• Home
  • Berita Sumut
  • Sungai Sei Sikambing & Muara Sungai Deli Secepatnya Dinormalisasi

Sungai Sei Sikambing & Muara Sungai Deli Secepatnya Dinormalisasi

Amr/rel Kamis, 12 Juli 2018 07:23 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:  Dalam waktu dekat ini Pemko Medan, Pemerintah Provinsi Sumut dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II dan Pemko Medan akan membuat Memorandum of Understanding (MoU) terkait penanganan banjir di Kota Medan. Dengan adanya MoU nanti, ketiga instnasi ini akan bekerja sama secara impresif dan terintegrasi untuk  meminimalisir terjadinya banjir di ibukota Provinsi Sumatera Utara.



Demikian terungkap dalam pertemuan yang diinisiasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Republik Indonesia  di Kantor DPD RI JalanGajah Mada Medan, Rabu (11/7/2018). Pertemuan ini dihadiri Wakil Wali kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Kepala BWS Sumatera II Roy P Pardede, pedrwakilan PT Kereta Api Indoensia (KAI), Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan Khairul Syahnan serta Plt Kabid Drainase Dinas PU Edi Zalman.

Sebelum MoU, BWS Sumatera II secepatnya akan membuat surat permintaan kepada Pemko Medan agar dapat menggunakan alat-alat berat milik Dinas PU Kota Medan  untuk menormalisasi sungai.  Ada dua sungai yang secepatnya akan dinormalisasi guna meminimalisir terjadinya banjir yakni Sungai Sei Sikambing dan muara Sungai Deli.



Di awal pertemuan, Wakil Wali Kota mengatakan, mengatasi persoalan banjir yang terjadi di Kota Medan perlu adanya keterpaduan semua pihak. Sebab, tanggung jawab Pemko Medan selama ini hanya sebatas drainase sekuder. Sedangkan untuk drainase primer tanggung jawab Pemerintah Provinsi Sumut, sedangkan  sungai merupakan tanggung jawab BWS Sumatera II.

 Celakanya papar Akhyar, seluruh sungai yang melintasi Kota Medan tidak pernah dinormalisasi sejak puluhan tahun. Puncaknya terjadi, Minggu (8/7) malam, banjir pun menerpa sejumlah wilayah di Kota Medan. Pasalnya, air hujan yang mengalir ke drainase sekunder tidak dapat dialirkan menuju drainase primer serta sungai sebagai pembuangan akhir.

"Curah hujan yang tinggi menyebabkan terjadinya back water,  sebab drainase sekunder tidak dapat mengalirkannya menuju drainase primer dan sungai sebagai pembuangan akhir. Akibatnya air stagnan dan menggenangi jalan maupun rumah penduduk. Oleh karenanya penanganan banjir ini harus dilakukan secara terintegrasi dengan baik dan komprehensif," kata Akhyar.

Pemko Medan melalui Dinas PU, jelas Akhyar, saat ini telah melakukan sejumlah pekerjaan swakelola untuk perbaikan drainase dan jalan. Selain mengatasi banjir, juga memberikan kenyamanan bagi masyarakat pengguna jalan. "Oleh karenanya melalui pertemuan ini, saya berharap agar dibuat perencanaan yang baik untuk mengatasi banjir dan pengerjaan dilakukan secara terintegrasi dan komprehensif," ungkapnya.

Meski memiliki alat-alat berat yang bisa diturunkan untuk menormalisasi sungai, jelas Akhyar, namun Pemko Medan tidak memiliki kewenangan untuk melakukannya. "Jika itu dikerjakan kita salah. Untuk itu kita siap membantu menurunkan alat guna menormalisasi sungai jika BWS Sumatera II melayangkan surat permintaan kepada kita," ungkapnya.

Anggota DPD RI parlindungan Purba yang memimpin rapat langsung mendesak BWS Sumatera II melakukannya. Hal itu dilakukan karena cuaca sangat tidak kondusif dan hujan bisa kapan saja turun sehingga banjir kemungkinan terjadi kembali apabila tidak ada langkah cepat yang dilakukan.

Kepada BWS Sumatera II pun setuju, mereka dalam beberapa hari segera menyurati Pemko Medan agar dapat membantu meminjamkan alat berat untuk melakukan normalisasi. Sebagai langkah awal, dipilih dua sungai yang segera dikorek yakni Sungai Sei Sikambing dan muara Sungai Deli. "Di samping itu kita juga akan melihat anggaran yang tersedia untuk melakukan normalisasi sungai,"  jelas Pardede.

Agar penanganan banjir bisa lebih efektif, pertemuan pun memutuskan dalam waktu dekat akan dilakukan MoU antara Pemerintah Provinsi sumut, BWS Sumatera II dan Pemko Medan. "Dengan MoU yang dilakukan ini, maka ketiganya dapat bekerja bersama-sama dan terintegrasi untuk menangani banjir yang terjadi di Kota Medan," papar Parlindungan.

Selain dengan Provinsi Sumut dan BWS Sumatera II, Pemko Medan dalam hasil pertemuan itu juga akan melakukan MoU dengan PT KAI.  Hal itu dilatar belakangi karena tidak sedikit jembatan maupun lintasan kereta api yang terowongan di bawahnya mengalami pengecilan sehingga aliran air terganggu. Masalah muncul ketika hujan deras turun, aliran air terhalang sehingga air melimpah menggenangi rumah warga dan jalan.

Usai pertemuan, Parlindungan mengatakan seluruh hasil yang disepapakati dalam pertemuan itu selanjutnya akan disampaikan kepada pemerintah pusat. "Kebetulan besok pagi saya akan bertemu dengan Menteri PU, Bappenas dan Menteri Perhubungan. Hasil pertemuan yang kita sepakati ini akan saya sampaikan kepada mereka agar segera ditindaklanjuti, termasuk soal proyek Medan Urban Development Project (MUDP) yang tidak berungsi untuk mengatasi banjir di Kota Medan," pungkasnya.

Setelah pertemuan, Wakil Wali Kota, Parlindungan Kepala BWS Sumatera II, Kadis PU, perwakilan PT KAI selanjutnya  melakukan peninjauan ke Sungai Sei Sikambing. Sebab, seputaran kawasan itu mengalami banjir yang cukup parah sehingga sempat melumpuhkan aktifitas warga. Di tambah lagi untuk memastikan titik-titik mana saja yang akan dilakukan normalisasi secepatnya guna mencegah terjadinya banjir kembali.
Editor: Amrizal

T#g:Pemko MedanTerkini
Komentar
Rabu, 26 Sep 2018 19:31Berita Sumut

Direktorat Latihan Bakamla RI Gelar Latihan Menembak di Ambon

Riuh suara tembakan senjata api terdengar di Dusun Telaga Kodok. Pasalnya Direktorat Bakamla RI sedang menggelar latihan menembak bagi personel di jajaran Zona Maritim Timur, di Lapangan Tembak Lantamal IX, Dusun Telaga Kodok, Kec. Leihitu, Kab. Maluku T

Rabu, 26 Sep 2018 18:15Berita Sumut

Pemko Medan Bantu Tingkatkan Kemampuan SDM Pekerja Usaha Pariwisata

Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata berupaya membantu meningkatkan SDM seluruh pekerja usaha pariwisata yang ada di Kota Medan. Selain menambah wawasan dan kemampuan sehingga siap bersaing dengan tenaga kerja dari luar, juga diharap dapat membantu untu

Rabu, 26 Sep 2018 18:00Berita Sumut

DPRD Binjai Setuju Perubahan APBD TA 2018

DPRD Kota Binjai menyetujui penetapan Perubahan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (P-APBD) Kota Binjai Tahun Anggaran 2018. Persetujuan DRPD disampaikan pada rapat paripurna dipimpin wakil ketua HM Sajali, berlangsung di gedung DPRD Kota Binja

Rabu, 26 Sep 2018 17:45Berita Sumut

Paman Gery Ajak Orangtua Gunakan Gadget untuk Mendongeng

Sudah banyak diteliti anak yang sering didongengkan punya daya imajinasi yang lebih luas. Kekayaan kata dan bahasa akan lebih baik. Anak pun jadi lebih percaya diri.

Rabu, 26 Sep 2018 17:27Berita Sumut

Pentingnya Kota Pelabuhan Hadapi Landscape Global Yang Selalu Berubah

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi kembali menghadiri undangan untuk mengikuti Forum Global Harbor Cities di Kota Khaosiung, Taiwan, yang berlangsung mulai 25-27 September. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari forum yang telah digelar p

Rabu, 26 Sep 2018 17:00Berita Sumut

Polsek Lolowau Gagalkan Peredaran 140 Liter Tuak Suling

Petugas Kepolisian Resor Nias Selatan Sumatera Utara terus melakukan penertiban minuman keras yang tidak memiliki ijin di Kabupaten Nias Selatan. Kali ini, petugas kepolisian Sektor Lolowau Polres Nias Selatan kembali menggagalkan peredaran minuman keras

Rabu, 26 Sep 2018 16:21Berita Sumut

HMI Desak Kapolri Copot Polisi yang Bertindak Represif

Ratusan kader Himpunan Mahasiswa Islam di Sumatera Utara berunjuk rasa ke DPRD Sumut, Rabu (20/9). Massa yang terhimpun dalam Badko HMI Sumut ini mendesak Kapolri mencopot oknum polisi yang bertindak represif pada saat menghadapi pendemo dari mahasiswa, K

Rabu, 26 Sep 2018 15:56Berita Sumut

Sadis!!!! Istrinya Diselingkuhi, Bembeng Tikam Kerabatnya Hingga Tewas

Istrinya diselingkuhi membuat Bambang Irawandi alias Bembeng (28) gelap mata. Warga Dusun VI Desa Kota Tengah, Kecamatan Dolok Masihul, Serga menikam selingkuhan sang istri yang tak lain masih kerabat dekatnya.

Rabu, 26 Sep 2018 15:18Berita Sumut

Toko Besi di Jalan Kapten Muslim Nyaris Ludes Diamuk Si Jago Merah

Satu unit toko penjualan besi dan cet yang berada di Jalan Kapten Muslim nyaris ludes terbakar, Rabu (26/9). Api berasal dari tumpahan tiner yang mengenai dupa di dalam toko bernama Makmur tersebut.

Rabu, 26 Sep 2018 15:09Berita Sumut

Pangdam I/BB Kunjungan Kerja ke Walikota Binjai

Pangdam I/BB Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah melaksanakan Kunjungan Kerja ke Walikota Binjai, pada Selasa (25/9) di rumah Dinas Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota.

Rabu, 26 Sep 2018 15:00Berita Sumut

Wagub Musa Rajekshah Irup HAORNAS di Kabanjahe

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah menjadi inspektur upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2018 di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Rabu (26/9). Peringatan Haornas juga diisi dengan kegiatan gerak jalan dan pemberian

Rabu, 26 Sep 2018 14:30Berita Sumut

Tak Kelihatan Sehari, Doni Ditemukan Tewas di Atap Rumah

Seorang pegawai penjual sate bernama Doni Haryanto (34) ditemukan tewas di atap rumah bosnya Agustiar Amir di Jalan Karya Tani, Rabu (26/9). Korban tewas diduga akibat tersengat aliran listrik.

Rabu, 26 Sep 2018 13:29Berita Sumut

Ini Penjelasan KPK Soal Jemput Paksa Anggota DPRD Sumut M Faisal

Petugas KPK pada Rabu (26/9) menjemput paksa salah seorang anggota DPRD Sumut M Faisal dari kediamannya di Perumahan Villa Asoka A-9, Asam Kumbang, Kec. Medan Selayang, Medan. Faisal merupakan salah seorang tersangka yang ditetapkan KPK dalam kasus suap m

Rabu, 26 Sep 2018 13:07Berita Sumut

KPK Jemput Paksa Anggota DPRD Sumut

Petugas dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menjemput paksa salah seorang anggota DPRD Sumut bernama MF dari kediamannya yang berada di salah satu komplek elit di Jalan Pasar 1, Medan Sunggal, Rabu (26/9/2018). Faisal merupakan satu dari 3

Rabu, 26 Sep 2018 13:00Berita Sumut

Jual Gadis 15 Tahun ke Pria Hidung Belang, Sepasang Remaja Diciduk Polisi

Tim Pegasus Polsek Medan Kota berhasil meringkus dua remaja yang berprofesi sebagai mucikari. Keduanya diringkus saat hendak menjual seorang gadis berusia 15 tahun dari Hotel Danau Toba di Jalan Imam Bonjol, Medan, Selasa (25/9) sekitar pukul 22.30 WIB.

Rabu, 26 Sep 2018 12:30Berita Sumut

Datangi Kapoldasu, Ribuan Parbetor Deklarasi Pemilu Damai

Ribuan penarik becak bermotor (Parbetor) yang tergabung di Solidaritas Angkutan Transportasi Umum (Satu) mendatangi Mapolda Sumut, Rabu (26/9/2018).