• Home
  • Berita Sumut
  • Tanggapi Langsung Keluhan Warga Wali Kota Pimpin Normalisasi Drainase Di Sunggal

Tanggapi Langsung Keluhan Warga Wali Kota Pimpin Normalisasi Drainase Di Sunggal

Amri/rel Minggu, 18 Maret 2018 15:20 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan: Wali Kota Medan Drs H T dzulmi Eldin S MSi langsung menindaklanjuti keluhan warga terkait banjir yang acap kali terjadi lantaran penyumbatan dan penyempitan drainase. Meski hari libur, Minggu (18/3/2018), Wali Kota usai mengikuti Car Free Day di Lapangan Merdeka  langsung memimpin gotong royong untuk normalisasi drainase di Jalan Seroja Lingkungan 5,6 dan 14, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal.



Berdasarkan informasi yang diterima dari Kepala Lingkungan 5, Kelurahan Sunggal Supriadi mengungkapkan, belakangan ini hujan setengah jam saja, sepanjang Jalan Seroja sudah banjir setinggi setengah meter. Kondisi itu terjadi akibat drainase yang ada mengalami penyumbatan serta pendangkalan. Di tambah lagi drainase mengalami penyempitan sepanjang 50 meter di  Jalan Beringin sehingga kelancaran buangan air menuju Sungai Bederah terganggu.

"Dulu drainase ini lebarnya 2 meter, sekarang lebarnya tak sampai 1 meter, bahkan mendekati pembuangan menuju Sungai Bendera semakin menyempit sehingga lebarnya sekarang tinggal 50 cm. Bagaimana tidak banjir, sebab semua pembuangan air menuju Sungai Bederah melalui drainase ini," kata Supriadi.



Dalam melakukan normalisasi tersebut, Wali Kota minta kepada Kadis Pekerjaan Umum (PU) Khairul Syahnan untuk menurunkan sejumlah alat berat seperti spider excavator, beko mini, skid loader, truk serta puluhan pekerja guna mendukung kelancaran normalisasi. Di samping itu normalisasi juga dibantu jajaran Kecamatan Medan Sunggal, personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) serta pemuda Kosgoro 1957.

Setibanya di lokasi, Wali Kota yang hadir didampingi, Kadis PU, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli, anggota DPRD Medan Ilhamsyah, Sekwan DPRD Medan Abd Azis, Kadis Kebersihan dan Pertamanan HM Husni, Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Sampurno Pohan, Kabag Humasy Ridho Nasution, Kabag Hukum Bambang serta Camat Medan Sunggal Indra Mulia, langsung mengecek kondisi drainase yang dikeluhkan warga tersebut.



Dari penelusuran yang dilakukan Wali Kota, apa yang dikeluhkan warga ternyata terbukti. Mantan Wali kota dan Sekda Kota Medan itu pun memerintahkan Dinas PU melakukan Normalisasi. Spider Excavator, skid loader maupun beko mini pun langsung bekerja mengeruk drainase untuk mengatasi penyumbatan sekaligus melakukan pengikisan sehingga lebar drainase pun bertambah.

"Selain mengorek untuk memperdalam kembali drainase, kita juga melakukan pelebaran sehingga daya tampung drainase bertambah. Dengan demikian ketika hujan deras turun, drainase ini mampun menampung debit air hujan dan mengalirkannya menuju Singai Bederah. Dengan normalisasi yang dilakukan ini,  insya Allah mampu meminimalisir banjir yang selama ini terjadi," kata Wali Kota.

 Agar pelebaran yang dilakukan tidak sia-sia, Wali Kota pun minta kepada Kadis PU agar membenton dinding drainase yang berbatasan langsung dengan tanah kosong. "Pembetonan ini perlu dilakukan agar pingiran drainase tidak amblas  akibat tergerus air sehingga menyebabkan pendangkalan dan penyempitan kembali," ungkapnya.

Proses normalisasi berjalan dengan lancar, tanpa kesulitan tiga unit alat berat yang diturunkan berhasil mendalamkan dan melebarkan drainase kembali dipimpin langsung Plt Kabid Drainase Edi Zalman. Khusus drainase sepanjang 50 meter yang mengalami penyempitan di Jalan Beringin menuju Sungai bederah, Wali kota minta kepada Kadis PU segera mengatasinya. "Saya ingin warga disini terbebas dari banjir!" tegasnya.

Warga sekitar sangat gembira dengan dilakukannya normalisasi, sebab mereka sudah bosan kawasan tempat tinggalnya selalu menjadi langganan banjir sehingga sangt mengganggu aktifitas warga. Tak bosan-bosannya mereka mengucapkan terima kasih sambil silih berganti menjabat tangan Wali Kota. Apalagi Wali Kota pun mengatakan Jalan Seroja tahun ini akan dilakukan pembetonan.

 Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli didampingi anggota DPRD Medan Ilhamsyah, mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota, terkhusus Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan beserta jajarannya yang telah menurunkan  tiga unit armada alat beratnya, belasan truk serta 50 personil  dalam  menormalisasi drainase tersebut.

"Kita sangat berterima kasih kepada Bapak Wali Kota Medan yang cepat merespon semua keluh kesah masyarakat kota Medan, terutama warga Jalan Seroja. Kita berharap  normalisasi yang dilakukan ini mampu mengatasi keluhan warga selama ini," ungkap Iswanda.

Selanjutnya pria yang akrab disapa Nanda itu, tak lupa mengajak warga sekitar untuk selalu menjaga kebersihan drainase yang baru selesai dinormalisasi. Dengan kepedulian dan dukungan penuh warga, politisi dari partai Golkar itu pun drainase tetap terpelihara dan berfungsi dengan baik sehingga banjir pun dapat diminalisir.

Sementara itu Kadis PU Kota Medan Kahirul Syahnan didampingi Plt Kabid Drainase mengatakan, normalisasi akan dilanjutkan hingga mengatasi penyempitan yang terjadi di Jalan Beringin sehingga aliran air menuju Sungai Bederah terganggu.  Di samping itu pihaknya juga akan melakukan pembetonan dinding draianse yang berbatasan dengan tanah kosong.

"Pembetonan rencananya kita lakukan tahun ini, sebab  anggarannya telah ditampung tahun ini, termasuk pembetonan Jalan Seroja. Kita milih pembetonan agar lebih kuat dan tahan lama, sebab pengaspalan yang telah kita lakukan tidak bertahan lama sehingga mengelupas  kembali sehingga sangat mengganggu kenyamanan warga yang melintasinya," jelas Syahnan.

Sedangkan Camat Sunggal  Indra Mulia,  sangat berterima kasih atas kepedulian Kosgoro 1957 kota Medan yang diketuai Iswanda Nanda Ramli,khususnya Kosgoro 1957 Kecamatan Medan Sunggal yang telah berinisiatif menggelar gotong royong  dan membantu normalisasi drainase bersama Dinas PU Medan.


(mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:Car Free DayLapangan MerddekaMatatelinga
Komentar
Senin, 16 Sep 2019 09:15Internasional

NASA Kirim Manusia Pada Tahun 2024

Beberapa negara seperti Amerika, China, Rusia, India, Korea Selatan, Jepang, dan Korea Utara pun berlomba untuk mengirim manusia ke Bulan

Senin, 16 Sep 2019 09:00Bola

Liga Italia 2019-2020, Minggu 15 September 2019, ini Hasil Laganya

Laga lanjutan pekan ketiga Liga Italia 2019-2020, sejumlah pertandingan yang seru dan menarik terjadi semalam

Senin, 16 Sep 2019 08:45Bola

Liga Spanyol 2019-2020, Minggu 15 September 2019, ini Hasil Laganya

Pekan keempat Liga Spanyol 2019-2020, laga-laga ketat mewarnai yang dihelat Minggu 15 September malam WIB hingga Minggu

Senin, 16 Sep 2019 08:30Bola

Liga Inggris 2019-2020, Minggu 15 September 2019, ini Hasil laganya

Pekan kelima Liga Inggris 2019-2020, sebanyak dua pertandingan usai digelar, Minggu 15 September malam hingga Senin

Senin, 16 Sep 2019 08:15Lifestyle

Kenali Ramuan Tongkat Madura yang Bikin Miss V Jadi Rapat, ini Dokter

Tidak jarang, banyak yang mengambil jalan pintas dan menggunakan produk perapat Miss V yang dijual di pasaran. Salah satu yang sudah menjadi hits sejak dulu adalah tongkat Madura

Senin, 16 Sep 2019 08:00Bola

Maurizio Sarri dan Antonio Conte "Perang"

Pada pekan ketujuh Liga Italia 2019-2020 perjumpaan antara Juventus dan Inter Milan baru akan terjadi

Senin, 16 Sep 2019 07:45Lifestyle

Ingin Amal Ibadah Diterima Allah, ini Doanya

Setiap selepas shalat pasti Anda berdoa agar diterima segala amal dan ibadah, serta memohon ampun atas segala dosa-dosa

Senin, 16 Sep 2019 07:30Ekonomi

Dua Kilang Minyak Saudi Aramco Diserang

Arab Saudi memangkas produksi minyak dan gas menyusul serangan pesawat tanpa awak atau drone, serangan tersebut telah mengurangi produksi minyak mentah sebesar 5,7 juta barel per hari

Senin, 16 Sep 2019 07:15Berita Sumut

Dua Tersangka Pengedar Narkoba Diamankan Sat.Res.Narkoba Polres Sibolga

Dua tersangka pelaku tindak kejahatan narkotika berhasil diamankan opsnal Sat.Res.Narkoba Polres Sibolga, kedua tersangka masing masing tersangka “WH”,24, warga Jalan Kolonel EE Sigalingging Kelurahanan A.Parombunan Sibolga dan tersangka “DMS” ,25, warga

Senin, 16 Sep 2019 07:15Lifestyle

Ingin Bangun Subuh Tepat Waktu, ini Caranya

Tapi tidak semua orang bisa melaksanakan shalat Subuh tepat waktu karena bisa jadi orang tersebut bangun menjelang matahari terbit, atau bahkan saat matahari sudah terbit

Senin, 16 Sep 2019 07:00Nasional

Lagi, Driver Taksi Online Dibegal Penumpang

Ketika mengantar penumpangnya ke Jalan Bintaro Raya, Sektor IIIA, depan Ruko Graha Marcela, Pondok Karya, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel)

Senin, 16 Sep 2019 06:45Bola

Inter Milan Memuncaki Klasemen Sementara Liga Italia 2019-2020

Performa cemerlang yang ditampilkan Inter di awal musim ini sejatinya membuat tim berjuluk Nerazzurri itu difavoritkan menjadi penantang terkuat dalam perburuan gelar juara Liga Italia. Meski demikian, menurut Manolas masih terlalu dini untuk membicarakan

Senin, 16 Sep 2019 06:30Nasional

Hanya Uang Rp 14 Ribu, Nenek di Bacok dan di Bakar Oleh Pelaku , Coba Kelabui Polisi

Karena sudah kerjaan kepolisian setiap penanganan kasus tindak pidana.Terbukti, Polisi berhasil mengungkap kasus pembunuhan seorang nenek bernama Iyah ,60, warga Desa Jayabakti, Kabupaten Garut, ditemukan tewas terbakar di sebuah gubuk, di Kampung Lebak

Senin, 16 Sep 2019 06:15Berita Sumut

Seratusan Prajurit Yonif 123/RW Dikirim ke Riau Bantu Atasi Karhutla

Seratusan Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 123/Rajawali dikirim ke Provinsi Riau untuk membantu penanganan bencana kabut asap akibat Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan), Minggu (15/9/2019).

Senin, 16 Sep 2019 06:00Bola

Laga Berjalan Seru Sejak Awal, Kedua Timnas

Kedua tim saling jual beli serangan. Hellas Verona memetik peluang menit dua lewat sundulan Valerio Verre yang masih melambung, sementara AC Milan lewat tembakan keras Krzysztof Piatek dua menit kemudian. Laga berjalan seru sejak awal.

Minggu, 15 Sep 2019 22:30Berita Sumut

Tercapainya Kesepakatan BODT Dan Masyarakat Sigapiton

Seusai rapat mediasi BODT antara masyarakat Motung dan Sigapiton, tercapai kesepakatan dikedua belah pihak