• Home
  • Berita Sumut
  • Sekdaprovsu: Mengabdi kepada Masyarakat dan Negara adalah Tugas Mulia

Sekdaprovsu: Mengabdi kepada Masyarakat dan Negara adalah Tugas Mulia

Amr/rel Sabtu, 21 Juli 2018 02:49 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:  Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi mengatakan mengabdi kepada masyarakat dan negara adalah tugas yang mulia. Untuk itu, abdi negara harus berbahagia dalam menjalankan tugasnya.


Hal tersebut disampaikan Sabrina saat memberikan bimbingan dan pengarahan pada peserta Diklat Prajabatan Tenaga Honorer K1 dan K2 yang diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara Golongan 1, 2, dan 3 gelombang XXVII angkatan ke-96 dan 97 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara, Medan, Jumat (20/7/2018).

"Jadi jangan anggap abdi negara itu rendah, itu suatu tugas yang mulia, lebih baik mulia di mata Tuhan ketimbang manusia. Kalau kerja secara ikhlas dan tulus, maka nanti manusia akan melihat tugas kita mulia juga," ujar Sabrina.


Peserta diklat berjumlah 80 orang. Semuanya adalah bidan desa yang berasal dari Langkat dan Deli Serdang. "Saudara harus berbahagia karena bisa membantu seseorang melahirkan manusia ke dunia ini," ujarnya.

Sebagai bidan dan aparatur jangan bermalas-malasan membantu ibu-ibu melahirkan. "Setiap tetes keringat saudara bukan hanya dibayar dengan gaji PNS saja, juga dengan deposito di akhirat, oleh sebab itu pekerjaan saudara sangat penting," katanya.

Diklat ini merupakan upaya guna menambah kinerja dan kapasitas aparatur di bidangnya masing-masing. Untuk itu pendidikan dan pelatihan harus ditumbuhkembangkan.

Selain itu, Sabrina juga berpesan kepada peserta, jika tidak terjadi peningkatan kinerja aparatur, maka diklat yang dilakukan gagal. "Jadi tolong diklat betul-betul dikuti, karena hasil dari diklat tersebut berpengaruh pada instansi tempat bernaung," ujarnya.

Diklat tidak hanya sekadar kegiatan untuk mengisi pengetahuan, tapi juga meningkatkan budi pekerti yang terpuji. "Semoga dengan ini bisa meningkatkan semangat aparatur saat bekerja mengabdi kepada masyarakat dan negara," ujarnya.

Dikatakan juga, kondisi ideal dalam suatu pelatihan dan pendidikan adalah adanya sinergi antara peserta, pengajar, dan stakeholder. "Kalau itu terjadi, maka tujuan pelatihan bisa dicapai dengan optimal," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPSDM Ir Bonar Sirait mengatakan peserta diklat dituntut disiplin. Peserta tidak boleh absen. "Jika absenya banyak maka dianggap gugur, dalam diklat tidak ada pengulangan" ungkapnya.

Bonar berharap bidan-bidan desa yang mengikuti diklat dapat melaksanakan tugasnya dengan profesional. "Itu karena bidan desa adalah orang yang bersentuhan langsung dengan masyarakat khususnya kesehatan," katanya.

Bidan desa juga diharapkan dapat menekan angka kematian ibu yang melahirkan. "Kalau angka kematian bisa ditekan maka berhasilah kalian," kata Bonar.


(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g: abdi negara harus berbahagia dalam menjalankan tugasnya.Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi mengatakan mengabdi kepada masyarakat dan negara adalah tugas yang mulia. Untuk ituTerkini
Komentar
Sabtu, 23 Mar 2019 23:00Berita Sumut

Kapolda Sumut Nobar Film Pohon Terkenal Bersama Jajaran dan Media

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menggelar nonton bareng film Pohon Terkenal bersama jajaran Polda Sumut, Aktifis dan Media

Sabtu, 23 Mar 2019 22:45Berita Sumut

Wakil Wali Kota Dukung Perkembangan Digitalisasi Ekonomi Kreatif

Rahasia seorang entrepreneur yang sukses adalah berani menciptakan peluang, terus berinovasi dan berani mengambil resiko berdasarkan berbagai pertimbangan yang rasional

Sabtu, 23 Mar 2019 22:30Nasional

Panglima TNI Apresiasi Prajurit TNI-Polri Bantu Korban Banjir di Jayapura

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. sangat mengapresiasi prajurit TNI-Polri yang telah melakukan bantuan kemanusiaan

Sabtu, 23 Mar 2019 22:15Nasional

Panglima TNI Tinjau Posko Pengungsi Korban Bencana Banjir di Sentani

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Pol. Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. dan Gubernur Papua Lukas Enembe

Sabtu, 23 Mar 2019 18:29Berita Sumut

Baksos Mata Katarak dan Hernia Gratis Dibuka Secara Resmi oleh Jaksa Agung

Agung Republik Indonesia HM Prasetyo beserta isteri selaku Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Ros Ellyana Prasetyo melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara sekaligus membuka secara resmi bakti sosial operasi mata katarak dan hernia gratis di

Sabtu, 23 Mar 2019 17:06Berita Sumut

UAS Sempat Pikir HUT H Anif Pakai Tiup Lilin

Ustad Abdul Somad (UAS) menjadi orang-orang yang ditunggu-tunggu oleh ribuan masyarakat yang telah memadati halaman Mesjid Al Musanif Jalan Cemara, Medan Estate, Deli Serdang, Sabtu (23/3)

Sabtu, 23 Mar 2019 16:00Berita Sumut

Dadang Darmawan : Semua Caleg Harusnya Miliki Visi yang Sama

Pengamat politik, Dadang Darmawan Pasaribu, menyebut jika semua calon legislatif baik DPR maupun DPD harusnya memiliki visi yang sama. Yaitu seperti yang termaktub dalam alinea kedua Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, bahwa tujuan bangsa Indonesia adalah

Sabtu, 23 Mar 2019 15:38Berita Sumut

Edy Rahmayadi : Ulang Tahun Biasanya Tiup Lilin, Masya Allah Ini Malah Membuat MTQ

Pelaksanaan MTQ ke 1 yang digelar Yayasan H Anif membuat Gubsu Edy Rahmayadi kagum. Kekaguman itu timbul lantaran pelaksanaan MTQ ini digelar juga untuk memperingati HUT H Anif.

Sabtu, 23 Mar 2019 15:21Berita Sumut

Kebakaran Siang Bolong Hanguskan 4 Rumah Warga di Kelurahan Babura

Sebanyak 4 unit rumah kontrakan warga di Jalan Sei Wampu Baru Dalam Pasar II Kelurahan Babura Kecamatan Medan Baru, terbakar, Sabtu (23/03/2019).

Sabtu, 23 Mar 2019 14:33Advertorial

Klinik dr. Geeta Terbaik di Medan

Klinik dr. Geeta adalah salah satu klinik terbaik dan terkenal di Kota Medan yang sudah berdiri Sejak 20 Tahun lamanya. Di klinik dr.Geeta, konsumen juga dapat berkonsultasi tentang perawatan apa yang cocok. Selain itu disini juga ditangani oleh dokte

Sabtu, 23 Mar 2019 14:15Berita Sumut

Besok, Slank Meriahkan Deklarasi Milenial Anti Narkoba di Sumut

Deklarasi Milenial Anti Narkoba yang digelar DPP Granat Pusat bekerjasama dengan Ditresnarkoba Poldasu pada Minggu (24/3) pagi akan dimeriahkan grup band Slank. Acara deklarasi ini akan dipusatkan di Lapangan Benteng dengan berbagai kegiatan.

Sabtu, 23 Mar 2019 12:55Berita Sumut

Hadiri KSI 4.0 di Jaktim, Soekirman Sampaikan Komitmen Perbaiki Sungai yang "Sakit"

Lebih dari seribuan orang dari berbagai daerah terdiri dari berbagai elemen dan komunitas pencinta sungai se-Indonesia tumpah ruah di Lokasi Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur untuk menghadiri acara Kongres Sungai Indonesia

Sabtu, 23 Mar 2019 12:38Berita Sumut

Sembari Terisak, Ijeck Minta Doakan MTQ Yayasan H. Anif Terus Terlaksana Hingga Akhir Hayat

Musa Rajekshah, Wakil Gubernur Sumatera Utara tak kuat lagi menahan emosinya ketika menyampaikan kata sambutan di gelaran acara Yayasan Haji Anif di Mesjid Al Musanif jalan Cemara, Deli Serdang, Sabtu (23/2/2019).

Sabtu, 23 Mar 2019 12:16Nasional

Ini Tindak Lanjut Penanganan Mobil Pajero Ber-plat Nomor Dinas TNI 3005-00

Setelah melakukan penyelidikan awal di lingkungan internal TNI, POM TNI mengembangkan penyelidikan terhadap pihak-pihak terkait di lapangan. Tidak ditemukan indikasi keterlibatan prajurit TNI dalam kasus ini.

Sabtu, 23 Mar 2019 11:55Berita Sumut

Wagub Sumut Jamu Makan Malam UAS

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah menjamu makan malam Ustad Abdul Somad (UAS), di kediamannya komplek Cemara Asri, Jumat malam (22/3).

Sabtu, 23 Mar 2019 09:15Nasional

Danpuspom TNI Klarifikasi Video Mobil Plat Dinas 3005-00

Komandan Polisi Militer (Danpom) TNI, Mayjen TNI Dedy Iswanto, S.E. didampingi Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Sisriadi menggelar jumpa pers