Sekda : Segera Evaluasi Manajemen RSUD Pirngadi!

Faeza Kamis, 08 November 2018 18:30 WIB
mtc/ist
ali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S. M.Si diwakili Sekretaris Daerah Kota Medan Ir. Wirya Alrahman MM saat memimpin rapat evaluasi di Ruang Rapat I RSUD Pirngadi Medan, Kamis (8/11).
MATATELINGA, Medan: Direktur RSUD Pirngadi Medan Dr. Suryadi Panjaitan, Sp. PD diminta untuk segera mengevaluasi seluruh jajarannya. Evaluasi ini terkait dengan menurunnya tingkat kunjungan masyarakat untuk berobat ke rumah sakit kebanggaan Pemko Medan ini. Berdasarkan informasi yang diperoleh tingkat kunjungan yang berobat menurun hingga 40%.


Desakan evaluasi ini disampaikan Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S. M.Si diwakili Sekretaris Daerah Kota Medan Ir. Wirya Alrahman MM saat memimpin rapat evaluasi di Ruang Rapat I RSUD Pirngadi Medan, Kamis (8/11/2018).

Sekda mengungkapkan menurunnya jumlah kunjungan pasien ke RSUD Pirngadi Medan harus segera dievaluasi secepatnya guna perbaikan pelayanan dan kinerja jajaran RSUD Pirngadi Medan.

"Saya meminta lakukan evaluasi segera agar rumah sakit yang menjadi kebanggan Kota Medan ini tidak semakin terpuruk," tegas Sekda.

Sekda meminta evaluasi ini harus benar benar transparan dan mendalam hingga menemukan akar permasalahan yang sebenarnya. Selain mengevaluasi kinerja Sekda juga menyarankan agar manajemen RSUD Pirngadi mampu membuat perencanaan dan laporan pertanggung jawaban atas setiap anggaran yang digunakan untuk operasional.


Selanjutnya guna memperbaiki manajemen RSUD Pirngadi, jelas Sekda Pemko Medan akan mengirimkan 2 orang ASN dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan untuk dilatih terkait tata pelaporan keuangan dan aset yang baik dan benar di Kementerian Keuangan.

"Setelah selesai dilatih, mereka akan bersama sama dengan manajemen RSUD Pirngadi untuk membuat laporan keuangan dan aset yang baik dan benar," jelas Sekda.

Selain untuk memperbaiki manajemen, ungkap Sekda juga sebagai upaya mewujudkan rencana Pemko Medan menjadikan RSUD Pirngadi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Salah satu persyaratan untuk menjadikan RSUD Pirngadi menjadi BLUD maka haruslah memiliki pelaporan Keuangan dan Aset yang transparan dan akuntabel," ungkap Sekda.

Apabila telah menjadi BLUD, Sekda berharap RSUD Pirngadi dapat secara mandiri beroperasi. Selain menjalankan fungsi sosial RSUD Pirngadi juga harus mengedepankan orientasi bisnis seperti yang dilakukan rumah sakit swasta.


Usai mendengar arahan Sekda dalam rapar tersebut Dirut Pirngadi mengaku siap untuk melakukan evaluasi terhadap jajarannya. Namun begitu, dirinya juga meminta bimbingan dan arahan dari Pemko Medan.

"Kami siap melakukan evaluasi untuk itu kami juga mengharapkan bantuan dan dukungan penuh dari Pemko Medan," ungkap Dirut.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Medan Usma Polita mengamini arahan Sekda untuk dilakukannya evaluasi. Sebagai instansi yang menaungi RSUD Pirngadi, Usma menilai selama ini yang menjadi pemicu utama masalah di RSUD Pirngadi adalah lemahnya manajemen. Kondisi ini berimbas dengan menurunnya pelayanan sehingga masyarakatpun enggan datang berobat ke RSUD Pirngadi.(mtc)
Editor: Faeza

T#g:Matatelingasekda medanTerkinimanajemen rsud medanPemko Medanrsud medan
Komentar
Minggu, 24 Mar 2019 07:30Ekonomi

Mau Ngutang Tapi Hasilkan Uang? Begini Tipsnya

Ketika ingin memulai usaha, sering kali orang terpaku pada urusan modal.

Minggu, 24 Mar 2019 07:15Lifestyle

Pacar Menjauh, Punya Wanita Lain?

Halloo Mbak Dewi, salam kenal. Namaku Neta, usia 24 tahun. Kurang lebih dua tahun yang lalu aku kenal dengan Edo. Saat itu aku masih punya pacar.

Minggu, 24 Mar 2019 07:00Bola

Paul Pogba di Isukan Hengkang Dari Manchester United

Kabar mengenai kepindahan Paul Pogba ke Real Madrid kembali terdengar

Minggu, 24 Mar 2019 06:45Bola

Raphael Varane Di Isukan "Tak Betah" di Real Madrid

Bek Real Madrid, Raphael Varane, dalam beberapa waktu belakangan diisukan kalau dirinya sudah tidak betah lagi berada di klub berjuluk Los Blancos tersebut.

Sabtu, 23 Mar 2019 23:00Berita Sumut

Kapolda Sumut Nobar Film Pohon Terkenal Bersama Jajaran dan Media

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menggelar nonton bareng film Pohon Terkenal bersama jajaran Polda Sumut, Aktifis dan Media

Sabtu, 23 Mar 2019 22:45Berita Sumut

Wakil Wali Kota Dukung Perkembangan Digitalisasi Ekonomi Kreatif

Rahasia seorang entrepreneur yang sukses adalah berani menciptakan peluang, terus berinovasi dan berani mengambil resiko berdasarkan berbagai pertimbangan yang rasional

Sabtu, 23 Mar 2019 22:30Nasional

Panglima TNI Apresiasi Prajurit TNI-Polri Bantu Korban Banjir di Jayapura

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. sangat mengapresiasi prajurit TNI-Polri yang telah melakukan bantuan kemanusiaan

Sabtu, 23 Mar 2019 22:15Nasional

Panglima TNI Tinjau Posko Pengungsi Korban Bencana Banjir di Sentani

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Pol. Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. dan Gubernur Papua Lukas Enembe

Sabtu, 23 Mar 2019 18:29Berita Sumut

Baksos Mata Katarak dan Hernia Gratis Dibuka Secara Resmi oleh Jaksa Agung

Agung Republik Indonesia HM Prasetyo beserta isteri selaku Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Ros Ellyana Prasetyo melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara sekaligus membuka secara resmi bakti sosial operasi mata katarak dan hernia gratis di

Sabtu, 23 Mar 2019 17:06Berita Sumut

UAS Sempat Pikir HUT H Anif Pakai Tiup Lilin

Ustad Abdul Somad (UAS) menjadi orang-orang yang ditunggu-tunggu oleh ribuan masyarakat yang telah memadati halaman Mesjid Al Musanif Jalan Cemara, Medan Estate, Deli Serdang, Sabtu (23/3)

Sabtu, 23 Mar 2019 16:00Berita Sumut

Dadang Darmawan : Semua Caleg Harusnya Miliki Visi yang Sama

Pengamat politik, Dadang Darmawan Pasaribu, menyebut jika semua calon legislatif baik DPR maupun DPD harusnya memiliki visi yang sama. Yaitu seperti yang termaktub dalam alinea kedua Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, bahwa tujuan bangsa Indonesia adalah

Sabtu, 23 Mar 2019 15:38Berita Sumut

Edy Rahmayadi : Ulang Tahun Biasanya Tiup Lilin, Masya Allah Ini Malah Membuat MTQ

Pelaksanaan MTQ ke 1 yang digelar Yayasan H Anif membuat Gubsu Edy Rahmayadi kagum. Kekaguman itu timbul lantaran pelaksanaan MTQ ini digelar juga untuk memperingati HUT H Anif.

Sabtu, 23 Mar 2019 15:21Berita Sumut

Kebakaran Siang Bolong Hanguskan 4 Rumah Warga di Kelurahan Babura

Sebanyak 4 unit rumah kontrakan warga di Jalan Sei Wampu Baru Dalam Pasar II Kelurahan Babura Kecamatan Medan Baru, terbakar, Sabtu (23/03/2019).

Sabtu, 23 Mar 2019 14:33Advertorial

Klinik dr. Geeta Terbaik di Medan

Klinik dr. Geeta adalah salah satu klinik terbaik dan terkenal di Kota Medan yang sudah berdiri Sejak 20 Tahun lamanya. Di klinik dr.Geeta, konsumen juga dapat berkonsultasi tentang perawatan apa yang cocok. Selain itu disini juga ditangani oleh dokte

Sabtu, 23 Mar 2019 14:15Berita Sumut

Besok, Slank Meriahkan Deklarasi Milenial Anti Narkoba di Sumut

Deklarasi Milenial Anti Narkoba yang digelar DPP Granat Pusat bekerjasama dengan Ditresnarkoba Poldasu pada Minggu (24/3) pagi akan dimeriahkan grup band Slank. Acara deklarasi ini akan dipusatkan di Lapangan Benteng dengan berbagai kegiatan.

Sabtu, 23 Mar 2019 12:55Berita Sumut

Hadiri KSI 4.0 di Jaktim, Soekirman Sampaikan Komitmen Perbaiki Sungai yang "Sakit"

Lebih dari seribuan orang dari berbagai daerah terdiri dari berbagai elemen dan komunitas pencinta sungai se-Indonesia tumpah ruah di Lokasi Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur untuk menghadiri acara Kongres Sungai Indonesia