Sekdaprovsu Ajak Masyarakat Perangi Narkoba

Dimulai dari Lingkungan Keluarga
faeza Kamis, 12 Juli 2018 17:00 WIB
mtc/ist
Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), Dr. Ir. Hj. Sabrina, M. Si hadiri peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 yang diselenggarakan di lapangan Loka Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Deli Serdang, Kamis (12/7).
MATATELINGA, Deliserdang: Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memerangi narkoba, dimulai dari lingkungan keluarga. Hal ini disampaikannya saat menghadiri Acara Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018, di Lapangan Loka Rehabilitasi Deli Serdang, Lubuk Pakam, Kamis (12/7/2018).


"Memulai dari lingkungan keluarga, merupakan langkah awal dan penting dalam upaya memberantas narkoba. Langkah ini dapat kita lakukan dengan membangun budaya saling asah, asuh, dan asih dalam keluarga," ujarnya.

Sabrina kemudian menyinggung tentang peredaran gelap narkoba. Terhadap pelaku peredaran gelap narkoba perlu mendapat hukuman yang setimpal. Ia mengimbau agar para penegak hukum yang menangani kejahatan narkoba selalu menjaga integritas, melakukan langkah-langkah secara agresif, dan membongkar jaringan sampai ke akar-akarnya.

"Harus agresif kita melawannya. Karena seperti yang sudah disampaikan juga oleh Menteri Polhukam, Bapak Wiranto dalam video conference, kejahatan narkotika itu kejahatan luar biasa, terorganisir, dan bersifat lintas negara. Kalau kita lalai bisa melumpuhkan keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara," tegas Sabrina.


Lebih lanjut, Sabrina menjelaskan bahwa kejahatan narkoba juga erat kaitannya dengan kejahatan perdagangan manusia (human trafficking), dimana setiap tahunnya ribuan orang dari seluruh dunia dijebak dengan narkotika. "Jangan sampai kejahatan seperti ini menjadi perusak generasi muda kita selaku penerus estafet perjuangan bangsa," katanya.

Sabrina pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran penegak hukum yang selama ini telah bekerja sekuat tenaga dan penuh dedikasi tinggi dalam memberantas kejahatan narkoba. Ia juga mengapresiasi seluruh jajaran Badan Narkotika Nasional  (BNN) Provinsi Sumut, Pemerintah Daerah (Pemda), organisasi kemasyarakatan, kalangan dunia usaha, dan seluruh lapisan masyarakat Sumut yang telah berkomitmen dan berkontribusi dalam mendukung upaya menyelamatkan bangsa Indonesia dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Sementara itu, Kepala BNN Provinsi Sumut Brigjen Marsauli Siregar melaporkan bahwa berdasarkan hasil survey nasional 2017 penyalahgunaan narkoba di 34 Provinsi Indonesia, diperoleh angka prevalensi penyalahgunaan narkoba sebesar 1,77% dari total penduduk Indonesia atau sejumlah 3.376.115 orang pada kelompok usia 10-59 tahun.

"Selain itu, terdapat 12.000 orang meninggal sia-sia setiap tahunnya akibat penyalahgunaan narkoba. Strategi yang kita lakukan diantaranya tindakan preventif atau demand reduction, tindakan penegakan hukum melalui supply reduction, dan tindakan pengurangan dampak buruk atau harm reduction," jelasnya.

Marsauli juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta mensukseskan peringatan HANI 2018 dan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). "Tanpa kerja sama dari seluruh komponen bangsa, upaya kita dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba tidak akan berhasil," tuturnya.

Peringatan HANI 2018 dirangkaikan dengan video conference bersama Menteri Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Dr H Wiranto SH dalam peringatan HANI di pusat. Saat itu, diadakan pula deklarasi anti narkoba oleh mahasiswa dan masyarakat umum.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars, Forkopimda Provinsi Sumut dan Deli Serdang, Kepala BNN Kabupaten/Kota se-Sumut, OPD Provinsi Sumut dan Deli Serdang. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:bahaya narkobajaga lingkunganTerkiniperang narkoba
Komentar
Senin, 22 Apr 2019 15:30Berita Sumut

Sebar Hoax Bom Surabaya Pengalihan Isu, Oknum Dosen USU Dituntut 1 Tahun Penjara

Dosen USU Himma Dewiyana Lubis (45) dituntut setahun penjara akibat postingannya di media sosial yang dianggap melanggar UU ITE. Dia juga dituntut membayar denda sebesar Rp10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Senin, 22 Apr 2019 14:54Berita Sumut

HUT Ke-55 Dharma Pertiwi, Momentum Eratkan Persaudaraan, Kesejahteraan dan Kemajuan Organisasi

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Dharma Pertiwi Tahun 2019, diharapkan menjadi momentum untuk lebih mengeratkan ikatan persaudaraan untuk kesejahateraan anggota dan kemajuan organisasi.

Senin, 22 Apr 2019 14:32Berita Sumut

Ketua DPRD Madina Sebut Presiden Tolak Pengunduran Diri Bupati Lewat Bobby

Permohonan pengunduran diri Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution ditolak Presiden Jokowi. Penolakan itu disampaikan Presiden langsung via telepon menantu Jokowi, Bobby Nasution.

Senin, 22 Apr 2019 13:53Berita Sumut

Kawal Kotak Suara, Aiptu Martin Sembiring Kritis Alami Laka Lantas

Kapolda Sumatera Utara Irjen pol Agus Andrianto menjenguk Aiptu Martin Sembiring, anggota Babinkamtibmas Polres Padangsidimpuan yang kondisinya kritis dan tak sadarkan diri, pasca mengalami kecelakaan lalu lintas saat menjalankan tugas mengawal kotak suar

Senin, 22 Apr 2019 13:24Berita Sumut

Usai Pemilu, Eldin Berharap Istilah Cebong dan Kampret Dihilangkan

Walikota Medan Dzulmi Eldin berharap masyarakat menghilangkan istilah Cebong dan Kampret usai Pemilu. Kedua istilah ini dinilai sangat negatif dan telah mengkotak-kotakan masyarakat.

Senin, 22 Apr 2019 13:09Berita Sumut

Usai Bunuh Adik Ipar, Pria Sepuh Ini Serahkan Diri ke Polisi

Seorang pria tua berusia 76 tahun berinisial PS warga Dusun Bertungen Jehe I Desa Sukandebi Kecamatan Tigalingga, Dairi menyerahkan diri ke Kantor Polsek Tigalingga usai membunuh adik iparnya, Tiurmina Br Ginting (70) pada Minggu (22/4/2019).

Senin, 22 Apr 2019 12:46Berita Sumut

Ini Tanggapan Gubsu Soal Soal Surat Pengunduran Diri Bupati Madina

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi hingga saat ini mengaku belum menerima surat pengunduran ‎diri Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution secara resmi. Sejauh ini dia hanya mengaku mendengar dari berita.

Senin, 22 Apr 2019 10:00Lifestyle

Deddy Corbuzier Peluk Lucinta Luna

Lucinta Luna terlibat adu argumen dengan Deddy Corbuzier yang terlihat melalui Instagram Live milik pelantun Jom Jom Manjalita itu, Minggu (21/4/2019)

Senin, 22 Apr 2019 09:45Internasional

Akui Kekalahan, Presiden Pertahana Ukraina Turun Tahta

Presiden Ukraina Petro Poroshenko menerima kekalahannya dalam pemilu presiden

Senin, 22 Apr 2019 09:30Ekonomi

Bergerak 2 Arah Rupiah Pagi Ini ke Rp14.062/USD

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak dua arah (mixed) pada pembukaan perdagangan pagi ini

Senin, 22 Apr 2019 09:15Ekonomi

Usai Long Weekend, IHSG Menguat Tipis ke Level 6.511

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatan pada perdagangan pagi ini pasca-libur panjang

Senin, 22 Apr 2019 09:00Bola

Jadi Pahlawan, Zidane: Benzema Striker Terbaik Dunia

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengaku sangat terpukau dengan aksi Karim Benzema ketika timnya mengalahkan Athletic Bilbao

Minggu, 21 Apr 2019 23:45Lifestyle

Begini Reaksi Deddy Corbuzier, Usai Ditantang Lucinta Luna

Lucinta Luna tiba-tiba saja murka di Insta Story dengan mentag akun Instagram milik Deddy Corbuzier.

Minggu, 21 Apr 2019 23:30Bola

Hantam 4-0, Everton Permalukan Manchester United

Everton memetik kemenangan telak dengan skor 4-0 kala menjamu Manchester United di Goodison Park dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019

Minggu, 21 Apr 2019 23:15Nasional

Gelar Coblos Ulang, Prabowo-Sandi Tetap Menang

Memiliki jumlah suara terbanyak di Banten pada hitungan versi quick count, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Minggu, 21 Apr 2019 23:00Bola

Begini Pembelaan Valverde Usai Coutinho Kembali Dicemooh Penggemar Barcelona

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, kembali mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari penggemar di Stadion Camp Nou di laga kontra Real Sociedad,