• Home
  • Berita Sumut
  • Soekirman Sosialisasikan Agen e-Warong, dan Penggunaan EDC Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai

Soekirman Sosialisasikan Agen e-Warong, dan Penggunaan EDC Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai

qoqo Senin, 15 April 2019 15:33 WIB
mtc/ist
Bupati Serdangbedagai Soekirman mensosialisasika Agen e-Warong dan penggunaan Electronic Data Capture (EDC) Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Aula Objek Wisata Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Senin (15/4).
MATATELINGA, Sergai : Bupati Serdangbedagai Soekirman mensosialisasika Agen e-Warong dan penggunaan Electronic Data Capture (EDC) Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Aula Objek Wisata Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Senin (15/4/2019).


Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan salah satu tujuan digelarnya sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah guna memperkenalkan kepada masyarakat tentang fungsi dan manfaat program pemerintah dalam bidang sosial ini.

Hal ini lanjut Soekirman dalam rangka meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran program pengentasan kemiskinan dan ketimpangan ekonomi yang ditetapkan oleh Presiden Ir H Joko Widodo berupa bantuan sosial dan subsidi disalurkan secara non tunai.


"Jika dilihat dari sisi penerima manfaatnya, penyaluran BPNT akan mendorong perilaku produktif penerima bantuan dan mewujudkan akumulasi aset masyarakat melalui fleksibilitas waktu penarikan bantuan dan kesempatan menabung. Sementara dari sisi pemerintah, penyaluran BPNT menggunakan sistem perbankan akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas program guna kemudahan mengontrol, memantau dan mengurangi penyimpangan,"urainya.

Di zaman yang serba online ini banyak hal yang mengikuti kemajuan antara lain e-Warong, yang ada dibenak masyarakat yang belum faham tentu akan bertanya tentang hal tersebut. Untuk itu melalui kegiatan sosialisasi lanjut Bupati ini bertujuan agar menghindari kesimpangsiuran arti dan manfaat sehingga hasilnya sempurna dalam penerapan di masyarakat sesuai Nawacita Presiden Jokowi yaitu menghadirkan negara ditengah-tengah masyarakat.


"Dengan pesatnya perkembangan teknologi, maka hendaknya kita memanfaatkannya dan bukan melawannya. Sebab selain mempermudah pekerjaan, manfaat yang dihasilkan jauh lebih besar dengan penggunaan manual,"ucapnya.

Selain itu Soekirman juga menyatakan hari ini masuk dalam kalender nasional adalah Minggu tenang. Alhamdulillah sampai saat ini Kabupaten Sergai dalam situasi kondusif sebab masyarakatnya tetap dalam persatuan dan kesatuan karena telah dewasa dalam berfikir serta bersikap.

"Persaudaraan sebagai bangsa tidak dapat diputuskan oleh perbedaan pilihan. Tugas pemerintahan tidak dapat dihentikan dan harus terus berputar untuk kesejahteraan masyarakat. Kita tetap bekerja seperti biasa dengan semangat dan ikhlas," ujarnya menutup sambutannya. 


Laporan  Kadis Sosial Misran, SE menyampaikan kegiatan ini diikuti sebanyak 369 peserta terdiri dari Camat, Kades, serta Agen Penyalur BPNT yang memiliki rasio Keluarga Penerima Manfaat (KPM) 1 e-Warong  atau Elektronik Warung Gotong Royong berbanding 250 KPM.

"Kegiatan ini bertujuan meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran program penyaluran beras sejahtera (Rastra) yang bertransformasi dari pola subsidi menjadi BPNT. Sebagai laporan, Pemkab Sergai dan Bank Mandiri hingga saat ini telah menunjuk 109 agen e-Warong sebagai tempat RTS-PM/KPM untuk membeli bantuan pangan yang menjadi haknya berupa beras dan bantuan pangan lainnya yaitu telur. Sedangkan narasumber kegiatan berasal dari Bank Mandiri Cabang Pematang Siantar, Perum Bulog Divre I Medan, serta Polres Sergai,"bebernya.

Kacab Bank Mandiri Area Pematang Siantar Martinus Siagian mengapresiasi atas pelaksanaan sosialisasi ini dan kepada para agen e-Warong yang nantinya akan menyalurkan BPNT ke desa-desa. Data yang kami miliki saat ini terdapat 27.619 KPM di Sergai yang nantinya setiap bulan menerima 110.00/bulan per KK melalui program BPNT ini. Pada hari ini seluruh mesin EDC sudah hadir dan telah dibagikan kepada para agen dan diajarkan penggunaan EDC tersebut guna lancarnya distribusi BPNT.


"Selanjutnya beras dan telur harus betul-betul menyediakan sesuai ketentuan yang berlaku. Para penyalur BPNT sekaligus menjadi agen kami karena transaksi seperti layaknya transaksi perbankan. Agar dapat merekrut menjadi nasabah untuk menabung, membayar tagihan dan lainnya yang akan dimaksimalkan sebagai perpanjangan tangan Bank Mandiri. Jika dirasa perlu kami akan menambah agen sehingga nanti seluruh desa dapat melaksanakan penyaluran BPNT melalui agen e-Warong ini. Kesuksesan para agen adalah kesuksesan kita semua,"tukasnya. (mtc/qoqo)
Editor: Faeza

T#g:bupati sergaiMatatelingaMedansoekirmanSumutTerkiniPemkab Sergai
Komentar
Sabtu, 24 Agu 2019 13:02

Monumen DI Panjaitan Dibangun di TobasaMATATELINGA, Tobasa:  Setelah penantian yang lama, keluarga DI. Panjaitan akhirnya bisa membangun Tugu Monumen orangtua dari Pahlawan Revolusi tersebut. Pem

Sabtu, 24 Agu 2019 11:54Nasional

Panglima TNI Tinjau Karhutla di Kalimantan Barat

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Menkopolhukam RI Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Ibu Siti Nurbaya, dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D., melaksanakan kunjungan kerja

Sabtu, 24 Agu 2019 11:47Berita Sumut

Dua Pelaku Kejahatan di Brigjen Katamso Diamuk Massa

Apes bagi dua pria yang diduga pelaku kejahatan jalanan menjadi bulan-bulanan warga setelah tertangkap tangan usai beraksi. Video aksi main hakim warga inipun viral di media sosial.

Sabtu, 24 Agu 2019 10:55Berita Sumut

Masyarakat Desa Pararungan Sepakat Memberhentikan Pembukaan Jalan

Rapat keputusan tentang persoalan pembukaan jalan di Desa Pararungan Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba Samosir, Kamis malam (22/8/19) akhirnya memutuskan menghentikan pengoperasian dua buah alat berat.

Sabtu, 24 Agu 2019 08:15Ekonomi

Aksi China Balas pada Produk AS, Wall Street Merosot Tajam

Pada akhir perdagangan Jum'at (Sabtu pagi WIB). Bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street berakhir melemah tajam

Sabtu, 24 Agu 2019 08:00Nasional

Tragis, Siswa SMK Meregang Nyawa Usai Tertabrak "Ular Besar"

Meregang nyawa usai tertabrak rangkaian KRL Commuter Line di Kedung Halang Wasel, Kecamaran Tanah Sareal

Sabtu, 24 Agu 2019 07:45Bola

Hadapi Arsenal, Klopp: Kami Sudah Tak Sabar

Sebagaimana diketahui, Liverpool akan menjamu The Gunners di pekan kedua Liga Inggris 2019-2020, Sabtu (24/8/2019) malam WIB

Sabtu, 24 Agu 2019 07:30Nasional

Dibakar Api Cemburu, Suami Tusuk Pria Diduga Selingkuhan Istrinya hingga Tewas

Ditangkap polisi setelah melakukan penusukan hingga membuat Bunto Tano (44), warga Grogol, Sukoharjo

Sabtu, 24 Agu 2019 07:15Internasional

Jonatan Christie Gagal ke Semifinal

Gagal memenuhi target di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019. Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie

Sabtu, 24 Agu 2019 07:00Lifestyle

Sungguh Allah Sangat Membencinya, ini Kisah Rasis di Zaman Nabi

Sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW, Sikap rasis dengan membeda-bedakan warna kulit

Sabtu, 24 Agu 2019 06:45Nasional

Berusia Setengah Abad, Pria ini NIkahi Pujaan Hatinya

Seorang perjaka berusia 26 tahun menikahi seorang janda beranak dua berusia 50 tahun

Sabtu, 24 Agu 2019 06:30Lifestyle

Setan Bocorkan Kedasyatan Ayat Kursi

Alkisah sudah banyak cerita perjumpaan manusia dan setan, baik dalam wujud asli maupun menyerupai makhluk lain

Sabtu, 24 Agu 2019 06:15Nasional

Gempa 3,2 Magnitudo Guncang Jabar

Kabupaten Bogor, Jawa Barat, di Guncang Gempa berkekuatan magnitudo 3,2 pada Kamis, (23/8/2019).

Sabtu, 24 Agu 2019 06:00Lifestyle

Bersamaan, Jessica Iskandar Gelar Pernikahan di Dua Tempat

Aktris yang akrab disapa Jedar itu menolak tawaran untuk menggelar pernikahannya

Jumat, 23 Agu 2019 20:55Lifestyle

Sutradara Film "Uncharted" Tinggalkan Proses Produksi

Sampai hari ini, Sony masih terus berupaya konsisten dengan rencananya akan membawa film "Uncharted" ke layar lebar. Tetapi, usahanya kembali mendapat hambatan karena sang sutradara meninggalkan proses produksi. Dan Trachtenberg yang sebelumnya

Jumat, 23 Agu 2019 20:46Berita Sumut

Untuk Mengurai Kemacetan, Dirlantas Polda Sumut Gandeng Polrestabes Medan

Untuk pertama kali yang akan kita lakukan adalah untuk menjalankan perintah dari Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto yang mengharapkan Dirlantas Polda Sumut bisa mengurai kemacetan di Kota Medan.