• Home
  • Berita Sumut
  • Sejaharawan : Gedung Warenhuis Jangan Sampai Jatuh ke Pihak Swasta

Sejaharawan : Gedung Warenhuis Jangan Sampai Jatuh ke Pihak Swasta

Faeza Sabtu, 10 Agustus 2019 15:15 WIB
Mtc/ist
Pasca diambilalih oleh Pemko Medan, gedung Warenhuis diharapkan tidak jatuh ke tangan swasta. Pemerintah harus memugar gedung yang merupakan bekas supermarket pertama di Medan itu.
MATATELINGA, Medan: Pasca diambilalih oleh Pemko Medan, gedung Warenhuis diharapkan tidak jatuh ke tangan swasta. Pemerintah harus memugar gedung yang merupakan bekas supermarket pertama di Medan itu.

Sejarahwan Kota Medan Erond L Damanik menyarankan agar Warenhuis kembali dipugar. Supaya jejak sejarahnya tidak hilang.

"Bagus kalau pemerintah mengambil alih itu. Persoalannya jangan sampai jatuh ke pihak swasta," ungkapnya. 




Jika nantinya pun akan diruntuhkan, Erond menyangkannya. Pemko sebenarnya punya kemampuan untuk melakukan revitalisasi. 

"Perlu ada kajian untuk itu. Justru harusnya, kalau masih bisa direvitalisasi yah kenapa tidak. Itu dulu menjadi pusat perdagangan Kota Medan. Dengan statusnya sebagai supermarket pertama Kota Medan. Punya jejak historis yang tinggi. Karena menandai era ekonomi modern di Kota Medan. Kalau itu diruntuhkan , berarti menghapuskan nilai sejarahnya," pungkasnya.




Warenhuis merupakan aset Pemko Medan. Bangunan di atas lahan seluas 1.752 meter persegi itu terdaftar dalam sertifikat hak pakai nomor 01653. 

Sejak dikosongkan pada Jumat (9/8) lalu, Warenhuis disegel oleh dinas terkait. Yang masuk tanpa izin bisa kena delik pidana. 




"Dinas Perkim akan menutup bangunan ini, untuk urusan selanjutnya.Yang paling penting kita mengsongkan gedung ini. Kita bisa melihat (ada) penolakan. Cuma mereka (warga) mungkin kesulitan, mengangkat atau menyimpan barang-barang mereka," kata Sekretaris Satpol PP Kota Medan Rakhmad Harahap disela eksekusi. 

Rakhmad juga belum mengetahui peruntukan Warenhuis setelah dibersihkan. Namun sangat disayangkan jika kelak, bangunan tua itu  misalnya harus diserahkan ke pihak swasta. 

"Kita gak tahu. Tapi yang penting ini untuk pemerintahan kota. Untuk apapun itu pelayanan masyarakat," pungkasnya. (mtc/fae)

Editor: faeza

T#g:Gedung WarenhuisPemko Medancagar budayagedung cagar budaya di medanMedan
Komentar
Rabu, 19 Feb 2020 08:00Bola

Agnelli Mencoba Merubah Format Liga Champions,Apa Tanggapan Frank Lampard

Perlu diketahui, selain menjabat sebagai Presiden Juve, Agnelli juga Ketua Asosiasi Klub Eropa. Beberapa bulan lalu, Agnelli mencetuskan ide untuk mengubah format Liga Champions.

Rabu, 19 Feb 2020 07:30Bola

Jamu Liverpool, Atletico Madrid Menang Tipis

Menjamu Liverpool di Stadion Wanda Metropolitano, Los Rojiblancos -julukan Atletico Madrid - menang tipis 1-0 lewat gol cepat Saul Niguez pada menit keempat. Simeone pun mengapresiasi para pemainnya yang berhasil mempertahankan keunggulan hingga laga us

Rabu, 19 Feb 2020 07:15Lifestyle

Mencegah Sakit Jantung, Coba Sarapan Kentang

Bila Anda ingin sehat, bisa memilih makanan untuk sarapan tidak harus nasi. Anda bisa memilih kentang sebagai menu sarapan yang sehat dan bergizi.

Rabu, 19 Feb 2020 07:00Nasional

Direktur Strategi Bakamla RI Berkunjung ke Kantor Bea Cukai dan Kemenkominfo

Direktur Strategi Bakamla RI Laksma Bakamla Sandy M. Latief melaksanakan kunjungan ke Kantor Bea Cukai serta Kementerian Komunikasi dan Informatika, beberapa hari lalu.

Rabu, 19 Feb 2020 06:45Berita Sumut

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 pada 18 Sekolah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), yang dilaksanakan di SD Negeri 101956 Sukaramai, Dusun IX Sukaramai Desa Celawan Kec. Pantai Cermin

Rabu, 19 Feb 2020 06:15Nasional

Panglima TNI : 11 Pucuk Senjata Kecelakaan Mi-17 Kemungkinan Diamankan Masyarakat

Sejumlah 11 pucuk Senjata milik Prajurit TNI AD yang gugur dalam kecelakaan pesawat Heli Mi-17 beberapa bulan yang lalu di Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, kemungkinan masih diamankan oleh masyarakat. Aparat TNI dan Polri masih melakukan pendekatan kep

Rabu, 19 Feb 2020 06:00Berita Sumut

Gelar Pertandingan Bulu Tangkis Antar Satker

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-74 TNI Angkatan Udara tahun 2020, TNI AU Di Medan Gelar berbagai Pertandingan, diantaranya pertandingan Bulu Tangkis Antar Satker bertempat dilapangan bulu tangkis Melky Way Lanud Soewondo

Selasa, 18 Feb 2020 22:34Nasional

Presiden Ingin Dana Desa Secepatnya Dikirimkan Ke Desa

Dana Desa yang jumlahnya mencapai 72 triliun rupiah harus secepatnya diterima oleh desa. Oleh karena itu, Pemerintah memutuskan mekanisme pencairannya kini langsung ke desa. Langsung ke rekening desa. Perubahan pencairan Dana Desa ini agar tidak ada lagi

Selasa, 18 Feb 2020 22:15Berita Sumut

Berkas Para Tersangka Pembunuh Jamaluddin Dilimpahkan Ke Kejari Medan

Penyidik Sat Reskrim Polrestabes Medan akhirnya merampungkan berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kasus pembunuhan terhadap Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jamaluddin (55).

Selasa, 18 Feb 2020 20:05Berita Sumut

Putu: Polres Tanjungbalai Tak henti Hentinya Membrantas Jaringan Narkoba

Tim gabungan Polres Tanjungbalai yang terdiri dari Polsek, dalam lebih kurang sepekan mengungkap tiga kasus Narkoba dengan meringkus 4 orang tersangkanya dari lokasi yang berbeda.

Selasa, 18 Feb 2020 18:25Berita Sumut

Musda Partai Beringin, Ijeck Mampu Jadikan Golkar Sumut Bermartabat

Ketua Kosgoro Sumut Riza Fakhrumi Tahir menilai hanya sosok H. Musa Rajekshah (Ijeck) yang mampu membuat Golkar Sumut menjadi Golkar yang Bermartabat. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, Golkar butuh Ijeck untuk membenahi partai. Hal itu disampaikan

Selasa, 18 Feb 2020 18:10Berita Sumut

Edy Rahmayadi Ingatkan Satpol PP Tidak Hanya ‘Anggar’ Otot

Selain melakukan penertiban dan menegakkan Peraturan Daerah (Perda), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga bertugas memelihara ketentraman, ketertiban umum dan memberikan rasa aman pada masyarakat. Karena itu dalam bertugas Satpol PP tidak bisa hany

Selasa, 18 Feb 2020 17:40Nasional

Panglima TNI : Evakuasi Korban Heli Mi-17 Butuh Profesional dan Skill

Pelaksanaan evakuasi korban Heli Mi-17 di pegunungan Bintang tidak mudah karena berada pada ketinggian lebih dari 12.000 ft dengan kemiringan sampai dengan 90 derajat, butuh suatu profesional, skil dan tekad untuk melaksanakan evakuasi.

Selasa, 18 Feb 2020 17:20Nasional

Panglima TNI Hadiri Upacara Militer Pelepasan Jenazah Kecelakaan Helikopter Mi-17

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri upacara penyerahan dan pelepasan jenazah empat prajurit TNI AD korban musibah kecelakaan Helikopter Mi-17, di Pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Kab. Pegunungan Bintang, Provinsi Papua