• Home
  • Berita Sumut
  • Tanggapi Langsung Keluhan Warga Wali Kota Pimpin Normalisasi Drainase Di Sunggal

Tanggapi Langsung Keluhan Warga Wali Kota Pimpin Normalisasi Drainase Di Sunggal

Amri/rel Minggu, 18 Maret 2018 15:20 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan: Wali Kota Medan Drs H T dzulmi Eldin S MSi langsung menindaklanjuti keluhan warga terkait banjir yang acap kali terjadi lantaran penyumbatan dan penyempitan drainase. Meski hari libur, Minggu (18/3/2018), Wali Kota usai mengikuti Car Free Day di Lapangan Merdeka  langsung memimpin gotong royong untuk normalisasi drainase di Jalan Seroja Lingkungan 5,6 dan 14, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal.



Berdasarkan informasi yang diterima dari Kepala Lingkungan 5, Kelurahan Sunggal Supriadi mengungkapkan, belakangan ini hujan setengah jam saja, sepanjang Jalan Seroja sudah banjir setinggi setengah meter. Kondisi itu terjadi akibat drainase yang ada mengalami penyumbatan serta pendangkalan. Di tambah lagi drainase mengalami penyempitan sepanjang 50 meter di  Jalan Beringin sehingga kelancaran buangan air menuju Sungai Bederah terganggu.

"Dulu drainase ini lebarnya 2 meter, sekarang lebarnya tak sampai 1 meter, bahkan mendekati pembuangan menuju Sungai Bendera semakin menyempit sehingga lebarnya sekarang tinggal 50 cm. Bagaimana tidak banjir, sebab semua pembuangan air menuju Sungai Bederah melalui drainase ini," kata Supriadi.



Dalam melakukan normalisasi tersebut, Wali Kota minta kepada Kadis Pekerjaan Umum (PU) Khairul Syahnan untuk menurunkan sejumlah alat berat seperti spider excavator, beko mini, skid loader, truk serta puluhan pekerja guna mendukung kelancaran normalisasi. Di samping itu normalisasi juga dibantu jajaran Kecamatan Medan Sunggal, personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) serta pemuda Kosgoro 1957.

Setibanya di lokasi, Wali Kota yang hadir didampingi, Kadis PU, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli, anggota DPRD Medan Ilhamsyah, Sekwan DPRD Medan Abd Azis, Kadis Kebersihan dan Pertamanan HM Husni, Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Sampurno Pohan, Kabag Humasy Ridho Nasution, Kabag Hukum Bambang serta Camat Medan Sunggal Indra Mulia, langsung mengecek kondisi drainase yang dikeluhkan warga tersebut.



Dari penelusuran yang dilakukan Wali Kota, apa yang dikeluhkan warga ternyata terbukti. Mantan Wali kota dan Sekda Kota Medan itu pun memerintahkan Dinas PU melakukan Normalisasi. Spider Excavator, skid loader maupun beko mini pun langsung bekerja mengeruk drainase untuk mengatasi penyumbatan sekaligus melakukan pengikisan sehingga lebar drainase pun bertambah.

"Selain mengorek untuk memperdalam kembali drainase, kita juga melakukan pelebaran sehingga daya tampung drainase bertambah. Dengan demikian ketika hujan deras turun, drainase ini mampun menampung debit air hujan dan mengalirkannya menuju Singai Bederah. Dengan normalisasi yang dilakukan ini,  insya Allah mampu meminimalisir banjir yang selama ini terjadi," kata Wali Kota.

 Agar pelebaran yang dilakukan tidak sia-sia, Wali Kota pun minta kepada Kadis PU agar membenton dinding drainase yang berbatasan langsung dengan tanah kosong. "Pembetonan ini perlu dilakukan agar pingiran drainase tidak amblas  akibat tergerus air sehingga menyebabkan pendangkalan dan penyempitan kembali," ungkapnya.

Proses normalisasi berjalan dengan lancar, tanpa kesulitan tiga unit alat berat yang diturunkan berhasil mendalamkan dan melebarkan drainase kembali dipimpin langsung Plt Kabid Drainase Edi Zalman. Khusus drainase sepanjang 50 meter yang mengalami penyempitan di Jalan Beringin menuju Sungai bederah, Wali kota minta kepada Kadis PU segera mengatasinya. "Saya ingin warga disini terbebas dari banjir!" tegasnya.

Warga sekitar sangat gembira dengan dilakukannya normalisasi, sebab mereka sudah bosan kawasan tempat tinggalnya selalu menjadi langganan banjir sehingga sangt mengganggu aktifitas warga. Tak bosan-bosannya mereka mengucapkan terima kasih sambil silih berganti menjabat tangan Wali Kota. Apalagi Wali Kota pun mengatakan Jalan Seroja tahun ini akan dilakukan pembetonan.

 Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli didampingi anggota DPRD Medan Ilhamsyah, mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota, terkhusus Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan beserta jajarannya yang telah menurunkan  tiga unit armada alat beratnya, belasan truk serta 50 personil  dalam  menormalisasi drainase tersebut.

"Kita sangat berterima kasih kepada Bapak Wali Kota Medan yang cepat merespon semua keluh kesah masyarakat kota Medan, terutama warga Jalan Seroja. Kita berharap  normalisasi yang dilakukan ini mampu mengatasi keluhan warga selama ini," ungkap Iswanda.

Selanjutnya pria yang akrab disapa Nanda itu, tak lupa mengajak warga sekitar untuk selalu menjaga kebersihan drainase yang baru selesai dinormalisasi. Dengan kepedulian dan dukungan penuh warga, politisi dari partai Golkar itu pun drainase tetap terpelihara dan berfungsi dengan baik sehingga banjir pun dapat diminalisir.

Sementara itu Kadis PU Kota Medan Kahirul Syahnan didampingi Plt Kabid Drainase mengatakan, normalisasi akan dilanjutkan hingga mengatasi penyempitan yang terjadi di Jalan Beringin sehingga aliran air menuju Sungai Bederah terganggu.  Di samping itu pihaknya juga akan melakukan pembetonan dinding draianse yang berbatasan dengan tanah kosong.

"Pembetonan rencananya kita lakukan tahun ini, sebab  anggarannya telah ditampung tahun ini, termasuk pembetonan Jalan Seroja. Kita milih pembetonan agar lebih kuat dan tahan lama, sebab pengaspalan yang telah kita lakukan tidak bertahan lama sehingga mengelupas  kembali sehingga sangat mengganggu kenyamanan warga yang melintasinya," jelas Syahnan.

Sedangkan Camat Sunggal  Indra Mulia,  sangat berterima kasih atas kepedulian Kosgoro 1957 kota Medan yang diketuai Iswanda Nanda Ramli,khususnya Kosgoro 1957 Kecamatan Medan Sunggal yang telah berinisiatif menggelar gotong royong  dan membantu normalisasi drainase bersama Dinas PU Medan.


(mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:Car Free DayLapangan MerddekaMatatelinga
Komentar
Selasa, 19 Mar 2019 22:30Berita Sumut

Polres Belawan & FKUB Medan Gelar "Pembinaan Kerukunan Umat Beragama"

Pemko Medan melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bekerjasama dengan Polres Pelabuhan Belawan

Selasa, 19 Mar 2019 22:15Berita Sumut

Dua Anak Balita Tewas Terbakar Dalam Mobil Rongsokan

Dua anak yang masih di bawah umur masing masing “MP” (2,5) dan “DAP” (5) kedua putri kecil

Selasa, 19 Mar 2019 22:00Bola

McGregor: Solskjaer Orang yang Spesial

Petarung gaya bebas, Conor McGregor, dikenal sebagai pendukung Manchester United.

Selasa, 19 Mar 2019 21:45Bola

Lionel Messi Dikabarkan Hengkang Dari Barcelona

Lionel Messi merupakan salah satu pemain terbaik dunia dalam sedekade terakhir bersama Cristiano Ronaldo.

Selasa, 19 Mar 2019 21:30Berita Sumut

Pemko Medan Dan Kodam I/BB Bersih-Bersih Sungai Bedera

Pemko Medan bersama Kodam I/BB akan menggelar kegiatan bersih-bersih Sungai Bedera, Jumat (22/3/2019) mendatang. Selain itu, aksi bersih-bersih tersebut juga melibatkan unsur Polda Sumut, Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II, pihak kecamatan, organisas

Selasa, 19 Mar 2019 21:15Nasional

Mutasi Jabatan dan Promosi 72 Pati TNI

Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi

Selasa, 19 Mar 2019 21:00Berita Sumut

Pemko Medan & BNNP Sumut Bersinergi Berantas Narkoba

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH berharap Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatra Utara terus membantu Pemko Medan dalam menangani masalah narkoba yang ada di Kota Medan. Selain itu, Wali Kota juga mengapresiasi kinerja BNNP Sumut s

Selasa, 19 Mar 2019 20:45Berita Sumut

Wali Kota Dinobatkan Sebagai Indonesia Visioner Leader

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH bersama sejumlah kepala daerah di Indonesia akan menerima penghargaan Indonesia Visioner Leader dalam Acara Silaturahmi Nusantara yang akan berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta, Jumat (29/3/2019) mendatang.

Selasa, 19 Mar 2019 20:35Nasional

Lagi-Lagi Gunung Merapi Tunjukkan "Kemarahannya"

Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas

Selasa, 19 Mar 2019 20:30Berita Sumut

Sekdaprov Sumut Buka Musrenbang Kabupaten Deli Serdang

Sekertaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprov Sumut), Dr Ir Hj R Sabrina MSi membuka musyarawah perencanaan pembangunan (Musrenbang ) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) daerah Kabupaten Deli Serdang tahun 2020, Selasa (19/3/2019) di Prime Plaza Hotel K

Selasa, 19 Mar 2019 20:15Berita Sumut

Penampilan Debat Cawapres No 1, Mahfud MD Memberi Tanggapan

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD memberi tanggapan dengan penampilan Cawapres Nomor Urut 01 KH Ma'ruf Amin di acara Debat Cawapres beberapa malam lalu.

Selasa, 19 Mar 2019 20:00Berita Sumut

Polsek Medan Baru Musnahkan Barang Bukti Narkoba Jenis sabu sabu

Polsek Medan baru melakukan pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 1,5 kilo gram, yang dilaksankan di halaman Apel Mapolsek Medan Baru Selasa (19/3/ 2019) siang

Selasa, 19 Mar 2019 19:45Berita Sumut

Mahfud MD: Jauh Jauh Hari Sudah Kita Ingatkan Ketum DPP Romahurmuziy

Jauh-jauh hari sudah Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD sudah mengingatkan Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy yang kerap disapa Romi sebelum terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Selasa, 19 Mar 2019 19:30Berita Sumut

Supir Mobil yang Nyemplung ke Danau Toba Ditemukan Meninggal

Tim SAR gabungan akhirnya menemukan Bukti Siregar (70), pengemudi mobil yang terjun ke Danau Toba, Selasa (19/3). Korban ditemukan dalam kondisi meninggal di dalam mobilnya yang tenggelam.

Selasa, 19 Mar 2019 19:15Berita Sumut

Buron Hampir Setahun, Perampok Sadis di Tol H Anif Dibedil Polisi

Seorang pelaku perampokan sadis yang nyaris merenggut nyawa pengemudi Gojek, Fakri Husaini (23) di Jalan Cemara/Tol H Anif, Rabu (30/5/2018) tahun lalu, dibekuk Tim Pegasus Polrestabes Medan. Polisi terpaksa melumpuhkan kedua kaki tersangka berinisial Yus

Selasa, 19 Mar 2019 19:00Berita Sumut

Umat Islam Sumut Kutuk Aksi Teroris di Dua Mesjid di Selandia Baru

Ribuan umat Islam di Sumatera Utara menggeruduk Kantor Australia Centre Medan di Jalan Kartini, Selasa (19/3/2019). Mereka mengutuk keras serangan di dua mesjid di Selandia Baru yang menyebabkan puluhan jamaah meninggal dunia.