• Home
  • Berita Sumut
  • Tiga Terdakwa Revitalisasi Terminal Terpadu Amplas Urung Dieksekusi, Ternyata Ini Alasannya

Tiga Terdakwa Revitalisasi Terminal Terpadu Amplas Urung Dieksekusi, Ternyata Ini Alasannya

Faeza Minggu, 12 November 2017 11:15 WIB
mtc/fae
Meski sudah dinyatakan bersalah dan dihukum pidana penjara, namun tiga terdakwa kasus korupsi Revitalisasi Terminal Terpadu Amplas (TTA) Medan belum juga dieksekusi. Ternyata hal ini disebabkan putusan yang dijatuhkan kepada ketiga terdakwa belum berkekua
MATATELINGA, Medan- Meski sudah dinyatakan bersalah dan dihukum pidana penjara, namun tiga terdakwa kasus korupsi Revitalisasi Terminal Terpadu Amplas (TTA) Medan belum juga dieksekusi. Ternyata hal ini disebabkan putusan yang dijatuhkan kepada ketiga terdakwa belum berkekuatan hukum tetap (inkrah).

Ketiga terdakwa telah mengajukan banding atas vonis hukuman yang diberikan majelis hakim Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Medan. Pengajuan banding itu dilakukan tim penasihat dari Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Pengawasan dan Survey Dinas Perkim Medan, Khairudi Hazfin Siregar selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang merangkap Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Tim leader konsultan pengawas kegiatan, Bukhari Abdullah dan Direktur PT Welly Karya Nusantara, Tiurma Pangaribuan sebelum tujuh hari pascaputusan hakim yang dibacakan Senin (23/10) lalu.

"Ketiga terdakwa kasus korupsi Amplas melalui penasihat hukumnya telah ajukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Medan. Karena belum inkrah mereka belum bisa dieksekusi," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut, Sumanggar Siagian, Minggu (12/11/2017)

Atas sikap para terdakwa terhadap putusan majelis hakim itu, maka Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menyidangkan kasus korupsi Revitalisasi Terminal Terpadu Amplas telah mengirimkan berkas kontra memori ke Pengadilan Tinggi (PT) Medan.

"Saya sudah konfirmasi ke jaksanya, mereka telah membuat kontra memori dan dikirimkan ke PT Medan," kata Sumanggar.

Untuk diketahui, majelis hakim Pengadilan Tipikor Medan yang diketuai Rosmina menjatuhi terdakwa Khairudi Hazfin Siregar dengan pidana penjara selama setahun dan tiga bulan penjara serta denda Rp 50 juta subsider 2 bulan kurungan.

Sedangkan, direktur PT Welly Karya Nusantara, Tiurma Pangaribuan selaku rekanan juga divonis 1,3 tahun penjara dan Rp 50 juta subsider 2 bulan. Selain itu, Tiurma juga diwajibkan membayar Uang Pengganti Rp 300 juta lebih atau subsider 1 tahun kurungan.

Terdakwa lainnya, Bukhari Abdullah selaku tim leader konsultan pengawas kegiatan turut dijatuhi hukuman selama 1,2 tahun penjara dan denda Rp 50 juta subsider 2 bulan kurungan.

"Masing-masing terdakwa dikenakan Pasal 3 Jo Pasal 18 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP," ungkap Rosmina.

Adapun yang menjadi alasan ketiga terdakwa tidak ditahan meski telaglh terbukti bersalah di pengadilan, Humas Pengadilan Negeri (PN) Medan, Erintuah Damanik menyatakan ada beberapa pertimbangan.

"Secara umum, karena sejak dari penyidikan di kepolisian atau kejaksaan para tersangka belum pernah menjalani penahanan. Selain itu para terdakwa diketahui tidak akan melakukan perbuatan melawan hukum seperti pengrusakan atau tindak pidana lainnya," jelas Erintuah, beberapa waktu lalu.

Hal lainnya para terdakwa setelah pembacaan vonis tidak langsung menerima putusan hakim. Sehingga status hukum ketiganya belum jelas hingga kini.

"Kalau saat itu mereka menerima maka pasti akan langsung dieksekusi," sebutnya.

Seperti diketahui, perkara korupsi ini disidangkan setelah berdasarkan hasil penyidikan terdapat volume pengerjaan yang tidak sesuai dengan kontrak dan pengerjaannya terkesan amburadul.

Kemudian dilakukan penghitungan oleh Konsultan Angkutan Publik ditemukan kerugian negara sebesar Rp 400 juta lebih yang dananya bersumber dari APBD Kota Medan Tahun Anggaran (TA) 2015. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:eksekusikorupsiPN Medanrevitalisasiterminal amplas
Komentar
Jumat, 17 Nov 2017 23:07Berita Sumut

Rapat Kordinasi Pemuthakiran Data Pemilih tahun 2018 Se Sumut

KPUD Sumut menggelar kegiatan rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih tahun 2018 se-Sumut

Jumat, 17 Nov 2017 22:49Berita Sumut

Pendekatan Persuasif, Tim Terpadu Tertibkan PK5 di Medan Petisah

Dengan menggunakan pendekatan persuasif, Tim Terpadu Penertiban PK 5 Pemko Medan yang dibantu dengan unsur TNI Polri berhasil melakukan Operasi Penertiban Pedagang Kaki Lima (PK 5) yang ada di Kecamatan Medan Petisah,

Jumat, 17 Nov 2017 22:33Opini

TNI Meredam OPM Dengan Humanis Dan Budaya

Dalam sepekan ini, aksi kekerasan di Papua kembali meningkat 1.300 warga Papua di Desa Kimbely dan Desa Banti, Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua disandra oleh kelompok Bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Jumat, 17 Nov 2017 22:17Berita Sumut

DPRD Nilai "Andar Gagal Pimpin Kota Padangsidimpuan"

PRD Kota Padangsidimpuan gelar rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir masa jabatan Walikota Padangsidimpuan, Andar Amin Harahap tahun 2013 - 2017,

Jumat, 17 Nov 2017 22:11Berita Sumut

Satres Narkoba Polrestabes Medan Ringkus 2 Pengedar Sabu dan Ganja

Satres Narkoba Polrestabes Medan meringkus 2 tersangka pengedar narkoba jenis sabu dan ganja berinisial BKL (44) dan S (45), keduanya warga Jalan Besar Delitua Gang Melur, Medan, belum lama ini

Jumat, 17 Nov 2017 22:05Berita Sumut

Dinas PU Terus Perbaiki Jalan Rusak

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan terus melakukan perbaikan jalan rusak di Kota Medan

Jumat, 17 Nov 2017 22:00Berita Sumut

Ketua Tim Penyelamat Mesjid Taqwa Polonia : Zulkarnain Bongkar Akte Ikrar Wakaf Palsu

Ketua Tim Pembela Masjid Taqwa Polonia, Zulkarnain, S.S, dalam konferensi pers

Jumat, 17 Nov 2017 21:54Berita Sumut

Polsek Petumbak Amankan Pengguna Narkoba

Menindaklanjuti keresahan warga masyarakat tentang maraknya peredaran narkona, personel reskrim Polsek Patumbak mengamankan seorang pengguna narkoba dari salah satu rumah di kawasan Jalan Pertahanan, Gang Harmoni, Patumbak

Jumat, 17 Nov 2017 21:46Berita Sumut

Kapolri Mutasi Kapolrestabes dan Kasat Reskrim

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) mengeluarkan Telegram Rahasia (TR) mutasi pejabat menegah sejajaran Polda Sumut

Jumat, 17 Nov 2017 21:43Berita Sumut

Diduga Terkejut Melihat Patroli Polisi Honda Mobili Tabrak Kios Sepatu

Masyarakat desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli kamis (16/11/2017) malam di kejutkan oleh suara benturan keras.

Jumat, 17 Nov 2017 21:29Nasional

Bakamla RI Bersama Pemkab Sambas Fasilitasi Forkom Kamkesla

Dalam rangka memfasilitasi pembentukan Forum Komunikasi Keamanan dan Keselamatan Laut (Forkom Kamkesla), Bakamla RI bekerjasama dengan Pemkab Sambas menggelar rapat koordinasi di Hotel Sambas Indah, Kab. Sambas, Kalimantan Barat

Jumat, 17 Nov 2017 21:24Berita Sumut

Bupati Sergai Lepas Peserta Jalan Santai dan Senam Sehat Tahun 2017

Berolahraga merupakan aktivitas untuk melatih tubuh agar badan menjadi sehat, bugar dan kuat baik secara jasmani maupun rohani. Dengan berolahraga juga akan mempengaruhi dan meningkatkan metabolisme serta fungsi kelenjar di dalam tubuh untuk memproduksi s

Jumat, 17 Nov 2017 21:20Berita Sumut

Bupati Asahan Segera Lantik Empat Pimpinan Tinggi Pratama Yang Tertunda

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Sinatupsng,MAP akan segera mrlantik empat pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan yang akan menduduki jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di empat Instansi Pemerintah.

Jumat, 17 Nov 2017 21:08Berita Sumut

Perampok Merintih Kesakitan di Polsek sunggal

Keberingasan pelaku bernama BS alias Budi, 34, satu dari tiga pembobol Smile Karaoke tak terlihat lagi diwajahnya. Dia menjerit tak karuan saat digiring petugas Polsek Sunggal. Pasalnya, kedua kakinya membengkak setelah ditembus timah panas petugas dan

Jumat, 17 Nov 2017 20:50Berita Sumut

Sepmor Pintar Polsek Perdagangan Kunjungi SD Alwasliyah

Siswa/i SD Alwasliyah Nagori Pematang Kerasaan Kecamatan Bandar,Kabupaten Simalungun, Jumat (17/17) sangat antusias menyambut Kunjungan Sepeda Motor Pintar (Sepmop)

Jumat, 17 Nov 2017 20:45Berita Sumut

Banjir di Asahan Terkendali

Banjir yang melanda beberapa kawasan di Asahan sudah dikendalikan.