• Home
  • Berita Sumut
  • Sehari jelang Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Provinsi

KPU Sumut gelar Rakor pengamanan

Sehari jelang Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Provinsi

Robby Sabtu, 07 Juli 2018 19:08 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:  Guna membahas masalah keamanan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Provinsi, KPU Sumut gelar rapat koordinasi (rakor) pengamanan di Hotel Polonia, Sabtu (7/7/2018) yang dipimpin oleh Ketua KPU Sumut Mulia Banurea, S.Ag, M.Si.


Dalam rakor tersebut, dihadiri dan diikuti peserta sebanyak 20 orang diantaranya, Komisioner KPU Sumut, Kabag Hukum dan Kasubbag Tekhnis KPU Sumut Maruli Pasaribu dan Harry Dharma Putra.

Kemudian undangan dari Kepolisian diantaranya, Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP I Gede Nakti W, S.Ik, Kasubdit I Dit Intelkam Poldasu AKBP Titus Sianturi, Kanit Politik Polrestabes Medan IPTU SBI. Manullang, serta pihak keamanan hotel.


Kegiatan diawali sambutan oleh Kasubbag Tekhnis KPU Sumut yang mengucapkan selamat datang kepada peserta rakor. Dilanjutkan sambutan Komisioner KPU Sumut DR. Iskandar Zulkarnaen.

Dalam sambutannya, Iskandar Zulkarnaen menyampaikan harapannya agar peserta rakor menyampaikan dan memberikan bagaimana agar pengamanan Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara tingkat Provinsi besok (8/720/18) berjalan tertib, lancar dan aman.

"Acara kita buat tanggal 8 Juli 2018 dikarenakan pihak Bawaslu hari Senin tanggal 9 Juli 2018 ada kegiatan di Bawaslu RI,". Papar Iskandar.

m
Untuk peserta dari KPU Kab/Kota, lanjut Iskandar, akan hadir 4 orang perwakilan masing-masing KPU Kab/Kota dengan total 142 orang.

Kemudian Panwas Kab/Kota masing-masing 3 orang, saksi masing-masing paslon 2 orang.

"Tehnis nya nanti, untuk peserta diberikan tanda pengenal berupa badge, baik undangan maupun peserta. Total peserta sekitar 550 orang,".

Iskandar mengingatkan kepada para peserta tentang adanya potensi gangguan keamanan yang mungkin bisa saja terjadi berkaitan dengan permasalahan di KPU Kab TAPUT dan DAIRI.

"Tanggal 24 Juli 2018 akan dilakukan pengumuman pemenang Pilgubsu 2018,".

Diakhir sambutannya, Iskandar juga menjelaskan, untuk pengangkutan 33 kotak suara dari Kantor KPU Sumut ke Hotel Polonia Medan mulai dilakukan pukul 07.00 Wib menggunakan Truck.

Dalam rakor tersebut, Sekretaris KPU Sumut Abdul Rajab memaparkan tentang rencana rundown acara rapat pleno.

"Untuk Rundown acara besok belum kita buat, namun sudah disusun dan ditentukan sebagai protokol Ririn, kemudian  Doa akan dibawakan oleh Ustadz Syahrul,".

"Untuk Kotak Suara tinggal Kabupaten Nias Barat yang blm mengantar Kotak Surat suaranya ke KPU Sumut,".

Selanjutnya, mengakhiri sambutannya Rajab mengingatkan soal bagaimana membedakan antara tamu hotel dengan tamu dan undangan Rapat Pleno.

Untuk tehnis pengamanan, KPU Sumut menyerahkan kepada pihak Kepolisian. Hal tersebut di paparkan oleh Kabag Ops Polrestabes Medan AKBP I Gede Nakti W. S.Ik yang menyampaikan bahwa, rencana tempat acara Pleno Rekapitulasi dilantai III.

"Setiap Pintu masuk semuanya akan kita lakukan pengamanan. Pengawalan Kotak Suara akan kami lakukan. Untuk tamu hotel biarkan pihak keamanan hotel saja yg memeriksa, untuk tamu dan undangan Pleno akan dilakukan pemeriksaan oleh keamanan akan dilakukan oleh petugas pengamanan," terang AKBP Gede.

Lebih lanjut, Kasubbag Tekhnis KPU Sumut Harry Dharma Putra menjelaskan, Daya tampung ruangan acara sebanyak 1000 orang dan Akses pintu masuk ke lantai 3, Harry menjelaskan bisa melalui Eskalator dan Lift.

"undangan yang dialokasikan KPU Sumut, untuk Panwas 99 orang, setiap Paslon undangannya 10 orang dengan saksi 2 orang masing-masing paslon, KPU Kab/Kota sebanyak 142 orang, unsur FKPD 10 orang, Biro OTDA 3 orang, Kesbangpol linmas 1 orang, Dinas Infokom 3 orang, Wartawan 100 orang,".

"Untuk unsur pengamanan, disediakan ID CARD sebanyak 50 buah,". Jelas Harry.

Sementara itu, dari pihak Kemanan Hotel memaparkan, untuk pintu masuk Hotel Polonia cuma dari Lobby Hotel karena pintu masuk dari pintu belakang sedang di renovasi, dan pintu belakang nanti ditutup saja.

"Teknisnya, dilapangan nanti mami akan mempertanyakan apabila ada tamu hotel, di kamar berapa menginapnya. Kalau peserta Pleno yg menggunakan badge akan kita persilahkan masuk tetapi yg tidak punya badge tidak akan kita perbolehkan masuk. Untuk Lift ada 3 akses,".
Editor: Amrizal

T#g:KPU SumutPemenang EramasSumutTerkinigelar Rakor pengamanan
Komentar
Sabtu, 24 Agu 2019 10:55Berita Sumut

Masyarakat Desa Pararungan Sepakat Memberhentikan Pembukaan Jalan

Rapat keputusan tentang persoalan pembukaan jalan di Desa Pararungan Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba Samosir, Kamis malam (22/8/19) akhirnya memutuskan menghentikan pengoperasian dua buah alat berat.

Sabtu, 24 Agu 2019 08:15Ekonomi

Aksi China Balas pada Produk AS, Wall Street Merosot Tajam

Pada akhir perdagangan Jum'at (Sabtu pagi WIB). Bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street berakhir melemah tajam

Sabtu, 24 Agu 2019 08:00Nasional

Tragis, Siswa SMK Meregang Nyawa Usai Tertabrak "Ular Besar"

Meregang nyawa usai tertabrak rangkaian KRL Commuter Line di Kedung Halang Wasel, Kecamaran Tanah Sareal

Sabtu, 24 Agu 2019 07:45Bola

Hadapi Arsenal, Klopp: Kami Sudah Tak Sabar

Sebagaimana diketahui, Liverpool akan menjamu The Gunners di pekan kedua Liga Inggris 2019-2020, Sabtu (24/8/2019) malam WIB

Sabtu, 24 Agu 2019 07:30Nasional

Dibakar Api Cemburu, Suami Tusuk Pria Diduga Selingkuhan Istrinya hingga Tewas

Ditangkap polisi setelah melakukan penusukan hingga membuat Bunto Tano (44), warga Grogol, Sukoharjo

Sabtu, 24 Agu 2019 07:15Internasional

Jonatan Christie Gagal ke Semifinal

Gagal memenuhi target di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019. Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie

Sabtu, 24 Agu 2019 07:00Lifestyle

Sungguh Allah Sangat Membencinya, ini Kisah Rasis di Zaman Nabi

Sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW, Sikap rasis dengan membeda-bedakan warna kulit

Sabtu, 24 Agu 2019 06:45Nasional

Berusia Setengah Abad, Pria ini NIkahi Pujaan Hatinya

Seorang perjaka berusia 26 tahun menikahi seorang janda beranak dua berusia 50 tahun

Sabtu, 24 Agu 2019 06:30Lifestyle

Setan Bocorkan Kedasyatan Ayat Kursi

Alkisah sudah banyak cerita perjumpaan manusia dan setan, baik dalam wujud asli maupun menyerupai makhluk lain

Sabtu, 24 Agu 2019 06:15Nasional

Gempa 3,2 Magnitudo Guncang Jabar

Kabupaten Bogor, Jawa Barat, di Guncang Gempa berkekuatan magnitudo 3,2 pada Kamis, (23/8/2019).

Sabtu, 24 Agu 2019 06:00Lifestyle

Bersamaan, Jessica Iskandar Gelar Pernikahan di Dua Tempat

Aktris yang akrab disapa Jedar itu menolak tawaran untuk menggelar pernikahannya

Jumat, 23 Agu 2019 20:55Lifestyle

Sutradara Film "Uncharted" Tinggalkan Proses Produksi

Sampai hari ini, Sony masih terus berupaya konsisten dengan rencananya akan membawa film "Uncharted" ke layar lebar. Tetapi, usahanya kembali mendapat hambatan karena sang sutradara meninggalkan proses produksi. Dan Trachtenberg yang sebelumnya

Jumat, 23 Agu 2019 20:46Berita Sumut

Untuk Mengurai Kemacetan, Dirlantas Polda Sumut Gandeng Polrestabes Medan

Untuk pertama kali yang akan kita lakukan adalah untuk menjalankan perintah dari Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto yang mengharapkan Dirlantas Polda Sumut bisa mengurai kemacetan di Kota Medan.

Jumat, 23 Agu 2019 20:42Berita Sumut

Karang Taruna dan Koramil Bersinergi Bangun Rumah Di Belawan

Organisani Kemasyarakatan Karang Taruna dan Koramil 09/ Medan Belawan bekerja sama membangun rumah anak yatim piatu di Kolam Susu Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan, Jumat (23/8/2019).

Jumat, 23 Agu 2019 20:27Bola

Dalam Waktu Dekat, Real Madrid Gagal Rekrut Neymar

Dalam waktu dekat, Real Madrid dipastikan gagal merekrut Neymar dari Paris Saint-Germain. Dimana, dua pekan menjelang ditutupnya jendela transfer musim panas, masa depan Neymar masih penuh tanda tanya. Itu sebabnya Thomas Tuchel belum memasukkannya dalam

Jumat, 23 Agu 2019 20:17Internasional

Ini Mobil Yang Diproduksi Menggunakan Sampah Daur Ulang

Ada berbagai cara yang dilakukan oleh manusia dalam mengolah limbah sampah. Hal ini dilakukan agar mengurangi populasi sampah yang semakin banyak dan menyebabkan pencemaran. Salah satu cara yang unik dalam mengelola limbah sampah daur ulang adalah dengan