• Home
  • Berita Sumut
  • Terpisah 13 Tahun dari Keluarga, Kakek Renta asal Pulau Jawa Ini Huni Gubuk Kardus di Belawan

Terpisah 13 Tahun dari Keluarga, Kakek Renta asal Pulau Jawa Ini Huni Gubuk Kardus di Belawan

faeza Selasa, 20 Agustus 2019 13:14 WIB
Mtc/ist
Malang benar nasib Suraji (60), ayah dari tiga orang anak ini. Pria renta ini terpaksa harus terpisah belasan tahun lamanya dengan keluarga. Kini ia tidak tau kabar, begitu pula anak-anaknya Sira, Nila, Bila dan juga isteri tercintanya Jumirah pun tidak t
MATATELINGA, Medan: Malang benar nasib Suraji (60), ayah dari tiga orang anak ini. Pria renta ini terpaksa harus terpisah belasan tahun lamanya dengan keluarga. Kini ia tidak tau kabar, begitu pula anak-anaknya Sira, Nila, Bila dan juga isteri tercintanya Jumirah pun tidak tau kabar Suraji kini dimana. 

Suraji meninggalkan mereka di Dusun Lego Desa Talun, Kec. Talun, Kab. Blitar, Jawa Timur, 13 tahun yang lalu demi menggapai impiannya dan cita-citanya membahagiakan keluarga kecilnya dikampung, dengan merantau ke pulau seberang � Sumatera, tepatnya di kota Medan.




Kini yang dirasakannya saat ini di luar harapan dengan impiannya dahulu, Suraji hanya menjadi seorang gelandangan, yang kerjanya hanya memulung botol-botol bekas, yang hanya berpenghasilan 20 ribu rupiah setiap harinya, dan tinggal di gubuk kardus dari barang-barang bekas lainnya.

Saat Alie Sahniur selaku Ketua MRI-ACT Sumut menyambangi di kediamannya yang hanya berukuran 2x1m itu, Minggu (17/8), Suraji menyambutnya dengan ramah. Tampak senyum ikhlas dari lelaki renta ini, tanpa mengenakan baju sehelai pun, dia pun menyambut salam Alie.




Suraji pun sempat bercerita sedikit kisahnya, yang membuat ia 'terdampar' di kota Medan ini. Belasan tahun yang lalu ia berangkat dari kampung halaman menuju Medan dengan menggunakan Kapal Laut dan akhurnya turun di dermaga Belawan.

Dulu dia merupakan petani di Desa Talun, pada suatu hari dia bertemu dengan seseorang yang menawarkan ia pekerjaan di salah satu pabrik di kota Medan. Dengan iming-iming pasti diterima kerja dan bergaji 3 juta per bulannya. 

Suraji pun tergiur dengan tawaran tersebut, walau harus meninggalkan isteri dan ketiga puterinya.




Singkat cerita ia pun sampai di dermaga Belawan, malang tak dapat ditolak Suraji kecopetan. Seluruh uang berikut surat-surat, kartu identitas serta catatan kontak keluarga yang ada didompetnya pun lenyap. Ia pun pasrah tidak dapat melakukan apapun lagi. 

Ia mencoba mencari kabar orang yang pernah menjanjikan dia pekerjaan itu, namun hingga kini setelah 16 tahun pun tidak ada kabar sama sekali.

Upaya untuk bertahan hidup ini pula lah yang akhirnya membuat Suraji harus menjadi pemulung. Ia kini memulung botol bekas di sekitar Kawasan Industri Medan dengan penghasilan yang tidak tetap. Untuk kebutuhan hidup sehari-hari terkadang ia mengharapkan belas kasihan dari orang lain yang merasa iba  terhapat kondisi beliau.

Kini, harapannya hanya ingin dapat kembali pulang ke kampung halaman dan berkumpul kembali dengan keluarganya, walau pun ia tidak tau apakah keluarganya masih menantinya. ( mtc/act )
Editor: faeza

T#g:ACRMRI-ACTMRI ACTorangtua terlantar
Komentar
Rabu, 19 Feb 2020 08:00Bola

Agnelli Mencoba Merubah Format Liga Champions,Apa Tanggapan Frank Lampard

Perlu diketahui, selain menjabat sebagai Presiden Juve, Agnelli juga Ketua Asosiasi Klub Eropa. Beberapa bulan lalu, Agnelli mencetuskan ide untuk mengubah format Liga Champions.

Rabu, 19 Feb 2020 07:30Bola

Jamu Liverpool, Atletico Madrid Menang Tipis

Menjamu Liverpool di Stadion Wanda Metropolitano, Los Rojiblancos -julukan Atletico Madrid - menang tipis 1-0 lewat gol cepat Saul Niguez pada menit keempat. Simeone pun mengapresiasi para pemainnya yang berhasil mempertahankan keunggulan hingga laga us

Rabu, 19 Feb 2020 07:15Lifestyle

Mencegah Sakit Jantung, Coba Sarapan Kentang

Bila Anda ingin sehat, bisa memilih makanan untuk sarapan tidak harus nasi. Anda bisa memilih kentang sebagai menu sarapan yang sehat dan bergizi.

Rabu, 19 Feb 2020 07:00Nasional

Direktur Strategi Bakamla RI Berkunjung ke Kantor Bea Cukai dan Kemenkominfo

Direktur Strategi Bakamla RI Laksma Bakamla Sandy M. Latief melaksanakan kunjungan ke Kantor Bea Cukai serta Kementerian Komunikasi dan Informatika, beberapa hari lalu.

Rabu, 19 Feb 2020 06:45Berita Sumut

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 pada 18 Sekolah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), yang dilaksanakan di SD Negeri 101956 Sukaramai, Dusun IX Sukaramai Desa Celawan Kec. Pantai Cermin

Rabu, 19 Feb 2020 06:15Nasional

Panglima TNI : 11 Pucuk Senjata Kecelakaan Mi-17 Kemungkinan Diamankan Masyarakat

Sejumlah 11 pucuk Senjata milik Prajurit TNI AD yang gugur dalam kecelakaan pesawat Heli Mi-17 beberapa bulan yang lalu di Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, kemungkinan masih diamankan oleh masyarakat. Aparat TNI dan Polri masih melakukan pendekatan kep

Rabu, 19 Feb 2020 06:00Berita Sumut

Gelar Pertandingan Bulu Tangkis Antar Satker

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-74 TNI Angkatan Udara tahun 2020, TNI AU Di Medan Gelar berbagai Pertandingan, diantaranya pertandingan Bulu Tangkis Antar Satker bertempat dilapangan bulu tangkis Melky Way Lanud Soewondo

Selasa, 18 Feb 2020 22:34Nasional

Presiden Ingin Dana Desa Secepatnya Dikirimkan Ke Desa

Dana Desa yang jumlahnya mencapai 72 triliun rupiah harus secepatnya diterima oleh desa. Oleh karena itu, Pemerintah memutuskan mekanisme pencairannya kini langsung ke desa. Langsung ke rekening desa. Perubahan pencairan Dana Desa ini agar tidak ada lagi

Selasa, 18 Feb 2020 22:15Berita Sumut

Berkas Para Tersangka Pembunuh Jamaluddin Dilimpahkan Ke Kejari Medan

Penyidik Sat Reskrim Polrestabes Medan akhirnya merampungkan berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kasus pembunuhan terhadap Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jamaluddin (55).

Selasa, 18 Feb 2020 20:05Berita Sumut

Putu: Polres Tanjungbalai Tak henti Hentinya Membrantas Jaringan Narkoba

Tim gabungan Polres Tanjungbalai yang terdiri dari Polsek, dalam lebih kurang sepekan mengungkap tiga kasus Narkoba dengan meringkus 4 orang tersangkanya dari lokasi yang berbeda.

Selasa, 18 Feb 2020 18:25Berita Sumut

Musda Partai Beringin, Ijeck Mampu Jadikan Golkar Sumut Bermartabat

Ketua Kosgoro Sumut Riza Fakhrumi Tahir menilai hanya sosok H. Musa Rajekshah (Ijeck) yang mampu membuat Golkar Sumut menjadi Golkar yang Bermartabat. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, Golkar butuh Ijeck untuk membenahi partai. Hal itu disampaikan

Selasa, 18 Feb 2020 18:10Berita Sumut

Edy Rahmayadi Ingatkan Satpol PP Tidak Hanya ‘Anggar’ Otot

Selain melakukan penertiban dan menegakkan Peraturan Daerah (Perda), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga bertugas memelihara ketentraman, ketertiban umum dan memberikan rasa aman pada masyarakat. Karena itu dalam bertugas Satpol PP tidak bisa hany

Selasa, 18 Feb 2020 17:40Nasional

Panglima TNI : Evakuasi Korban Heli Mi-17 Butuh Profesional dan Skill

Pelaksanaan evakuasi korban Heli Mi-17 di pegunungan Bintang tidak mudah karena berada pada ketinggian lebih dari 12.000 ft dengan kemiringan sampai dengan 90 derajat, butuh suatu profesional, skil dan tekad untuk melaksanakan evakuasi.

Selasa, 18 Feb 2020 17:20Nasional

Panglima TNI Hadiri Upacara Militer Pelepasan Jenazah Kecelakaan Helikopter Mi-17

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri upacara penyerahan dan pelepasan jenazah empat prajurit TNI AD korban musibah kecelakaan Helikopter Mi-17, di Pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Kab. Pegunungan Bintang, Provinsi Papua