Sita 30 Kg Sabu, BNN Tembak Bandar Narkoba Hingga Kritis

Amrizal Selasa, 20 Maret 2018 19:00 WIB
Mtc/amr
Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap jaringan Narkoba Internasional masuk ke Sumater Utara. Dalam pengungkapan tersebut, petugas BNN Pusat melakukan penangkapan di dua lokasi diantaranya di Jalan Semayang, Binjai dan di Jalan Tritura Kota /JL AH Nas
MATATELINGA, Medan :  Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap jaringan Narkoba Internasional masuk ke Sumater Utara. Dalam pengungkapan tersebut, petugas BNN Pusat  melakukan penangkapan di dua lokasi diantaranya di Jalan Semayang, Binjai dan di Jalan Tritura Kota /JL AH Nasution Medan.

Dalam penangkapan di dua lokasi Medan dan Binjai dengan meringkus 4 tersangka dan satu dilumpuhkan dan hingga kini masih kritis di rumah sakit Brimob Poldasu. Sedangkan barang bukti yang disit BNN Pusat berkisar 30 Kg sabu sabu teh rafines asal China.

Penangkapan pertama dilakukan BNN Pusat pada Senin (19/3/2018) sekitar pukul 23.30 WIB dengan barang bukti dua karung narkoba jenis sabusabu seberat 20 Kg dengan nama tersangka Kha dan Bah.

Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari mengatakan narkoba jenis sabu sabu ini berasal dari Malaysia yang diselundupkan melalui Aceh selanjutnya dibawa ke Kota Medan.

"Kita mendapat informasi akan ada transaksi narkoba jenis sabusabu di SPBU yang ada di Kota Binjai. Selanjutnya tim menuju ke lokasi untuk melakukan pemantauan,"kata Arman Depari.

Ia mengatakan penangkapan kedua yang terjadi di Jalan Tritura itu berdasarkan pengembangan informasi yang dilakukan pihak BNN RI. "Perkembangan informasi target berangkat dari Dumai sekitar habis magrib dan diperkirakan pagi sudah sampai di Kota Medan,"ujarnya.

Diakuinya pada Selasa (20/3) sekitar pukul 07.00 WIB tim mendapatkan informasi bahwa target atas nama Ambri Harahap alias Kumay menggunakan mobil Toyota Fortuner hitam BM 1377 RE dan saat itu Kumay dan temannya sedang menunggu penerima barang di warung kopi dekat Ruko Panasonic yang berada di Jalan Tritura.

Sekitar pukul 08.00 WIB, kata Arman Depari, tim melihat target masuk ke dalam mobil Toyota Fortuner kemudian keluar lagi dengan membawa tas ransel dan Kumay berjalan kaki menuju ke seberang jalan tepatnya di depan Prime One School yang berada di Jalan AH Nasution No 88 A Harjosari, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan.

"Kumay menyerahkan tas tersebut ke pengemudi becak motor (Betor) yang diketahui bernama Iw, selanjutnya penangkapan kita berhasil mengamankan barang bukti berupa tas ransel warna hitam yang di dalamnya terdapat 10 bungkus kemasan teh China berisi narkoba jenis sabu sabu dengan total berat sekitar 10 Kilogram,"katanya.

Saat tim melakukan penangkapan, sambungnya, target yang menyerahkan barang (Kumay) sempat melakukan perlawanan kepada petugas sehingga tim melakukan tindakan tegas terukur berupa tembakan dibagian punggung yang mengakibatkan Kumay tersungkur dan berdarah.

"Kita sudah memberikan tembakan peringatan ke udara kepada Kumay, namun yang bersangkutan tetap ingin melarikan diri makanya kita berikan tembakan. Dan langsung kita berikan pertolongan pertama dengan membawa Kumay ke RS Brimob yang berada di Jalan Wahid Hasyim,"katanya.

Ia mengaku, Kumay merupakan tersangka yang selama ini dicari BNN RI. Arman menyatakan pihaknya sudah memasukkan Kumay ke Daftar Pencarian Orang (DPO). Mengenai apakah si Kumay masih hidup, Arman Depari menyatakan sampai saat ini dia masih bernafas. "Kita doakan agar dia tetap hidup,"ujarnya.

Ditanya mengenai modus yang dilakukan Kumay dan Iwan, Arman Depari mengatakan modus keempat orang yang diamankan masing-masing  Khalidi, Bahtiar, Kumay dan Iwan mendapat narkoba jenis sabusabu ini dari Malaysia yang dibawa ke Indonesia tepatnya di Dumai melalui jalur laut.

"Kemudian mereka membawa barang tersebut ke Kota Medan melalui jalur darat menggunakan mobil Toyota Fortuner yang kemudian diserahkan kepada pengemudi betor yang diketahui bernama Iwan,"katanya.

Barang bukti yang diamankan, kata Arman, berupa satu tas ransel hitam di dalamnya terdapat 10 bungkus kemasan teh China berisi narkoba jenis sabusabu dengan total berat barang bukti sekitar 30 Kg, satu unit Toyota Fortuner BM 1377 RE, satu unit betor dan tiga buah handphone.(mtc/amr)
Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Jumat, 19 Jul 2019 23:00Nasional

Kombes Argo Yuwono: Hasil Tes Urine Nunung Positif Narkoba

Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung ditangkap anggota Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya

Jumat, 19 Jul 2019 22:45Nasional

Berlangsung Dramatis, Pengamanan Jama'ah Haji Asal Indonesia yang Diduga Tersesat, Viral

eorang jama'ah haji asal Indonesia diduga tersesat di Tanah Suci, Makkah

Jumat, 19 Jul 2019 22:30Nasional

lagi, Kini Giliran Papua di Guncang Gempa 3,4 SR

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 3,4 mengguncang Kabupaten Teluk Bintuni

Jumat, 19 Jul 2019 22:15Nasional

Kembali Terjaring, Kini Giliran Komedian Nunung Diciduk Polisi

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya

Jumat, 19 Jul 2019 22:00Internasional

Telan Ekstasi, Bocah 3 Tahun Kritis

Seorang gadis berusia tiga tahun yang sedang berlibur di Ibiza harus berjuang hidup setelah dilaporkan mengonsumsi narkoba jenis pil ekstasi

Jumat, 19 Jul 2019 21:45Bola

Bayern Munich Bidik Leroy Sane

Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, berharap Leroy Sane tak pergi pada bursa transfer musim panas ini

Jumat, 19 Jul 2019 20:46Nasional

Aster Panglima TNI : Aksi Bela Negara Tingkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat

Kegiatan aksi bela negara yang dilaksanakan saat ini adalah salah satu program yang bertujuan untuk membantu pemerintah guna meningkatkan ketahanan pangan di masyarakat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat, khususnya masyarakat Kabupaten Cianjur.

Jumat, 19 Jul 2019 20:31Berita Sumut

Putri Indonesia Pariwisata Kagumi Batik dan Songket Medan

Putri Indonesia Pariwisata 2018, Wilda Octaviana Situngkir mengunjungi Maharani Galeri di Jalan Jalan KH Wahid Hasyim Kecamatan Medan Baru

Jumat, 19 Jul 2019 20:16Berita Sumut

Pekerja Kecebur Kedalam Kuali Besar, Badannya Melepuh Seluruhnya

Seorang pekerja perebusan Ikan Teri di pergudangan perikanan Gabion Belawan masuk ke dalam wajan /Kualu besar yang dipergunakan perebusan Ikan Teri

Jumat, 19 Jul 2019 20:01Berita Sumut

Wali Kota Apresiasi Penghijauan Yang Diinisiasi Kejari Medan & Belawan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kadis Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan H M Husni menanam 25 bibit pohon trembesi dan mahoni di Taman Cadika Pramukia, Jalan Karya Wisata

Jumat, 19 Jul 2019 19:46Berita Sumut

Temui Gubsu, Idaham Tawarkan Air Bersih Untuk Warga Medan

Wali Kota Binjai HM Idaham menawarkan penjualan air curah yang dihasilkan oleh Instalasi Pengolahan Air (IPA) milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtasari Binjai untuk memenuhi kebutuhan air bagi pelanggan PDAM Tirtanadi Medan. Tawaran

Jumat, 19 Jul 2019 19:31Berita Sumut

Lagi, 27 Pejabat Struktural Eselon III & IV Pemko Medan Dilantik

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Al Rahman MM melantik 27 pejabat struktural eselon III dan IV di lingkungan Pemko Medan

Jumat, 19 Jul 2019 19:16Berita Sumut

Pembinaan Keluarga Sejahtera Pertama di Indonesia

Ketua TP PKK Kota Binjai, Hj Lisa Andriani Idaham, saat mengunjungi Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPPKB) didamping Ketua GOPTKI, Nani Timbas, jajaran SKPD, yang turut dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara

Jumat, 19 Jul 2019 19:01Berita Sumut

Harap Hubungan Medan & Bosnia Herzegovina Dipererat Melalui Sister City

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berharap hubungan Indonesia, khususnya Kota Medan dengan Bosnia-Herzegovina dapat terus berjalan baik dalam berbagai hal. Dengan demikian sinergitas yang t

Jumat, 19 Jul 2019 18:38Berita Sumut

Pengendara Sepeda Motor Nyaris Tewas di Timpa Pohon Besar

Hujan deras dan angin kencang melanda kota Medan, salah seorang pengendara sepeda motor tertimpa pohon ukuran besar di Jalan Persimpangan Jalan Imam Bonjol - Sudirman, saat hujan deras ditambah petir yang melanda Kota Medan

Jumat, 19 Jul 2019 18:14Berita Sumut

Tepung Tawar Walikota Binjai

Menjelang berangkat menunaikan ibadah haji, Walikota Binjai HM Idaham, SH, M.Si bersama Ketua TP PKK Kota Binjai Ny. Lisa Andriani melaksanakan acara Tepung Tawar bertempat di rumah dinas Walikota di Jalan Veteran Binjai, Jumat (19/7/2019)