Tengku Erry Dilantik Jadi Ketua MES Wilayah Sumut

Amr/rel Selasa, 27 Februari 2018 08:13 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:  Gubsu Dr. Ir. HT. Erry Nuradi, MSi dilantik menjadi Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Wilayah Sumatera Utara Periode Tahu 2017 - 2022,  Senin (26/2/2018) di aula Raja Inal Siregar Lt. 2 Kantor Gubsu. Gubsu langsung dilantik Ketua Umum MES Wimboh Santoso bersama pengurus wilayah MES Sumut lainnya.



Gubsu Erry pada kesempatan itu mengharapkan tahun 2018 sebagai tahun gelombang kebangkitan ketiga Gerakan Ekonomi Syariah  di Sumatera Utara. "Kedepan MES Sumut akan lebih menggeliat lagi untuk mengembangkan perekonomian di Sumatera Utara (Sumut)," ujar Erry.

Sebelumnya Erry menyampaikan bahwa pada masa 2002 hingga 2004 merupakan gelombang pertama kebangkitan gerakan ekonomi syariah di Sumatera Utara.

Sedangkan gelombang kedua gerakan ekonomi syariah adalah ketika diselenggarakannya Syariah Fair bertempat di kampus IAIN Sumut (sekarang UINSU) Jalan Sutomo Medan kerjasama antara pimpinan bank Indonesia dengan IAIN Sumut. "Acara Syariah Fair tersebut di buka Wapres Jusuf Kalla dan MES wilayah Sumut dibentuk justrubdi area Syariah Fair tersebut," kata Erry.

Kegiatan pelantikan yang dirangkaikan dengan rapat kerja wilayah MES Sumut tahun 2018 akan menghasilkan program kerja MES Sumut yang realistis. "Diharapkan program kerja MES tahun 2018 benar realistis sesua dengan tema pelantikan mengokohkan peran umat dalam ekonomi khususnya di Provinsi Sumatera Utara," sebut Erry.



Erry juga mengajak seluruh komponen gerakan ekonomi Syariah mulai dari ulama, umara, akademisi, praktisi dan penganjur ekonomi syariah untuk bersama-sama memiliki visi yang sama dalam rangka memasyarakatkan ekonomi syariah dan mensyariahkan ekonomi. Masyarakat. "Khususnya di Provinsi Sumatera Utara," ucapnya.

Ketua Umum MES Pusat Wimboh Santoso pada kesempatan itu mengatakan kepengurusan Masyarakat Ekonomi Syariah sudah hadir di 26 provinsi, di 70 kabupaten/kota yang ada di Indonesia dan 4 perwakilan di luar Negeri. Dan kepengurusan di Provinsi Sumut yang pertama dilantik di daerahnya. "Ini pertama kali kami turun langsung melantik pengurus MES di daerah. Kami bangga ketuanya Gubernur Sumut," kata Wimboh Santoso yang juga Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan.

Selanjutnya dia menyampaikan bahwa MES memprioritaskan bagaimana masyarakat syariah bisa hidup layak dan mendapatkan akses dalam berbagai kegiatan ekonomi. "Bagaimana masyarakat ekonomi syariah ini bisa mengamalkan ibadahnya sebagaimana prinsip-prinsip syariah dan prinsip ke-Islaman yang ada sehingga ke depan masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang maju, berdaulat,  bersinerji, yang tentunya didukung dengan dominasi masyarakat syariah," sebutnya.

Dia juga mengatakan bahwa MES akan terus berkomitmen bersama-sama membangun masyarakat syariah dari berbagai faktor atau sudut bukan saja dari segi keduniawian. Bagaimana mensejahterakan masyarakat, pemerataan pembangunan. Bagaimana masyarakat syariah ini bisa hidup lebih layak, lebih bagus. "Kita bukan saja membangun negara. Tetapi membangun generasi berikutnya yang berbasis syariah," katanya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua MUI Sumut H. Abdullah Syah, para pengurus MES Pusat,  Ketua OJK Regional V Sumbagut Lukdir Gultom, Sekdaprovsu Ibnu Sri Hutomo, pimpinan industri jasa keuangan, Akademisi, praktisi usaha, dan pengurus wilayah MES Sumut.

(Mtc)
Editor: Amrizal

T#g:GubsuMatatelingaSPT TahunanT Erry Nuradi
Komentar
Jumat, 19 Apr 2019 21:15Nasional

Jokowi-Ma'ruf 54,99% dan Prabowo-Sandi 45,01% di Real Count KPU 3%

Situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus memperbaharui perolehan suara Pilpres 2019. Setidaknya, hingga pukul 19.45 WIB

Jumat, 19 Apr 2019 21:00Nasional

Pasca Keluarkan "Surat Cinta" BPN Tepis Isu Perpecahan Dengan SBY

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade

Jumat, 19 Apr 2019 20:45Berita Sumut

Ikut Amankan Pemilu 2019, Kapolres Binjai Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat

Kapolres Binjai, AKBP Nugroho Tri Nuryanto mengucapkan terimakasih kepada masyarakat

Jumat, 19 Apr 2019 20:30Nasional

Diperiksa Tim Dokter, Begini Kondisi Sandiga Uno

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiga Uno memeriksa kondisi kesehatannya

Jumat, 19 Apr 2019 20:15Bola

Kepindahan Eden Hazard Tinggal Menghitung Hari

Real Madrid tampaknya sebentar lagi bakal mengumumkan kedatangan satu pemain bintang di bursa transfer musim panas 2019 nanti

Jumat, 19 Apr 2019 20:00Internasional

Siswi Bangladesh Dibakar Hidup-Hidup Usai Laporkan Pelecehan Seksual

Nusrat Jahan Rafi, seorang remaja berusia 19 tahun tewas pada 10 April, lima hari setelah dia disiram bensin

Jumat, 19 Apr 2019 18:50Berita Sumut

Kodam I/BB Apresiasi Serka Nur Habibah Lubis Sebagai Babinsa Kowad Pertama di Jajaran Korem 032/Wbr

Kodam I/Bukit Barisan memberikan apresiasinya kepada Sersan Kepala Nur Habibah Lubis yang merupakan Bintara Pembina Desa (Bibinsa)

Jumat, 19 Apr 2019 17:35Berita Sumut

Kapolda: Terimakasih Warga Sumatera Utara

Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada 17 April kemarin, telah berlangsung dengan damai dan kondusif. Bahkan, antusias masyarakat untuk mengikuti pesta demokrasi tersebut, juga terbilang begitu tinggi.

Jumat, 19 Apr 2019 17:30Nasional

Prabowo Subianto Dapat Hadiah dari Para Habaib & Kiyai

Dalam acara sujud syukur kemenangan terdapat sebuah ucapan yang menarik dari calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto

Jumat, 19 Apr 2019 17:26Berita Sumut

Berkumpul di Mesjid Al-Jihad, Ribuan Warga Sumut Gelar Syukuran Kemenangan Prabowo-Sandi

Ribuan warga Sumatera Utara memadati Mesjid Al-Jihad Jalan Abdullah Lubis Medan seusai menggelar Ibadah Shalat Jumat, (19/4/2019). Mereka berkumpul dalam rangka syukuran atas kemenangan Prabowo-Sandi.

Jumat, 19 Apr 2019 17:15Nasional

Jokowi Ingin Bertemu Prabowo!

PDI Perjuangan (PDIP) mengapresiasi langkah calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)

Jumat, 19 Apr 2019 17:00Nasional

Tabung Gas 3 Kg Kembali Meledak, 4 Tukang Bakso Jadi Korbannya

Empat orang menjadi korban gas melon berukuran tiga kilogram, yang alami kebocoran di salah satu rumah kontrakan di Jalan Cigelereng, Kota Bandung, pada Jum'at (19/4/2019).

Jumat, 19 Apr 2019 16:45Ekonomi

5 Blok Migas di Lelang

Pemerintah melelang lima wilayah kerja (WK) migas konvensional tahap I 2019. Sejak dibuka tanggal 21 Februari 2019 lalu

Jumat, 19 Apr 2019 16:30Internasional

Pria ini Rela Potong Jarinya Usai Salah Pilih Partai

Seorang peserta pemilihan umum di India mengatakan bahwa dia telah memotong jari telunjuknya setelah menyadari dia telah memberikan suaranya kepada partai politik yang salah.

Jumat, 19 Apr 2019 16:15Nasional

Real Count Hanya untuk Publikasi, Bukan Hasil Pemilu, Tegas KPU!

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menegaskan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) atau real count KPU

Jumat, 19 Apr 2019 16:00Lifestyle

Sering Dibuly Netizen, Aurel Hermansyah Angkat Bicara

Aurel Hermansyah menjadi salah satu anak artis yang banyak menyita perhatian publik. Sayangnya