• Home
  • Berita Sumut
  • Serka Nur Habibah Lubis, Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/Wbr

Serka Nur Habibah Lubis, Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/Wbr

Faeza Jumat, 19 April 2019 15:53 WIB
mtc/ist
Kodam I/Bukit Barisan memberikan apresiasinya kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis yang merupakan Bintara Pembina Desa (Bibinsa) dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) pertama yang bertugas di jajaran Korem 032/Wirabraja, Padang, Sumatera Barat.
MATATELINGA, Medan:  Kodam I/Bukit Barisan memberikan apresiasinya kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis yang merupakan Bintara Pembina Desa (Bibinsa) dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) pertama yang bertugas di jajaran Korem 032/Wirabraja, Padang, Sumatera Barat. 

Apresiasi Kodam I/BB disampaikan langsung Panglima Kodam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah melalui Kapendam I/BB, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos di Media Centre Kodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Sumatera Utara, Jumat (19/4/2019) pagi. 

"Pangdam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI M Sabrar Fadhilah memberikan apresiasi, hormat dan rasa bangga kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis sebagai Babinsa Kowad pertama di jajaran Korem 023/Wirabraja," ucap Kapendam I/BB. 

Panglima, lanjut Kapendam, sangat berharap keberhasilan Serka (K) Nur Habibah Lubis ini bisa menjadi triger (pemicu) semangat bagi Kowad-Kowad lainnya di jajaran Kodam I/BB untuk meniti karir sebagai Babinsa di manapun bertugas.  

"Sekali lagi, atas nama pribadi dan Keluarga Besar Kodam I/BB, Panglima mengucapkan selamat kepada Serka (K) Nur Habibah Lubis. Semoga dedikasi dan pengabadiannya sebagai Babinsa akan menjadikan TNI semakin dicintai Rakyat," jelas Kolonel Roy Sinaga mewakili Pangdam I/BB. 

Di sisi lain, sosok Serka Nur Habibah Lubis sebagai Babinsa Kowad pertama di jajaran Korem 032/Wbr, Kodam I/BB, belumlah begitu banyak dikenal oleh rekan-rekannya sesama prajurit TNI AD. 

Untuk itu, ulasan di bawah ini akan mengupas secara singkat perjalanan karir Serka (K) Nur Habibah Lubis, mulai dari niat mengabdikan diri sebagai prajurit TNI sampai akhirnya menjadi seorang Babinsa.    

"Setiap warga Negara Indonesia baik pria maupun wanita memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam membela Negara Indonesia". 

Pemikiran inilah yang membuat wanita kelahiran Kota Pematangsiantar, 30 tahun lalu itu mengambil keputusan bulat untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan Negara melalui TNI. 

Menurut Bibah --begitu sapaan akrabnya--, menjadi prajurit Kowad merupakan salah satu wujud pengabdiannya kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Selepas lulus SMA tahun 2005 lalu, dengan berbekal tekad kuat dan motivasi tinggi, Bibah mendaftarkan dirinya mengikuti seleksi dan  bergabung dengan TNI Angkatan Darat di Kodam I/Bukit Barisan. 

Melalui seleksi Secaba Kowad yang sangat ketat, akhirnya Bibah dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pendidikan Secaba Kowad di Pusdik Kowad Kodiklat TNI AD, Lembang, Bandung tahun 2008. 

Selama kurang lebih lima bulan menjalani pendidikan dasar, wanita berparas ayu ini akhirnya mendapatkan kelulusannya  dengan menyandang pangkat Sersan Dua Kowad. Sejak saat itu, perjalanan hidup Bibah telah resmi sebagai prajurit TNI AD. 

Tak berselang lama, Bibah yang bukan lagi warga sipil, kembali melanjutkan pendidikan kecabangan militer di Pendidikan Kejuruan Ajudan Jenderal (Ajen) selama kurang lebih lima bulan. 

Awal penugasan selepas lulus dari pendidikan Ajen, Serka (K) Nur Habibah Lubis mendapat penempatan di Satuan Ajen Kodam I/Bukit Barisan.  

Di sela kesibukannya sebagai Anggota TNI, Bibah masih meluangkan waktu untuk mengasah kecakapan diri. Pendidikan Diploma Tiga (D3) jurusan komputer di Universitas Pembangunan Pancabudi Medan pun dijajalnya. 

Kerja keras pantang menyerah Bibah, membuahkan hasil gemilang. Ia dinyatakan lulus dari D3 Komputer Universitas Pancabudi Medan pada tahun 2013. 

Kelulusan ini tak hanya dinikmati Bibah sendiri. Ada seorang pria lain yang kini menjadi pasangan hidupnya yang juga ikut bahagia. Dialah Brigadir Kepala Alam Putra Sembiring, yang kini berdinas di Sabhara Polres Pasaman. Kedua sejoli bahagia ini mengakhiri masa lajang pada 7 Desember 2012 silam.

Pada 2014 lalu, Bibah yang telah dikarunia seorang putri nan cantik, mendapatkan perintah Pindah Satuan ke Kodim 0305/Pasaman, Korem 032/Wbr, Padang, Sumatera Barat. Di sana, Bibah mendapat penempatan sebagai Babinsa Koramil 01/Lubuk Sikaping.  

Sejak saat itu sampai sekarang, Serka (K) Nur Habibah Lubis bisa dibilang merupakan satu-satunya wanita yang menjabat sebagai Babinsa di wilayah Korem 032/Wirabraja. Ya...seorang Babinsa, sebuah jabatan di militer yang lazimnya hanya digeluti oleh kaum adam.  

Saat dikonfirmasi tentang pelaksanaan tugasnya sebagai Babinsa, Serka (K) Nur Habibah Lubis mengaku senang, meskipun ada juga dukanya.   

“Harus dapat membagi waktu antara pekerjaan, ibu rumah tangga dan sebagai ujung tombak Satuan Teritorial dalam pembinaan wilayah, serta sekaligus membantu menyelesaian masalah sosial ekonomi di lapangan," tegas Bibah. 

Keterbatasan sebagai seorang wanita, tak membuat Bibah gampang patah semangat. Hal ini ditunjang motivasi dan arahan yang tiada putus dari Komandan Kodim 0305/Pasaman, Letkol Arh Pri Isdianto, Danramil 01/Lubuk Sikaping, maupun dari rekan-rekan sesama Babinsa. 

"Semua memberikan dukungan moril. Mulai dari Dandim, Danramil, dan teman-teman Babinsa, terutama support suami, sehingga saya bisa enjoy menjalani itu semua,” ungkap Bibah. 

Di lapangan, kehadiran sosok Serka (K) Nur Habibah Lubis sangat diterima dengan tangan terbuka oleh warga di wilayah binaan, maupun oleh Bhabinkamtibmas sebagai mitra kerja, termasuk aparatur pemerintahan.    

"Kunci saya agar pelaksanaan tugas di lapangan berjalan lancar, adalah membangun komunikasi yang baik dengan semua komponen bangsa, terutama warga di desa binaan, sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat akan semakin kokoh," pungkasnya mengakhiri. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/WbrKodam I/BBKodam I BBKodam I?BBkodam I.BBSerka Nur Habibah Lubistni
Komentar
Sabtu, 17 Agu 2019 20:09Berita Sumut

Ribuan Peserta Antusias Ikut Pawai Obor

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Pemerintahan Setdako Medan Musaddad NasutIon mengikuti pawai obor yang digelar dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-74 tahun 2019

Sabtu, 17 Agu 2019 19:54Berita Sumut

Gojek Hidupkan UMKM & Serap Hampir 2 Juta Tenaga Kerja

Pemko Medan sangat apresiasi serta mendukung penuh perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 yang diselenggarakan Gojek di Istana Maimun Medan

Sabtu, 17 Agu 2019 19:47Nasional

Ikut Upacara HUT RI, Wapres JK Berpakaian Adat Aceh

Upacara HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta jadi ajang promosi pakaian adat nusantara. Jika Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Klungkung, Bali, Wakil Presiden Jusuf Kalla tampak gagah dalam balutan pakaian adat Aceh le

Sabtu, 17 Agu 2019 19:39Berita Sumut

Warga Jalan Karya Pasar IV Marindal -1 Siap Dukung Polri Berantas Narkoba

Masyarakat Jalan Karya Pasar IV Marindal-1 Kecamatan Patumbak Deli Serdang menyatakan siap mendukung Polri.khususnya Polsek Patumbak dalam hal pemberantasan narkoba. Hal itu terbukti ada bebera spanduk yang terpasang dengan tulisan "Warga Jalan Kary

Sabtu, 17 Agu 2019 19:13Berita Sumut

Upacara HUT ke-74 RI di Kota Binjai

Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74 berlangsung khidmat dan lancar, ratusan masyarakat terlihat memadati Lapangan Merdeka Binjai untuk menyaksikan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Sabtu (17/8)

Sabtu, 17 Agu 2019 18:45Berita Sumut

Ini Kemeriahan Perayaan HUT RI di POS Medan

Setiap kali memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 17 Agustus selalu ditunggu-tunggu di lingkungan sekolah PrimeOne School Medan, karena akan ada beberapa perlombaan yang digelar untuk memeriahkan

Sabtu, 17 Agu 2019 18:25Internasional

Hadang Demonstran, Militer China Berlatih Menggunakan Garpu Listrik

Militer China terlihat berlatih menggunakan perangkat garpu raksasa yang bertujuan untuk mengendalikan unjuk rasa yang berujung rusuh. Mengutip Mirror, Sabtu (17/8/2019) senjata tersebut diyakini bisa melancarkan listrik dalam upaya untuk meredam segala a

Sabtu, 17 Agu 2019 17:45Lifestyle

Ternyata, Zodiak Ini Merasa Lebih Bahagia saat Jomblo!

Saat usia muda, banyak orang berharap memiliki seorang atau sesosok pasangan. Mereka membutuhkannya karena beragam alasan, bisa karena mereka membutuhkan perhatian dari orang lain alias haus kasih sayang sehingga tak betah jadi jomblo.

Sabtu, 17 Agu 2019 17:38Berita Sumut

Irup HUT Kemerdekaan RI, Manajer Kebun Bukit Lima Apresiasi Pemanen

Dalam rangka pelaksanaan HUT ke 74 Kemerdekaan RI yang mengusung tema SDM Unggul Indonesia Maju, Unit Usaha Kebun Bukit Lima Kecamatan Bosar maligas, Simalungun sabtu (17/08) juga menggelar berbagai kegiatan perlombaan di lapangan bola kaki kebun,

Sabtu, 17 Agu 2019 17:23Berita Sumut

Peserta Upacara HUT Kemerdekaan ke 74 RI di Kabupaten Simalungun Kenakan Pakaian Adat

Pemerintah Kabupaten Simalungun menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia dengan memakai pakaian adat dari daerah asal masing-masing. Upacara dilaksanakan di Lapangan SLTP Negeri 1 Pamatang Raya, Kecamatan Raya, Si

Sabtu, 17 Agu 2019 17:08Berita Sumut

Ini Rangkaian Peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI di Kabupaten Sergai

Plh. Bupati Sergai H Darma Wijaya memimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT ke-74 RI Tahun 2019 di Lapangan Bola Kaki Desa Firdaus Kec Sei Rampah, Sabtu (17/8). Peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih di Kabupaten Serdang Be

Sabtu, 17 Agu 2019 16:49Berita Sumut

Dolok Panjaitan Sumbang Rp 15 Juta Untuk Olahraga SIlaen

Dolok M Panjaitan menyumbang 15 juta rupiah untuk pembinaan sepakbola Kecamatan Silaen Kabupaten Toba Samosir. Sumbangan ini diberikan untuk membantu para pemain agar lebih bersemangat dalam permainan sepakbola.

Sabtu, 17 Agu 2019 15:44Berita Sumut

Meriahkan HUT RI, PTPN IV Kebun Gunung Bayu Gelar Berbagai Perlombaan

Manajemen PTPN IV Unit Usaha Kebun Gunung Bayu Kecamatan Bosar Maligas, Simalungun bersama PKS menggelar berbagai jenis perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 Kemerdekaan RI, Sabtu,(17/08).

Sabtu, 17 Agu 2019 15:29Berita Sumut

Ini Pasar Terbersih dan Terjorok Versi PD Pasar Medan

Perayaan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar Perusahaan Daerah (PD) Pasar di halaman kantor PD Pasar Lantai 3 Pasar Petisah Medan berlangsung meriah, Sabtu (17/8). Selain melaksanakan upacara bendera, acara juga diisi dengan serangkaian

Sabtu, 17 Agu 2019 15:14Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Upacara Peringati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI

Pemko Medan menggelar upacara penaikan bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Benteng, Medan, Sabtu (17/8). Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bertindak sebagai inspektur upacara, sedang

Sabtu, 17 Agu 2019 14:56Berita Sumut

Irup HUT ke 74 Kemerdekaan RI, Plt Bupati Asahan Apresiasi Regu Paskibra

Pemerintah Kabupaten Asahan memperingati HUT Kemerdekaan ke 74 RI di alun-alun kota Kisaran, Sabtu 17 Agustus 2019. Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Plt.Bupati Asahan H.Surya sementara pasukan pengibar bendera dipimpin Letda (Inf) S.Manalu yang