• Home
  • Berita Sumut
  • Tak Pindahkan Napi Kasus Narkoba, Karutan Tanjung Gusta Perlu Dievaluasi

Tak Pindahkan Napi Kasus Narkoba, Karutan Tanjung Gusta Perlu Dievaluasi

Faeza Kamis, 22 Agustus 2019 16:49 WIB
mtc/ist
Meski sudah berstatus narapidana, Kepala Rutan Tanjung Gusta tak kunjung memindahkan ZA ke Lapas Tanjung Gusta Medan. Saat ini ZA masih menghuni Rutan Tanjung Gusta. Persoalan ini pun menjadi sorotan media massa.
MATATELINGA, Medan: Meski sudah berstatus narapidana, Kepala Rutan Tanjung Gusta tak kunjung memindahkan ZA ke Lapas Tanjung Gusta Medan. Saat ini ZA masih menghuni Rutan Tanjung Gusta. Persoalan ini pun menjadi sorotan media massa.

Ahmad Yani, salah seorang praktisi hukum di Medan bahkan meminta agar Karutan dievaluasi.


"Kakanwil Kemenkumham Sumut  harus segera menugaskan Kadiv Pas untk mengevaluasi dan memeriksa Kepala Rutan Tanjung Gusta Medan mengapa Napi ZA abidin tidak juga dipindahkan walau sudah menjalani hukuman 4 tahun," ujar Ahmad Yani,SH, Rabu(21/8).



Menurut Yani, evualuasi itu sangat diperlukan untuk menjawab pertanyaan publik.

"Isunya selama ini napi ZA tidak dipindahkan diduga ada kepentingan tersendiri bagi Rutan,"ujarnya.

Makanya, kata Ahmad Yani turunnya Kadiv Pas memeriksa Karutan Tj.Gusta diharapkan bisa menjawab isu publik tersebut.

Sementara Kakanwil Kemenkumham Sumut diwakili Humasnya Josua Ginting membenarkan napi ZA masih berada di Rutan Tj Gusta.Tapi dia enggak tau apakah perkara ZA sudah inkrack atau belum.




" Saya enggak tau status hukum ZA apakah sudah final atau masih mengajukan upaya hukum lain,"ujar Josua.

Tapi Josua membenarkan overkapasitas tahanan/narapidana di Rutan dan Lapas se Sumut menjadi problema yang terus menerus dicari solusinya. 

Sebelumnya keberadaan napi ZA yang tetap berada di Rutan Tanjung Gusta  dipertanyakan napi lainnya,karena tidak dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan( Lapas)




"Seharusnya terpidana yang sudah divonis hakim dan sedang menjalani hukuman dipindahkan ke lapas," ujar 
Direktur Pusat Studi Pembaharuan Hukum( Puspha) Muslim Muis mengatakan sesuai aturan napi sedang menjalani hukuman segera dipindahkan ke lapas,
bahkan ada napi dipindahkan ke lapas daerah. Tapi nyatanya terpidana ZA masih tetap bertahan di Rutan Tanjung Gusta selama 4 tahun tanpa dipindahkan.

"Ada apa dengannya,kok bisa seperti itu,Kepala Rutan harus bisa menjelaskannya," ujar mantan Wadir LBH Medan itu.

Menurut Muslim,masyarakat patut curiga,kenapa terpidana tidak dipindahkan.Jangan-jangan kecurigaan bahwa terpidana sedang" dimanfaatkan" oknum tertentu bisa jadi benar," ujar Muslim Muis.




Dikabarkan,terpidana Z,A diduga dimanfaatkan oknum didalam Rutan dalam transaksi narkoba.

Kepala Rutan Tanjung Gusta Medan Rudi Sianturi merasa terkejut adanya informasi itu." Saya akan cek dulu,terimakasih infonya,"ujar Karutan.

Namun Rudi tidak menjelaskan jika info itu benar,apakah pihaknya segera memindahkan terpidana ZA.

"Sabar ya,saya akan cek dulu," tukas Rudi. (mtc/rel)

Editor: faeza

T#g:blibliKarutan Tanjung Gusta Perlu DievaluasiRutan tanjung GustaTravelokaMatatelingaTerkini
Komentar
Senin, 17 Feb 2020 15:01Berita Sumut

Ditinggal Anak Melaut, Nenek Ini Tewas Terbakar di Rumah

Seorang wanita berusia 95 tahun tewas seketika dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di Dusun Area, Desa Guntung, Kecamatan Limapuluh Pesisir, Kabupaten Batubara pada Minggu (16/2/2020) pagi kemarin. Wanita tua bernama Sofiah itu diduga terperangkap saa

Senin, 17 Feb 2020 14:52Berita Sumut

MABMI Usulkan ASN Pemko Medan Pakai Pakaian Adat Melayu Setiap Jum'at

Pengurus Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Kota Medan menemui Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi di Balai Kota Medan, Senin (17/2). Selain bersilaturahmi dan memperkenalkan diri, para pengurus juga menyampaikan sejum

Senin, 17 Feb 2020 14:37Berita Sumut

Poldasu Tangkap 94 Tersangka Narkoba, Sita 17 Kg Sabu dan 18 Ribu Butir Ekstasi

Direktorat Narkoba Poldasu menyita 17.685,80 grm (17,68 Kg) sabu dan 18.549 butir ekstasi dalam kurun waktu Januari hingga pertengahan Februari 2020. Barang bukti narkoba itu disita dari 94 orang tersangka. Seorang tersangkanya terpaksa ditembak mati kar

Senin, 17 Feb 2020 13:30Berita Sumut

Seluruh OPD Pemprov Sumut Diminta Tingkatkan Penerapan SAKIP

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) diminta meningkatkan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, dicintai, tatak

Senin, 17 Feb 2020 13:13Berita Sumut

Pertamina Resmikan 2 SPBU di Jalur Tol Medan Tebingtinggi

Pertamina retail meresmikan 2 stasiun Pengisian bahan bakar umum ( SPBU) yang terletak di km 65 jalur tol Medan-Tebingtinggi, Senin (17/2/2020).

Senin, 17 Feb 2020 12:53Berita Sumut

Terkait Pengungkapan Pembunuhan Hakim, Dua Warga Peroleh Penghargaan Kapolda Sumut

Dua orang warga memperoleh penghargaan dari Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin di Lapangan KS Tubun Polda Sumut, Senin (17/2). Penghargaan ini terkait dalam pengungkapan kasus pembunuhan hakim Jamaluddin beberapa waktu lalu.

Senin, 17 Feb 2020 12:30Berita Sumut

3 Anggota Polri di Sumut Peroleh Pin Kapolri

Sebanyak 3 orang anggota Polri yang bertugas di Sumatera Utara memperoleh pin Kapolri. Penyematan itu dilakukan oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin di Lapangan KS Tubun Polda Sumut, Senin (17/2).

Senin, 17 Feb 2020 12:13Berita Sumut

Di Pelantikan PSMTI Sumut, Akhyar Ajak Warga Etnis Tionghoa Cantikkan Medan

Semangat Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi membuat Kota Medan tambah cantik terus disebarkan ke seluruh kalangan lapisan masyarakat dan etnis. Kini, giliran warga etnis

Senin, 17 Feb 2020 11:28Berita Sumut

ASN Pemko Medan & Masyarakat Diimbau Sukseskan SP 2020

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam mensukseskan Sensus Penduduk (SP) 2020. Sebab, tujuan SP 2020 untuk menyed

Senin, 17 Feb 2020 11:00Berita Sumut

Akhyar: Musik Menyatukan Kita

Dangdut merupakan musik asli khas Indonesia. Tentu ini menjadi kekayaan yang tidak dimiliki negara lain dan patut berbangga akan hal tersebut. Oleh karena itu, musik dangdut diharapkan tidak hanya sekedar menjadi musik penghibur semata, tapi juga menjadi

Senin, 17 Feb 2020 10:37Berita Sumut

Majelis Dzikir Al Azka Dikukuhkan

Diawali dengan dzikir Akbar, Bupati Asahan H.Surya yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Asahan melaksanakan pengukuhan Majelis Dzikir Al Azka, Minggu (16/02/2020) di Masjid Agung H.Achmad Bakrie Kisaran.

Senin, 17 Feb 2020 10:22Nasional

Rizky Pecahkan Rekor Dunia Angkat Besi Junior Asia, Rahmat Tumbangkan Rekor Asia

Dua lifter muda Indonesia, Rizky Juniansyah dan Rahmat Erwin Abdullah jadi bintang pada Kejuaraan Angkat Besi Junior Asia 2020. Tampil Pada hari terakhir di Uzbekistan Sports Complex, Uzbekistan, Minggu (16/2/2020), Rizky bukan hanya menyumbangkan 3 emas

Senin, 17 Feb 2020 09:57Berita Sumut

Bikin Cantik Medan, Akhyar Apresiasi Anak Muda Buat Mural di Stadion Teladan

Gerakan Bikin Cantik Medan yang digagas Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menjadi ‘magnet’ bagi warga Kota Medan. Minggu (16/2/2020), Anak Muda Kota Medan yang tergabung dalam komunitas Gerakan Kampung Sendiri ikut menampilkan karyan

Senin, 17 Feb 2020 08:00Lifestyle

Berbaik Sangka Ibarat Lem Yang Membuat Pesaudaraan Sesama Muslim

Setiap muslim diwajibkan berbaik sangka kepada saudaranya sesama muslim. Sebab berbaik sangka itu memperat hubungan antar manusia.

Senin, 17 Feb 2020 07:30Bola

Kedua TIm Menujukkan diri di Lapangan Hijau, 'Mencuri' Kemenangan

Laga dimulai, kedua tim menunjukkan diri untuk saling ngotot untuk bisa mencuri kemenangan. Baik Lazio dan Inter tak ragu melakukan jual beli serangan agar bisa mendapatkan gol di babak pertama ini.

Senin, 17 Feb 2020 07:15Bola

Tiup Pluit Wasit, Juventus Lencarkan Serangan ke Pertahanan Brescia

Sejak babak pertama dimulai, Juventus langsung melancarkan serangan ke pertahanan Brescia. Aaron Ramsey mendapatkan peluang untuk membawa Juventus unggul di menit keempat. Patut disayangkan, bola sepakan eks pemain Arsenal itu masih mampu diblok.