Climate Change Education Forum & Expo 2018

TPL Tampil Dengan Konsep Menarik dan Ramah Lingkungan

Rillis Jumat, 19 Oktober 2018 16:51 WIB
Matatelinga
Direktur TPL Mulia Nauli (Kanan), Marandus Sirait (Dua Kiri), Kepala Badan Litbang dan Inovasi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr Ir Agus Justianto, di stand TPL Climate Change Education Forum & Expo 2018 di Medan
MATATELINGA, Medan:  Pagelaran 8th Indonesia Climate Change Education Forum & Expo 2018 di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan (17-19 Oktober 2018), PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) perusahaan bubur kertas terbaik di Sumatera Utara, tampil dengan konsep stand yang menarik pengunjung dengan menampilkan proses produksi Pulp yang mengedepankan ramah lingkungan.



TPL perusahaan yang tetap mengedepankan pengelolaan hutan tanaman industri secara berkelanjutan ini, sejak beroperasi sampai saat ini selalu menerapkan sistem produksi yang ramah dengan lingkungan. Pengelolaan lingkungan dengan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle) sudah menjadi komitmen perseroan dalam mengelola lingkungan, sehingga mengurangi peningkatan perubahan dan kenaikan suhu global.



"Pengelolaan lingkungan yang baik oleh perusahaan dituangkan dalam dokumen kebijakan lingkungan perseroan, yaitu memaenuhi semua peraturan undang-udang lingkungan, TPL juga terus melakukan perbaikan yang berkesinambungan, menggunakan sumber daya secara efisien," ungkap Direktur TPL Mulia Nauli, Kamis (18/10/2018) dalam pameran Climate Change Education Forum & Expo 2018.

Mulia Nauli juga mengatakan dalam visinya TPL menjadi salah satu perusahaan yang memiliki basis sumber daya yang berkelanjutan dan terbesar. Bahkan berupaya tampil dengan manajemen yang terbaik dan senantiasi memberikan nilai kepada masyarakat, negara, iklim, pelanggan dan perusahaan.



"Sebagai perusahaan global penghasil pulp dengan lahan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) eucalyptus seluas 185.016 Ha di Sumut, perusahaan akan memberikan dan menghasilkan yang terbaik untuk semua, good for community, country, climate, company, customer," ungkap Mulia Nauli didampingi Manager Humas Ir. Simon H. Sidabukke, M.Si Cand Dr, dan staf humas TPL.

Dalam event Climate Change Education Forum & Expo tahun ini, TPL juga menggandeng penggiat lingkungan, penerima anugerah kalpataru sekaligus pemilik wisata alam Taman Eden 100 Marandus Sirait. Kolaburasi bersama ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap para pemerhati lingkungan, yang selama ini bergandengan tangan dengan perusahaan dalam mempertahankan tanaman endemik khas Tapanuli, yakni Andaliman, dan Kemenyan.

Marandus Sirait mengatakan Andaliman merupakan bumbu kahas dari Tanah Batak yang sudah dikenal oleh nenek moyang sejak masa peradaban dulu. Mempertahankan dan perbanyakan pembibitan terhadap tanaman ini, perlu dilakukan dalam mempertahankan tanaman khas Tapanuli yang mulai terlupakan. Disamping itu tanaman ini menurut Marandus Sirait memiliki nilai ekonomis yang menjanjikan.

Bentuk kolaburasi Marandus Sirait dan TPL dalam pengembangan bibit andaliman sekaligus pelestarian lingkungan, diharapkan memberikan peluang baru terhadap eknomi masyarakat. Perbanyakan bibit dengan target 20 ribu kepada masyarakat melalui training penanaman dan perawatan andaliman, juga telah dilakukan.  

"Saya bersyukur masih ada perusahaan seperti TPL yang peduli dengan tanaman endemik Andaliman. Saat ini sudah 14 ribu bibit diberikan kepada masyarakat, dengan biaya ratusan juga rupiah dukungan dari TPL. Sementara itu dalam pameran ini saya juga diberi kesempatan untuk mengenalkan dan menjual produk makanan dan bumbu dengan menggunakan bahan Andaliman," tutur Marandus sambil memperlihatkan bumbu siap saja yang dikemas dalam botol, dan sejumlah makanan ringan yang menggunakan Andaliman.  

Sedikitnya ada 197 negara anggota United Nations Framework Covention on Climate Change (UNFCCC) berkomitmen dan berupaya untuk mencegah pemanasan global. Kepala Badan Litbang dan Inovasi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr Ir Agus Justianto, dalam sambutannya mengatakan pemanasan global telah menjadi perhatian masyarakat dunia. Bahkan dampak dari pemanasan global banyak peristiwa bencana alam, yang terjadi di wilayah Indonesia, seperti banjir, longsor, dan angin ribut yang semakin sering,

Sementara itu Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Djati Witjaksono Hadi, yang mewakili Sekjen KLHK Bambang Hendroyono mengatakan pemerintah Indonesia telah meratifikasi Paris Agreement to the UNFCCC mengenai, Persetujuan Paris atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Perubahan Iklim melalui Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2016 pada tanggal 24 Oktober 2016.

"Harapannya agar para stakeholder di Indonesia menaruh perhatian pada perubahan yang terjadi di lingkungan. Terutama terkait perubahan iklim dan masyarakat semakin banyak mendapat informasi terkait perubahan iklim di tanah air," tuturnya ketika mengunjungi stand TPL di event Climate Change Education Forum & Expo 2018 di Medan.
Editor: Amrizal

T#g:MatatelingaSumutTPL Ramah LingkunganTerkinitpl
Komentar
Rabu, 14 Nov 2018 23:07Berita Sumut

Satu Keluarga Korban Pembunuhan, Jenazahnya Tiba di Bandara Kualanmu

Dengan menggunakan dua pesawat komersil dari Jakarta membawa empat jenazah satu keluarga korban pembunuhan sadis di Bekasi, tiba di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (14/11/2018) malam.

Rabu, 14 Nov 2018 20:30Berita Sumut

Korban Tewas Keempat Longsor Nisel Kembali Ditemukan

Korban keempat akibat tanah longsor yang terjadi di Dusun Dua, Desa Suka Maju Mohili, Gomo, Nias Selatan (Nisel), ditemukan Tim SAR gabungan.

Rabu, 14 Nov 2018 20:15Ekonomi

Kurs Jisdor turun 1% menjadi Rp 14.895 per dollar AS

Kurs Jisdor turun 1% menjadi Rp 14.895 per dollar AS.. Bank Indonesia masih menunggu data domestik di mana kurs tengah rupiah melemah cukup dalam kemarin.

Rabu, 14 Nov 2018 20:00Berita Sumut

Balitbang Kaji Potensi dan Daya Tarik Wisata Kota Medan

Pengembangan bidang pariwisata merupakan suatu hal yang perlu dilakukan oleh Pemko Medan mengingat potensi wisata Kota Medan sendiri sangat besar. Untuk mengembangan pariwisata dibutuhkan berbagai pendukung untuk memperlancar jalannya kegiatan

Rabu, 14 Nov 2018 19:45Lifestyle

Beli Produk Harus Mengantisipasi Kemanan dan Kesehatan

Masyarakat dalam mengakses produk yang diinginkan sangat mudah sekarang ini, Namun, harus lebih hati hati. Pasalnya, produsen "kalengan" semakin mudah menjangkau pasarnya. Tentu dengan mengabaikan sisi keamanan dan kesehatan

Rabu, 14 Nov 2018 19:30Berita Sumut

Dua Rekannya Berhasil Kabur, Sedangkan Dirinya Babak Belur Pukuli Warga

Sepandai pandai tupai melompat, sekali kali akan jatuh ketanah. Kata kiasan ini, pantas dilontar terhadap tersangka jambret handpone milik salah seorang pengemudi ojek online.

Rabu, 14 Nov 2018 19:15Berita Sumut

Pemko Medan Tak Terbebani Pencapaian Target PAD

Dengan dicabutnya Perda Kota Medan No. 5 Tahun 2016 tentang Retribusi Izin Gangguan, Pemko Medan tidak terbebani dalam pencapaian target PAD Kota Medan. Sebab, langkah-langkah antisipatif sudah dilakukan Pemko Medan dengan mengoptimalkan potensi PAD pada

Rabu, 14 Nov 2018 19:00Aceh

Kenali Lebih Dekat Alat Pantau Kamla di SPKKL Aceh

Sejumlah pelajar dan taruna dan taruni dari beberapa sekolah dan akademi berkunjung ke SPKKL Aceh untuk melihat dan mengenal lebih dekat tugas yang dijalankan Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Aceh, di Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Be

Rabu, 14 Nov 2018 18:53Berita Sumut

Akhyar & 2 Wakil Ketua DPRD Medan Tinjau Terminal Amplas

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama dua Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli dan Ikhwan Ritonga serta salah seorang anggota DPRD Medan T Aswin ST meninjau Terminal Terpadu Amplas (TTA), Rabu (14/11) petang. Peninjauan dilakukan untuk mel

Rabu, 14 Nov 2018 18:43Lifestyle

Pria dan Wanita Memiliki Beberapa Persamaan

Meskipun ada banyak perbedaan biologis antara pria dan wanita, pada dasarnya pria memiliki beberapa persamaan dengan wanita. Setiap ciptaan tuhan khususnya Manusia yang ada di dunia ini pasti memiliki persamaan, walaupun tidak secara keseluruhan.

Rabu, 14 Nov 2018 18:38Bola

Luka Modric Merasa Optimis Klubnya Menjuarai Liga Champions 2018-2019

Dalam persaingan memburu gelar juara Liga Champions musim 2018-2019, gelandang Real Madrid, Luka Modric memberikan komentar terkait peluang klubnya. Modric optimis Madrid bakal kembali menjadi juara Liga Champions di musim ini.

Rabu, 14 Nov 2018 18:22Berita Sumut

Bupati Soekirman Sampaikan Komitmen Junjung Tinggi dan Peduli HAM

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didaulat sebagai Keynote Speaker pada acara Festival Hak Asasi Manusia (HAM) Indonesia Tahun 2018 bertempat di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, Rabu (14/11). Festival tersebut mengangkat tema Merawat Keberag

Rabu, 14 Nov 2018 18:00Berita Sumut

APBD 2019 Pemkab Sergai Diproyeksikan Rp 1.5 Trilyun

APBD Pemkab Serdangbedagai pada tahun 2019 diproyeksi sebesar Rp 1.570.104.307.000. Jumlah itu didominasi anggaran Belanja Tidak Langsung sebesar Rp 56,50%.

Rabu, 14 Nov 2018 17:30Berita Sumut

Personel Satpol PP Terluka Dilempar Batu Saat Bongkar Bangunan Kios di Jalan Gedung Arca

Tim gabungan Pemko Medan membongkar 8 unit bangunan kios di halaman Perguruan Al Ittihadiyah Jalan Gedung Arca, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Rabu (14/11). Meski berhasil meratakan seluruh bangunan kios dengan tanah namun pembongkaran se

Rabu, 14 Nov 2018 17:15Berita Sumut

Penambahan Anggaran e KTP Rp 3 M di Disdukcapil Dinilai Penting

Anggota DPRD Medan Anton Panggabean yang tergabung di panitia khusus (Pansus) R APBD Pemko Medan TA 2019 mendukung penambahan anggaran Rp 3 Miliar untuk pengadaan tinta dan film e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan. Penam

Rabu, 14 Nov 2018 17:00Berita Sumut

Warga Dua Desa di Kecamatan Lau Baleng Minta Dishut Sumut Tinjau Ulang Penerbitan SK HKM

Puluhan warga Desa Desa Laugarut dan Desa Pintu Angin, mendatangi kantor Dinas Kehutanan Sumut di Jln SM Raja, Medan, Rabu (14/11) siang. Mereka meminta klarifikasi soal terbitnya SK hutan kemasyarakatan (HKM) di dua desa tersebut.