• Home
  • Berita Sumut
  • Stanley JM Anak Medan yang Ingin jadi Dokter Hewan dan Diterima di Kampus NZ

Stanley JM Anak Medan yang Ingin jadi Dokter Hewan dan Diterima di Kampus NZ

Mtc/James Selasa, 04 Juni 2019 13:50 WIB
MATA TELINGA/JAMES P PARDEDE
Stanley Joshua Makmur, Anak Medan yang lolos kuliah fakultas kedokteran hewan di Selandia Baru
MATATELINGA, Medan : Kecintaannya pada dunia fauna, terutama jenis fauna endemik dan fauna dilindungi yang keberadaannya sudah semakin punah membuat Stanley Joshua Makmur memantapkan diri untuk memilih melanjutkan studinya ke fakultas kedokteran hewan di luar negeri. Putra pertama pasangan Sugianto Makmur dan Juliana Henny ini pada awalnya berkeinginan menjadi seorang dokter, tapi karena kecintaannya pada fauna membuatnya beralih pilihan.



"Alasan saya memilih kedokteran hewan, karena saya menemukan bahwa kedokteran hewan itu unik dan menantang untuk dipelajari. Awalnya, saya ingin menjadi dokter umum dan melanjutkan menjadi dokter spesialis. Namun, setelah saya melihat channelnya Nat Geo Wild pada channelnya dr.Pol, dr. Yukon Vet, dan Exotic Vet. Saya menjadi terkesan bagaimana mereka bisa berkomunikasi dengan baik dengan hewan-hewan tersebut, terutama hewan-hewan exotic," demikian pengakuan Stanley yang membuatnya jatuh cinta dengan bidang ilmu yang berhubungan dengan dunia fauna.



Karena ketertarikannya dengan bidan ilmu kedokteran hewan, Stanley mulai melakukan pencarian kampus dan memberanikan diri untuk mendaftar ke Massey University, Palmerstone North, New Zealand. Dengan nilai Ujian Nasional yang tinggi dan hasil ujian sekolah yang bagus, Stanley diterima di Massey University. Stanley memilih kampus Massey University di Selandia Baru karena tempatnya yang kaya akan hewan-hewan endemik yang unik dan fasilitas pendukung lainnya juga lengkap.

"Hewan-hewan endemik yang unik ini menarik perhatian saya dan alasan lainnya berasal dari kedua orang tua saya yang memberi dukungan penuh untuk saya bisa kuliah di kampus yang sudah terkenal dengan kualitasnya," tandas Stanley.

Lepasliarkan Burung Rangkong dan Buaya ke Hutan Bakau Kun Kun


Stanley Joshua Makmur

Kecintaannya kepada dunia fauna semakin melekat ketika dalam sebuah kesempatan Stanley mendapat kiriman anak burung Kangkareng Perut Putih (Anthracoceros albirostri) yang kerap juga disebut dengan burung rangkong. Selama 6 bulan lebih, Stanley memelihara burung rangkong tersebut dengan penuh kasih sayang.

Tepat pada liburan sekolah dua tahun lalu, Stanley ditemani ayahnya Sugianto Makmur berangkat ke Natal, tepatnya ke kawasan hutan bakau desa Kun Kun, Kecamatan Batang Natal. Burung kangkareng perut putih dibawa serta untuk dilepasliarkan kembali ke habitat asalnya.



Mei 2019 lalu, Stanley ditemani sang ayah kembali mengunjungi hutan bakau Kun Kun di kawasan Pantai Barat Mandailing Natal. Hutan bakau seluas 100 hektar yang dibeli Sugianto Makmur beberapa tahun lalu sudah tumbuh kembali dan pertumbuhannya merata.

Upaya konkrit yang dilakukan Sugianto dalam menyelamatkan hutan bakau telah dibuktikan dengan melakukan konservasi mandiri hutan bakau di Kun Kun, Natal, Mandailing Natal. Sekitar 100 hektar lahan yang diganti rugikan milik masyarakat dalam kondisi rusak, tidak ada lagi pohonnya, pada tahun 2009.


Burung Kangkareng Perut Putih

Perlahan dan pasti, hutan mulai pulih kembali. Sekarang, hutan ini menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat yang tinggal di kawasan Kunkun, sebagai tempat mereka menangkap kepiting, udang dan ikan. Saat berada di Desa Kun Kun, Stanley juga memiliki kesempatan untuk melepasliarkan kembali dua ekor buaya yang terjaring dalam bubu nelayan.

"Masyarakat Kun Kun sudah terbiasa dengan keberadaan buaya yang hidup bebas di kawasan hutan bakau dan sungai Kun Kun. Masalah yang kemudian muncul adalah ada segelintir orang yang mengganggu keberadaan buaya dan akhirnya menjadi korban," kata Sugianto Makmur.

Editor: Amrizal

T#g:Buayaburung rangkongmadinaMatatelinga.TVMatatelinga TVmatatelinga.commatatelinga comStanley Joshua MakmurSugianto MakmurTerkinikun Kun
Komentar
Kamis, 22 Agu 2019 23:05Berita Sumut

Tak Senang Ditegur, Langsung Tikam Teman Sekampung dengan Senjata Tajam

Hanya persoalan sepele berujung masuk tahanan sel tahanan Kepolisian Sektor Sei Kepayang, itulah yang dirasakan Sy ,35, warga dusun IV desa Bagan Asahan Baru Kecamatan Sei Kepayang Asahan, lantaran menikam perut Budi ,40, warga sekampung tersangka yang

Kamis, 22 Agu 2019 23:00Berita Sumut

Hj Rita Maharani: Jambore PKK Wadah Tingkatkan Kualitas Dan Aktualisasi Diri

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH

Kamis, 22 Agu 2019 20:15Berita Sumut

Belasan Jurnalis Sumut Berkunjung ke Perusahaan PT Toba Pulp Lestasi

Belasan jurnalis dari berbagai media cetak, Online yang ada di Sumatera Utara (Sumut) melakukan kunjungan ke operasional perusahaan pulp, PT Toba Pulp Lestari (TPL), Tbk, Kamis (22/8/2019).

Kamis, 22 Agu 2019 19:26Nasional

Jokowi Akan Undang Tokoh Agama/Tokoh Adat Papua dan Papua Barat

Dalam waktu dekat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengundang para tokoh agama dan tokoh adat di Papua dan Papua Barat setelah adanya insiden demonstrasi masyarakat Papua yang berujung kerusakan sejumlah fasilitas umum di Tanah Cendrawasih.

Kamis, 22 Agu 2019 19:02Ekonomi

Rebut Simpati Generasi Millenial, Asuransi Astra Segera Hadirkan Otocare 5.0

Untuk merebut simpati generasi millenial, PT Asuransi Astra siap menghadirkan pembaruan aplikasi Garda Mobile Otocare ke versi 5.0 pada September 2019 mendatang.

Kamis, 22 Agu 2019 18:49Berita Sumut

Terdakwa Kredit Fiktif di BRI Agroniaga Dituntut 14 Tahun Penjara

PNS di Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara, Mulyono (52) dituntut selama 14 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan. Warga Desa Tanjung Sarang Elang, Kec Panai Hulu, Kab Labuhanbatu itu dinilai bersalah dalam kasus korupsi kredit fiktif d

Kamis, 22 Agu 2019 18:16Berita Sumut

Ini Jawaban Pemko Medan Atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD Tentang RAPBD 2020

Pemko Medan telah melakukan sejumlah langkah guna mengatasi permasalahan sanitasi dan air bersih di Kota Medan. Salah satunya dengan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) regional Mebidang yang melibatkan pemerintah pusat, pemerintah Provinsi Sum

Kamis, 22 Agu 2019 18:03Ekonomi

Muliawansyah : Kesadaran Masyarakat Berasuransi Masih Sangat Rendah

Menurut Branch Manager Asuransi Astra Cabang Medan, Muliawansyah dalam acara Media Gathering di Hotel Adi Mulia Jalan Diponegoro Medan, Senin (19/8/2019) pangsa pasar otomotif di bawah bendera Astra, di antaranya Toyota, Isuzu dan Daihatsu, turut memberik

Kamis, 22 Agu 2019 17:45Berita Sumut

Hari Ketiga Normalisasi, Prajurit Kodam I/BB Bersihkan Bangunan di Sempadan Sei Badera

Pelaksanaan normalisasi alur Sei Badera di Kompleks Bumi Asri, Jln Asrama, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, sudah memasuki hari ketiga pada Kamis (22/8/2019).

Kamis, 22 Agu 2019 17:12Berita Sumut

Razia Kasih Sayang di Belawan, Polisi Sita Berbagai Senjata Tajam dari Pelajar

Personil Polres Pelabuhan Belawan menjaring 20 pelajar dalam operasi kasih sayang yang digelar pada Kamis (22/8). Selain mengamankan pelajar yang berasal dari tingkatan SMP hingga SMA ini, polisi juga menyita berbagai senjata tajam yang dipegang pelajar.

Kamis, 22 Agu 2019 16:49Berita Sumut

Tak Pindahkan Napi Kasus Narkoba, Karutan Tanjung Gusta Perlu Dievaluasi

Meski sudah berstatus narapidana, Kepala Rutan Tanjung Gusta tak kunjung memindahkan ZA ke Lapas Tanjung Gusta Medan. Saat ini ZA masih menghuni Rutan Tanjung Gusta. Persoalan ini pun menjadi sorotan media massa.

Kamis, 22 Agu 2019 16:31Berita Sumut

1.300 Mahasiswa Baru UNPAB Ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus di Makodam I/BB

Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto memimpin Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru UNPAB (Universitas Pembangunan Panca Budi) pada acara kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Pembangunan Panca Budi di Lapangan Upacara Makod

Kamis, 22 Agu 2019 16:01Berita Sumut

Martil Wajah Kekasih, Ucok Berakhir di Bui

NP alias Ucok (55) warga Dusun I, Desa Kuala, Sibolangit Deliserdang terpaksa berurusan dengan polisi. Pria ini tega menganiaya wajah sang kekasih Inawati br Ketaren (42) dengan menggunakan martil.

Kamis, 22 Agu 2019 15:46Berita Sumut

Duh !!, Anggota Dewan Banyak 'Menghilang', Perda PUD Pasar Pun Batal Disahkan

Meski sudah di skors lebih dari 45 menit sejumlah anggota DPRD Medan masih belum tampak hadir di ruang sidang Paripurna, Kamis (22/08/2019). Akibatnya rapat lanjutan pengesahan Rancangan Peraturan Daerah Perusahaan Umum Daerah Pasar Kota Medan kembali mol

Kamis, 22 Agu 2019 15:31Berita Sumut

Sidang Ke 15 HLC Malindo, Forum Strategis Indonesiaa dan Malaysia

Sidang ke-15 High Level Committee Malaysia-Indonesia (HLC Malindo) merupakan forum yang bernilai strategis bagi kedua negara dalam menghadapi spektrum ancaman yang semakin kompleks.

Kamis, 22 Agu 2019 15:16Berita Sumut

Soal Informasi Pelayanan Publik, KIP Apresiasi Pemko Medan

Seluruh aplikasi dan sarana informasi yang dimiliki Pemko Medan bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menjangkau setiap informasi terlebih mengenai pelayanan publik yang dilakukan Pemko Medan. Selain itu juga, menjadi wadah untuk dapa