Tim Gabungan 'Usir' Bus AKAP/AKDP Dari Loket Bus

Mtc/rel Rabu, 20 Februari 2019 22:23 WIB
MATATELINGA
Tim Gabungan Pemko Medan dikomandoi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan melanjutkan kembali penertiban terhadap loket bus yang masih beroperasi di sepanjang Jalan Sisingamangaraja, Rabu (20/02/2019).
MATATELINGA, Medan: Tim Gabungan Pemko Medan dikomandoi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan melanjutkan kembali penertiban terhadap loket bus yang masih beroperasi di sepanjang Jalan Sisingamangaraja, Rabu (20/02/2019).  Kali ini penertiban dilakukan dengan 'mengusir' bus-bus dari loket yang masih beroperasi tersebut. Sebab,  loket bus tidak diperkenankan beroperasi di sepanjang Jalan Sisingamangaraja.



Seperti biasa penertiban yang dilakukan selain melibatkan petugas Dishub Kota Medan, juga didukung unsur kepolisian dan jajaran kecamatan. Tercacat, ada 11 loket  bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP)/Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang ditemui masih beroperasi.

Adapun  kesebelas loket bus yang kedapatan beroperasi itu yakni PT  Putra Melayu, PT Batu Bara, PT Gopas, PT KBT, PT Bayu Raja Trans, PT  Parsima, PT  Bintang Utara, PT Galant, PT  Palapa serta PT Tao Toba Indah. Meski ada penolakan namun secara umum proses penertiban berjalan dengan lancar.

Tim gabungan memaksa seluruh bus yang ada di loket-loket bus untuk meninggalkan lokasi, sebab Pemko Medan telah menyediakan tempat yang representatif untuk menaikkan dan menurunkan penumpang di Terminal Terpadu Amplas. Dengan berat hati, seluruh pengemudi akhirnya meninggalkan loket bus masing-masing.

Selain menertibkan loket bus, tim gabungan juga menertibkan parkir berlapis di  sepanjang Jalan Sisingamangaraja. Selain memicu kemacetan, parkir berlapir juga sangat mengganggu estetika kota. Termasuk, menertibkan kenderaan bermotor yang parkir di atas trotoar karena mengganggu dan menghalangi masyarakat pengguna jalan yang melintas.



Setelah itu tim gabungan melanjutkan penertiban parkir liar dan berlapis di Jalan Brigjen Katamso, persisnya depan Rumah Makan Gumarang. Kenderaan bermotor yang parkir, terutama roda empat menyebabkan ruas jalan berkurang sehingga mengganggu kelancaran kenderaan yang melintas.

Selanjutnya penertiban  parkir liar dan berlapis diteruskan ke Jalan Pandu, depan Stasiun kereta Api serta Jalan Ahmad Yani (kawasan Kesawan). Di tempat itu, tim gabungan melakukan penilangan terhadap 3 unit kenderaan bermotor roda empatyang kedapatan parkir sembarangan serta melakukan pengembokan terhadap ban depan. Tindakan tegas dilakukan untuk memberikan efek jera kepada pemilik kenderaan sehingga tidak parkir sembarangan kembali.

Usia penertiban, Asisten Umum Setdako Medan selaku Plt Kadis Perhubungan Kota Medan Renward Parapat mengatakan, penertiban akan terus dilakukan hingga kawasan Jalan Sisingamangraja terbebas dari loket bus. ''Kita akan terus melakukan penertiban, terlebih bagi pengusaha jasa angkutan yang tidak mengindahkan surat himbauan yang sudah kita beri sebelumnya. Tindakan penertiban ini sebagai bentuk bahwa kita tidak main-main untuk menegakan peraturan yang berlaku,'' tegas Renward.



Di samping itu tegas Renward lagi, selain menertibkan loket bus, petugas juga melakukan  penertiban sejumlah parkir liar yang acap kali menjadi biang kemacetan. ''Bagi seluruh pemilik kendaraan bermotor, kita himbau agar memarkirkan kendaraan tidak di sembarang tempat. Selain melanggar peraturan, juga memicu terjadinya kemacetan. Untuk itu kami harapkan agar dapat mematuhinya," ungkapnya.

(Mtc/rel)
Editor: FJR

T#g:bliblidinas perhubunganDishubKota MedanMatatelingaPemko MedanTerkiniTim Gabungan Pemko Medan
Komentar
Minggu, 24 Mar 2019 22:24Berita Sumut

Kampanyekan Indonesia Bersih, Jajaran IAD Kejaksaan RI di Bantaran Sungai Babura

Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan RI di bawah pimpinan Ros Ellyana Prasetyo sebagai Ketua Umum IAD Pusat, terus mengkampanyekan Gerakan Indonesia Bersih, baik di pusat maupun pada sejumlah daerah di Indonesia.

Minggu, 24 Mar 2019 22:23Berita Sumut

Tersangka Pencurian Padangsidempuan Dibekuk Pihak Kepolisian

Seorang remaja laki - laki berinisial ,,M,, Desa pudun julu kec. Psp Batunadua kota padangsidimpuan harus berurusan

Minggu, 24 Mar 2019 22:00Berita Sumut

Ijeck Ajak UAS Silaturahmi ke Tuan Guru Babussalam X

Musa Rajekshah yang paham bahwa sahabatnya masih bersedih, ia pun membawa Ustadz Somad ke Babussalam untuk bersilaturahmi dengan Tuan Guru Babussalam X Syekh H. Hasyim Alsyarwani, Minggu (24/3).

Minggu, 24 Mar 2019 21:26Berita Sumut

Ketua Gemabudhi Sumut Minta Semua Elemen Jaga Keamanan dan Kerukunan

Menjelang perayaan Cheng Beng atau dikenal juga dengan sebutan sembahyang kubur merupakan tradisi bagi warga Tionghua dalam menghargai leluhurnya. Puncak peringatan Cheng Beng akan digelar, 5 April nanti, sebelum memasuki hari H puncak Cheng Beng, warga

Minggu, 24 Mar 2019 21:15Berita Sumut

Satu Dari Tiga Pelaku Penganiayaan Diringkus Tim Pegasus

,,RHP,, (34 ) warga jalan Rotan IX Prumnas Simalingkar Kecamatan Pancurbatu Kabupaten Deliserdang

Minggu, 24 Mar 2019 21:00Berita Sumut

Nenek 11 Cucu Terpaksa Nginap di "Hotel Prodeo"

Nenek ,,S,, (58) yang memiliki sebelas cucu warga Jalan SM Raja Kecamatan Medan Kota terpaksa

Minggu, 24 Mar 2019 20:45Berita Sumut

Muspika Namorambe Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Guna mensukseskan pesta demokrasi diwilayahnya, Muspika Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019

Minggu, 24 Mar 2019 20:29Berita Sumut

Nicko Perdana Putra Akan Atasi Banjir di Tebingtinggi Apabila Diberi Amanah Menjadi Wakil Rakyat

Nicko Perdana Putra Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Golkar Kota Tebingtinggi dengan nomor urut 5

Minggu, 24 Mar 2019 19:30Nasional

Pangdam I/BB "Berangkat tugas operasi adalah Tugas Mulia Bagi seorang Prajurit"

Panglima kodam I Bukit Barisan (Pangdam I/BB) Mayjen TNI M.Sabrar Fadhilah beserta rombongan dari Kodam I/BB

Minggu, 24 Mar 2019 19:15Lifestyle

WOW! Batuk dan Pilek Berkepanjangan Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya

Banyak masyarakat Indonesia yang mengalami gangguan pendengaran atau biasa disebut tuli

Minggu, 24 Mar 2019 19:15Nasional

GMNI: Hoax Hingga Terorisme adalah Politik kotor

Dalam menyikapi dinamika kehidupan bangsa saat ini, organisasi mahasiswa, termasuk Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)

Minggu, 24 Mar 2019 19:00Bola

Pascal Plancque: Van Dijk adalah Monster di Dunia Sepak Bola

Ketangguhan bek Liverpool, Virgil van Dijk, di dunia sepakbola tentu sudah tak perlu diragukan lagi.

Minggu, 24 Mar 2019 18:45Bola

Chelsea Rekrut Christian Pulisic, Legenda Amerika Serikat

Salah satu pemain legendaris Timnas Amerika Serikat, Brian McBride

Minggu, 24 Mar 2019 18:30Internasional

Bermotif Etnis, Sedikitnya 134 Tewas dalam Penyerangan

Sedikitnya 134 orang terbunuh dalam sebuah serangan di sebuah desa di selatan Mali yang tampaknya didorong motif etnis.

Minggu, 24 Mar 2019 18:15Internasional

Lebih Dari 1000 Penumpang Kapal Pesiar Dievakuasi

Tim penyelamat bekerja keras untuk mengevakuasi 1.300 orang dari sebuah kapal pesiar yang terdampar di pantai barat Norwegia.

Minggu, 24 Mar 2019 18:11Berita Sumut

Slank Hipnotis Milenial Medan di Acara Anti Narkoba Polda Sumut

Selamat siang milenial, sapa kaka yang mempunyai nama asli Akhadi Wira Satriaji vokalis grub band Slank. Setelah beberapa lagu dimainkan, Kaka pun meminta Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto untuk naik keatas panggung dan bernyanyi bersama.