Sosialisasi Unit Layanan Pengadaan, Mitigasi Resiko Proses

Amr/rel Selasa, 31 Oktober 2017 22:44 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Dr HT Erry Nuradi menekankan pentingnya pemahaman terhadap mekanisme pengadaan barang/jasa pemerintah. Sebab sebagai bagian dari pelayanan umum, hal ini merupakan aktifitas yang sering mendapat sorotan publik berdasarkan banyaknya sanggahan dalam proses lelang hingga berujung ke pengadilan.

Hal itu disampaikan Gubernur dalam sambutannya membuka kegiatan Sosialisasi Unit Layanan Pengadaan (ULP) 2017 dengan tema Mitigasi Resiko Proses Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, di Hotel Polonia Medan, Selasa (31/10/2017). Hadir diantaranya Direktur Advokasi dan Penyelesaian Sanggah Wil I Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Yulianto Prihandoyo, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Eric Aruan, serta sejumlah kepala daerah.

"Kegiatan ini untuk mensosialisasikan keberadaan ULP, dengan mengundang LKPP. Sehingga nanti banyak informasi dan aturan yang perlu diketahui oleh para pelaksana maupun juga dari pihak penyedia jasa konstruksi, sehingga kita sama-sama bisa satu persepsi tentang hal yang berhubungan dengan penyedian barang dan jasa yang sesuai mekanisme yang ada," ujar Gubernur.

Gubernur juga berharap dengan kegiatan ini, seluruh pihak yang hadir dapat mengikuti dengan baik agar bermanfaat bagi semua pihak. Apalagi pemerintah telah memberikan perhatian serius terhadap pengadaan barang/jasa, ditandai dengan penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54/2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah berikut perubahannya.

"Perpres itu diharapkan menjadikan proses penyelenggaraan pengadaan barang/jasa pemerintah menjadi lebih efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil atau tidak diskriminatif serta akuntabel. Oleh karena itu, Perpres tersebut menjadi standar regulasi bidang pengadaan barang/jasa bagi seluruh lembaga pemerintah," jelas Erry.

Selain itu, Gubernur juga menyebutkan bahwa ke depan, system e-katalog akan menjadi perhatian pemerintah provinsi (Pemprov) dalam hal penerapannya. Dengan begitu, belanja barang dan jasa akan semakin mudah dengan mengklik saja dan mencari apa yang dibutuhkan dalam hal pengadaan barang/jasa.

"Tentu ini (e-katalog) baru bagi kita, tetapi juga baik. Karenanya perlu kita diskusikan, termasuk dalam pertemuan ini," sebutnya.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Eric Aruan menjelaskan bahwa proses pengadaan barang/jasa sejatinya telah berjalan sejak lama melalui sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Namun menurutnya seluruh pihak khususnya pokja (kelompok kerja) yang ada di kabupaten/kota dan provinsi harus semakin baik, memiliki cara untuk melihat bagaimana pengadaan barang/jasa lebih baik lagi.

"Sehingga ini tidak lagi dikooptasi oleh kepentingan, tetapi betul-betul mencari apa yang paling efisien dan paling baik untuk bagusnya pelaksanaan pemerintahan ini," kata Eric.

Karena itu lanjutnya, sosialisasi harus terus dilakukan mengingat kemungkinan banyak yang belum mengetahui. Selain itu, kegiatan ini juga menambah pengetahuan. Sehingga sekalipun sudah memiliki kemampuan, harus ditambah dan diasah, termasuk tingkat kejujuran dan kemauan yang baik untuk bisa berubah lebih maju.

"Intinya bagaimana integritas dan kinerja pokja di kabupaten/kota serta provinsi bisa lebih baik lagi," katanya
Editor: Amrizal

T#g:GubsuMataMatatelingaPemprovsuSosialisasi
Komentar
Jumat, 17 Nov 2017 23:07Berita Sumut

Rapat Kordinasi Pemuthakiran Data Pemilih tahun 2018 Se Sumut

KPUD Sumut menggelar kegiatan rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih tahun 2018 se-Sumut

Jumat, 17 Nov 2017 22:49Berita Sumut

Pendekatan Persuasif, Tim Terpadu Tertibkan PK5 di Medan Petisah

Dengan menggunakan pendekatan persuasif, Tim Terpadu Penertiban PK 5 Pemko Medan yang dibantu dengan unsur TNI Polri berhasil melakukan Operasi Penertiban Pedagang Kaki Lima (PK 5) yang ada di Kecamatan Medan Petisah,

Jumat, 17 Nov 2017 22:33Opini

TNI Meredam OPM Dengan Humanis Dan Budaya

Dalam sepekan ini, aksi kekerasan di Papua kembali meningkat 1.300 warga Papua di Desa Kimbely dan Desa Banti, Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua disandra oleh kelompok Bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Jumat, 17 Nov 2017 22:17Berita Sumut

DPRD Nilai "Andar Gagal Pimpin Kota Padangsidimpuan"

PRD Kota Padangsidimpuan gelar rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir masa jabatan Walikota Padangsidimpuan, Andar Amin Harahap tahun 2013 - 2017,

Jumat, 17 Nov 2017 22:11Berita Sumut

Satres Narkoba Polrestabes Medan Ringkus 2 Pengedar Sabu dan Ganja

Satres Narkoba Polrestabes Medan meringkus 2 tersangka pengedar narkoba jenis sabu dan ganja berinisial BKL (44) dan S (45), keduanya warga Jalan Besar Delitua Gang Melur, Medan, belum lama ini

Jumat, 17 Nov 2017 22:05Berita Sumut

Dinas PU Terus Perbaiki Jalan Rusak

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan terus melakukan perbaikan jalan rusak di Kota Medan

Jumat, 17 Nov 2017 22:00Berita Sumut

Ketua Tim Penyelamat Mesjid Taqwa Polonia : Zulkarnain Bongkar Akte Ikrar Wakaf Palsu

Ketua Tim Pembela Masjid Taqwa Polonia, Zulkarnain, S.S, dalam konferensi pers

Jumat, 17 Nov 2017 21:54Berita Sumut

Polsek Petumbak Amankan Pengguna Narkoba

Menindaklanjuti keresahan warga masyarakat tentang maraknya peredaran narkona, personel reskrim Polsek Patumbak mengamankan seorang pengguna narkoba dari salah satu rumah di kawasan Jalan Pertahanan, Gang Harmoni, Patumbak

Jumat, 17 Nov 2017 21:46Berita Sumut

Kapolri Mutasi Kapolrestabes dan Kasat Reskrim

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) mengeluarkan Telegram Rahasia (TR) mutasi pejabat menegah sejajaran Polda Sumut

Jumat, 17 Nov 2017 21:43Berita Sumut

Diduga Terkejut Melihat Patroli Polisi Honda Mobili Tabrak Kios Sepatu

Masyarakat desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli kamis (16/11/2017) malam di kejutkan oleh suara benturan keras.

Jumat, 17 Nov 2017 21:29Nasional

Bakamla RI Bersama Pemkab Sambas Fasilitasi Forkom Kamkesla

Dalam rangka memfasilitasi pembentukan Forum Komunikasi Keamanan dan Keselamatan Laut (Forkom Kamkesla), Bakamla RI bekerjasama dengan Pemkab Sambas menggelar rapat koordinasi di Hotel Sambas Indah, Kab. Sambas, Kalimantan Barat

Jumat, 17 Nov 2017 21:24Berita Sumut

Bupati Sergai Lepas Peserta Jalan Santai dan Senam Sehat Tahun 2017

Berolahraga merupakan aktivitas untuk melatih tubuh agar badan menjadi sehat, bugar dan kuat baik secara jasmani maupun rohani. Dengan berolahraga juga akan mempengaruhi dan meningkatkan metabolisme serta fungsi kelenjar di dalam tubuh untuk memproduksi s

Jumat, 17 Nov 2017 21:20Berita Sumut

Bupati Asahan Segera Lantik Empat Pimpinan Tinggi Pratama Yang Tertunda

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Sinatupsng,MAP akan segera mrlantik empat pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan yang akan menduduki jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di empat Instansi Pemerintah.

Jumat, 17 Nov 2017 21:08Berita Sumut

Perampok Merintih Kesakitan di Polsek sunggal

Keberingasan pelaku bernama BS alias Budi, 34, satu dari tiga pembobol Smile Karaoke tak terlihat lagi diwajahnya. Dia menjerit tak karuan saat digiring petugas Polsek Sunggal. Pasalnya, kedua kakinya membengkak setelah ditembus timah panas petugas dan

Jumat, 17 Nov 2017 20:50Berita Sumut

Sepmor Pintar Polsek Perdagangan Kunjungi SD Alwasliyah

Siswa/i SD Alwasliyah Nagori Pematang Kerasaan Kecamatan Bandar,Kabupaten Simalungun, Jumat (17/17) sangat antusias menyambut Kunjungan Sepeda Motor Pintar (Sepmop)

Jumat, 17 Nov 2017 20:45Berita Sumut

Banjir di Asahan Terkendali

Banjir yang melanda beberapa kawasan di Asahan sudah dikendalikan.