• Home
  • Berita Sumut
  • Tiga Terdakwa Revitalisasi Terminal Terpadu Amplas Urung Dieksekusi, Ternyata Ini Alasannya

Tiga Terdakwa Revitalisasi Terminal Terpadu Amplas Urung Dieksekusi, Ternyata Ini Alasannya

Faeza Minggu, 12 November 2017 11:15 WIB
mtc/fae
Meski sudah dinyatakan bersalah dan dihukum pidana penjara, namun tiga terdakwa kasus korupsi Revitalisasi Terminal Terpadu Amplas (TTA) Medan belum juga dieksekusi. Ternyata hal ini disebabkan putusan yang dijatuhkan kepada ketiga terdakwa belum berkekua
MATATELINGA, Medan- Meski sudah dinyatakan bersalah dan dihukum pidana penjara, namun tiga terdakwa kasus korupsi Revitalisasi Terminal Terpadu Amplas (TTA) Medan belum juga dieksekusi. Ternyata hal ini disebabkan putusan yang dijatuhkan kepada ketiga terdakwa belum berkekuatan hukum tetap (inkrah).

Ketiga terdakwa telah mengajukan banding atas vonis hukuman yang diberikan majelis hakim Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Medan. Pengajuan banding itu dilakukan tim penasihat dari Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Pengawasan dan Survey Dinas Perkim Medan, Khairudi Hazfin Siregar selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang merangkap Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Tim leader konsultan pengawas kegiatan, Bukhari Abdullah dan Direktur PT Welly Karya Nusantara, Tiurma Pangaribuan sebelum tujuh hari pascaputusan hakim yang dibacakan Senin (23/10) lalu.

"Ketiga terdakwa kasus korupsi Amplas melalui penasihat hukumnya telah ajukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Medan. Karena belum inkrah mereka belum bisa dieksekusi," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut, Sumanggar Siagian, Minggu (12/11/2017)

Atas sikap para terdakwa terhadap putusan majelis hakim itu, maka Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menyidangkan kasus korupsi Revitalisasi Terminal Terpadu Amplas telah mengirimkan berkas kontra memori ke Pengadilan Tinggi (PT) Medan.

"Saya sudah konfirmasi ke jaksanya, mereka telah membuat kontra memori dan dikirimkan ke PT Medan," kata Sumanggar.

Untuk diketahui, majelis hakim Pengadilan Tipikor Medan yang diketuai Rosmina menjatuhi terdakwa Khairudi Hazfin Siregar dengan pidana penjara selama setahun dan tiga bulan penjara serta denda Rp 50 juta subsider 2 bulan kurungan.

Sedangkan, direktur PT Welly Karya Nusantara, Tiurma Pangaribuan selaku rekanan juga divonis 1,3 tahun penjara dan Rp 50 juta subsider 2 bulan. Selain itu, Tiurma juga diwajibkan membayar Uang Pengganti Rp 300 juta lebih atau subsider 1 tahun kurungan.

Terdakwa lainnya, Bukhari Abdullah selaku tim leader konsultan pengawas kegiatan turut dijatuhi hukuman selama 1,2 tahun penjara dan denda Rp 50 juta subsider 2 bulan kurungan.

"Masing-masing terdakwa dikenakan Pasal 3 Jo Pasal 18 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP," ungkap Rosmina.

Adapun yang menjadi alasan ketiga terdakwa tidak ditahan meski telaglh terbukti bersalah di pengadilan, Humas Pengadilan Negeri (PN) Medan, Erintuah Damanik menyatakan ada beberapa pertimbangan.

"Secara umum, karena sejak dari penyidikan di kepolisian atau kejaksaan para tersangka belum pernah menjalani penahanan. Selain itu para terdakwa diketahui tidak akan melakukan perbuatan melawan hukum seperti pengrusakan atau tindak pidana lainnya," jelas Erintuah, beberapa waktu lalu.

Hal lainnya para terdakwa setelah pembacaan vonis tidak langsung menerima putusan hakim. Sehingga status hukum ketiganya belum jelas hingga kini.

"Kalau saat itu mereka menerima maka pasti akan langsung dieksekusi," sebutnya.

Seperti diketahui, perkara korupsi ini disidangkan setelah berdasarkan hasil penyidikan terdapat volume pengerjaan yang tidak sesuai dengan kontrak dan pengerjaannya terkesan amburadul.

Kemudian dilakukan penghitungan oleh Konsultan Angkutan Publik ditemukan kerugian negara sebesar Rp 400 juta lebih yang dananya bersumber dari APBD Kota Medan Tahun Anggaran (TA) 2015. (mtc)
Editor: Faeza

T#g:eksekusikorupsiPN Medanrevitalisasiterminal amplas
Komentar
Jumat, 16 Nov 2018 10:22Berita Sumut

Pemkab Asahan Apresiasi Kampung Pengawasan Pemilu

Wakil Bupati Asahan H.Surya,BSc menerima kunjungan komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Asahan, Kamis (15/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 09:54Berita Sumut

Lantik 6 PJU dan 7 Kapolres, Kapoldasu : Ini Angin Segar Baru

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan enam Pejabat Utama (PJU) Polda Sumatera Utara (Sumut) serta tujuh Kapolres di Mapolda Sumut, Jumat (16/11) pagi.

Jumat, 16 Nov 2018 07:33Nasional

Kasad : Latihan Ancab TNI AD 2018 Akumulasi Kemampuan Tempur

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono menyaksikan langsung Latihan Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD TA. 2018 di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur), Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel),

Jumat, 16 Nov 2018 07:18Bola

Kenapa Malcom, Khianati Roma demi Barcelona...?

Santer dikabarkan bakal meninggalkan klub berjuluk Blaugrana, pada bursa transfer mendatang. Kendati demikian, hal itu lekas ditanggapi oleh Malcom, yang mengatakan bahwa dirinya senang berada di Barcelona.

Jumat, 16 Nov 2018 07:03Internasional

Tujuh Belas Tersangka Pembunuhan Wartawan di Beri Sanksi

Dalam pembunuhan Wartawan Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, Departemen Keuangan Amerika Serikat pada Kamis 15 November 2018, mengumumkan hukuman terhadap 17 orang Saudi atas peran mereka.

Jumat, 16 Nov 2018 06:48Nasional

UAS dan Habib Rizieq Paling Didengar di Pilpres Perhitangan LSI

Temuan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang menyebut Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Habib Rizieq Shihab sebagai ulama yang paling didengar imbauannya dan berpengaruh di Pilpres 2019, disambut baik oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Pasangan Joko Wid

Kamis, 15 Nov 2018 22:45Berita Sumut

Sejumlah Anggota DPRD Medan Diperiksa BPK, Masalah Anggaran Reses

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumut melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah anggota DPRD Kota Medan periode 2014-2019 di kantor Jalan Imam Bonjol, Medan

Kamis, 15 Nov 2018 22:30Berita Sumut

Resedivis Beraksi Membongkar Kantor Asuransi

Menyandang seorang resedivis, tidak mudah untuk bertobat. Itu tergantung orangnya, mau berubah nasib usai menjalani hukuman atau sebaliknya melakukan melawan hukum.

Kamis, 15 Nov 2018 22:15Nasional

Kepala Bakamla Beri Ucapan Selamat Kepada Kasal

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Achmad Taufiqoerrochman, S.E. memberikan ucapan selamat kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. atas pengangkatannya sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI Angkatan Laut ke-3

Kamis, 15 Nov 2018 22:00Berita Sumut

Wali Kota Kembali Raih Penghargaan Natamukti 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Penghargaan Natamukti 2018 dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia bekerjasama dengan International Council for Small Buniness (ICSB) di Graha Widya Bhakti, Ge

Kamis, 15 Nov 2018 21:45Berita Sumut

Kasat Lantas Asahan AKP.Rusbeny : Polantas Sudah Melakukan Penindakan Sesuai Prosedur

Kasat Lantas Asahan AKP.Rusbeny menanggapi viralnya tayangan vidio yang diunggah di media sosial terkait personil lalu lintas Polres Asahan yang melakukan penindakan terhadap seorang lelaki pegendara sepeda motor Honda Vario warna merah BK.4668 VBL yang

Kamis, 15 Nov 2018 21:30Berita Sumut

Transparan untuk Lindungi Pegawai

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprov Sumut) Dr Hj R Sabrina MSi mengatakan bahwa sistem kepegawaian saat ini akan menggunakan aplikasi elektronik yang transparan dan lebih melindungi Aparatur Sipil Negara (ASN) dari pengaruh atau tekanan d

Kamis, 15 Nov 2018 21:15Berita Sumut

Sabrina Ajak Seluruh Masyarakat Bersama Lestarikan Lingkungan Hidup

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Dr Hj R Sabrina MSi mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama melestarikan lingkungan hidup. Dengan melestarikan lingkungan hidup berarti juga ikut menyelamatkan masyarakat sekitarnya.

Kamis, 15 Nov 2018 21:00Nasional

Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Merauke

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. melaksanakan kunjungan kerja ke Merauke, Provinsi Papua.

Kamis, 15 Nov 2018 20:45Berita Sumut

Anton Panggabean Usulkan Penambahan Honor Guru dan Imam Mesjid

Anggota DPRD Medan Anton Panggabean yang juga selaku panitia khusus (Pansus) R APBD Kota Medan TA 2019 mengusulkan penambahan honor guru gereja dan imam mesjid di kota Medan. Penambahan itu dinilai sangat penting guna memaksimalkan ajaran agama kepada gen

Kamis, 15 Nov 2018 20:30Berita Sumut

Wanita Tua Ini, Jual Narkoba, Berujung ke Terali Besi

Petugas Satuan Narkoba Polres Pelabuhan Belawan menangkap seorang wanita pengedar daun ganja kering pada (12/11/2018) kemarin dari tersangka petugas menyita 16 amplop dan kertas tiktak.