• Home
  • Berita Sumut
  • Terbukti Menipu, Mantan Bendahara Pememangan Ramadhan Pohan Dihukum 9 Bulan Penjara

Terbukti Menipu, Mantan Bendahara Pememangan Ramadhan Pohan Dihukum 9 Bulan Penjara

Dinyatakan Bersalah dan Dihukum 9 Bulan Penjara, Hakim Tidak Perintahkan Savita Ditahan
Faeza Kamis, 26 Oktober 2017 11:15 WIB
mtc/fae
Savita Linda Hora Panjaitan, mantan bendahara pemenangan pasangan calon walikota Medan Ramadhan Pohan-Eddie Kusumah dihukum 9 bulan penjara. Dia dinyatakan bersalah turut terlibat dalam tindak pidana penipuan terhadap Rotua Hotnida Boru Simanjuntak dan L
MATATELINGA, Medan: Savita Linda Hora Panjaitan, mantan bendahara pemenangan pasangan calon walikota Medan Ramadhan Pohan-Eddie Kusumah dihukum 9 bulan penjara. Dia dinyatakan bersalah turut terlibat dalam tindak pidana penipuan terhadap Rotua Hotnida Boru Simanjuntak dan Laurenz Hendry Hamongan Sianipar senilai Rp15,3 miliar.
pn medan.,
Namun meski dinyatakan terbukti bersalah, hakim yang diketuai Erintuah Damanik dalam amar putusannya tidak memerintahkan penahanan terhadap terdakwa.

"Menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan penipuan sebagaimana dakwaan primer jaksa penuntut umum," Ujar hakim Erintuah dalam persidangan yang digelar di Ruang Cakra VII PN Medan, Kamis (26/10/2017).

Vonis ini jauh lebih ringan dari tuntutan Jpu. Sebelumnya Savita dituntut 18 bulan penjara. Bahkan jaksa juga meminta agar terhadap terdakwa dilakukan penahanan. Pasalnya selama ini, terdakwa tidak ditahan. Menyikapi vonis ini, baik terdakwa maupun Jpu masih menyatakan pikir-pikir.

Sebelumnya dalam dakwaan JPU, Savita Linda bersama Ramadhan Pohan didakwa melakukan penipuan dengan korbannya adalah Rotua Hotnida Boru Simanjuntak dan Laurenz Hendry Hamongan Sianipar. Dua korban yang berstatus ibu dan anak ini mengalami kerugian dengan total Rp15,3 miliar.

Dari sejumlah pertemuan, kedua korban mengaku terbujuk rayu dan janji hingga mau memberikan uang sebesar Rp15,3 miliar. Dana tersebut digunakan untuk kepentingan Ramadhan Pohan yang maju dalam Pilkada sebagai calon Wali Kota Medan 2016-2021.

Korban Rotua Hotnida Simanjuntak mengaku Savita Linda Hora Panjaitan yang mengenalkankannya dengan Ramadhan Pohan. Linda terus menerus membujuknya untuk meminjam uang.

Agar mendapat pinjaman, Ramadhan Pohan dan Linda membawa-bawa nama Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono (SBY) dan para jenderal di Jakarta serta Ibas Yudhoyono. Terdakwa menyebutkan jika uang kiriman sudah datang dari Jakarta.

Lalu uang diserahkan secara bertahap di posko pemenangan pasangan Ramadhan Pohan yang berpasangan dengan Eddy Kusuma (REDI). Dengan perjanjian akan mengembalikan uang tersebut bersama bunganya. Setelah Ramadhan Pohan tidak terpilih dalam Pilkada Medan, kedua korban meminta kembali uangnya.

Namun janji tinggal janji, bahkan cek yang diberikan Ramadhan Pohan tersebut tidak dapat dicairkan karena dananya tidak cukup. Apalagi, Ramadhan selalu mengelak saat ditagih pembayaran.(mtc/fae)
Editor: Faeza

T#g:kasus penipuanPN Medanramadhan pohansavita linda
Komentar
Kamis, 21 Jun 2018 21:11Berita Sumut

DPP N4J Rayakan HUT Ke-57 Presiden Jokowi

Dewan Pimpinan Pusat Nusantara Untuk Jokowi (N4J) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Presiden Jokowi di kantor Sekretariat DPP N4J Jalan Nibung II No.12 Medan. Hadir dalam acara itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat N4J Dr RE Nainggolan MM

Kamis, 21 Jun 2018 21:00Berita Sumut

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D., bersama-sama dengan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., Kepala Basarnas Marsdya TNI Syaugi, S.Sos., M.M., dan Direktur Jenderal Perhubun

Kamis, 21 Jun 2018 20:45Berita Sumut

Polsek Medan Kota Tangkap Tiga Penggilir Gadis di Bawah Umur

Tiga tersangka pencabulan terhadap gadis 17 tahun sebut saja Bunga, warga Jalan Tri Murti No 56, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang berhasil ditangkap petugas Polsek Medan Kota dari tempat yang sama.

Kamis, 21 Jun 2018 20:41Berita Sumut

Plh Gubsu Minta Pemda Perketat Standar Pengawasan Angkutan Penyeberangan

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi meminta kepada pemerintah daera

Kamis, 21 Jun 2018 20:35Berita Sumut

Korban Penipuan Rp 1 Miliar Laporkan Majelis Hakim PN Medan ke Mahkamah Agung Gara-gara Hal Ini

Merasa dirugikan dengan kebijakan majelis hakim PN Medan yang mengeluarkan dua terdakwa kasus penipuan dari tahanan, Suhendra, korban penipuan berencana melapor ke Mahkamah AGung dan Pengadilan Tinggi Medan.

Kamis, 21 Jun 2018 20:24Berita Sumut

Apel Gabungan Idul Fitri 1439 H Tahun 2018

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH memimpin Apel gabungan perdana di lingkungan pemerintah Kabupaten Karo setelah libur bersama Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 di halaman Kantor Bupati Karo

Kamis, 21 Jun 2018 19:13Berita Sumut

Relawan Djoss Bantu Pencarian Korban KMP Sinar Bangun

MATATELINGA, Tigaras:  Masih banyaknya warga yang menjadi korban musibah Kapal Motor Penumpang (KMP) Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba menggugah empati dari sejumlah pihak.

Kamis, 21 Jun 2018 19:00Berita Sumut

Lagi, Maling Uang Kotak Infaq Diamankan Polisi

Tim Penanganan Gangguan Khusus (Pegasus) Polsek Medan Baru menangkap pelaku pencurian kotak infaq di Mesjid Istiqomah Lantai II Pasar Petisah, Kamis 21 Juni 2018.

Kamis, 21 Jun 2018 17:00Berita Sumut

Usai Libur Lebaran, Kehadiran ASN Pemprovsu Capai 99 % dan Pelayanan Publik Lancar

Kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) pada hari pertama kerja usai libur panjang Lebaran mencapai 99 %. Pelayanan publik terhadap masyarakat di sejumlah instansi juga sudah berlangsung normal da

Kamis, 21 Jun 2018 16:42Berita Sumut

Plh Gubsu: ASN Diminta Tingkatkan Keselamatan Kerja

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Hj R Sabrina meminta seluruh Aparatur Sipil Negara Pemprovsu meningkatkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Hal tersebut dilakukan agar para ASN dapat memberikan pelayanan se

Kamis, 21 Jun 2018 16:27Berita Sumut

Wali Kota Sidak Disdukcapil & RSUD Dr Pirngadi

Usai memimpin apel pagi di Balai Kota Medan, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi segera sidak mendatangi dua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat, Kamis (21/6). Kedua OPD i

Kamis, 21 Jun 2018 16:12Berita Sumut

Kapolri Pastikan Periksa Dinas Perhubungan Soal Kapal Karam di Danau Toba

Kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap Dinas Perhubungan Kabupaten dan Provinsi terkait peristiwa tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara. Hal tersebut diungkapkan Kapolri Tito Karnavian saat mengunjungi Pelabu

Kamis, 21 Jun 2018 15:10Berita Sumut

Sihar Kecewa Debat Kandidat Pilgub Sumut dengan Mahasiswa Batal Digelar

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sihar Sitorus menyayangkan batalnya debat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara bersama mahasiswa. Awalnya debat ini dijadwalkan akan digelar di Gelanggang Mahasiswa USU

Kamis, 21 Jun 2018 15:05Nasional

Panglima TNI : TNI Miliki Peran Penting Dalam Sukseskan Program Nasional

Seluruh prajurit TNI harus mampu menunjukkan peran penting sebagai komponen utama pertahanan negara mulai dari unit terkecil sampai dengan masing-masing individu berbaur dan menjadi bagian dari masyarakat dalam menyebarkan pemahaman positif untuk bersama

Kamis, 21 Jun 2018 15:00Berita Sumut

Spesialis Pencuri Uang Kotaq Infak Ini Babak Belur Dihajar Massa

Seorang pelaku spesialis kasus pencurian uang dalam kotak Amal di Mesjid Nurul Imam sepuataran Jl Anggrek empat Helvetia Kota Medan, tertangkap tangan oleh Nazir Mejid dan menjadi bulan bulan massa, Rabu (20/6) sekitar pukul 14 00.

Kamis, 21 Jun 2018 14:55Nasional

Bakamla RI Siap Sambut Kapal Jepang

Bakamla RI siap menyambut Kapal Tsugaru-02 milik Japan Coast Guard (JCG) yang dijadwalkan tiba di Pelabuhan JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, 9 Juli mendatang.