MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Berita Sumut
  • Serka Nur Habibah Lubis, Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/Wbr

Serka Nur Habibah Lubis, Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/Wbr

Faeza Jumat, 19 April 2019 15:53 WIB
mtc/ist
Kodam I/Bukit Barisan memberikan apresiasinya kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis yang merupakan Bintara Pembina Desa (Bibinsa) dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) pertama yang bertugas di jajaran Korem 032/Wirabraja, Padang, Sumatera Barat.
MATATELINGA, Medan:  Kodam I/Bukit Barisan memberikan apresiasinya kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis yang merupakan Bintara Pembina Desa (Bibinsa) dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) pertama yang bertugas di jajaran Korem 032/Wirabraja, Padang, Sumatera Barat. 

Apresiasi Kodam I/BB disampaikan langsung Panglima Kodam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah melalui Kapendam I/BB, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos di Media Centre Kodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Sumatera Utara, Jumat (19/4/2019) pagi. 

"Pangdam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI M Sabrar Fadhilah memberikan apresiasi, hormat dan rasa bangga kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis sebagai Babinsa Kowad pertama di jajaran Korem 023/Wirabraja," ucap Kapendam I/BB. 

Panglima, lanjut Kapendam, sangat berharap keberhasilan Serka (K) Nur Habibah Lubis ini bisa menjadi triger (pemicu) semangat bagi Kowad-Kowad lainnya di jajaran Kodam I/BB untuk meniti karir sebagai Babinsa di manapun bertugas.  

"Sekali lagi, atas nama pribadi dan Keluarga Besar Kodam I/BB, Panglima mengucapkan selamat kepada Serka (K) Nur Habibah Lubis. Semoga dedikasi dan pengabadiannya sebagai Babinsa akan menjadikan TNI semakin dicintai Rakyat," jelas Kolonel Roy Sinaga mewakili Pangdam I/BB. 

Di sisi lain, sosok Serka Nur Habibah Lubis sebagai Babinsa Kowad pertama di jajaran Korem 032/Wbr, Kodam I/BB, belumlah begitu banyak dikenal oleh rekan-rekannya sesama prajurit TNI AD. 

Untuk itu, ulasan di bawah ini akan mengupas secara singkat perjalanan karir Serka (K) Nur Habibah Lubis, mulai dari niat mengabdikan diri sebagai prajurit TNI sampai akhirnya menjadi seorang Babinsa.    

"Setiap warga Negara Indonesia baik pria maupun wanita memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam membela Negara Indonesia". 

Pemikiran inilah yang membuat wanita kelahiran Kota Pematangsiantar, 30 tahun lalu itu mengambil keputusan bulat untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan Negara melalui TNI. 

Menurut Bibah --begitu sapaan akrabnya--, menjadi prajurit Kowad merupakan salah satu wujud pengabdiannya kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Selepas lulus SMA tahun 2005 lalu, dengan berbekal tekad kuat dan motivasi tinggi, Bibah mendaftarkan dirinya mengikuti seleksi dan  bergabung dengan TNI Angkatan Darat di Kodam I/Bukit Barisan. 

Melalui seleksi Secaba Kowad yang sangat ketat, akhirnya Bibah dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pendidikan Secaba Kowad di Pusdik Kowad Kodiklat TNI AD, Lembang, Bandung tahun 2008. 

Selama kurang lebih lima bulan menjalani pendidikan dasar, wanita berparas ayu ini akhirnya mendapatkan kelulusannya  dengan menyandang pangkat Sersan Dua Kowad. Sejak saat itu, perjalanan hidup Bibah telah resmi sebagai prajurit TNI AD. 

Tak berselang lama, Bibah yang bukan lagi warga sipil, kembali melanjutkan pendidikan kecabangan militer di Pendidikan Kejuruan Ajudan Jenderal (Ajen) selama kurang lebih lima bulan. 

Awal penugasan selepas lulus dari pendidikan Ajen, Serka (K) Nur Habibah Lubis mendapat penempatan di Satuan Ajen Kodam I/Bukit Barisan.  

Di sela kesibukannya sebagai Anggota TNI, Bibah masih meluangkan waktu untuk mengasah kecakapan diri. Pendidikan Diploma Tiga (D3) jurusan komputer di Universitas Pembangunan Pancabudi Medan pun dijajalnya. 

Kerja keras pantang menyerah Bibah, membuahkan hasil gemilang. Ia dinyatakan lulus dari D3 Komputer Universitas Pancabudi Medan pada tahun 2013. 

Kelulusan ini tak hanya dinikmati Bibah sendiri. Ada seorang pria lain yang kini menjadi pasangan hidupnya yang juga ikut bahagia. Dialah Brigadir Kepala Alam Putra Sembiring, yang kini berdinas di Sabhara Polres Pasaman. Kedua sejoli bahagia ini mengakhiri masa lajang pada 7 Desember 2012 silam.

Pada 2014 lalu, Bibah yang telah dikarunia seorang putri nan cantik, mendapatkan perintah Pindah Satuan ke Kodim 0305/Pasaman, Korem 032/Wbr, Padang, Sumatera Barat. Di sana, Bibah mendapat penempatan sebagai Babinsa Koramil 01/Lubuk Sikaping.  

Sejak saat itu sampai sekarang, Serka (K) Nur Habibah Lubis bisa dibilang merupakan satu-satunya wanita yang menjabat sebagai Babinsa di wilayah Korem 032/Wirabraja. Ya...seorang Babinsa, sebuah jabatan di militer yang lazimnya hanya digeluti oleh kaum adam.  

Saat dikonfirmasi tentang pelaksanaan tugasnya sebagai Babinsa, Serka (K) Nur Habibah Lubis mengaku senang, meskipun ada juga dukanya.   

“Harus dapat membagi waktu antara pekerjaan, ibu rumah tangga dan sebagai ujung tombak Satuan Teritorial dalam pembinaan wilayah, serta sekaligus membantu menyelesaian masalah sosial ekonomi di lapangan," tegas Bibah. 

Keterbatasan sebagai seorang wanita, tak membuat Bibah gampang patah semangat. Hal ini ditunjang motivasi dan arahan yang tiada putus dari Komandan Kodim 0305/Pasaman, Letkol Arh Pri Isdianto, Danramil 01/Lubuk Sikaping, maupun dari rekan-rekan sesama Babinsa. 

"Semua memberikan dukungan moril. Mulai dari Dandim, Danramil, dan teman-teman Babinsa, terutama support suami, sehingga saya bisa enjoy menjalani itu semua,” ungkap Bibah. 

Di lapangan, kehadiran sosok Serka (K) Nur Habibah Lubis sangat diterima dengan tangan terbuka oleh warga di wilayah binaan, maupun oleh Bhabinkamtibmas sebagai mitra kerja, termasuk aparatur pemerintahan.    

"Kunci saya agar pelaksanaan tugas di lapangan berjalan lancar, adalah membangun komunikasi yang baik dengan semua komponen bangsa, terutama warga di desa binaan, sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat akan semakin kokoh," pungkasnya mengakhiri. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/WbrKodam I/BBKodam I BBKodam I?BBkodam I.BBSerka Nur Habibah Lubistni
Komentar
Kamis, 23 Mei 2019 08:15Internasional

Pelaku Penembakan Masjid di Selandia Baru Jalani Persidangan

Pria yang dituduh membunuh 51 orang di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru telah dituntut

Kamis, 23 Mei 2019 08:00Nasional

Di Jalan Wahid Hasyim, Massa Bubarkan Diri

Massa aksi 22 Mei yang bertahan hingga Kamis (23/5/2019) di sekitar Gedung Bawaslu RI

Kamis, 23 Mei 2019 07:45Bola

Pindah ke Chelsea, kepada Aubameyang Pulisic Minta Saran

Winger anyar Chelsea, Christian Pulisic, mengaku berbicara dengan sosok yang penting sebelum

Kamis, 23 Mei 2019 07:30Nasional

TNI Redam Tensi Massa Aksi 22 Mei

Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berasal dari baret ungu (Marinir) turun tangan ke lokasi kericuhan

Kamis, 23 Mei 2019 07:15Nasional

Pos Polisi Terbakar, Warga Padamkan Api

Sejumlah warga memadamkan kobaran api yang membakar warung sate dan pos polisi di kawasan

Kamis, 23 Mei 2019 07:00Nasional

Aksi 22 Mei, Satu Unit Ruko Habis Dilalap Sijago Merah

Satu rumah toko (ruko) di Jalan Imam Bonjol, Pontianak Selatan, Kalimantan Barat, hangus dilahap api

Kamis, 23 Mei 2019 06:45Lifestyle

Hari Pengampunan, Sempurnakan Doa di Puasa Ramadhan ke 18

Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang wajib dijalani oleh umat muslim saat Ramadan tiba. Disamping mengerjakan berbaga macam ibadah

Kamis, 23 Mei 2019 06:30Bola

Perpanjangan Kontrak Ramsey Ganggu Keharmonisan Tim

Arsenal akhirnya mengungkap alasan mengapa mereka tidak memperpanjang kontrak Aaron Ramsey

Kamis, 23 Mei 2019 06:15Lifestyle

Ustadz Arifin Ilham Berpulang, Nomor 4 Paling Getarkan Hati, Berikut Pencapaian Semasa Hidup Beliu

Meninggalnya Ustadz Arifin Ilham menjadi duka mendalam bagi masyarakat Indonesia. Banyak hal menarik

Kamis, 23 Mei 2019 06:00Bola

Maldini: Tidak Ada Istilah Kawan

Direktur Pengembangan AC Milan, Paolo Maldini, memastikan akan obyektif dalam penilaian kinerja

Rabu, 22 Mei 2019 23:11Berita Sumut

Meski Sibuk Pengamanan Aksi, Polsek Adakan Buka Puasa Bersama

Disela-sela pengamanan aksi unjukrasa di kantor KPU Sumut, personil gabungan TNI -Polri menyempatkan diri bersilatuhrahmi dengan mengelar buka puasa bersama dengan massa pengunjukrasa yang menjalankan ibadah puasa, Rabu (22/5/2019).

Rabu, 22 Mei 2019 22:56Nasional

Panglima TNI : TNI Mendukung Penuh Polri Dalam Menjaga Keamanan Negara

Pasca pengumuman hasil pemilihan Presiden tahun 2019 yang telah diumumkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 21 Mei 2019, Selasa dini hari, situasi keamanan di Ibu Kota negara tidak kondusif yang ditandai dengan tindakan anarkis d

Rabu, 22 Mei 2019 22:41Berita Sumut

Ribuan Massa Demo di Depan Bawaslu Sumut, Membubarkan diri dengan Tertib

Ribuan massa yang melakukan orasi hingga malam hari yang dilakukan didepan Kantor Bawaslu Sumut di Jalan Adam Malik, Medan, akhirnya membuabrkan diri dengan damai, Rabu (22/5/2019)

Rabu, 22 Mei 2019 22:26Berita Sumut

Pemuda Bawa 'Senpi' Ebohkan Para Pendemo

Massa yang berunjuk rasa di depan Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara yang berada di Jalan Adam Malik seketika heboh. Dimana, petugas berhasil mengamankan seorang pria yang diduga membawa senjata api.

Rabu, 22 Mei 2019 22:11Berita Sumut

Buka Puasa Bersama MQS, Gubernur Sebut Kaum Wanita Tiang Negara

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyebutkan bahwa kaum wanita (emak-emak) adalah tiang negara. Karena itu diharapkan agar kaum perempuan (para istri) untuk terus mendukung kaum laki-laki (para suami), khususnya yang bekerja untuk bangsa dan

Rabu, 22 Mei 2019 21:56Berita Sumut

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemprov Sumut akan Bangun Sekolah di Nias Selatan

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya di Kabupaten Nias Selatan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut segera membangun sekolah. Ini salah satu wujud keseriusan Pemprov Sumut membangun pendidikan di daerah ini