Situs Pengadilan Negeri Padangsidempuan Diretas

faeza Rabu, 14 Agustus 2019 16:01 WIB
Mtc/ist
Situs Pengadilan Negeri (PN) Padangsidempuan diretas oleh orang tak dikenal. Saat ini, situs yang memuat berbagai informasi terkait persidangan belum bisa diakses dan masih dalam tahap perbaikan.
MATATELINGA, Sidempuan: Situs Pengadilan Negeri (PN) Padangsidempuan diretas oleh orang tak dikenal. Saat ini, situs yang memuat berbagai informasi terkait persidangan belum bisa diakses dan masih dalam tahap perbaikan.

Sebelum dalam tahap perbaikan, situs bernama http://www.pn-padangsidimpuan.go.id/ itu memuat kalimat berwarna merah yang bertuliskan ; 

Hacked By AkuTersakiti404 Sae Ae Lau   #Numpang Galau Min! 




Kemudian dilanjutkan dengan kata-kata; 

Bodohkah Aku karena terlalau mencintaimu????

Setidaknya aku telah berjuang untuk mempertahankan cinta ini untukmu meskipun tidak pernah kau hargai perasaan ini




Untuk mengikhlaskan orang yang kita cinta bahagia bersama orang lain itu adalah sesuatu yang menyakitkan

"Sampai saat ini aku belum bisa melupakanmu, apakah disana kau pernah mengingatku walaupun hanya sekali?"

Belum diketahui pasti sejak kapan tulisan ini muncul di website milik PN Padangsidempuan tersebut. Namun kini tulisan itu sudah tidak ada lagi.




Humas PN Padangsidempuan Hasnul Tambunan membenarkan situs mereka tengah diretas. Namun dia tidak mengetahui persis kapan situs itu diretas. 

"Saya belum bisa ngasih informasi lengkap. Saya tanya dulu (bidang) IT nya, masalahnya apa, apa sebabnya," ucap Hasnul saat dikonfirmasi melalui seluler, Rabu (14/8).




Hasnul mengaku saat ini, tim IT PN Padangsidempuan tengah memperbaiki situs tersebut. Dia juga mengaku sejauh ini persidangan di sana tidak ada kendala dengan diretasnya situs yang memuat jadwal dan informasi persidangan itu.

"Sejauh ini belum ada komplen. Yang terpenting ini harus cepat diperbaiki karena masyarakat memerlukan informasi di situs tersebut,"bebernya.

Terpisah, salah seorang staff IT PN Padangsidempuan, Febri Adinda menerangkan tidak hanya kali ini situs milik pengadilan itu diretas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Dia mengatakan awal Juli lalu, website itu juga diretas.




"Ternyata dari pihak website menyatakan hosting keamanannya kurang. Kita upload ulang hari juga itu dan websitenya berjalan lancar," ujar Febri.

Namun pada Selasa (14/8) Pagi kemarin lanjut Febri, ada lagi pihak yang berusaha meretas website tersebut dan berhasil merubah tampilannya.

"Makanya langkah yang kita ambil ,kita nonaktifkan sementara. Kita periksa dulu, ternyata memang sekuritinya kurang pakem. Makanya untuk memantapkannya kita nonaktifkan sementara. 2019 kan virus banyak, dari ikan asing sampai yang ikan kakap,"sebutnya.




Dia mengakui dengan dinonaktifkannya situs itu akan menganggu pelayanan informasi secara online di PN Padangsidempuan. Namun dia mengatakan masyarakat yang membutuhkan informasi bisa langsung datang ke pengadilan. 

"Kendalanya masyarakat tidak bisa mengakses masalah perkara dan jadwal sidang, tapi masyarakat bisa datang kemari aja,"tutup Febri. (mtc/fae)

Editor: faeza

T#g:PN MedanPN padangsidempuanSitus Pengadilan Negeri Padangsidempuan Diretas
Komentar
Rabu, 13 Nov 2019 16:36Berita Sumut

Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan, Kasdam I/BB Minta Warga Tidak Takut

Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto meninjau langsung lokasi bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Jln HM Said Medan, Rabu (13/11).

Rabu, 13 Nov 2019 15:53Nasional

Ringkus 5 Pelaku TPPU Kasus Narkoba, BNN dan PPATK Sita Rp31 Miliar

Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerja sama dengan PPATK berhasil melakukan penangkapan terhadap 5 orang tersangka dalam kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari kejahatan narkoba (predicate crime). Total, sebanyak Rp31 miliar disita dari penangka

Rabu, 13 Nov 2019 15:45Nasional

Dharma Pertiwi Luncurkan “Ladara Indonesia”

Dharma Pertiwi meluncurkan Laut Darat Udara (Ladara) Indonesia yang merupakan Platform E-Commerce untuk mewadahi hasil karya kerajinan dari para anggota Dharma Pertiwi dari unsur IKKT Pragati Wira Anggini, Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri dan P

Rabu, 13 Nov 2019 15:30Berita Sumut

Geledah Rumah Keluarga Pelaku Bom Bunuh Diri, Polisi Jemput Tiga Orang Warga

Ada tiga orang warga yang dibawa polisi usai menggeledah rumah keluarga pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan pada Rabu (13/11). Rumah yang digeledah berada di kawasan Jalan Jangka, Medan Petisah.

Rabu, 13 Nov 2019 15:15Berita Sumut

Gubsu Imbau Masyarakat Tetap Tenang Tanggapi Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta masyarakat tetap tenang dan menyerahkan sepenuhnya kepada aparat yang berwenang, setelah terjadinya peristiwa ledakan bom di Mapolrestabes Medan, Jalan HM Said, Medan, Rabu (13/11) pagi.

Rabu, 13 Nov 2019 15:00Berita Sumut

Polres Karo: Operasi Zebra Berakhir, Pengendara Diminta Tetap Tertib Lalin

Ribuan kenderaan berbagai jenis terjaring Operasi Zebra 2019. Hal ini diungkapkan Kasat Lantas Polres Tanah Karo, AKP R. Harahap saat di konfirmasi Matatelinga.com melalui telepon selulernya, Rabu (13/11) siang.

Rabu, 13 Nov 2019 14:43Berita Sumut

Ombudsman dan Polda Sumut Koordinasi Soal Pengusutan Dana Desa di Desa "Hantu"

Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Sumatera Utara mengapresiasi respon cepat Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dan jajarannya dalam menyikapi kasus dugaan pengucuran dana desa ke desa-desa yang tidak berpenghuni yang ada di Kecamatan Siro

Rabu, 13 Nov 2019 14:28Nasional

Keluarga Korem 031/WB Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Korem 031/Wira Bima melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/ 2019 M bertempat di Mesjid Al-Mukhlisin Asrama Pancasila Jln. Sutomo Pekanbaru, Rabu (13/11/19). Kegiatan diawali dengan pembacaan sambutan Danrem 031/WB yang dibacakan oleh Ka

Rabu, 13 Nov 2019 14:13Berita Sumut

4 Kecamatan di Sergai Peroleh Lampu PJU-TS

Bupati Sergai Soekirman menghadiri peresmian pemasangan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Sei Rampah, Selasa (12/11).

Rabu, 13 Nov 2019 13:52Berita Sumut

Ini Kronologi Bom Bunuh Diri Di Polrestabes Medan

Bom bunuh diri terjadi di Polrestabes Medan, seorang pelaku peledakan bom yang mengenakan atribut ojek online tersebut tewas.

Rabu, 13 Nov 2019 13:37Berita Sumut

Polisi Geledah Rumah Pelaku Bom Bunuh Diri

Polisi melakukan penggeledahan di salah satu rumah di Jalan Jangka, Gang Tentram Kelurahan Sei Putih Barat, Kecamatan Medan Petisah. Rumah yang digeledah adalah rumah keluarga pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan pada Rabu (13/11).

Rabu, 13 Nov 2019 13:16Berita Sumut

Polda Sumut dan Jajaran Tingkatkan Kewaspadaan,Pasang Alat Deteksi Dini Dipasang di Gerbang

Pasca bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Polda Sumut dan jajaran meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Rabu, 13 Nov 2019 13:08Berita Sumut

Polisi datang Kerumah Pelaku Bom Bunuh Diri, Masyarakat Ramai Menonton

Petugas kepolisian langsung bergerak cepat dalam mencari pelaku terduga pengebom di Polrestabes Medan, Rabu (13/11/2019) pagi.

Rabu, 13 Nov 2019 13:02Berita Sumut

Ini Identitas Korban Luka Akibat Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan selain menewaskan pelaku, aksi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan juga menyebabkan 6 orang lainnya mengalami luka.

Rabu, 13 Nov 2019 13:02Ekonomi

Ekonom : Teror Bom Tak Pengaruhi Ekonomi

Serangan teror yang terjadi di Mapolres Medan tidak mempengaruhi kinerja indeks bursa saham pada sesi perdagangan pagi ini. Justru IHSG sempat menguat di level 6.177,95 pada pukul 10 lewat 10 menit. "Kinerja indeks bursa sama sekali tidak terpengaruh

Rabu, 13 Nov 2019 12:45Berita Sumut

Polres Jajaran Belawan Siaga I Dengan Memeriksa Warga Berurusan di kantor Polisi

Akibat pengemudi ojek membawa Bom dan meledakkan bersama dirinya dihalaman Polrestabes Medan, Polres Pelabuhan Belawan siaga l untuk mengantisipasi hal tersebut terulang di Polres Pelabuhan Belawan, Rabu