Sita 30 Kg Sabu, BNN Tembak Bandar Narkoba Hingga Kritis

Amrizal Selasa, 20 Maret 2018 19:00 WIB
Mtc/amr
Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap jaringan Narkoba Internasional masuk ke Sumater Utara. Dalam pengungkapan tersebut, petugas BNN Pusat melakukan penangkapan di dua lokasi diantaranya di Jalan Semayang, Binjai dan di Jalan Tritura Kota /JL AH Nas
MATATELINGA, Medan :  Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap jaringan Narkoba Internasional masuk ke Sumater Utara. Dalam pengungkapan tersebut, petugas BNN Pusat  melakukan penangkapan di dua lokasi diantaranya di Jalan Semayang, Binjai dan di Jalan Tritura Kota /JL AH Nasution Medan.

Dalam penangkapan di dua lokasi Medan dan Binjai dengan meringkus 4 tersangka dan satu dilumpuhkan dan hingga kini masih kritis di rumah sakit Brimob Poldasu. Sedangkan barang bukti yang disit BNN Pusat berkisar 30 Kg sabu sabu teh rafines asal China.

Penangkapan pertama dilakukan BNN Pusat pada Senin (19/3/2018) sekitar pukul 23.30 WIB dengan barang bukti dua karung narkoba jenis sabusabu seberat 20 Kg dengan nama tersangka Kha dan Bah.

Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari mengatakan narkoba jenis sabu sabu ini berasal dari Malaysia yang diselundupkan melalui Aceh selanjutnya dibawa ke Kota Medan.

"Kita mendapat informasi akan ada transaksi narkoba jenis sabusabu di SPBU yang ada di Kota Binjai. Selanjutnya tim menuju ke lokasi untuk melakukan pemantauan,"kata Arman Depari.

Ia mengatakan penangkapan kedua yang terjadi di Jalan Tritura itu berdasarkan pengembangan informasi yang dilakukan pihak BNN RI. "Perkembangan informasi target berangkat dari Dumai sekitar habis magrib dan diperkirakan pagi sudah sampai di Kota Medan,"ujarnya.

Diakuinya pada Selasa (20/3) sekitar pukul 07.00 WIB tim mendapatkan informasi bahwa target atas nama Ambri Harahap alias Kumay menggunakan mobil Toyota Fortuner hitam BM 1377 RE dan saat itu Kumay dan temannya sedang menunggu penerima barang di warung kopi dekat Ruko Panasonic yang berada di Jalan Tritura.

Sekitar pukul 08.00 WIB, kata Arman Depari, tim melihat target masuk ke dalam mobil Toyota Fortuner kemudian keluar lagi dengan membawa tas ransel dan Kumay berjalan kaki menuju ke seberang jalan tepatnya di depan Prime One School yang berada di Jalan AH Nasution No 88 A Harjosari, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan.

"Kumay menyerahkan tas tersebut ke pengemudi becak motor (Betor) yang diketahui bernama Iw, selanjutnya penangkapan kita berhasil mengamankan barang bukti berupa tas ransel warna hitam yang di dalamnya terdapat 10 bungkus kemasan teh China berisi narkoba jenis sabu sabu dengan total berat sekitar 10 Kilogram,"katanya.

Saat tim melakukan penangkapan, sambungnya, target yang menyerahkan barang (Kumay) sempat melakukan perlawanan kepada petugas sehingga tim melakukan tindakan tegas terukur berupa tembakan dibagian punggung yang mengakibatkan Kumay tersungkur dan berdarah.

"Kita sudah memberikan tembakan peringatan ke udara kepada Kumay, namun yang bersangkutan tetap ingin melarikan diri makanya kita berikan tembakan. Dan langsung kita berikan pertolongan pertama dengan membawa Kumay ke RS Brimob yang berada di Jalan Wahid Hasyim,"katanya.

Ia mengaku, Kumay merupakan tersangka yang selama ini dicari BNN RI. Arman menyatakan pihaknya sudah memasukkan Kumay ke Daftar Pencarian Orang (DPO). Mengenai apakah si Kumay masih hidup, Arman Depari menyatakan sampai saat ini dia masih bernafas. "Kita doakan agar dia tetap hidup,"ujarnya.

Ditanya mengenai modus yang dilakukan Kumay dan Iwan, Arman Depari mengatakan modus keempat orang yang diamankan masing-masing  Khalidi, Bahtiar, Kumay dan Iwan mendapat narkoba jenis sabusabu ini dari Malaysia yang dibawa ke Indonesia tepatnya di Dumai melalui jalur laut.

"Kemudian mereka membawa barang tersebut ke Kota Medan melalui jalur darat menggunakan mobil Toyota Fortuner yang kemudian diserahkan kepada pengemudi betor yang diketahui bernama Iwan,"katanya.

Barang bukti yang diamankan, kata Arman, berupa satu tas ransel hitam di dalamnya terdapat 10 bungkus kemasan teh China berisi narkoba jenis sabusabu dengan total berat barang bukti sekitar 30 Kg, satu unit Toyota Fortuner BM 1377 RE, satu unit betor dan tiga buah handphone.(mtc/amr)
Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Rabu, 27 Mei 2020 06:00Nasional

Break..., Anggota Polri Meninggal Dunia di rumah Sakit

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit wahidin Makassar, Brigadir Dua (Bripda) Aan Sulhaq Bakri, dinyatakan meninggal dunia, sebelumnya terlibat kecelakaan di lingkungan Pakalu, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Simbang, Kabupapaten Maros Sulawesi Sela

Selasa, 26 Mei 2020 23:00Berita Sumut

DPW Garnita Malahayati NasDem Sumut Kembali Gelar Baksos Sumbang APD ke Rumah Sakit

Salah satu bentuk kepedulian terhadap pandemi Covid-19, DPW Garnita Malahayati NasDem Provinsi Sumatera Utara kembali mengadakan kegiatan bakti sosial penyerahan bantuan APD, Masker dan Sabun cuci tangan yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Na

Selasa, 26 Mei 2020 22:45Lifestyle

Cantiknya Seo Ye Ji di Foto Psycho But It's Okay

Setelah merilis foto dari Kim Soo Hyun, giliran teaser Seo Ye Ji yang dirilis tim Psycho But It's Okay. Tiga foto yang memperlihatkan karakter Seo Ye Ji dirilis oleh drama tvN tersebut.

Selasa, 26 Mei 2020 22:15Berita Sumut

Breaking; Pertikaian di Tapsel, Warga 'Alami Luka Tembak, Polisi Terluka'

Dikabarkan, empat orang warga mengalami luka tembak senapan angin, akibat 'perang' dua desa di Tapsel, hingga dikabarkan mencekam.

Selasa, 26 Mei 2020 22:00Nasional

Jangan Bicara New Normal, Kalau Arti dan Skemanya Belum Paham

Berbagai kalangan saat ini tengah ramai membicarakan New Normal. Tidak heran, sebab New Normal diwacanakan akan mulai dilakukan pada Juni 2020.

Selasa, 26 Mei 2020 21:45Bola

Lambert: Timo Werner Cocok Bergabung ke Liverpool dengan Kecepatannya

Lambert percaya kecepatan penyerang RB Leipzig untuk akan cocok skuad asuhan Jurgen Klopp.

Selasa, 26 Mei 2020 21:30Nasional

Ratusan Rumah Terendam Banjir, Perabotan Rumah Hanyut

Akibat hujan deras yang mengguyur Kecamatan Paciran dan sekitarnya di Kabupaten Lamongan, air laut pun naik dan membuat ratusan rumah terendam banjir.

Selasa, 26 Mei 2020 21:00Nasional

6 Terduga Teroris Jaringan JAD Ditangkap di Solo

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri, menangkap pelaku terduga terorisme dari sebuah kost-kostan di RT 05 RW 01, Losari, Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Senin 25 Mei 2020.

Selasa, 26 Mei 2020 20:45Berita Sumut

Kasubbid Penmas: Poldasu Sedang Mengumpulkan Keterangan di Lapangan

Dugaan penyelewengan dana bantuan sosial (bansos) COVID-19 di Medan, Pematang Siantar, Toba, Samosir, dan Deli Serdang, Penyidik Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) masih melakukan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket

Selasa, 26 Mei 2020 20:30Lifestyle

Popularitas Selebgram Tante Erni 'Mencuri' Perhatian Semua Kalangan

Berselancar di dunia maya, popularitas selebgram Ernie si Tante Pemersatu Bangsa makin viral ketika foto di Instagramnya mendapat komentar dari Hotman Paris. Lantas bagaimana reaksi suami Ernie?

Selasa, 26 Mei 2020 20:00Nasional

Kasad berikan THR kepada Personel AD di RSKI

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada seluruh personel RSIK Covid-19 Pulau Galang Batam

Selasa, 26 Mei 2020 19:30Berita Sumut

Mau Lapor Kasus Hukum, Kejati Sumut Siapkan Sipelakudumas Berbasis Android

Untuk menyahuti keinginan masyarakat dalam memperoleh kepastian hukum dan mendapatkan informasi terkait penegakan hukum di Sumateta Utara, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) meluncurkan aplikasi pengaduan masyarakat berbasis Android yang bisa

Selasa, 26 Mei 2020 19:05Berita Sumut

Hari Ketiga Lebaran, Dapur Umum Polres Tanjungbalai Bagikan Nasi Bungkus

Hari ketiga Lebaran 1441 H, Polres Tanjung Balai bagikan nasi bungkus sebanyak 70 bungkus. Polres Tanjungbalai tetap melakukan kegiatan dapur umum secara sukarela untuk disalurkan kepada masyarakat kurang mampu terdampak Covid-19 di Wilayah Hukum Polres T

Selasa, 26 Mei 2020 18:13Berita Sumut

Memanfaatkan Lebaran 1441 Hijriah, " Nyolong" Sawit Tujuh Ton

Biasanya orang memanfaatkan situasi lebaran datang kerumah famili bermaaf maafan serta ke tetangga. Tetapi, pemuda berinisial M alias Jarwo ,25, warga Dusun Tambunan A, Kecamatan Serapit

Selasa, 26 Mei 2020 18:02Berita Sumut

Berkunjung ke Polres Simalungun, Dr Hinca Panjaitan : Polisi Tidak Boleh Sakit

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, S.I.K., menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi III Dr.Hinca I. Panjaitan XIII, SH, MH, ACCS dalam Reses Kepolisian, Aulla Andar Siahaan Polres Simalungun, Jln.Jhon Horaliam Pematang Raya Simalungun, Selasa (26

Selasa, 26 Mei 2020 17:03Nasional

Jumlah Pasien Sembuh Virus Corona di Jambi Terus Bertambah

Dari data Senin malam, jumlah pasien Covid-19 yang sembuh menjadi 15 orang, dari sebelumnya 13 pasien. Kasus pasien sembuh dari Covid-19 di Provinsi Jambi terus bertambah.