• Home
  • Berita Sumut
  • Sidak ke Pasar Tradisional dan Modern, Gubsu Pastikan Kenaikan Harga Masih Wajar

Sidak ke Pasar Tradisional dan Modern, Gubsu Pastikan Kenaikan Harga Masih Wajar

faeza Rabu, 16 Mei 2018 18:15 WIB
mtc/ist
Jelang memasuki bulan suci Ramadhan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr HT Erry Nuradi mengunjungi lokasi pasar tradisional dan modern di Kota Medan, Rabu (16/5). Dari pantauan harga di pasar, untuk bahan pokok kenaikan harganya dinilai masih dalam batas
Sholat Idul Adha 1439 H
MATATELINGA, Medan:  Jelang memasuki bulan suci Ramadhan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr HT Erry Nuradi mengunjungi lokasi pasar tradisional dan modern di Kota Medan, Rabu (16/5). Dari pantauan harga di pasar,  untuk bahan pokok kenaikan harganya dinilai masih dalam batas kewajaran antara 5-10 persen.

Dalam inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Petisah dan satu pasar modern di Kota Medan, Gubsu Erry Nuradi hadir bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumut Arief Budi Santoso dan perwakilan Bulog. Turut mendampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan  Alwin Sitorus, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Dahler Lubis, Kepala Biro Perekonomian Ernita Bangun, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Ilyas Sitorus dan Kabag Humas Indah Dwi Kumala.

"Kami bersama ingin melihat dan mengecek harga-harga menjelang Ramadhan. Kita tahu besok (Kamis, 17/5) itu sudah masuk bulan puasa. Tentu sebagai umat Islam, yang diperlukan adalah stok bahan pokok, itu harus dipersiapkan," ujar Gubsu usai berkeliling di areal pasar tradisional, meninjau kondisi pedagang dan harga bahan pokok.

Disampaikan Erry, bahwa dalam hal stok kebutuhan bahan pangan, tidak ditemukan masalah berdasarkan penjelasan pedagang di pasar tradisional. Contohnya, bawang merah, daging ayam dan daging sapi, mengalami kenaikan hanya berkisar antara 5-10 persen.

"Saya kira ini hal biasa, karena dalam hukum ekonomi bila kebutuhan meningkat sementara suplaynya tetap, maka akan ada kenaikan harga. Yang penting tentunya stabilitas kenaikan harga ini dapat kita jaga. Jangan sampai terjadi kenaikan yang sangat luar biasa. Jadi kalau naiknya masih 5-10 persen masih wajar," katanya.

Dengan kenaikan yang sifatnya temporer ini, Gubsu meyakini harga kebutuhan pokok akan kembali turun setelah Ramadhan dan Idul Fitri selesai. Namun untuk itu, pihaknya bersama Polda Sumut mempersiapkan mekanisme. Pertama melihat sisi produksi, jika tidak ada masalah, maka harga biasanya tidak akan bergejolak.

"Kalau di produksi tidak ada masalah seperti sayuran dan kebutuhan pokok lain, kemudian terjadi gejolak harga di masyarakat, berarti ada masalah di distribusinya. Dari sektor ini nanti ada tim Satgas Pangan. Itu kan untuk melihat, jangan sampai ada spekulan," sebutnya.

Jika spekulan yang ditemukan, akan ditindak tegas secara pidana. Karena itu Pemprovsu bersama Polda Sumut meminta agar distributor tidak melakukan spekulasi dan menimbun barang-barang. Begitu juga mekanisme lain, guna memastikan harga tidak naik, atau kenaikan masih dalam tahap wajar.

"Tadi ada juga mekanisme lain, apabila harga naik, dilakukan operasi pasar. Tadi saya menyampaikan pada pedagang dan pembeli, harga masih relative stabil. Bahkan Bulog siap mendistribusikan bahan pangan seperti daging beku yang bisa dipasok Rp80 ribu/kg," jelas Gubsu.

Sementara di pasar modern, Erry juga melihat perbedaan harga bahan pokok dibandingkan di pasar tradisional tidak begitu signifikan. Harga jual yang lebih mahal diakui karena kemasan, sehingga perbedaan bisa mencapai 10 persen.

"Yang terpenting bagi kita adalah ketersediaan stok. Jangan sampai pada saat Ramadhan dan Hari Raya, stok kita bermasalah. Jadi kalau kita lihat sekarang masih stabil," jelasnya.

Senada dengan itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan bahwa pihaknya bersama  Pemprovsu yang tergabung dalam tim Satgas Pangan, akan berkoordinasi setiap hari untuk memantau harga dan ketersediaan bahan pokok. Bersama Gubsu, dirinya mengakui kondisi di lapangan sama dengan laporan yang disampaikan kepada mereka.

 "Untuk distribusi juga diakui pedagang, lancar. Bagi kami itu sudah cukup menjaga stabilitas keadaan pangan kita di Sumut," pungkasnya.(mtc)
Editor: faeza

T#g:
Komentar
Sabtu, 18 Agu 2018 20:28Berita Sumut

Jangan Salah Paham! Ini Islam Nusantara Yang Sebenarnya

Islam Nusantara jadi topik seminar nasional yang digelar Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sumatera Utara, di Hotel Madani, Medan, Sabtu (18/8/2018).

Sabtu, 18 Agu 2018 19:50Berita Sumut

Wali Kota & Masyarakat Kelurahan Menteng Hut RI ke 73

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama seribuan warga dengan gembira dan penuh antusias merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018 di Lapangan Sepakbola Kampus PTKI Jalan Menteng Vii, Kelurah

Sabtu, 18 Agu 2018 19:35Berita Sumut

Empat Korban Tewas Bus Masuk Jurang di Tobasa Ditemukan Terjepit

Empat penumpang bus yang jatuh ke jurang di Tobasa ditemukan dalam kondisi terjepit. Keempatnya dikabarkan tewas.

Sabtu, 18 Agu 2018 19:20Nasional

Ketua MPR: Meski Konstitusi Ada Perubahan Namun Tujuan Berbangsa dan Bernegara Harus Tetap

Ketua MPR: Meski Konstitusi Ada Perubahan Namun Tujuan Berbangsa dan Bernegara Harus Tetap

Sabtu, 18 Agu 2018 19:05Berita Sumut

Multi Etnik Sumut Pukau Negara Sahabat

Para tamu kehormatan dari perwakilan Negara-Negara sahabat terlihat menikmati suguhan tari dan lagu Multi Etnik Sumatera Utara (Sumut) dalam Resepsi Kenegaraan memperingati 73 tahun Kemerdekaan RI di rumah dinas Gubernur

Sabtu, 18 Agu 2018 18:50Berita Sumut

Pj Gubsu Harapkan Rasa Kebangsaan Harus Terus Tumbuh

Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA mengucapkan selamat dan rasa bangga atas keberhasilan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka

Sabtu, 18 Agu 2018 18:35Berita Sumut

Dinas PPKB & PP PA Asahan Mendapat Juara II Lomba Kebersihan Dalam HUT.RI Ke 73

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Asahan , dalam peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73

Sabtu, 18 Agu 2018 18:20Nasional

Helikopter Dauphin -HR-3601 perkuat Satgas MTF TNI di Lebanon

Helikopter TNI Dauphin -HR-3601 diberangkatkan dalam rangka mendukung misi Satgas MTF TNI XXVIII-J/ Unifil dengan menggunakan pesawat cargo Antonov AN-124 Volga Dnepr dengan upacara pelepasan di Apron Baseops Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanudal)

Sabtu, 18 Agu 2018 17:42Berita Sumut

Proses Evakuasi Masih Berlanjut, Ini Data Korban Bus Masuk Jurang di Tobasa

Hingga berita ini diturunkan, evakuasi bangkai bus yang masuk jurang masih terus diupayakan dengan menggunakan dua buah alat berat.

Sabtu, 18 Agu 2018 16:50Berita Sumut

Dua Oknum Pegawai Dispenda Terjaring OTT di Rumah Makan

Dua oknum pegawai Dispenda Medan dikabarkan terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Polda Sumut, Sabtu (18/8/2018). Keduanya dikabarkan diringkus dari rumah makan ayam penyet Ria di jalan Karya, Medan.

Sabtu, 18 Agu 2018 16:34Berita Sumut

MUI Sumut Masih Kaji Penggunaan Istilah Islam Nusantara

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Utara hingga saat ini belum mempunyai sikap soal penggunaan istilah Islam Nusantara yang belakangan ini menuai pro kontra.

Sabtu, 18 Agu 2018 15:53Berita Sumut

Bupati Asahan Irup HUT.RI Ke 73 Dialun alun Kisaran

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Simatupang, MAP bertindak selaku inspektur upacara (Irup) pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, yang dilaksanakan di alun alun kota Kisaran

Sabtu, 18 Agu 2018 15:49Berita Sumut

Kunjungi Penderita Tumor, Kapolres Labuhanbatu "Kewajiban Manusia Saling Bantu dan Berbagai"

Kunjungi Penderita Tumor, Kapolres Labuhanbatu "Kewajiban Manusia Saling Bantu dan Berbagai"

Sabtu, 18 Agu 2018 15:45Berita Sumut

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Malam Resepsi HUT.RI ke 73

Puncak rangkaian Kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke- 73 Tahun 2018 di Kabupaten Asahan ditutup dengan sebuah malam resepsi Kemerdekaan yang cukup meriah. Diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan Jum’at (17/8/2018) , kegia

Sabtu, 18 Agu 2018 14:47Berita Sumut

Bus Angkut Rombongan Pesta Masuk Jurang di Tobasa, 2 Dipastikan Tewas

Bus pengangkut rombongan pesta masuk jurang di Jembatan Sipegepege Desa Lumban Rau Timur Kecamatan Nassau Toba Samosir Sumatera Utara pada Sabtu (18/8/18) sekitar pukul 07:00. Bus itu diperkirakan mengangkut sekitar 35 orang penumpang.

Sabtu, 18 Agu 2018 13:15Berita Sumut

"Pak Wali, Kami Bayar Pajak Tapi Jalan Kami Bagai Kubangan Kerbau "

Sebagai salah satu kota metropolitan, Kota Medan masih menjadi sorotan warganya terutama soal jalan berlubang yang berakibat menggangu kenyamanan bagi warga.