Survey Pilkada Dairi, Tiga Nama Ini Bersaing Ketat

Faeza Senin, 13 November 2017 16:00 WIB
mtc
MATATELINGA, Dairi: Mendekati pelaksanaan Pilkada serentak 2018, dukungan masyarakat terhadap bakal calon bupati Dairi Sumatera Utara  mulai mengerucut dan terarah. Dari sejumlah nama yang muncul, terdapat tiga nama yang dinilai mendapat dukungan paling besar dan diprediksi bakal bersaing ketat.

Hal itu sebagaimana  terungkap dari hasil survei Lembaga Riset Publik (LRP) baru-baru ini yang dilakukan dari tanggal 1 sampai 6 November 2017. Survei yang melibatkan 440 responden itu menempatkan Deprianto Sitohang, Parlindungan Sinaga dan Bukit Tambunan di posisi tiga besar elektabilitas.

"Deprianto 24,0 persen, Parlindungan Sinaga 16,2 persen, Bukit Tambunan 15,7 persen. Nama lain di bawah 8 persen," kata Direktur LRP Muhammad Yunus dalam rilis yang diterima media ini, Minggu (12/11).

Dengan hasil itu, lanjut Yunus, disimpulkan bahwa hingga kini belum ada kandidat yang betul-betul dominan untuk memenangkan Pilkada. Sehingga, pertarungan nantinya akan berlangsung ketat dan terbuka terutama di antara tiga nama itu.

"Tingkat popularitasnya juga tidak jauh beda. Paling tinggi cuma 60 persen. Artinya, belum ada yang bekerja maksimal  sosialisasi ke bawah," tegasnya.

Menurut Yunus, sosok Deprianto dipilih warga karena dianggap mampu mengatasi masalah ekonomi dan berasal dari keluarga tokoh masyarakat Dairi. Ia merupakan putra Bupati Dairi Johnny Sitohang Adinegoro.

Sedangkan Parlindungan Sinaga, sambungnya, dipilih karena dianggap sosok pengalaman yang pernah mengisi  sejumlah jabatan penting di pemerintahan serta dinilai mampu memecahkan masalah.

"Bukit Tambunan juga dianggap sosok pengalaman dengan latar belakang birokrat," urainya.

Dilihat dari sebaran dukungan, Yunus menyatakan, Deprianto paling banyak didukung oleh masyarakat di Kecamatan Parbuluan (30,3%), Parlindungan unggul di Kecamatan Sidikalang (18,7%) dan Bukit Tambunan di Kecamatan Silahi Sabungan (29,6%).

"Di Sidikalang sebagai Ibukota Kabupaten yang memiliki populasi pemilih terbesar, Parlindungan bersaing ketat dengan Deprianto yang mendapat dukungan 18%," ujarnya.

Dari hasil survei itu juga diketahu, modal dukungan pemilih militan untuk masing-masing kandidat masih relatif kecil.Pemilih militan untuk Deprianto baru sebesar  12,5%, Parlindungan 8,1% dan Bukit Tambunan 8,0%.

"Swing voter atau pemilih yang masih bisa berubah masih sangat  besar mencapai 59,7 persen," pungkasnya.

Yang menjadi sampel dalam survei LRP ini adalah penduduk Dairi berusia 17 tahun keatas atau yang sudah nikah dan tersebar di 15 kecamatan dan 44 desa yang dipilih berdasarkan metode multi stage random sampling. Tingkat kepercayaan ditetapkan sebesar  95 persen dengan margin  of error 4,8%. (mtc/rel)
Editor: Faeza

T#g:Pilkadapilkada dairisurvey
Komentar
Jumat, 27 Apr 2018 09:20Berita Sumut

Wali Kota Apresiasi Road Show Komunitas Penulis Donasi 1.000 Buku

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengapresiasi dan mendukung penuh Komunitas Penulis Kota Medan yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap dunia perbukuan dan literasi di Kota Medan.

Jumat, 27 Apr 2018 09:13Nasional

Polisi Bekuk Pria Pembuat Video Hina Nabi Muhammad

Polda Jawa Timur bersama Polres Mojokerto menangkap seorang warga diduga menghina Nabi Muhammad S.A.W., Rendra Hadi Kurniawan (39). Lelaki itu juga sempat membikin heboh jagat media sosial karena video yang berisi hinaannya terhadap ulama dan Nabi Muhamm

Jumat, 27 Apr 2018 09:05Berita Sumut

Jajaki Kerjasama, Wagubsu dan Asosiasi Tiongkok Langsung Road Show

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyambut baik kerjasama mutualisme yang dilakukan oleh Asosiasi One Belt One Road Si Chuan. Bahkan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Dr Hj Nurhajizah Marpaung, SH MH yang menerima rombongan dalam aud

Jumat, 27 Apr 2018 09:02Ekonomi

BPKM Janji Perketat Pengawasan Jumlah TKA

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berjanji bakal memperketat pengawasan terkait jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diajukan oleh pemberi kerja di Indonesia.

Jumat, 27 Apr 2018 08:52Ekonomi

Rupiah Sekarat IHSG Merosot

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan sesi satu anjlok 1,85 persen hingga jatuh ke level 5.967, seiring masih adanya kekhawatiran pelemahan rupiah.

Jumat, 27 Apr 2018 08:50Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Toba 2018 di Lapangan KS Tubun Mapoldasu,

Jumat, 27 Apr 2018 08:40Ekonomi

Utang Indonesia Tembus 4 Triliun, Rizal Ramli Tantang Sri Mulyani Debat Terbuka

Mantan Menteri Koordinator bidang Maririm dan Sumber Daya Rizal Ramli mengaku siap gelar debat terbuka terkait utang luar negeri dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI).

Jumat, 27 Apr 2018 08:35Berita Sumut

Wali kota Ajak Umat Kristiani Kota Medan Hadiri Paskah Oikumene Pemko Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Medan Hanalore Simanjuntak mengajak seluruh umat Kristiani di Kota Medan untuk menghadiri perayaan Paskah Oikumene Pemko Medan

Jumat, 27 Apr 2018 08:31Ekonomi

Harga Minyak Dunia Mulai Menguat

Harga minyak dunia menanjak pada perdagangan Kamis (27/4), waktu Amerika Serikat (AS), meski kurs dolar AS menguat. Kenaikan harga dipicu oleh risiko pengenaan sanksi AS terhadap Iran, menurunnya produksi Venezuela, serta penguatan permintaan minyak glob

Jumat, 27 Apr 2018 08:22Ekonomi

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Resiko Utang Indonesia Bakal Menumpuk

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro mengingatkan risiko utang RI usai menjadi tuan rumah di ajang olah raga Asian Games 2018. Jika tidak hati-hati, ekonomi Indonesia akan terbebani oleh tumpukan utang dan saran

Jumat, 27 Apr 2018 08:20Nasional

Bakamla RI-Bapeten Tindak Kapal Penyelundup Zat Radio Aktif

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) melakukan penindakan terhadap kapal penyelundup Zat Radioaktif (ZRA), di Perariran Batam, Kepulauan Riau

Jumat, 27 Apr 2018 08:17Lifestyle

Kontrol Konsumsi Gulamu Agar Terhindar Dari Penyakit Ini

Gula tidak bisa lepas dari kehidupan kita, di mana bahan satu ini selalu dibutuhkan. Baik untuk bahan makanan, maupun sebagai pelengkap minuman.

Jumat, 27 Apr 2018 08:05Berita Sumut

Wali Kota Terima Audiensi Pengurus DPD Partai Nasdem Kota Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima audiensi pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kota Medan di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Jumat, 27 Apr 2018 07:50Berita Sumut

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Nasional

Pemerintah Kabupaten Karo menggelar peringatan hari kesiapsiagaan nasional 2018, di halaman kantor Bupati Karo,

Jumat, 27 Apr 2018 07:35Nasional

Panglima TNI : Antisipasi Dampak Negatif Kemajuan Teknologi Terhadap Persatuan dan Kesatuan

Kemajuan teknologi membawa dampak positif mempercepat arus informasi dan mempermudah akses terhadap informasi

Jumat, 27 Apr 2018 07:20Berita Sumut

Istri Wapres Kagumi & Apresiasi Stand Dekranasda Kota Medan

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan mengikuti pameran produk kerajinan internasional atau Internasional Handicraft Trade Fair (INACRAFT) ke-20 tahun 2018 di Jakarta Convention Center