• Home
  • Berita Sumut
  • Tiga Terdakwa Revitalisasi Terminal Terpadu Amplas Urung Dieksekusi, Ternyata Ini Alasannya

Tiga Terdakwa Revitalisasi Terminal Terpadu Amplas Urung Dieksekusi, Ternyata Ini Alasannya

Faeza Minggu, 12 November 2017 11:15 WIB
mtc/fae
Meski sudah dinyatakan bersalah dan dihukum pidana penjara, namun tiga terdakwa kasus korupsi Revitalisasi Terminal Terpadu Amplas (TTA) Medan belum juga dieksekusi. Ternyata hal ini disebabkan putusan yang dijatuhkan kepada ketiga terdakwa belum berkekua
MATATELINGA, Medan- Meski sudah dinyatakan bersalah dan dihukum pidana penjara, namun tiga terdakwa kasus korupsi Revitalisasi Terminal Terpadu Amplas (TTA) Medan belum juga dieksekusi. Ternyata hal ini disebabkan putusan yang dijatuhkan kepada ketiga terdakwa belum berkekuatan hukum tetap (inkrah).

Ketiga terdakwa telah mengajukan banding atas vonis hukuman yang diberikan majelis hakim Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Medan. Pengajuan banding itu dilakukan tim penasihat dari Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Pengawasan dan Survey Dinas Perkim Medan, Khairudi Hazfin Siregar selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang merangkap Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Tim leader konsultan pengawas kegiatan, Bukhari Abdullah dan Direktur PT Welly Karya Nusantara, Tiurma Pangaribuan sebelum tujuh hari pascaputusan hakim yang dibacakan Senin (23/10) lalu.

"Ketiga terdakwa kasus korupsi Amplas melalui penasihat hukumnya telah ajukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Medan. Karena belum inkrah mereka belum bisa dieksekusi," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut, Sumanggar Siagian, Minggu (12/11/2017)

Atas sikap para terdakwa terhadap putusan majelis hakim itu, maka Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menyidangkan kasus korupsi Revitalisasi Terminal Terpadu Amplas telah mengirimkan berkas kontra memori ke Pengadilan Tinggi (PT) Medan.

"Saya sudah konfirmasi ke jaksanya, mereka telah membuat kontra memori dan dikirimkan ke PT Medan," kata Sumanggar.

Untuk diketahui, majelis hakim Pengadilan Tipikor Medan yang diketuai Rosmina menjatuhi terdakwa Khairudi Hazfin Siregar dengan pidana penjara selama setahun dan tiga bulan penjara serta denda Rp 50 juta subsider 2 bulan kurungan.

Sedangkan, direktur PT Welly Karya Nusantara, Tiurma Pangaribuan selaku rekanan juga divonis 1,3 tahun penjara dan Rp 50 juta subsider 2 bulan. Selain itu, Tiurma juga diwajibkan membayar Uang Pengganti Rp 300 juta lebih atau subsider 1 tahun kurungan.

Terdakwa lainnya, Bukhari Abdullah selaku tim leader konsultan pengawas kegiatan turut dijatuhi hukuman selama 1,2 tahun penjara dan denda Rp 50 juta subsider 2 bulan kurungan.

"Masing-masing terdakwa dikenakan Pasal 3 Jo Pasal 18 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP," ungkap Rosmina.

Adapun yang menjadi alasan ketiga terdakwa tidak ditahan meski telaglh terbukti bersalah di pengadilan, Humas Pengadilan Negeri (PN) Medan, Erintuah Damanik menyatakan ada beberapa pertimbangan.

"Secara umum, karena sejak dari penyidikan di kepolisian atau kejaksaan para tersangka belum pernah menjalani penahanan. Selain itu para terdakwa diketahui tidak akan melakukan perbuatan melawan hukum seperti pengrusakan atau tindak pidana lainnya," jelas Erintuah, beberapa waktu lalu.

Hal lainnya para terdakwa setelah pembacaan vonis tidak langsung menerima putusan hakim. Sehingga status hukum ketiganya belum jelas hingga kini.

"Kalau saat itu mereka menerima maka pasti akan langsung dieksekusi," sebutnya.

Seperti diketahui, perkara korupsi ini disidangkan setelah berdasarkan hasil penyidikan terdapat volume pengerjaan yang tidak sesuai dengan kontrak dan pengerjaannya terkesan amburadul.

Kemudian dilakukan penghitungan oleh Konsultan Angkutan Publik ditemukan kerugian negara sebesar Rp 400 juta lebih yang dananya bersumber dari APBD Kota Medan Tahun Anggaran (TA) 2015. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:eksekusikorupsiPN Medanrevitalisasiterminal amplas
Komentar
Jumat, 27 Apr 2018 09:35Berita Sumut

Gubsu Beri Penghargaan Penggiat Peduli Kebencanaan

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi memberikan penghargaan kepada 11 orang dan 8 lembaga

Jumat, 27 Apr 2018 09:22Nasional

Rizieq Shihab Restui Alumni 212 Bertemu Jokowi: Utamakan Dialog

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab telah merestui sejumlah petinggi Persaudaraan Alumni 212 dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama bertemu Presiden Joko Widodo. Rizieq menilai dialog harus diutamakan terhadap penyelesaian kasus dug

Jumat, 27 Apr 2018 09:20Berita Sumut

Wali Kota Apresiasi Road Show Komunitas Penulis Donasi 1.000 Buku

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengapresiasi dan mendukung penuh Komunitas Penulis Kota Medan yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap dunia perbukuan dan literasi di Kota Medan.

Jumat, 27 Apr 2018 09:13Nasional

Polisi Bekuk Pria Pembuat Video Hina Nabi Muhammad

Polda Jawa Timur bersama Polres Mojokerto menangkap seorang warga diduga menghina Nabi Muhammad S.A.W., Rendra Hadi Kurniawan (39). Lelaki itu juga sempat membikin heboh jagat media sosial karena video yang berisi hinaannya terhadap ulama dan Nabi Muhamm

Jumat, 27 Apr 2018 09:05Berita Sumut

Jajaki Kerjasama, Wagubsu dan Asosiasi Tiongkok Langsung Road Show

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyambut baik kerjasama mutualisme yang dilakukan oleh Asosiasi One Belt One Road Si Chuan. Bahkan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Dr Hj Nurhajizah Marpaung, SH MH yang menerima rombongan dalam aud

Jumat, 27 Apr 2018 09:02Ekonomi

BPKM Janji Perketat Pengawasan Jumlah TKA

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berjanji bakal memperketat pengawasan terkait jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diajukan oleh pemberi kerja di Indonesia.

Jumat, 27 Apr 2018 08:52Ekonomi

Rupiah Sekarat IHSG Merosot

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan sesi satu anjlok 1,85 persen hingga jatuh ke level 5.967, seiring masih adanya kekhawatiran pelemahan rupiah.

Jumat, 27 Apr 2018 08:50Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Toba 2018 di Lapangan KS Tubun Mapoldasu,

Jumat, 27 Apr 2018 08:40Ekonomi

Utang Indonesia Tembus 4 Triliun, Rizal Ramli Tantang Sri Mulyani Debat Terbuka

Mantan Menteri Koordinator bidang Maririm dan Sumber Daya Rizal Ramli mengaku siap gelar debat terbuka terkait utang luar negeri dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI).

Jumat, 27 Apr 2018 08:35Berita Sumut

Wali kota Ajak Umat Kristiani Kota Medan Hadiri Paskah Oikumene Pemko Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Medan Hanalore Simanjuntak mengajak seluruh umat Kristiani di Kota Medan untuk menghadiri perayaan Paskah Oikumene Pemko Medan

Jumat, 27 Apr 2018 08:31Ekonomi

Harga Minyak Dunia Mulai Menguat

Harga minyak dunia menanjak pada perdagangan Kamis (27/4), waktu Amerika Serikat (AS), meski kurs dolar AS menguat. Kenaikan harga dipicu oleh risiko pengenaan sanksi AS terhadap Iran, menurunnya produksi Venezuela, serta penguatan permintaan minyak glob

Jumat, 27 Apr 2018 08:22Ekonomi

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Resiko Utang Indonesia Bakal Menumpuk

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro mengingatkan risiko utang RI usai menjadi tuan rumah di ajang olah raga Asian Games 2018. Jika tidak hati-hati, ekonomi Indonesia akan terbebani oleh tumpukan utang dan saran

Jumat, 27 Apr 2018 08:20Nasional

Bakamla RI-Bapeten Tindak Kapal Penyelundup Zat Radio Aktif

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) melakukan penindakan terhadap kapal penyelundup Zat Radioaktif (ZRA), di Perariran Batam, Kepulauan Riau

Jumat, 27 Apr 2018 08:17Lifestyle

Kontrol Konsumsi Gulamu Agar Terhindar Dari Penyakit Ini

Gula tidak bisa lepas dari kehidupan kita, di mana bahan satu ini selalu dibutuhkan. Baik untuk bahan makanan, maupun sebagai pelengkap minuman.

Jumat, 27 Apr 2018 08:05Berita Sumut

Wali Kota Terima Audiensi Pengurus DPD Partai Nasdem Kota Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima audiensi pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kota Medan di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Jumat, 27 Apr 2018 07:50Berita Sumut

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Nasional

Pemerintah Kabupaten Karo menggelar peringatan hari kesiapsiagaan nasional 2018, di halaman kantor Bupati Karo,