MARHABAN YA RAMADHAN

Pimpin Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana,

Sekdako Medan : Semua Harus Tanggap Terhadap Ancaman Bencana

Faeza Jumat, 26 April 2019 18:40 WIB
mtc/ist
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM saat memimpin apel Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2019 di Pesantren Al Kautsar Al Akbar Jalan Pelajar, Jumat (26/4). Tujuan dari acara ini untuk membangun kesadaran dan kewaspadaan masyar
MATATELINGA, Medan: Kota Medan merupakan daerah yang diberi anugerah tuhan dengan berbagai potensi yang dimiliki. Namun, dibalik itu, dari komposisi geografis dan demografis, kota medan menyimpan potensi bencana yang diakibatkan faktor alam maupun non alam.


Demikian disampaikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM saat memimpin apel Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2019 di Pesantren Al Kautsar Al Akbar Jalan Pelajar, Jumat (26/4/2019). Tujuan dari acara ini untuk membangun kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana dengan cara membangun partisipasi semua pihak.

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan bahwa kejadian yang sering terjadi adalah ketika air sungai meluap diakibatkan cuaca ekstrim yang berkepanjangan.

"Bencana yang sering kali terjadi adalah air sungai yang meluap dikarenakan cuaca ekstrim yang berkepanjagan. Hal ini tentu sering mengakibatkan banjir di beberapa titik di Kota Medan," ucap Sekda.


Selanjutnya Sekda mengungkapkan, berkaitan dengan kejadian tersebut, diperlukan kesiapsiagaan semua jajaran, baik Pemerintah Kota, TNI, Polri, swasta, relawan, dan tentu saja masyarakat dalan upaya pengurangan resiko bencana sampai pada kegiatan evakuasi bencana.

"Seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat harus tanggap terhadap ancaman bencana bukan hanya saat terjadi tanggap darurat bencana, tetapi juga pra bencana dan pasca bencana," ungkap Sekda.

Lebih lanjut Wiriya menjelaskan penanggulangan bencana, tidak lagi di titikberatkan hanya pada penanganan kedaruratan, namun lebih pada upaya pengurangan resiki bencana, yang menuntuk adanya kesiapsiagaan seluruh pihak.

"Oleh karena itu, melalui peringatan hari kesiapsiagaan bencana ini, saya menghimbau kepada seluruh pihak untuk dapat mengoptimalkan upaya evakuasi bencana mandiri dengan mengutamakan diri sendiri, keluarga dan komunitas terlebih dahulu," jelasnya.


Kemudian Wiriya menambahkan, diperlukannyanya kerjasama dan langkah-langkah konkrit dari seluruh puhak, karenanya pada kesempatan ini agar semua pihak dapat meningkatkan koordinasi secara terencana, terpadu, dan berkesinambungan, agar semua pihak mampu bekerjasama dan berperan secara maksimal.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan H Arjuna Sembiring SSos MSP menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia sekaligus memperingati lahirnya undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

"Kegiatan hari ini diadakan serentak di seluruh Indonesia, dan di Kota Medan kegiatan ini dipusatkan di Pesantren Al Kautsar Al Akbar dan diikuti sebanyak lebih kurang 1000 orang yang berasal dari siswa-siswi pesantren, OPD terkait di wilayah Pemko Medan,  BMKG wilayah 1 Medan, SAR Medan, PMI Kota Medan, Pokja Keltana Kota Medan, Komunitas Go-River Medan, Komunitas Labosude Medan, Komunitas Kopasude Medan, dan Relawan," jelas Arjuna.


Tambah Sekda, acara HKB ini dilaksanakan di 6 (enam) lokasi yang berada di wilayah Kota Medan. Adapun lokasi yang menjadi tempat Pelaksanaan Simulasi tersebut adalah yang pertama Pesantren  Al- Kausar Al Akbar Jalan Pelajar  dan dihadiri 1000 orang peserta, yang kedua Gedung Keuangan Negara Jalan  P Diponegoro dan dihadiri 700 orang peserta.

Ketiga Balai Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Medan Jalan Eka Warni dan dihadiri 100 orang peserta, yang keempat Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Medan Belawan Jalan K L Yos Sudarso Km. 8.2 Medan) yang dihadiri 100 orang peserta, yang kelima Universitas Sumatera Utara Jalan Abdul Hakim dan dihadiri 100 orang peserta, dan yang terakhir SOS Children's Village Jalan Seroja Raya dan dihadiri 50 orang peserta.(mtc)
Editor: Faeza

T#g:Apel Hari Kesiapsiagaan BencanaMatatelingaTerkiniPemko Medan
Komentar
Jumat, 24 Mei 2019 23:45Berita Sumut

Buka Puasa Bersama Insan Pers, Gubernur Edy Harapkan Wartawan Beritakan Kesulitan Rakyat

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi percaya bahwa insan pers memiliki peran

Jumat, 24 Mei 2019 23:30Nasional

Tim Prabowo-Sandi Resmi Ajukan Gugatan Sengketa Pemilu ke MK

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi resmi mendaftarkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU)

Jumat, 24 Mei 2019 23:15Nasional

11 Jam Diperiksa, Amien Rais Dicecar 37 Pertanyaan

Hampir 11 jam Ketua Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais diperiksa penyidik Polda Metro Jaya

Jumat, 24 Mei 2019 22:50Berita Sumut

Gubernur: Segera Benahi Organisasi Gerakan Pramuka

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Sumut, Jumat (24/5/2019) di Kantor UPT Pertanian Jalan AH Nasution Medan. Gubernur berpesan agar segera dilakukan pembenahan terhadap organisasi

Jumat, 24 Mei 2019 22:44Berita Sumut

Aksi GNKR di DPRD Sumut Mulai Ricuh, Kapolrestabes Lantunkan Zikir

Aksi unjuk rasa Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat di DPRD Sumut memanas, Kamis (24/5) memanas. Massa aksi mulai melempari benda ke arah gedung DPRD Sumut.

Jumat, 24 Mei 2019 22:35Aceh

Kenapa kantor keuchik di Segela Warga...?

Kantor Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat disegel warga, Kamis (23/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 22:20Berita Sumut

Ramadhan 1440 H Badan Amil Zakat Nasional Pemkab Asahan Serahkan Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Asahan, Jum’at (24/5/2019) telah meyerahkan zakat kepada mustahik sebanyak 1.604 orang dari 201 desa / kelurahan yang berada di 25 Kecamatan di Asahan, penyerahan zakat oleh Baznas Asahan juga dihadiri oleh Plt

Jumat, 24 Mei 2019 22:05Internasional

Akibat Kelelahan, Tiga Pendaki Gunung Meninggal Dunia

Para pendaki dilaporkan kelelahan saat mengantre menuju puncak Gunung everest, meninggal dunia saat mengantre menuju puncak. Jumlah korban tewas menjadi tujuh dalam seminggu.

Jumat, 24 Mei 2019 21:50Berita Sumut

Sesosok Bayi Laki Laki ditemukan Sudah Membusuk di PTPN2

Warga Dusun VIII Pasar III Desa Kelumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang diebohkan dengan penemuan sesosok bayi jenis laki-laki yang sudah membusuk, di areal perkebunan tebu, Jumat (24/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 21:35Berita Sumut

Sekda Ajak Warga Medan Bantu Para Mustahik

Pemko Medan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Utara serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan menyerahkan zakat kepada 400 orang siswa miskin dan kaum Dhuafa, di Atrium Plaza Medan fair Jalan Jend Gatot Subroto

Jumat, 24 Mei 2019 21:20Berita Sumut

Koordinator Wartawan Pemko Medan Berbagi Takjil

Koordinator Wartawan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Medan berbagi takjil berbuka puasa di Jalan Balai Kota, Medan, Jumat (24/5/2019) sore.

Jumat, 24 Mei 2019 21:05Berita Sumut

Akhyar Beri Bantuan Kepada Korban Kebakaran Jalan Alumunium III

Pemko Medan memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Jalan Alumunium III Lingkungan XII Kelurahan Tanjung Mulia Kecamatan Medan Deli, Jumat (24/5/2019). Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi usai mel

Jumat, 24 Mei 2019 20:50Berita Sumut

Desa Buntu Pane Duta Asahan Dalam Lomba Desa Tingkat Propinsi Sumatera Utara

Desa Buntu Pane kecamatan Buntu Pane Asahan setelah menjadi juara lomba tingkat kabupaten Asahan pada tahun 2018 lalu, kini desa Buntu Pane menjadi duta Kabupaten Asahan dalam mengikuti lomba desa pada tingkat Prpinsi Sumatera Utara tahun 2019.

Jumat, 24 Mei 2019 20:46Berita Sumut

Kelelahan Kawal Aksi Unras, Sejumlah Polisi Terlelap di Halaman DPRD Sumut

Saat pengunjuk rasa di DPRD Sumut menunaikan salat Isya dan Tarawih berjamaah, sejumlah personil Polri yang melakukan pengamanan menyempatkan diri untuk beristirahat.

Jumat, 24 Mei 2019 20:35Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Rapat Pengamanan Idul Fitri 1440 H Di Mapoldasu

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba 2019 di Mapolda Sumut, Jumat (24/5/2019). Rapat yang digelar jajaran Polda Sumut ini dalam rangka kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440

Jumat, 24 Mei 2019 20:20Berita Sumut

Wali Kota Jadikan Ramadhan Momentum Bangun Jembatan Hati

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menjadikan bulan suci Ramadhan 1440 H sebagai momentum membangun jembatan hati dan meningkatkan tali silaturahmi dengan masyarakat melalui Safari Ramadhan. Kehadiran Wali Kota bersama sejumlah pimpinan organ