Sergai Cari Sekretaris Daerah Baru, Ini Syaratnya

qoqo Rabu, 07 Agustus 2019 15:25 WIB
Mtc/ist
Sehubungan dengan berakhirnya jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Serdang Bedagai (Sergai) pada Nopember 2019 mendatang, Pemkab Sergai menggelar Seleksi pengisian untuk Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekdakab sesuai dengan nomor 19/PANS
MATATELINGA, Sei Rampah: Sehubungan dengan berakhirnya jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Serdang Bedagai (Sergai) pada Nopember 2019 mendatang, Pemkab Sergai menggelar Seleksi pengisian untuk Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekdakab sesuai dengan nomor 19/PANSEL/SB/2019.

Seleksi pengisian tersebut juga sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil serta Surat Ketua Komisi ASN Nomor. B-2132/KASN/7/2019 tanggal 3 Juli 2019 Perihal Rekomendasi Rencana Seleksi Terbuka JPT Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Sergai. 



Demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs H Akmal, M.Si kepada wartawan di ruang kerjanya Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (7/8/2019).
Lebih lanjut dikatakan Akmal, untuk para ASN yang memenuhi syarat dapat mengikuti proses seleksi tersebut. Akan tetapi, tambahnya, para ASN juga harus memenuhi berbagai persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan. 
Kembali dijelaskan oleh Akmal, untuk persyaratan yang harus dipenuhi terdiri dari pertama, persyaratan umum yang meliputi ASN dilingkungan kabupaten/kota se-Provinsi Sumatera Utara (Sumut) atau Pemerintah Provinsi Sumut, memiliki pangkat sekurang-kurangnya Pembina Tingkat I golongan ruang IV-b, memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana atau Diploma IV, usia paling tinggi 56 tahun, sedang atau pernah menduduki JPT Pratama.





Selanjutnya memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik, sehat jasmani dan rohani, melengkapi dokumen persyaratan lamaran, telah mengikuti dan lulus Diklat Tingkat III dan Diklat Kepemimpinan Tingkat II, tidak pernah menjalani hukuman disiplin serta tidan sedang dalam proses peradilan pidana dan mendapatkan rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian. 
Sedangkan yang harus dipenuhi kedua adalah dokumen persyaratan diantaranya peserta mengajukan lamaran ke sekretariat Panitia Seleksi Terbuka dengan melampirkan dokumen persyaratan lamaran seperti di atas, surat lamaran dibubuhi materai, fotocopy SK JPT Pratama yang dilegalisir, fotocopy SK pangkat terakhir, fotocopy ijazah yang dilegalisir, fotocopy tanda bukti penyerahan LHKPN/LHKSN tahun 2018, fotocopy tanda bukti SPT Pajak tahun 2018, surat rekomendasi untuk melamar dari pejabat Pembina kepegawaian.



Kemudian lanjut Akmal, surat lamaran tidak sedang menjalani hukuman disiplin, maupun proses peradilan pidana, fotocopy sertifikat Diklat Kepemimpinan yang dilegalisir oleh pejabat berwenang, melengkapi daftar riwayat hidup, surat keterangan jasmani dan rohani dari RSU pemerintah kabupaten/kota daerah asal pelamar, surat keterangan bebas narkoba dari BNN kabupaten/kota asal pelamar, pas foto berarna ukuran 4x6 cm dengan latar berwarna merah sebanyak 4 lembar.
Berikutnya bagi peserta seleksi JPT Pratama yang lolos 3 terbaik yang diusulkan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian, wajib menunjukkan dokumen aslinya kepada sekretariat panitia seleksi dan terakhir berkas pendaftaran dibuat sebanyak 2 rangkap dalam amplop tertutup dan disusun rapi serta diurutkan sesuai dengan tata cara pendaftaran dan disampaikan secara langsung kepada Panitia Seleksi Pengisian JPT Pratama pada setiap hari kerja bertempat di Aula Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Serdang Bedagai. 




 
Secara rinci Akmal juga menjelaskan terkait dengan pelaksanaan seleksi terbagi atas tiga tahap, pertama tahap administrasi, kedua tahap uji kompetensi melalui Asessment Tes dengan menggunakan metode psikometri dan tahap ketiga presentasi makalah serta wawancara akhir.
Sementara untuk jadwal tahapan seleksi pada pengumuman dilaksanakan tanggal 1-15 Agustus 2019, pendaftaran dan penerimaan dokumen persyaratan tanggal 2-16 Agustus 2019, seleksi administrasi tanggal 17-22 Agustus 2019 dan pengumuman hasil seleksi administrasi tanggal 23 Agustus 2019. Untuk tahap selanjutnya yaitu seleksi uji kompetensi tanggal 2-3 September 2019 dan presentasi makalah serta wawancara akhir tanggal 16-20 September 2019, jelas Akmal. 



Akmal mengingatkan bahwa proses seleksi ini tidak dipungut biaya, bagi pelamar yang tidak memenuhi persyaratan maupun tidak melengkapi dokumen dinyatakan tidak lulus administrasi serta tidak dapat mengikuti ke tahap selanjutnya. 
Jadwal pelaksanaan seleksi dapat berubah sewaktu-waktu, oleh karenanya bagi para ASN yang ingin mengikuti seleksi terbuka ini dapat mengunjungi situs https://serdangbedakaikab.go.id/pengumuman, kata Kadis Kominfo H Akmal, M.Si menutup menjelasannya.(mtc/qoqo)

Editor: faeza

T#g:Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama SekdakabJabatan Pimpinan Tinggi JPT Pratama SekdakabPemkab SergaiSekdakab SergaiMatatelingasergaiTerkini
Komentar
Kamis, 19 Sep 2019 21:08Internasional

Ini Target Petrucci di 6 Balapan Tersisa MotoGP 2019

Pembalap Tim Mission Winnow Ducati, Danilo Petrucci, membeberkan targetnya di enam balapan tersisa MotoGP 2019. Ia bertekad mempertahankan posisinya di klasemen pembalap MotoGP 2019 hingga akhir musim.

Kamis, 19 Sep 2019 20:41Berita Sumut

Cuaca Buruk, Seratusan Kapal Ikan Tak Pergi Melaut

Seratusan kapal ikan yang berpangkalan di gudang PPSB Gabion Belawan dan di Belawan Lama serta di Sei Deli tidak melaut akibat situasi laut tidak memungkinkan untuk mencari ikan.

Kamis, 19 Sep 2019 20:16Berita Sumut

Ini Dia Pemenang Lomba PBB Piala Ketua Dharma Pertiwi Daerah "A"

Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS. Fadhilah secara resmi menutup lomba PBB memperebutkan Piala Ketua Dharma Pertiwi Daerah "A" di Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis (19/9/2019).

Kamis, 19 Sep 2019 20:01Berita Sumut

Komandan Kodim Gelar Komsos Dengan Koramil 10/ML

Komandan Kodim 0201/BS, Kol Inf. Roy Hamsen, J. Sinaga, S.Sos melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) Koramil 10/ML, dalam rangka perencanaan dan persiapan renovasi total kantor Koramil 10/ML, Kamis (19/09/2019) di Kantor Koramil 10/ML Pasar V Marelan, Medan

Kamis, 19 Sep 2019 19:34Berita Sumut

Mayat Pria Bertato Tewas Diduga Terjatuh dari Tower

Pria ini diduga hendak mencuri diatas tower, pria bertato naga di kakinya ditemukan dalam keadaan tewas di bawah tower Indosat, persis di samping PT Trakindo, Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Timbang Deli Medan Amplas.

Kamis, 19 Sep 2019 19:23Berita Sumut

Cegah ISPA, Bupati Asahan dan Waka Polres Asahan Bagikan Masker

Bupati Asahan H.Surya bersama kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr.Aris Yudhariansyah MM , Waka Polres Asahan Kompol M.Taufik serta Kasat Lantas AKP.Rusbeny membagikan ribuan masker kepada pengguna jalan raya yang melintasi jalan HOS.Cokroaminot

Kamis, 19 Sep 2019 19:19Berita Sumut

M Husni : Gemapanitra Kota Medan Lahirkan Pramuka Yang Kuat, Kreatif dan Berkarakter

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Medan melalui Dewan Kerja Cabang menggelar Gebyar Pramuka Penegak dan Pendega Putra Putri (Gemapanitra) Kota Medan di Bumi Perkemahan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata, Medan, Kamis (19/9/2019).

Kamis, 19 Sep 2019 18:23Berita Sumut

Kasus Dugaan Ijazah Palsu KS Masih Tahap Lidik

Kasus dugaan ijazah palsu milik salah seorang anggota DPRD Sumur, KS, yang ditangani Polda Sumut masih tahap lidik. Hal itu dikatakan Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan.

Kamis, 19 Sep 2019 17:47Berita Sumut

Siswa Bolos Terjaring Tim Razia Kasing Sayang

Menyikapi banyaknya anak sekolah yang bolos pada jam belajar, Polsek Sunggal dengan pihak Kecamatan Medan Selayang dan Koramil 07/MT menggelar acara razia kasih sayang dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif serta membina para siswa dan s

Kamis, 19 Sep 2019 17:25Berita Sumut

BI dan Pemko Binjai Resmikan Kandang Sapi Komunal

Wali kota Binjai H.M.Idaham, SH, M.Si bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat meresmikan bangunan kandang komunal sapi bantuan Program Sosial BI yang diberikan kepada kelompok tani Harapan Tani bertempat

Kamis, 19 Sep 2019 16:17Nasional

Panglima TNI Ziarah ke Makam Panglima Besar Jenderal Soedirman

Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-74 tahun 2019, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto melaksanakan ziarah ke Makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN

Kamis, 19 Sep 2019 16:01Berita Sumut

Polisi Ungkap Sindikat Pengemis yang Eksploitasi Anak di Medan

Sebanyak 20 orang anak-anak diamankan personil Polsek Medan Helvetia. Puluhan anak ini diduga dieksploitasi untuk dijadikan pengemis di Medan. Puluhan anak-anak ini diamankan dari sejumlah persimpangan lampu merah di Medan. Polisi juga mengamankan 5 orang

Kamis, 19 Sep 2019 15:45Berita Sumut

Dampak Karhutla, Jumlah Penumpang Bus Dari Riau ke Medan Melonjak

Kabut asap yang melanda wilayah Provinsi Riau dalam beberapa hari terakhir memaksa sebagian warga mengungsi ke daerah yang dinilai aman, salah satunya Medan. Kondisi ini membuat jumlah penumpang dari Pekanbaru ke Medan, naik sekitar 10% dalam dua pekan t

Kamis, 19 Sep 2019 15:30Nasional

Panglima TNI Peroleh Gelar Doktor Kehormatan Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan Gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia kepada Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Kamis, 19 Sep 2019 15:15Berita Sumut

Dalam 2 Hari, Satpol PP Kota Medan Bongkar 11 Unit Papan Reklame Bermasalah

Satpol PP Kota Medan kembali menertibkan sejumlah papan reklame bermasalah di sejumlah titik di Kota Medan sejak Selasa (17/9) sampai Rabu (18/9). Sebanyak, 11 unit papan reklame bermasalah dibongkar dalam penertiban tersebut. Pembongkaran dilakukan karen

Kamis, 19 Sep 2019 15:00Berita Sumut

Pelaku Pengeroyok Personil TNI di Deli Serdang Diringkus Polisi

Satreskrim Polrestabes Medan meringkus pelaku pengeroyokan yang melukai seorang anggota TNI di Desa Mariendal, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, pada Selasa (17/9) lalu. Namun polisi belum membeberkan identitas pelaku.