". Papar Iskandar.

m
Untuk peserta dari KPU Kab/Kota, lanjut Iskandar, akan hadir 4 orang perwakilan masing-masing KPU Kab/Kota dengan total 142 orang.

Kemudian Panwas Kab/Kota masing-masing 3 orang, saksi masing-masing paslon 2 orang.

"Tehnis nya nanti, untuk peserta diberikan tanda pengenal berupa badge, baik undangan maupun peserta. Total peserta sekitar 550 orang,".

Iskandar mengingatkan kepada para peserta tentang adanya potensi gangguan keamanan yang mungkin bisa saja terjadi berkaitan dengan permasalahan di KPU Kab TAPUT dan DAIRI.

"Tanggal 24 Juli 2018 akan dilakukan pengumuman pemenang Pilgubsu 2018,".

Diakhir sambutannya, Iskandar juga menjelaskan, untuk pengangkutan 33 kotak suara dari Kantor KPU Sumut ke Hotel Polonia Medan mulai dilakukan pukul 07.00 Wib menggunakan Truck.

Dalam rakor tersebut, Sekretaris KPU Sumut Abdul Rajab memaparkan tentang rencana rundown acara rapat pleno.

"Untuk Rundown acara besok belum kita buat, namun sudah disusun dan ditentukan sebagai protokol Ririn, kemudian  Doa akan dibawakan oleh Ustadz Syahrul,".

"Untuk Kotak Suara tinggal Kabupaten Nias Barat yang blm mengantar Kotak Surat suaranya ke KPU Sumut,".

Selanjutnya, mengakhiri sambutannya Rajab mengingatkan soal bagaimana membedakan antara tamu hotel dengan tamu dan undangan Rapat Pleno.

Untuk tehnis pengamanan, KPU Sumut menyerahkan kepada pihak Kepolisian. Hal tersebut di paparkan oleh Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP I Gede Nakti W. S.Ik yang menyampaikan bahwa, rencana tempat acara Pleno Rekapitulasi dilantai III.

"Setiap Pintu masuk semuanya akan kita lakukan pengamanan. Pengawalan Kotak Suara akan kami lakukan. Untuk tamu hotel biarkan pihak keamanan hotel saja yg memeriksa, untuk tamu dan undangan Pleno akan dilakukan pemeriksaan oleh keamanan akan dilakukan oleh petugas pengamanan," terang AKBP Gede.

Lebih lanjut, Kasubbag Tekhnis KPU Sumut Harry Dharma Putra menjelaskan, Daya tampung ruangan acara sebanyak 1000 orang dan Akses pintu masuk ke lantai 3, Harry menjelaskan bisa melalui Eskalator dan Lift.

"undangan yang dialokasikan KPU Sumut, untuk Panwas 99 orang, setiap Paslon undangannya 10 orang dengan saksi 2 orang masing-masing paslon, KPU Kab/Kota sebanyak 142 orang, unsur FKPD 10 orang, Biro OTDA 3 orang, Kesbangpol linmas 1 orang, Dinas Infokom 3 orang, Wartawan 100 orang,".

"Untuk unsur pengamanan, disediakan ID CARD sebanyak 50 buah,". Jelas Harry.

Sementara itu, dari pihak Kemanan Hotel memaparkan, untuk pintu masuk Hotel Polonia cuma dari Lobby Hotel karena pintu masuk dari pintu belakang sedang di renovasi, dan pintu belakang nanti ditutup saja.

"Teknisnya, dilapangan nanti mami akan mempertanyakan apabila ada tamu hotel, di kamar berapa menginapnya. Kalau peserta Pleno yg menggunakan badge akan kita persilahkan masuk tetapi yg tidak punya badge tidak akan kita perbolehkan masuk. Untuk Lift ada 3 akses,".
Editor: Amrizal

T#g:KPU SumutPemenang EramasSumutTerkinigelar Rakor pengamanan
Komentar
Jumat, 16 Nov 2018 14:59Berita Sumut

Peserta Optimis Ikuti Ujian Seleksi Penerimaan CPNS Kejaksaan di Medan

Peserta yang mengikuti ujian seleksi CPNS secara online banyak yang gagal dengan passing grade yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Jumat, 16 Nov 2018 14:03Berita Sumut

Pembunuh Wanita Dalam Kardus Segera Diadili

Hendri alias Ahen, pelaku pembunuhan terhadap Rina Karina (21) yang jasadnya dimasukkan dalam kardus dan ditinggal di atas sepeda motor Honda Scoopy bernomor polisi 5875 ABM segera diadili di Pengadilan Negeri Medan. Pasalnya, tim Penuntut Umum dari Kejar

Jumat, 16 Nov 2018 13:17Berita Sumut

Kepergok Polisi, Pelaku Jambret Ini Berakhir di Penjara

Tim Pegasus Polsek Medan Helvetia meringkus seorang pelaku jambret di Jalan Kapten Muslim Medan, Kamis (15/11) malam. Sedangkan seorang lagi berhasil melarikan diri saat penyergapan.

Jumat, 16 Nov 2018 13:00Berita Sumut

Sungai Deli Kembali Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Ratusan rumah di kawasan bantaran Sungai Deli, tepatnya di Kelurahan Aur dan Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun terendam oleh banjir, Jumat (16/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 12:30Berita Sumut

Pertamina Bersama Rumah Zakat Bentuk Balai Bina Mandiri

Meningkatkan kemandirian masyarakat, PT Pertamina (Persero) MOR l Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Medan Group bekerjasama dengan Rumah Zakat membuat program Balai Bina Mandiri, di Lingkungan 19 & 21, Kecamatan Medan Labuhan, Medan.

Jumat, 16 Nov 2018 12:00Berita Sumut

Wali Kota Kembali Raih Penghargaan Natamukti 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Penghargaan Natamukti 2018 dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia bekerjasama dengan International Council for Small Buniness (ICSB) di Graha Widya Bhakti, Ged

Jumat, 16 Nov 2018 11:14Berita Sumut

Vonis PT Medan Terhadap Tamin Sukardi Dinilai Tidak Adil

Putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi Medan yang menjatuhkan vonis delapan tahun penjara buat Tamin Sukardi dan membayar kerugian Rp 132,4 miliar serta seluruh aset tanah yang diperkarakan dirampas untuk negara dinilai tidak adil.

Jumat, 16 Nov 2018 10:22Berita Sumut

Pemkab Asahan Apresiasi Kampung Pengawasan Pemilu

Wakil Bupati Asahan H.Surya,BSc menerima kunjungan komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Asahan, Kamis (15/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 09:54Berita Sumut

Lantik 6 PJU dan 7 Kapolres, Kapoldasu : Ini Angin Segar Baru

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan enam Pejabat Utama (PJU) Polda Sumatera Utara (Sumut) serta tujuh Kapolres di Mapolda Sumut, Jumat (16/11) pagi.

Jumat, 16 Nov 2018 07:33Nasional

Kasad : Latihan Ancab TNI AD 2018 Akumulasi Kemampuan Tempur

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono menyaksikan langsung Latihan Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD TA. 2018 di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur), Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel),

Jumat, 16 Nov 2018 07:18Bola

Kenapa Malcom, Khianati Roma demi Barcelona...?

Santer dikabarkan bakal meninggalkan klub berjuluk Blaugrana, pada bursa transfer mendatang. Kendati demikian, hal itu lekas ditanggapi oleh Malcom, yang mengatakan bahwa dirinya senang berada di Barcelona.

Jumat, 16 Nov 2018 07:03Internasional

Tujuh Belas Tersangka Pembunuhan Wartawan di Beri Sanksi

Dalam pembunuhan Wartawan Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, Departemen Keuangan Amerika Serikat pada Kamis 15 November 2018, mengumumkan hukuman terhadap 17 orang Saudi atas peran mereka.

Jumat, 16 Nov 2018 06:48Nasional

UAS dan Habib Rizieq Paling Didengar di Pilpres Perhitangan LSI

Temuan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang menyebut Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Habib Rizieq Shihab sebagai ulama yang paling didengar imbauannya dan berpengaruh di Pilpres 2019, disambut baik oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Pasangan Joko Wid

Kamis, 15 Nov 2018 22:45Berita Sumut

Sejumlah Anggota DPRD Medan Diperiksa BPK, Masalah Anggaran Reses

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumut melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah anggota DPRD Kota Medan periode 2014-2019 di kantor Jalan Imam Bonjol, Medan

Kamis, 15 Nov 2018 22:30Berita Sumut

Resedivis Beraksi Membongkar Kantor Asuransi

Menyandang seorang resedivis, tidak mudah untuk bertobat. Itu tergantung orangnya, mau berubah nasib usai menjalani hukuman atau sebaliknya melakukan melawan hukum.

Kamis, 15 Nov 2018 22:15Nasional

Kepala Bakamla Beri Ucapan Selamat Kepada Kasal

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Achmad Taufiqoerrochman, S.E. memberikan ucapan selamat kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. atas pengangkatannya sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut ke-3