Sosialisasi Unit Layanan Pengadaan, Mitigasi Resiko Proses

Amr/rel Selasa, 31 Oktober 2017 22:44 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Dr HT Erry Nuradi menekankan pentingnya pemahaman terhadap mekanisme pengadaan barang/jasa pemerintah. Sebab sebagai bagian dari pelayanan umum, hal ini merupakan aktifitas yang sering mendapat sorotan publik berdasarkan banyaknya sanggahan dalam proses lelang hingga berujung ke pengadilan.

Hal itu disampaikan Gubernur dalam sambutannya membuka kegiatan Sosialisasi Unit Layanan Pengadaan (ULP) 2017 dengan tema Mitigasi Resiko Proses Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, di Hotel Polonia Medan, Selasa (31/10/2017). Hadir diantaranya Direktur Advokasi dan Penyelesaian Sanggah Wil I Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Yulianto Prihandoyo, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Eric Aruan, serta sejumlah kepala daerah.

"Kegiatan ini untuk mensosialisasikan keberadaan ULP, dengan mengundang LKPP. Sehingga nanti banyak informasi dan aturan yang perlu diketahui oleh para pelaksana maupun juga dari pihak penyedia jasa konstruksi, sehingga kita sama-sama bisa satu persepsi tentang hal yang berhubungan dengan penyedian barang dan jasa yang sesuai mekanisme yang ada," ujar Gubernur.

Gubernur juga berharap dengan kegiatan ini, seluruh pihak yang hadir dapat mengikuti dengan baik agar bermanfaat bagi semua pihak. Apalagi pemerintah telah memberikan perhatian serius terhadap pengadaan barang/jasa, ditandai dengan penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54/2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah berikut perubahannya.

"Perpres itu diharapkan menjadikan proses penyelenggaraan pengadaan barang/jasa pemerintah menjadi lebih efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil atau tidak diskriminatif serta akuntabel. Oleh karena itu, Perpres tersebut menjadi standar regulasi bidang pengadaan barang/jasa bagi seluruh lembaga pemerintah," jelas Erry.

Selain itu, Gubernur juga menyebutkan bahwa ke depan, system e-katalog akan menjadi perhatian pemerintah provinsi (Pemprov) dalam hal penerapannya. Dengan begitu, belanja barang dan jasa akan semakin mudah dengan mengklik saja dan mencari apa yang dibutuhkan dalam hal pengadaan barang/jasa.

"Tentu ini (e-katalog) baru bagi kita, tetapi juga baik. Karenanya perlu kita diskusikan, termasuk dalam pertemuan ini," sebutnya.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Eric Aruan menjelaskan bahwa proses pengadaan barang/jasa sejatinya telah berjalan sejak lama melalui sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Namun menurutnya seluruh pihak khususnya pokja (kelompok kerja) yang ada di kabupaten/kota dan provinsi harus semakin baik, memiliki cara untuk melihat bagaimana pengadaan barang/jasa lebih baik lagi.

"Sehingga ini tidak lagi dikooptasi oleh kepentingan, tetapi betul-betul mencari apa yang paling efisien dan paling baik untuk bagusnya pelaksanaan pemerintahan ini," kata Eric.

Karena itu lanjutnya, sosialisasi harus terus dilakukan mengingat kemungkinan banyak yang belum mengetahui. Selain itu, kegiatan ini juga menambah pengetahuan. Sehingga sekalipun sudah memiliki kemampuan, harus ditambah dan diasah, termasuk tingkat kejujuran dan kemauan yang baik untuk bisa berubah lebih maju.

"Intinya bagaimana integritas dan kinerja pokja di kabupaten/kota serta provinsi bisa lebih baik lagi," katanya
Editor: Amrizal

T#g:GubsuMataMatatelingaPemprovsuSosialisasi
Komentar
Jumat, 27 Apr 2018 09:50Berita Sumut

PFI Medan Borong Lomba Foto BPBDSU

MATATELINGA, Medan:   Para fotografer tergabung dalam PFI (Pewarta Foto Indonesia) Medan memborong juara lomba foto bencana digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah  Sumatera Utara (

Jumat, 27 Apr 2018 09:35Berita Sumut

Gubsu Beri Penghargaan Penggiat Peduli Kebencanaan

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi memberikan penghargaan kepada 11 orang dan 8 lembaga

Jumat, 27 Apr 2018 09:32Nasional

Jaksa KPK: Setnov Akan Bersaksi Di Sidang Dokter Bimanesh

Mantan Ketua DPR Setya Novanto akan dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan terdakwa kasus perintangan penyidikan kasus korupsi proyek e-KTP, dokter di RS Medika Permata Hijau, Bimanesh Sutarjo, Jumat (27/4).

Jumat, 27 Apr 2018 09:22Nasional

Rizieq Shihab Restui Alumni 212 Bertemu Jokowi: Utamakan Dialog

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab telah merestui sejumlah petinggi Persaudaraan Alumni 212 dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama bertemu Presiden Joko Widodo. Rizieq menilai dialog harus diutamakan terhadap penyelesaian kasus dug

Jumat, 27 Apr 2018 09:20Berita Sumut

Wali Kota Apresiasi Road Show Komunitas Penulis Donasi 1.000 Buku

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengapresiasi dan mendukung penuh Komunitas Penulis Kota Medan yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap dunia perbukuan dan literasi di Kota Medan.

Jumat, 27 Apr 2018 09:13Nasional

Polisi Bekuk Pria Pembuat Video Hina Nabi Muhammad

Polda Jawa Timur bersama Polres Mojokerto menangkap seorang warga diduga menghina Nabi Muhammad S.A.W., Rendra Hadi Kurniawan (39). Lelaki itu juga sempat membikin heboh jagat media sosial karena video yang berisi hinaannya terhadap ulama dan Nabi Muhamm

Jumat, 27 Apr 2018 09:05Berita Sumut

Jajaki Kerjasama, Wagubsu dan Asosiasi Tiongkok Langsung Road Show

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyambut baik kerjasama mutualisme yang dilakukan oleh Asosiasi One Belt One Road Si Chuan. Bahkan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Dr Hj Nurhajizah Marpaung, SH MH yang menerima rombongan dalam aud

Jumat, 27 Apr 2018 09:02Ekonomi

BPKM Janji Perketat Pengawasan Jumlah TKA

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berjanji bakal memperketat pengawasan terkait jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diajukan oleh pemberi kerja di Indonesia.

Jumat, 27 Apr 2018 08:52Ekonomi

Rupiah Sekarat IHSG Merosot

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan sesi satu anjlok 1,85 persen hingga jatuh ke level 5.967, seiring masih adanya kekhawatiran pelemahan rupiah.

Jumat, 27 Apr 2018 08:50Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Toba 2018 di Lapangan KS Tubun Mapoldasu,

Jumat, 27 Apr 2018 08:40Ekonomi

Utang Indonesia Tembus 4 Triliun, Rizal Ramli Tantang Sri Mulyani Debat Terbuka

Mantan Menteri Koordinator bidang Maririm dan Sumber Daya Rizal Ramli mengaku siap gelar debat terbuka terkait utang luar negeri dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI).

Jumat, 27 Apr 2018 08:35Berita Sumut

Wali kota Ajak Umat Kristiani Kota Medan Hadiri Paskah Oikumene Pemko Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Medan Hanalore Simanjuntak mengajak seluruh umat Kristiani di Kota Medan untuk menghadiri perayaan Paskah Oikumene Pemko Medan

Jumat, 27 Apr 2018 08:31Ekonomi

Harga Minyak Dunia Mulai Menguat

Harga minyak dunia menanjak pada perdagangan Kamis (27/4), waktu Amerika Serikat (AS), meski kurs dolar AS menguat. Kenaikan harga dipicu oleh risiko pengenaan sanksi AS terhadap Iran, menurunnya produksi Venezuela, serta penguatan permintaan minyak glob

Jumat, 27 Apr 2018 08:22Ekonomi

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Resiko Utang Indonesia Bakal Menumpuk

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro mengingatkan risiko utang RI usai menjadi tuan rumah di ajang olah raga Asian Games 2018. Jika tidak hati-hati, ekonomi Indonesia akan terbebani oleh tumpukan utang dan saran

Jumat, 27 Apr 2018 08:20Nasional

Bakamla RI-Bapeten Tindak Kapal Penyelundup Zat Radio Aktif

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) melakukan penindakan terhadap kapal penyelundup Zat Radioaktif (ZRA), di Perariran Batam, Kepulauan Riau

Jumat, 27 Apr 2018 08:17Lifestyle

Kontrol Konsumsi Gulamu Agar Terhindar Dari Penyakit Ini

Gula tidak bisa lepas dari kehidupan kita, di mana bahan satu ini selalu dibutuhkan. Baik untuk bahan makanan, maupun sebagai pelengkap minuman.