• Home
  • Berita Sumut
  • Soal Program Medan Bebas Banjir, Dandim 0201/BS Turun Langsung Komunikasi ke Warga

Soal Program Medan Bebas Banjir, Dandim 0201/BS Turun Langsung Komunikasi ke Warga

faeza Jumat, 23 Agustus 2019 17:43 WIB
Mtc/ist
Komandan Kodim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos turun langsung melakukan sosialisasi dan komunikasi persuasif kepada warga yang pemukimannya terkena proyek pelebaran parit untuk antisipasi banjir Kota Medan.
MATATELINGA, Medan: Komandan Kodim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos turun langsung melakukan sosialisasi dan komunikasi persuasif kepada warga yang pemukimannya terkena proyek pelebaran parit untuk antisipasi banjir Kota Medan. 

Sosialisasi dalam rangkaian Jumat Bersih di jajaran Kodim 0201/BS ini dilakukan Dandim dengan warga Jln Cendrawasih, Kelurahan Kanangan Baru, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, serta warga Jln Elang, Kelurahan Tegalsari Mandala II, Kecamatan  Medan Denai, Kota Medan. 



Kegiatan yang dimulai Jumat (23/8/2019) pagi hingga tengah hari tadi, ikut melibatkan para Camat, Lurah, Danramil jajaran Kodim Kodim 0201/BS, pimpinan Ormas Kepemudaan, dan seratusan Babinsa.

Dalam kegiatan itu, Dandim mengimbau kepada warga untuk meninggalkan tempat pemukiman dan segera melakukan  pengosongan, apabila tidak memiliki alas hak berupa kelengkapan surat tanah dan bangunan.  

"Ini dilakukan karena parit yang ada di lokasi ini akan dibangun untuk dilebarkan, sehingga menjadi lebih layak," jelas Dandim. 




Diuraikan abituren Akmil 1997 itu, proses pelebaran parit di kawasan ini terkendala akibat adanya bangunan atau hunian di atasnya. 

"Karena itu, kami mengimbau kepada warga di lingkungan Jln Cendrawasih, Kelurahan Kanangan Baru, Kecamatan Percut Seituan dan warga di Jln Elang, Kelurahan Tegalsari, Mandala II, Kecamatan Medan Denai, untuk segera mengosongkan bangunan miliknya yang berada di atas parit yang akan dilebarkan," urainya.  




Di kesempatan yang sama, mantan Kapendam I/BB ini juga mengimbau kepada warga yang memilihara ternak babi untuk segera menghentikan aktivitasnya. 

"Tidak layak ada ternak babi di tengah lingkungan warga. Karenanya, mohon segera dihentikan," harapnya.  


Terkait imbauan-imbauan Dandim 0201/BS ini, sebagian warga ada yang menerima untuk menggusur bangunannya, namun dengan catatan diberikan fasilitas hunian baru. 

Sedangkan sebagian warga lainnya menyatakan tidak bersedia. Warga beralasan kepemilikan surat tanah dan bangunan mereka dapatkan dengan melakukan transaksi jual-beli kepada pihak lain. 




"Untuk masalah jual-beli ini, kami membuka pintu selebar-lebarnya kepada warga membuat laporan kepada Kodim 0201/BS untuk bisa segera ditindaklanjuti," tegas Dandim. 

Di akhir pertemuan, Dandim kembali menegaskan bahwa pelebaran parit di dua kawasan ini demi kepentingan bersama warga Kota Medan dalam mengatasi dampak banjir akibat hujan deras.  (mtc)

Editor: faeza

T#g:Dandim 0201/BSDandim 0201 BSPemko MedanMedanProgram Medan Bebas Banjir
Komentar
Rabu, 19 Feb 2020 07:00Nasional

Direktur Strategi Bakamla RI Berkunjung ke Kantor Bea Cukai dan Kemenkominfo

Direktur Strategi Bakamla RI Laksma Bakamla Sandy M. Latief melaksanakan kunjungan ke Kantor Bea Cukai serta Kementerian Komunikasi dan Informatika, beberapa hari lalu.

Rabu, 19 Feb 2020 06:45Berita Sumut

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 pada 18 Sekolah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), yang dilaksanakan di SD Negeri 101956 Sukaramai, Dusun IX Sukaramai Desa Celawan Kec. Pantai Cermin

Rabu, 19 Feb 2020 06:15Nasional

Panglima TNI : 11 Pucuk Senjata Kecelakaan Mi-17 Kemungkinan Diamankan Masyarakat

Sejumlah 11 pucuk Senjata milik Prajurit TNI AD yang gugur dalam kecelakaan pesawat Heli Mi-17 beberapa bulan yang lalu di Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, kemungkinan masih diamankan oleh masyarakat. Aparat TNI dan Polri masih melakukan pendekatan kep

Rabu, 19 Feb 2020 06:00Berita Sumut

Gelar Pertandingan Bulu Tangkis Antar Satker

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-74 TNI Angkatan Udara tahun 2020, TNI AU Di Medan Gelar berbagai Pertandingan, diantaranya pertandingan Bulu Tangkis Antar Satker bertempat dilapangan bulu tangkis Melky Way Lanud Soewondo

Selasa, 18 Feb 2020 22:34Nasional

Presiden Ingin Dana Desa Secepatnya Dikirimkan Ke Desa

Dana Desa yang jumlahnya mencapai 72 triliun rupiah harus secepatnya diterima oleh desa. Oleh karena itu, Pemerintah memutuskan mekanisme pencairannya kini langsung ke desa. Langsung ke rekening desa. Perubahan pencairan Dana Desa ini agar tidak ada lagi

Selasa, 18 Feb 2020 22:15Berita Sumut

Berkas Para Tersangka Pembunuh Jamaluddin Dilimpahkan Ke Kejari Medan

Penyidik Sat Reskrim Polrestabes Medan akhirnya merampungkan berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kasus pembunuhan terhadap Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jamaluddin (55).

Selasa, 18 Feb 2020 20:05Berita Sumut

Putu: Polres Tanjungbalai Tak henti Hentinya Membrantas Jaringan Narkoba

Tim gabungan Polres Tanjungbalai yang terdiri dari Polsek, dalam lebih kurang sepekan mengungkap tiga kasus Narkoba dengan meringkus 4 orang tersangkanya dari lokasi yang berbeda.

Selasa, 18 Feb 2020 18:25Berita Sumut

Musda Partai Beringin, Ijeck Mampu Jadikan Golkar Sumut Bermartabat

Ketua Kosgoro Sumut Riza Fakhrumi Tahir menilai hanya sosok H. Musa Rajekshah (Ijeck) yang mampu membuat Golkar Sumut menjadi Golkar yang Bermartabat. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, Golkar butuh Ijeck untuk membenahi partai. Hal itu disampaikan

Selasa, 18 Feb 2020 18:10Berita Sumut

Edy Rahmayadi Ingatkan Satpol PP Tidak Hanya ‘Anggar’ Otot

Selain melakukan penertiban dan menegakkan Peraturan Daerah (Perda), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga bertugas memelihara ketentraman, ketertiban umum dan memberikan rasa aman pada masyarakat. Karena itu dalam bertugas Satpol PP tidak bisa hany

Selasa, 18 Feb 2020 17:40Nasional

Panglima TNI : Evakuasi Korban Heli Mi-17 Butuh Profesional dan Skill

Pelaksanaan evakuasi korban Heli Mi-17 di pegunungan Bintang tidak mudah karena berada pada ketinggian lebih dari 12.000 ft dengan kemiringan sampai dengan 90 derajat, butuh suatu profesional, skil dan tekad untuk melaksanakan evakuasi.

Selasa, 18 Feb 2020 17:20Nasional

Panglima TNI Hadiri Upacara Militer Pelepasan Jenazah Kecelakaan Helikopter Mi-17

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri upacara penyerahan dan pelepasan jenazah empat prajurit TNI AD korban musibah kecelakaan Helikopter Mi-17, di Pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Kab. Pegunungan Bintang, Provinsi Papua

Selasa, 18 Feb 2020 17:02Berita Sumut

Pemko Medan & Forkopimda Susur dan Bersih Bersih Sungai Deli

Pelaksana tugas Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring bersama Kapolrestabes Medan Kombes Jhonny Edizon Isir beserta unsur Forkopimda Kota Medan lainnya menggelar sus

Selasa, 18 Feb 2020 16:45Berita Sumut

Kompol Muhammad Firdaus Dipromosikan Jabat Kasat Reskrim Polresta Deliserdang

Kompol Muhammad Firdaus dipromosikan menjabat sebagai Kasat Reskrim Polresta Deliserdang. Promosi jabatan ini sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram (ST) tertanggal 17 Februari 2020 yang dikeluarkan Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin.

Selasa, 18 Feb 2020 16:30Berita Sumut

Bupati Asahan Lantik 45 Kades Terpilih

Sebanyak 45 kepala desa hasil Pilkades serentak Tahun 2019 resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Asahan H.Surya, Selasa (18/2/2020) di Gedung Serba Guna Kisaran. Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Asahan nomor 20 s/d 20.44- Pemasdes-T