• Home
  • Berita Sumut
  • Terdakwa Penghina Presiden dan Kapolri : Saya Kesal dengan Kebijakan Pemerintah

Terdakwa Penghina Presiden dan Kapolri : Saya Kesal dengan Kebijakan Pemerintah

Faeza Rabu, 27 Desember 2017 15:00 WIB
mtc/fae
M. Farhan Balatif alias Ringgo Abdillah terdakwa kasus penghinaan terhadap Presiden Jokowi dan Kapolri Jendral Tito Karnavian melalui Facebook mengaku nekad menghina pimpinan negara dan Polri itu lantaran kesal akan kebijakan pemerintah. Ini disampaikan
MATATELINGA, Medan: M. Farhan Balatif alias Ringgo Abdillah terdakwa kasus penghinaan terhadap Presiden Jokowi dan Kapolri Jendral Tito Karnavian melalui Facebook mengaku nekad menghina pimpinan negara dan Polri itu lantaran kesal akan kebijakan pemerintah. Ini disampaikan siswa jurusan Teknik Komputer itu dalam sidang lanjutan yang beragenda pemeriksaan terdakwa di Ruang Cakra I PN Medan, Rabu (27/12/2017).

"Kebijakan Jokowi mana yang anda salahkan?" tanya Wahyu Setyo Wibowo, ketua majelis hakim yang menyidangkan perkara tersebut.

Farhan menjawab diantaranya adalah masalah kenaikan harga pangan,  juga tingginya angka pengangguran bahkan bahan pangan impor dari luar.

"Tujuan saya cuma untuk mengkritisi Yang Mulia. Tidak ada tujuan lain," ucap Farhan.

Majelis hakim yang mendengar jawaban terdakwa lantas memberikan pertanyaan kembali, apakah hinaan yang dilontarkan terdakwa kepada pimpinan negara itu sebuah tindaka etis. Farhan yang datang dengan mengenakan sendal ini mengaku bahwa tindaknya itu tidak etis.

"Tidak etis yang Mulia," jawabnya.

"Lantas, kenapa saudara lakukan?," tanya Hakim. Farhan pun menjawab hal ini  dilakukan lantaran dia habis kesabaran terhadap kebijakan pemerintah.

"Apakah saudara memberikan solusi terkait kebijakan itu ?," tanya Hakim Wahyu.

"Tidak pak, saya cuma melampiaskan kekesalan saya saja," jawab Farhan.

Kepada majelis hakim, warga Gang Bono Medan Timur ini mengaku lebih dari 40 gambar yang sudah dia kirim ke media sosial miliknya. Diantaranya ada sembilan tulisan yang kesemuanya menghina Presiden Jokowi dan Kapolri.

"Kadang-kadang dalam seminggu bisa 4 hingga 4 kali saya share. Itu saya lakukan selama dua bulan Yang Mulia," sebut Farhan.

Pada kesempatan itu, Farhan juga mengaku membobol WIFI milik tetangganya untuk mengirim foto dan tulisan tersebut ke media sosial miliknya.

"Saya bobol jaringannya pake aplikasi dum**r dan jum***r. Pertama klik aplikasi itu, terus scanning terus muncul wifi yang aktif kemudian pilih salah satu jaringan, terbuka paswordnya," terang Farhan.

Usai mendengar keterangan terdakwa, sidang ini ditunda hingga sepekan mendatang untuk agenda tuntutan.

Kasus ini awalnya mencuat saat postinga Farhan di media sosial mendapatkan tanggapan serius dari seorang anggota polisi. Dengan melihat postingan Farhan yang menghina Presiden dan Kapolri, petugas itu lalu melaporkan itu ke Mapolrestabes Medan hingga dilakukanlah penyelidikan. 9 Agustus lalu, Farhan pun dibekuk di rumah orang tuanya, Jalan Bono, Kelurahan Glugur Darat I, Kecamatan Medan Timur. Polisi juga menyita sejumlah barang bukti yang digunakan Farhan untuk menghina Presiden dan Kapolri.

Akibat perbuatan terdakwa Farhan yang putus Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) didakwa dalam Pasal 45 ayat (3) UU RI No 19 Tahun 2016 jo Pasal 27 ayat (3) UU RI No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) (mtc/fae)
Editor: faeza

T#g:hina presidenpenghina p[residenpenghina p residenPN MedanUu ite
Komentar
Sabtu, 20 Jan 2018 21:59Berita Sumut

Wow!!!!, Ayah dan Dua Anaknya Kompak Melakukan pembunuhan

Ayah dan dua anaknya melakukan pembunuhan terhadap mantan juragan ikan asin di Kabupaten Sedang Bedagai

Sabtu, 20 Jan 2018 21:59Berita Sumut

Wow!!!!, Ayah dan Dua Anaknya Kompak Melakukan pembunuhan

Ayah dan dua anaknya melakukan pembunuhan terhadap mantan juragan ikan asin di Kabupaten Sedang Bedagai

Sabtu, 20 Jan 2018 21:42Berita Sumut

Wabup Darma Wijaya Ajak Masyarakat Dukung Upaya Peninjatan Pembangunan

Memperoleh keridhaan dan kecintaan Allah SWT merupakan kainginan umat muslim, maka yang paling utama adalah mengikuti jejak langkah Rasulullah, meneladani apa yang telah di lakukannya, berperilaku sesuai dengan akhlak dan tata kramanya. Semua itu merup

Sabtu, 20 Jan 2018 21:36Nasional

Komandan Kontingen Garuda Unifil kunjungi Markas Indobatt XXIII-L/Unifil

Komandan Kontingen Garuda Unifil 2017-2018, Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo didampingi beberapa staf terkait melaksanakan kunjungan ke Markas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) atau Indonesian Battalion

Sabtu, 20 Jan 2018 21:33Berita Sumut

Kapolres Asahan Hadiri Kegiatan Study Work Champ

Kapolres Asahan AKBP.Kobul Syahrin Ritinga,SIK.M.Si menghadiri kegiatan study work champ yang di gelar oleh mahasiswa yang tergabung dalam wadah Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) kabupaten Asahan

Sabtu, 20 Jan 2018 21:27Berita Sumut

Dua Unit Damkar Padamkan Dua Rumah Yang Terbakar

Dua unit rumah tinggal yang di huni oleh Budi dan Malau warga jalan Merpati kelurahan karang Anyer kecamatan Kota Kisaran Timur ludes terbakar api , Sabtu (20/1/2018) sekira pukul 14.00 Wib, dua unit mobil pemadam kebarakan

Sabtu, 20 Jan 2018 16:09Berita Sumut

Ini Wajah Samsul, Tersangka yang Nekad Membunuh Karena Ditagih Hutang

Samsul (35) warga dusun VIII desa teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam Asahan , pelaku penganiayaan yang menyebabkan hilangnya nyawa orang lain kini masih dalam pengejaran pihak Reskrim Polsek Simpang Empat, Sabtu (20/1/2018)

Sabtu, 20 Jan 2018 15:45Berita Sumut

Kunjungi Bocah Korban Penganiayaan Orangtua, Kapoldasu : Ayah Tiri Korban Suka Mabuk-Mabukan

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw mengunjungi Siti Aminah, bocah asal Paluta yang menjadi korban penganiayaan ibu kandung dan ayah tirinya di RSUP H Adama Malik, Medan, Sabtu (20/1/2018).

Sabtu, 20 Jan 2018 15:35Berita Sumut

Pelaksanaan Kegiatan Coklit di Kabupaten Simalungun, Ini Arahan Wakil Bupati

Dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun melaksanakan kegiatan pencocokan dan penelitihan (Coklit) data pemilih di wilayah Kabupaten Simalungun, Sabtu (20/

Sabtu, 20 Jan 2018 15:01Berita Sumut

Duh, Petugas Damkar Medan Kerap Terima Telpon Iseng Warga

Meski Kadis pemadam kebakaran Drs, M Tampubolon telah mengingatkan masyarakat agar tidak mempermainkan nomor telepon darurat pemadam kebakaran, hal ini sepertinya tidak di gubris oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sabtu, 20 Jan 2018 13:00Berita Sumut

Hutangnya Ditagih, Samsul Malah Tikam Andri Hingga Tewas

Persoalan hutang piutang dalam kehidupan merupakan hal yang biasa dan kerap terjadi di tengah tengah kehidupan masyarakat. Namun lain halnya dengan yang dilakukan oleh tersangka Samsul (35 ) warga Dusun VIII desa Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam Asahan i

Sabtu, 20 Jan 2018 09:00Berita Sumut

Diduga Dibunuh, Siswi SMA Tewas Bersimbah Darah di Kamar Mandi

Seorang siswi SMA, Anggi Syahputri Tanjung (16) ditemukan tewas bersimbah darah di kediamannya Jalan Bustamam Gg Satria Dusun XI Desa ‎Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan, Jumat (19/1) malam. Korban tewas diduga karena pembunuhan.

Sabtu, 20 Jan 2018 08:45Berita Sumut

1,2 Juta Warga Sumut Terancam Tak Bisa Gunakan Hak Pilih, Ini Penyebabnya

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut kembali mengingatkan bahwa 1,2 juta penduduk di Sumatera Utara hingga saat ini belum melakukan rekam KTP elektronik atau E-KTP. Jumlah ini menurut Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan sangat rawan tidak terakomodir

Sabtu, 20 Jan 2018 08:15Berita Sumut

Ketua Umum Dharma Pertiwi : Tumbuhkan Budaya Saling Asah, Asih dan Asuh Dalam Organisasi

Dalam menjalankan organisasi perlu ditumbuhkan budaya saling asah, asih dan asuh. Demikian disampaikan Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto pada acara penyerahan jabatan Ketua Umum PIA Ardhya Garini dari Ibu Nanny Hadi Tjahjanto kepada Ibu A

Sabtu, 20 Jan 2018 08:00Nasional

Satgas Kesehatan TNI Masuki Kampung-Kampung Terpencil di Asmat

Personel Tim Gabungan Satgas Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB), terdiri dari Pusat Kesehatan TNI, Pusat Kesehatan TNI AD, Dinas Kesehatan TNI AL dan Dinas Kesehatan TNI AU bersama dengan Dinas Kesehatan Wilayah setempat, bergerak cepat memasuki kam

Jumat, 19 Jan 2018 18:35Berita Sumut

Harga Beras Naik, Pedagang di Padangsidempuan Menjerit

Naiknya harga beras beberapa minggu belakangan ini juga dirasakan di Kota Padangsidimpuan. Akibatnya, para pedagang beras pun menjerit lantaran omset mereka turun.