• Home
  • Berita Sumut
  • Tanggapi Langsung Keluhan Warga Wali Kota Pimpin Normalisasi Drainase Di Sunggal

Tanggapi Langsung Keluhan Warga Wali Kota Pimpin Normalisasi Drainase Di Sunggal

Amri/rel Minggu, 18 Maret 2018 15:20 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan: Wali Kota Medan Drs H T dzulmi Eldin S MSi langsung menindaklanjuti keluhan warga terkait banjir yang acap kali terjadi lantaran penyumbatan dan penyempitan drainase. Meski hari libur, Minggu (18/3/2018), Wali Kota usai mengikuti Car Free Day di Lapangan Merdeka  langsung memimpin gotong royong untuk normalisasi drainase di Jalan Seroja Lingkungan 5,6 dan 14, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal.



Berdasarkan informasi yang diterima dari Kepala Lingkungan 5, Kelurahan Sunggal Supriadi mengungkapkan, belakangan ini hujan setengah jam saja, sepanjang Jalan Seroja sudah banjir setinggi setengah meter. Kondisi itu terjadi akibat drainase yang ada mengalami penyumbatan serta pendangkalan. Di tambah lagi drainase mengalami penyempitan sepanjang 50 meter di  Jalan Beringin sehingga kelancaran buangan air menuju Sungai Bederah terganggu.

"Dulu drainase ini lebarnya 2 meter, sekarang lebarnya tak sampai 1 meter, bahkan mendekati pembuangan menuju Sungai Bendera semakin menyempit sehingga lebarnya sekarang tinggal 50 cm. Bagaimana tidak banjir, sebab semua pembuangan air menuju Sungai Bederah melalui drainase ini," kata Supriadi.



Dalam melakukan normalisasi tersebut, Wali Kota minta kepada Kadis Pekerjaan Umum (PU) Khairul Syahnan untuk menurunkan sejumlah alat berat seperti spider excavator, beko mini, skid loader, truk serta puluhan pekerja guna mendukung kelancaran normalisasi. Di samping itu normalisasi juga dibantu jajaran Kecamatan Medan Sunggal, personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) serta pemuda Kosgoro 1957.

Setibanya di lokasi, Wali Kota yang hadir didampingi, Kadis PU, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli, anggota DPRD Medan Ilhamsyah, Sekwan DPRD Medan Abd Azis, Kadis Kebersihan dan Pertamanan HM Husni, Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Sampurno Pohan, Kabag Humasy Ridho Nasution, Kabag Hukum Bambang serta Camat Medan Sunggal Indra Mulia, langsung mengecek kondisi drainase yang dikeluhkan warga tersebut.



Dari penelusuran yang dilakukan Wali Kota, apa yang dikeluhkan warga ternyata terbukti. Mantan Wali kota dan Sekda Kota Medan itu pun memerintahkan Dinas PU melakukan Normalisasi. Spider Excavator, skid loader maupun beko mini pun langsung bekerja mengeruk drainase untuk mengatasi penyumbatan sekaligus melakukan pengikisan sehingga lebar drainase pun bertambah.

"Selain mengorek untuk memperdalam kembali drainase, kita juga melakukan pelebaran sehingga daya tampung drainase bertambah. Dengan demikian ketika hujan deras turun, drainase ini mampun menampung debit air hujan dan mengalirkannya menuju Singai Bederah. Dengan normalisasi yang dilakukan ini,  insya Allah mampu meminimalisir banjir yang selama ini terjadi," kata Wali Kota.

 Agar pelebaran yang dilakukan tidak sia-sia, Wali Kota pun minta kepada Kadis PU agar membenton dinding drainase yang berbatasan langsung dengan tanah kosong. "Pembetonan ini perlu dilakukan agar pingiran drainase tidak amblas  akibat tergerus air sehingga menyebabkan pendangkalan dan penyempitan kembali," ungkapnya.

Proses normalisasi berjalan dengan lancar, tanpa kesulitan tiga unit alat berat yang diturunkan berhasil mendalamkan dan melebarkan drainase kembali dipimpin langsung Plt Kabid Drainase Edi Zalman. Khusus drainase sepanjang 50 meter yang mengalami penyempitan di Jalan Beringin menuju Sungai bederah, Wali kota minta kepada Kadis PU segera mengatasinya. "Saya ingin warga disini terbebas dari banjir!" tegasnya.

Warga sekitar sangat gembira dengan dilakukannya normalisasi, sebab mereka sudah bosan kawasan tempat tinggalnya selalu menjadi langganan banjir sehingga sangt mengganggu aktifitas warga. Tak bosan-bosannya mereka mengucapkan terima kasih sambil silih berganti menjabat tangan Wali Kota. Apalagi Wali Kota pun mengatakan Jalan Seroja tahun ini akan dilakukan pembetonan.

 Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli didampingi anggota DPRD Medan Ilhamsyah, mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota, terkhusus Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan beserta jajarannya yang telah menurunkan  tiga unit armada alat beratnya, belasan truk serta 50 personil  dalam  menormalisasi drainase tersebut.

"Kita sangat berterima kasih kepada Bapak Wali Kota Medan yang cepat merespon semua keluh kesah masyarakat kota Medan, terutama warga Jalan Seroja. Kita berharap  normalisasi yang dilakukan ini mampu mengatasi keluhan warga selama ini," ungkap Iswanda.

Selanjutnya pria yang akrab disapa Nanda itu, tak lupa mengajak warga sekitar untuk selalu menjaga kebersihan drainase yang baru selesai dinormalisasi. Dengan kepedulian dan dukungan penuh warga, politisi dari partai Golkar itu pun drainase tetap terpelihara dan berfungsi dengan baik sehingga banjir pun dapat diminalisir.

Sementara itu Kadis PU Kota Medan Kahirul Syahnan didampingi Plt Kabid Drainase mengatakan, normalisasi akan dilanjutkan hingga mengatasi penyempitan yang terjadi di Jalan Beringin sehingga aliran air menuju Sungai Bederah terganggu.  Di samping itu pihaknya juga akan melakukan pembetonan dinding draianse yang berbatasan dengan tanah kosong.

"Pembetonan rencananya kita lakukan tahun ini, sebab  anggarannya telah ditampung tahun ini, termasuk pembetonan Jalan Seroja. Kita milih pembetonan agar lebih kuat dan tahan lama, sebab pengaspalan yang telah kita lakukan tidak bertahan lama sehingga mengelupas  kembali sehingga sangat mengganggu kenyamanan warga yang melintasinya," jelas Syahnan.

Sedangkan Camat Sunggal  Indra Mulia,  sangat berterima kasih atas kepedulian Kosgoro 1957 kota Medan yang diketuai Iswanda Nanda Ramli,khususnya Kosgoro 1957 Kecamatan Medan Sunggal yang telah berinisiatif menggelar gotong royong  dan membantu normalisasi drainase bersama Dinas PU Medan.


(mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:Car Free DayLapangan MerddekaMatatelinga
Komentar
Kamis, 23 Jan 2020 21:39Nasional

Putri Tanjung Tokoh Milenial Yang Akan Tampil di HPN Kalsel 2020

Pertemuan Staf Khusus Presiden Joko Widodo yang juga CEO dan Founder Creativepreneur Putri Indahsari Tanjung, serta Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari di Kantor PWI Pusat, Lantai 4 Gedung Dewan Pers

Kamis, 23 Jan 2020 21:34Berita Sumut

Kasat Narkoba AKP Rasmaju Tarigan SH : Ini Ungkapan Selama Dua Bulan

Polres Tanah Karo terus membelah dan mempersempit ruang gerak para pelaku penyalah gunaan narkotika. Ini terbukti dari dua bulan terakhir, melalui Satuan Narkoba berhasil mengamankan sebanyak 13 pelaku penyalah gunaan narkotika tersebut

Kamis, 23 Jan 2020 20:06Berita Sumut

Optimalkan Serapan Garam Negeri, Tataniaga Impor Garam Harus Diubah

Serapan garam dalam negeri hingga kini belum optimal, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pun menyarankan pemerintah melakukan perubahan tataniaga impor garam industri.

Kamis, 23 Jan 2020 19:47Berita Sumut

Sepuluh Kali Beraksi, Spesialis Curat Terkapat di Terjang Timah Panas

Polsek Medan Kota melakukan tindakan tegas terukur terhadap seorang tersangka spesialis pencurian dengan pemberatan (curat) sasaran sepeda motor yang sudah 10 kali beraksi.

Kamis, 23 Jan 2020 19:19Berita Sumut

Empat Pelaku Pencurian di Tembak Petugas Unit Jatanras Polres Asahan

Empat pelaku bongkar rumah dan pencurian hp di kios ponsel dibekuk petugas Unit Jatanres Sat Reskrim Polres Asahan. Ke empat nya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas dibagian kakinya karena berusaha melawan petugas dan melarikan diri saat hendak ditan

Kamis, 23 Jan 2020 19:00Nasional

Kemendagri Serahkan DP4 ke KPU untuk Pilkada 2020

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) untuk Pilkada Serentak Tahun 2020. Penyerahan DP4 dilakukan langsung

Kamis, 23 Jan 2020 18:45Berita Sumut

Pengangkatannya Digugat di PTUN- kan, Ini Tanggapan Plt Dirut PD Pasar

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Umum (Dirut) PD Pasar Kota Medan Nasib menegaskan, dirinya bersama Plt Dirut Operasional Gelora KP Ginting akan tetap menjalankan tugas seperti biasanya di perusahaan milik Pemko Medan yang menangani seluruh pasar di Kota Me

Kamis, 23 Jan 2020 18:30Berita Sumut

Kantongi Sabu Paket Rp50 Ribu, Dua Pria Ini Berakhir di Jeruji Polsek Patumbak

Polsek Patumbak menyita barang bukti satu paket narkotika jenis sabu-sabu seharga Rp 50 ribu dari dua pria, masing-masing berinisial IS (34), warga Jalan Pasar X Tembung dan MR (35), warga Jalan Prof HM Yamin Gang Ulung, Medan Perjuangan, Senin (20/1) so

Kamis, 23 Jan 2020 18:15Berita Sumut

Pangdam I/BB Hadiri Rakorpim Kemhan RI TA 2020

Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah turut menghadiri Rapat Koordinasi Pimpinan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Rakorpim Kemhan RI) TA 2020 yang digelar di Gedung Kemhan RI, Jln Medan Merdeka Barat, Kamis (23/1/2020).

Kamis, 23 Jan 2020 18:00Berita Sumut

Jelang Imlek, MPW PP Sumut Beri Santunan ke Warga Asia Mega Mas

MPW PP Sumut menggelar bakti sosial (baksos) dalam rangka memperingati perayaan Imlek 2020 dengan membagikan 400 paket sembako kepada kaum dhuafa di Komplek Asia Mega Mas, Jln Asia Medan, Kamis (20/1/2020).

Kamis, 23 Jan 2020 17:45Berita Sumut

Seluruh Warga Medan Diminta Dukung Pelaksanaan SP 2020

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mendukung penuh pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020 yang akan berlangsung mulai 15 Februari sampai 31 Maret mendatang. Untuk itu seluruh warga Kota Medan diajak ikut serta proaktif menduku

Kamis, 23 Jan 2020 17:00Berita Sumut

Seluruh Jaringan Kabel di Kota Medan Bakal Dipindahkan Ke Bawah Tanah

Apresiasi disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyusul akan ditertibkannya seluruh jaringan kabel yang ada di kota Medan. Seluruh jaringan kabel yang selama ini berada di udara akan dipindahkan ke bawah tanah denga

Kamis, 23 Jan 2020 16:30Berita Sumut

Penyandang Disabilitas Turut Serta Ramaikan Pendaftaran PPK Medan

Menjadi panitia pemilihan umum tak harus normal. Orang dengan kebutuhan khusus juga bisa menjadi panitia jika lulus seleksi.

Kamis, 23 Jan 2020 16:00Berita Sumut

Pemkab Sergai Sosialisasi Program Penghapusan Sanksi Administrasi PBB Tahun 2020

Pemkab Sergai menggelar sosialisasi Program Penghapusan Sanksi Administrasi PBB Tahun 2020 di Balai Karyawan Desa Sei Bamban Estate Kecamatan Sei Bamban, Kamis, 23 Januari 2020. Hadir dalam kegiatan itu Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman, Wakil Bupati

Kamis, 23 Jan 2020 15:35Berita Sumut

Kajatisu Amir Yanto Silaturahmi ke DPRD Sumut

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Dr Amir Yanto, SH, MM, MH bersilaturahmi dengan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting (F-PDI Perjuangan) di kantor DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (23/1/2020).

Kamis, 23 Jan 2020 14:51Berita Sumut

Akhyar Dukung Pengembangan UINSU

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menerima rombongan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) di Rumah Dinas Wali Kota Medan Jl. Sudirman, Kamis (23/1). Kedatangan rombongan yang dipimpin Ketua Senat UINSU Prof DR H Mu