Warning: Use of undefined constant kat - assumed 'kat' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 617

    Warning: Use of undefined constant title - assumed 'title' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 621

    Warning: Use of undefined constant alias - assumed 'alias' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 625

    Warning: Use of undefined constant Kategori - assumed 'Kategori' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 625

    Warning: Use of undefined constant Judul - assumed 'Judul' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 625
  • Home
  • Berita Sumut
  • Soekirman Sosialisasikan Agen e-Warong, dan Penggunaan EDC Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai

Soekirman Sosialisasikan Agen e-Warong, dan Penggunaan EDC Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai

qoqo Senin, 15 April 2019 15:33 WIB
mtc/ist
Bupati Serdangbedagai Soekirman mensosialisasika Agen e-Warong dan penggunaan Electronic Data Capture (EDC) Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Aula Objek Wisata Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Senin (15/4).
MATATELINGA, Sergai : Bupati Serdangbedagai Soekirman mensosialisasika Agen e-Warong dan penggunaan Electronic Data Capture (EDC) Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Aula Objek Wisata Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Senin (15/4/2019).


Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan salah satu tujuan digelarnya sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah guna memperkenalkan kepada masyarakat tentang fungsi dan manfaat program pemerintah dalam bidang sosial ini.

Hal ini lanjut Soekirman dalam rangka meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran program pengentasan kemiskinan dan ketimpangan ekonomi yang ditetapkan oleh Presiden Ir H Joko Widodo berupa bantuan sosial dan subsidi disalurkan secara non tunai.


"Jika dilihat dari sisi penerima manfaatnya, penyaluran BPNT akan mendorong perilaku produktif penerima bantuan dan mewujudkan akumulasi aset masyarakat melalui fleksibilitas waktu penarikan bantuan dan kesempatan menabung. Sementara dari sisi pemerintah, penyaluran BPNT menggunakan sistem perbankan akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas program guna kemudahan mengontrol, memantau dan mengurangi penyimpangan,"urainya.

Di zaman yang serba online ini banyak hal yang mengikuti kemajuan antara lain e-Warong, yang ada dibenak masyarakat yang belum faham tentu akan bertanya tentang hal tersebut. Untuk itu melalui kegiatan sosialisasi lanjut Bupati ini bertujuan agar menghindari kesimpangsiuran arti dan manfaat sehingga hasilnya sempurna dalam penerapan di masyarakat sesuai Nawacita Presiden Jokowi yaitu menghadirkan negara ditengah-tengah masyarakat.


"Dengan pesatnya perkembangan teknologi, maka hendaknya kita memanfaatkannya dan bukan melawannya. Sebab selain mempermudah pekerjaan, manfaat yang dihasilkan jauh lebih besar dengan penggunaan manual,"ucapnya.

Selain itu Soekirman juga menyatakan hari ini masuk dalam kalender nasional adalah Minggu tenang. Alhamdulillah sampai saat ini Kabupaten Sergai dalam situasi kondusif sebab masyarakatnya tetap dalam persatuan dan kesatuan karena telah dewasa dalam berfikir serta bersikap.

"Persaudaraan sebagai bangsa tidak dapat diputuskan oleh perbedaan pilihan. Tugas pemerintahan tidak dapat dihentikan dan harus terus berputar untuk kesejahteraan masyarakat. Kita tetap bekerja seperti biasa dengan semangat dan ikhlas," ujarnya menutup sambutannya. 


Laporan  Kadis Sosial Misran, SE menyampaikan kegiatan ini diikuti sebanyak 369 peserta terdiri dari Camat, Kades, serta Agen Penyalur BPNT yang memiliki rasio Keluarga Penerima Manfaat (KPM) 1 e-Warong  atau Elektronik Warung Gotong Royong berbanding 250 KPM.

"Kegiatan ini bertujuan meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran program penyaluran beras sejahtera (Rastra) yang bertransformasi dari pola subsidi menjadi BPNT. Sebagai laporan, Pemkab Sergai dan Bank Mandiri hingga saat ini telah menunjuk 109 agen e-Warong sebagai tempat RTS-PM/KPM untuk membeli bantuan pangan yang menjadi haknya berupa beras dan bantuan pangan lainnya yaitu telur. Sedangkan narasumber kegiatan berasal dari Bank Mandiri Cabang Pematang Siantar, Perum Bulog Divre I Medan, serta Polres Sergai,"bebernya.

Kacab Bank Mandiri Area Pematang Siantar Martinus Siagian mengapresiasi atas pelaksanaan sosialisasi ini dan kepada para agen e-Warong yang nantinya akan menyalurkan BPNT ke desa-desa. Data yang kami miliki saat ini terdapat 27.619 KPM di Sergai yang nantinya setiap bulan menerima 110.00/bulan per KK melalui program BPNT ini. Pada hari ini seluruh mesin EDC sudah hadir dan telah dibagikan kepada para agen dan diajarkan penggunaan EDC tersebut guna lancarnya distribusi BPNT.


"Selanjutnya beras dan telur harus betul-betul menyediakan sesuai ketentuan yang berlaku. Para penyalur BPNT sekaligus menjadi agen kami karena transaksi seperti layaknya transaksi perbankan. Agar dapat merekrut menjadi nasabah untuk menabung, membayar tagihan dan lainnya yang akan dimaksimalkan sebagai perpanjangan tangan Bank Mandiri. Jika dirasa perlu kami akan menambah agen sehingga nanti seluruh desa dapat melaksanakan penyaluran BPNT melalui agen e-Warong ini. Kesuksesan para agen adalah kesuksesan kita semua,"tukasnya. (mtc/qoqo)
Editor: Faeza

T#g:bupati sergaiMatatelingaMedansoekirmanSumutTerkiniPemkab Sergai
Komentar
Jumat, 13 Des 2019 20:15Nasional

Satgas Yonif 754 Kostrad Laksanakan Pelayanan Kesehatan di Pemukiman Suku Sem Sagar Asmat

Kesehatan yang baik tidak hanya menjadi dambaan bagi masyarakat yang ada di kota-kota besar, namun juga menjadi dambaan bagi seluruh masyarakat yang ada di muka bumi ini termasuk masyarakat yang ada di pemukiman Suku Sem Sagar

Jumat, 13 Des 2019 20:00Berita Sumut

Sudah 35 Tahun Berdiri Baru Pertama Kali Masjid Dikunjungi Kepala Daerah

Selama 35 tahun berdiri belum pernah sekalipun pejabat yang meluangkan waktunya untuk datang se kaligus melaksanakan shalat berjamaah di Masjid Masjid Al Ikhlas Jalan Cendrawasih, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan. Oleh karenanya seluru

Jumat, 13 Des 2019 19:45Berita Sumut

Dua Lagi Warga Madina Suspect Difteri

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik kembali kedatangan 2 orang pasien suspect (terduga) difteri asal Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Jumat (13/12/2019) siang.

Jumat, 13 Des 2019 19:30Berita Sumut

Warga Simalungun Tewas Mengenaskan Di Sibolangit

Kecelakaan lalulintas kembali menelan korban jiwa tewas. Kali ini, Norbertus Efrem Sitio (20) warga Desa Sibuntuon, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun Kecelakaan yang menewaskan warga Simalungun

Jumat, 13 Des 2019 19:15Nasional

Danyonif Para Raider 305 Terima Tanda Kehormatan dari Bupati Lany Jaya Papua

Kegiatan-kegiatan positif dilakukan Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak Kostrad dengan selalu bersinergi pemerintah daerah mendapatkan apresiasi khusus dari Pejabat Daerah, Kabupaten Lany Jaya, Papua

Jumat, 13 Des 2019 19:00Berita Sumut

Pemko Medan Sedang Menacri Investor Mengelola Sampah di Kota Medan

Pelaksana tugas (Plt) Akhyar Nasution berharap, dari feasibility study yang dilakukan investor, hasilnya memperlihatkan kelayakan secara finansial.

Jumat, 13 Des 2019 18:45Berita Sumut

Maksimalkan Kinerja AKD Guna Peningkatan Sinergitas Legislatif dan Eksekutif

Sebanyak 50 anggota DPRD Medan mengikuti rapat kerja (raker) di Parapat, Rabu -Jumat (11-13/12/2019). Pelaksanaan raker yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 12 Tahun 2018 pada Pasal 67 tentang pedoman penyusunan tata tertib (tatib) DPRD.

Jumat, 13 Des 2019 18:30Berita Sumut

Sat Narkoba Polres Sergai Lakukan Sweeping di Jalan Raya

Menyambut pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2019, Satres Narkoba Polres Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara melakukan sweeping di Jalan Besar Medan-Tebingtinggi, Jumat (13/12/2019).

Jumat, 13 Des 2019 18:15Berita Sumut

Kawanan Perampok Beraksi di Kantor DPRD Sumut

Kawanan perampok di Kota Medan jelang natal dan Tahun Baru mulai beraksi. Kali ini, sasarannya salah seorang staf anggota Dewan perwakilan Rakyat Daerah Sumut.

Jumat, 13 Des 2019 18:00Berita Sumut

Semua Elemen Memiliki Tanggungjawab yang Sama Dalam Memajukan Sektor Pariwisata

Anggota Komisi B DPRD Sumut Parsaulian Tambunan berkomentar terkait dengan selesainya acara Festival Danau Toba (FDT) 2019, bahwa semua elemen bertanggungjawab dalam memajukan sektor pariwisata. Itu sebabnya, untuk pelaksanaan Festival Danau Toba ke depa

Jumat, 13 Des 2019 17:45Berita Sumut

Kasdam I/BB Hadiri Vidcon dengan Menko Polhukam, Panglima TNI dan Kapolri di Mapoldasu

Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Untung Budiharto menghadiri acara video conference (vidcon) yang digelar di Markas Polda Sumut di Jln Medan-Tj Morawa, Jumat (13/12/2019).

Jumat, 13 Des 2019 17:30Berita Sumut

Jabatan Kasat Intelkam dan Dua Kapolsek di Polres Simalungun Diserahterimakan

Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, S.I.K.,M.Si., pimpin upacara serah terima jabatan Kasat Intelkam, Kapolsek Bosar Maligas dan Kapolsek Purba di Ruang PDDO Mapolres Simalungun. Jumat (13/12/2019), sekira pukul 11.00 Wib

Jumat, 13 Des 2019 17:15Berita Sumut

Sekdako Hadiri Peresmian Safety Riding Lab SMK Paba Binjai

Walikota Binjai, HM Idaham yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kota Binjai, M Mahfullah P Daulay, menghadiri peresmian program yayasan astra Honda motor berupa safety riding lab di SMK Paba Binjai, Kamis (12/12).

Jumat, 13 Des 2019 17:00Berita Sumut

Akhyar : Mari Bersama Wujudkan Medan Bersih

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi melakukan jalan santai bersama Wakil Konsul Amerika Serikat Jessica Panchata untuk Sumatera serta International Organization for Migration (IOM) dan pimpinan OPD dilingkungan Pemko Medan, Juma

Jumat, 13 Des 2019 16:45Berita Sumut

Kapolres Simalungun Vidcon Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2019

Dalam rangka persiapan Operasi Lilin Toba 2019, Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, S.I.K., M.Si., didampingi Wakapolres Kompol Ama Khoita Hia, S.H.,M.Hum, mengikuti Vidio conference Rapat Kordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 201

Jumat, 13 Des 2019 16:30Berita Sumut

Dharma Wanita Kota Binjai Sosialisasi Minim Sampah Rumah Tangga

Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kota Binjai, Hj Lisa Andriani Idaham, didampingi Ketua Dharma Wanita, Erni Mahfullah, secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi minim sampah rumah tangga, donor darah dan pengobatan gratis. Dalam rangka rangkaian peringat