• Home
  • Berita Sumut
  • Sumut Perkuat Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak

Sumut Perkuat Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak

Mtc/James Jumat, 05 Januari 2018 10:40 WIB
Istimewa
Misran Lubis
MATATELINGA, Medan : Pencegahan, penanganan dan pemberdayaan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan di Provinsi Sumatera Utara kedepan akan semakin tersinergi pelaksanaannya melibatkan pemerintah, lembaga masyarakat, dunia usaha, lembaga profesi dan media massa. 

Optimisme tersebut setelah Gubernur Sumut membentuk Forum Komunikasi Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Sumut melalui Keputusan Nomor 188.44/742/KPTS/2017.   


Menurut Forum Komunikasi Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Sumut, Misran Lubis, S.Ag, Kamis (04/01/18), forum tersebut dibentuk sebagai bentuk pelaksanaan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 2/2017 tentang partisipasi masyarakat dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Pengembangan forum komunikasi multi stakeholders yang terdiri dari unsur pemerintah, lembaga masyarakat, media dan sektor bisnis ini merupakan satu rekomendasi penyelenggaraan PUSPA Nasional tahun 2016 dan PUSPA Daerah Sumatera Utara, 26-28 April 2017 di Medan", jelas Misran Lubis.


Jadi, lanjut Misran ini sebagai respon pemerintah Sumatera Utara dengan pertimbangan bahwa kekerasan dan perdagangan terhadap perempuan dan anak harus segera dihapuskan dan dalam pencegahan, penanganan dan pemberdayan perempuan, anak dan kelompok sebagai korban harus disinergikan antara pemerintah, LSM, dunia usaha, lembaga profesi dan media massa.

Menyinggung tugas dari Forum Komunikasi PUSPA tersebut, menurut Misran Lubis, ada tujuh tugas yang dimandatkan dalam keputusan tersebut seperti menyusun rencana aksi daerah sinergi kemitraan untuk kesejahteraan perempuan dan anak, memberikan masukan dan rekomendasi kepada pemerintah provinsi tentang penyelenggaraan kesejahteraan dan perlindungan perempuan dan anak, memobilisasi dan peningkatan kapasitas lembaga-lembaga masyarakat yang peduli dengan isu perempuan dan anak, membangun komunikasi dan mediasi kerjasama multipihak: sektor bisnis, pemerintah, lembaga masyarakat dan media.


"Kita juga akan memperkuat jaringan forum komunikasi kabupaten/kota,kecamatan sampai ke desa/kelurahan serta membantu koordinasi penyelesaian masalah aktual kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan manusia dan kesenjangan sosial ekonomi bagi perempuan di Sumatera Utara," tegas Misran Lubis.

Forum PUSPA ini, tambah Misran akan selalu mempromosikan akuntabilitas dan transparansi dalam pelayanan perempuan dan anak. 

"Harapan kita, dengan aktifnya Forum Pini, akan a mempercepat pelaksanaan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, sehingga semua korban dapat ditangani secara proporsional", pungkasnya. 

Editor: James P. Pardede

T#g:Misran LubisPKPASumut
Komentar
Sabtu, 20 Jan 2018 21:59Berita Sumut

Wow!!!!, Ayah dan Dua Anaknya Kompak Melakukan pembunuhan

Ayah dan dua anaknya melakukan pembunuhan terhadap mantan juragan ikan asin di Kabupaten Sedang Bedagai

Sabtu, 20 Jan 2018 21:59Berita Sumut

Wow!!!!, Ayah dan Dua Anaknya Kompak Melakukan pembunuhan

Ayah dan dua anaknya melakukan pembunuhan terhadap mantan juragan ikan asin di Kabupaten Sedang Bedagai

Sabtu, 20 Jan 2018 21:42Berita Sumut

Wabup Darma Wijaya Ajak Masyarakat Dukung Upaya Peninjatan Pembangunan

Memperoleh keridhaan dan kecintaan Allah SWT merupakan kainginan umat muslim, maka yang paling utama adalah mengikuti jejak langkah Rasulullah, meneladani apa yang telah di lakukannya, berperilaku sesuai dengan akhlak dan tata kramanya. Semua itu merup

Sabtu, 20 Jan 2018 21:36Nasional

Komandan Kontingen Garuda Unifil kunjungi Markas Indobatt XXIII-L/Unifil

Komandan Kontingen Garuda Unifil 2017-2018, Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo didampingi beberapa staf terkait melaksanakan kunjungan ke Markas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) atau Indonesian Battalion

Sabtu, 20 Jan 2018 21:33Berita Sumut

Kapolres Asahan Hadiri Kegiatan Study Work Champ

Kapolres Asahan AKBP.Kobul Syahrin Ritinga,SIK.M.Si menghadiri kegiatan study work champ yang di gelar oleh mahasiswa yang tergabung dalam wadah Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) kabupaten Asahan

Sabtu, 20 Jan 2018 21:27Berita Sumut

Dua Unit Damkar Padamkan Dua Rumah Yang Terbakar

Dua unit rumah tinggal yang di huni oleh Budi dan Malau warga jalan Merpati kelurahan karang Anyer kecamatan Kota Kisaran Timur ludes terbakar api , Sabtu (20/1/2018) sekira pukul 14.00 Wib, dua unit mobil pemadam kebarakan

Sabtu, 20 Jan 2018 16:09Berita Sumut

Ini Wajah Samsul, Tersangka yang Nekad Membunuh Karena Ditagih Hutang

Samsul (35) warga dusun VIII desa teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam Asahan , pelaku penganiayaan yang menyebabkan hilangnya nyawa orang lain kini masih dalam pengejaran pihak Reskrim Polsek Simpang Empat, Sabtu (20/1/2018)

Sabtu, 20 Jan 2018 15:45Berita Sumut

Kunjungi Bocah Korban Penganiayaan Orangtua, Kapoldasu : Ayah Tiri Korban Suka Mabuk-Mabukan

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw mengunjungi Siti Aminah, bocah asal Paluta yang menjadi korban penganiayaan ibu kandung dan ayah tirinya di RSUP H Adama Malik, Medan, Sabtu (20/1/2018).

Sabtu, 20 Jan 2018 15:35Berita Sumut

Pelaksanaan Kegiatan Coklit di Kabupaten Simalungun, Ini Arahan Wakil Bupati

Dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun melaksanakan kegiatan pencocokan dan penelitihan (Coklit) data pemilih di wilayah Kabupaten Simalungun, Sabtu (20/

Sabtu, 20 Jan 2018 15:01Berita Sumut

Duh, Petugas Damkar Medan Kerap Terima Telpon Iseng Warga

Meski Kadis pemadam kebakaran Drs, M Tampubolon telah mengingatkan masyarakat agar tidak mempermainkan nomor telepon darurat pemadam kebakaran, hal ini sepertinya tidak di gubris oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sabtu, 20 Jan 2018 13:00Berita Sumut

Hutangnya Ditagih, Samsul Malah Tikam Andri Hingga Tewas

Persoalan hutang piutang dalam kehidupan merupakan hal yang biasa dan kerap terjadi di tengah tengah kehidupan masyarakat. Namun lain halnya dengan yang dilakukan oleh tersangka Samsul (35 ) warga Dusun VIII desa Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam Asahan i

Sabtu, 20 Jan 2018 09:00Berita Sumut

Diduga Dibunuh, Siswi SMA Tewas Bersimbah Darah di Kamar Mandi

Seorang siswi SMA, Anggi Syahputri Tanjung (16) ditemukan tewas bersimbah darah di kediamannya Jalan Bustamam Gg Satria Dusun XI Desa ‎Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan, Jumat (19/1) malam. Korban tewas diduga karena pembunuhan.

Sabtu, 20 Jan 2018 08:45Berita Sumut

1,2 Juta Warga Sumut Terancam Tak Bisa Gunakan Hak Pilih, Ini Penyebabnya

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut kembali mengingatkan bahwa 1,2 juta penduduk di Sumatera Utara hingga saat ini belum melakukan rekam KTP elektronik atau E-KTP. Jumlah ini menurut Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan sangat rawan tidak terakomodir

Sabtu, 20 Jan 2018 08:15Berita Sumut

Ketua Umum Dharma Pertiwi : Tumbuhkan Budaya Saling Asah, Asih dan Asuh Dalam Organisasi

Dalam menjalankan organisasi perlu ditumbuhkan budaya saling asah, asih dan asuh. Demikian disampaikan Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto pada acara penyerahan jabatan Ketua Umum PIA Ardhya Garini dari Ibu Nanny Hadi Tjahjanto kepada Ibu A

Sabtu, 20 Jan 2018 08:00Nasional

Satgas Kesehatan TNI Masuki Kampung-Kampung Terpencil di Asmat

Personel Tim Gabungan Satgas Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB), terdiri dari Pusat Kesehatan TNI, Pusat Kesehatan TNI AD, Dinas Kesehatan TNI AL dan Dinas Kesehatan TNI AU bersama dengan Dinas Kesehatan Wilayah setempat, bergerak cepat memasuki kam

Jumat, 19 Jan 2018 18:35Berita Sumut

Harga Beras Naik, Pedagang di Padangsidempuan Menjerit

Naiknya harga beras beberapa minggu belakangan ini juga dirasakan di Kota Padangsidimpuan. Akibatnya, para pedagang beras pun menjerit lantaran omset mereka turun.