• Home
  • Berita Sumut
  • Selidiki Kawasan Hutan Negara yang Dijadikan Jalan di Habinsaran, Tim Gakkum Tidak Dikawal Polres Tobasa

Selidiki Kawasan Hutan Negara yang Dijadikan Jalan di Habinsaran, Tim Gakkum Tidak Dikawal Polres Tobasa

pintor maruli Jumat, 23 Agustus 2019 11:03 WIB
mtc/pintor
Tim gabungan Gakkum, BKSDA, Koramil-15 Habinsaran dan KPH-IV Balige yang terjun ke lokasi pembukaan jalan yang berada di Desa Pararungan Kecamatan Habinsaran tidak didampingi personil Polres Tobasa.
MATATELINGA, Tobasa: Tim gabungan Gakkum, BKSDA, Koramil-15 Habinsaran dan KPH-IV Balige yang terjun ke lokasi pembukaan jalan yang berada di Desa Pararungan Kecamatan Habinsaran tidak didampingi personil Polres Tobasa. 




Seperti yang dijanjikan dalam rapat singkat pada malam Rabu, 21/8/19 sekitar pukul 20:00 WIB di KPH-IV.

Dalam rapat tersebut, utusan dari Polres Tobasa menjanjikan 6 orang. Namun hingga tim tiba di lokasi sekitar 4,5 jam perjalanan dari Balige, Tim dari polres belum kunjung tiba. Yang datang hanya tim dari Polsek Habinsaran atas perintah dari Kapolsek IPTU Esron Napitupulu.

Di lokasi, banyak anggota tim yang mulai menyerah karena lokasi jalan yang terjal dan licin.  Namun semua tim tetap kompak dan melakukan tugas masing-masing.

Hingga saat tim gabungan keluar dari lokasi, tim dari polres Tobasa tidak kunjung datang seperti yang dijanjikan.

Sebagaimana diberitakan, pembukaan jalan di Desa Pararungan Kecamatan Habinsaran dengan menggunakan 2 buah  alat berat menuai masalah. Masalah muncul ketika kepala desa melalui rapat desa memutuskan pembukaan jalan. 

Pembukaan jalan yang dimaksud  ternyata berada di kawasan hutan negara.  




Mendengar laporan dari warga, dinas kehutanan KPH-IV Balige meninjau lokasi dan melakukan tindakan pelarangan atas kegiatan tersebut.Warga mengklaim  bahwa lahan itu adalah memiliki mereka secara turun temurun.

Warga yang mendengar larangan dari dinas kehutanan KPH-IV Balige menolak untuk berhenti. Pekerjaan pembukaan jalan tetap berlanjut hingga mencapai  13 kilo meter.

KPH-IV Balige, SPORC (satuan polhut reaksi cepat) bersama Gakkum dan BKSDA turun meninjau lokasi pada Kamis, (22/8/19).  Tujuannya untuk memetakan dan melihat kondisi yang terjadi. 

Setibanya di lokasi, tidak ditemukan 2 alat berat yang dimaksud. Kedua alat berat yang dimaksud sudah berada terparkir di halaman warga. Operasi ini diduga sudah bocor.

Tim yang terdiri dari 40 orang tersebut mengambil data dan lokasi. Berdasarkan GPS di lokasi didapati bahwa jalan tersebut sudah masuk 3 wilayah. Area Penggunaan Lain (APL), Hutan Lindung (HL) dan Kawasan Suaka Marga Satwa.

Selain itu, tim juga mengambil data jumlah kayu yang tumbang akibat pembukaan jalan tersebut. Hingga berita ini dikirimkan, TIM masih mengambil keterangan dari warga termasuk kepala desa. (mtc/pintor)

Editor: faeza

T#g:Matatelingamatatelinga.commatatelinga comTerkiniTravelokahutan negarapembukaan jalan di habinsaran menuai masalahPemkab TobasaPolres TobasaTobasa
Komentar
Kamis, 27 Feb 2020 12:44Berita Sumut

Kejari Medan Musnahkan Barang Bukti Tahun 2019

Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan memusnahkan barang bukti sejumlah perkara yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inckrah), di Halaman Kantor Kejari Medan, Kamis (27/2). Adapun barang bukti yang dimusnahkan periode bulan Februari 2019 sampai dengan bul

Kamis, 27 Feb 2020 12:24Berita Sumut

Bupati Buka Rakornis Tim Penggerak PKK Asahan Tahun 2020

Bupati Asahan H.Surya membuka Rapat Koordinasi (Rakornis) Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan di Kecamatan Meranti Asahan, Kamis (27/2/2020).

Kamis, 27 Feb 2020 12:00Berita Sumut

Kapolda Sumut Bantu IRT Penderita Kanker Wajah dan Payudara

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin membantu pengobatan Tina Tarigan warga Jalan Seto, Kota Medan yang menderita sakit kanker wajah dan payudara.

Kamis, 27 Feb 2020 11:45Nasional

Kasum TNI : Jajaran Penerangan TNI Terdepan Dalam Publikasi Kegiatan

Jajaran Penerangan TNI adalah penjuru terdepan dalam mempublikasikan berbagai kegiatan dan kinerja TNI baik di dalam maupun luar negeri yang berdampak positif terhadap pembangunan opini di masyarakat. Demikian disampaikan Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriya

Kamis, 27 Feb 2020 11:30Berita Sumut

Mobil Oknum Wartawan Terbakar Usai Dilempar Molotov

Peristiwa nahas dialami Deno Barus, seorang wartawan media cetak di Medan, Kamis (27/2/2020) dinihari. Mobil jenis angkutan umum miliknya dilempar oleh orang tak dikenal (OTK) saat diparkir di rumahnya di Jalan Pertanahan Ujung, Dusun V, Gang Kolam, Keca

Kamis, 27 Feb 2020 11:15Berita Sumut

Karutan Balige Ikuti Teleconference Bersama Dirjen Pemasyarakatan

Lembaga pemasyarakatan atau lapas dan rutan (ruang tahanan) sering sekali tidak diketahui oleh masyarakat seperti apa dan bagaimana di dalamnya.

Kamis, 27 Feb 2020 10:15Nasional

Bakamla RI Siap Cegah Kapal Buang Limbah di Perairan Batam

Bakamla RI siap melaksanakan pengamanan dan menindak tegas kapal tanker yang sengaja membuang limbah di perairan Batam

Kamis, 27 Feb 2020 09:51Berita Sumut

Pencanangan Pembangunan Sekolah di Langkat, Sultan Langkat Apresiasi Gubernur Edy

Sultan Langkat Tuanku Azwar Abdul Jalil Rahmadsah Al-Hajj mewakili masyarakat adat dan masyarakat Kabupaten Langkat mengucapkan terima kasih atas kepedulian Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terhadap pendidikan dan pembangunan SDM masyarakat L

Kamis, 27 Feb 2020 09:36Berita Sumut

82 Warga Pangkalan Susu Keracunan Usai Makan Daging Babi

Sebanyak 82 warga di Desa Pangkalan Siatak Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, mengalami keracunan usai menyantap makanan berupa nasi dengan lauk olahan daging babi, Selasa (25/2). Seluruhnya mengalami sakit perut diare dan munt

Kamis, 27 Feb 2020 09:21Berita Sumut

Bupati Asahan Perintahkan Dinas Terkait Bantu Pengobatan Bocah Penderita Tumor Mata

Bupati Asahan H.Surya sangat prihatin terhadap warga masyarakatnya yang mengalami kesulitan keuangan untuk membawa anaknya yang menderita penyakit tumor mata . Surya mendapatkan laporan dari masyarakat, langsung memerintahkan dinas terkait serta camat Air

Kamis, 27 Feb 2020 08:15Internasional

Pakar Kesehatan, Inilah Waktu Yang Tepat Hadapi Pandemi

Sejumlah pakar kesehatan mengatakan inilah waktu yang tepat untuk melakukan persiapan menghadapi pandemi, yang mereka juga jauh lebih banyak penderitanya di Eropa dibandingkan dengan yang mereka ketahui.

Kamis, 27 Feb 2020 08:00Bola

Inisiatif Serangan Lebih Dulu Diambil Man City

Kerja sama Bernardo Silva, Kevin De Bruyne, dan Rodrigo di lini tengah Man City merepotkan Madrid. Bernardo bahkan mendapatkan peluang dari eror di lini pertahanan Madrid pada menit-menit awal, tetapi tidak membahayakan gawang Thiabaut Courtois.

Kamis, 27 Feb 2020 07:45Bola

Skuad Harus Pulang dengan Tangan Hampa

Skuad arahan Maurizio Sarri itu harus pulang dengan tangan hampa usai ditekuk OL dengan skor 0-1.

Kamis, 27 Feb 2020 07:30Nasional

Pangdam I/BB Hadiri Rapim TNI AD Tahun 2020 di Mabesad

Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah bersama seluruh Pangkotama dan Balakpus TNI AD turut menghadiri Rapat Pimpinan TNI AD Tahun Anggaran 2020 yang digelar di Lantai Dasar Gedung E Mabesad, Jakarta

Kamis, 27 Feb 2020 07:15Nasional

Kazona Timur Tinjau Progress Docking KN Ular Laut 405

Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Arif Sumartono, S.Sos., M.Si (Han) meninjau perkembangan proses docking KN Ular Laut 405 di salah satu perusahaan docking Maluku

Kamis, 27 Feb 2020 07:00Nasional

Bripka Hadi Menjadi Narsum di Acara Rakornas Perpustakaan

Bhabinkamtibmas Kelurahan Kota Baringin Kecamatan Sibolga, Kota Sibolga, Bripka Hadi Hamonangan Sitanggang menjadi Narasumber untuk memberikan Testimoni tentang kegiatan Bhabinkamtibmas sebagai pejuang Literasi untuk mencerdaskan generasi bangsa