• Home
  • Berita Sumut
  • Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemprov Sumut akan Bangun Sekolah di Nias Selatan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemprov Sumut akan Bangun Sekolah di Nias Selatan

Mtc Rabu, 22 Mei 2019 21:56 WIB
Matatelinga.com
Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah bersama Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari mengunjungi Desa Bawomataluo di Kecamatan Fanayama, Nias Selatan
MATATELINGA, Nias Selatan:  Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya di Kabupaten Nias Selatan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut segera membangun sekolah. Ini salah satu wujud keseriusan Pemprov Sumut membangun pendidikan di daerah ini.



"Pak Bupati tolong siapkan lahan, lalu hibahkan tanahnya kepada Pemprov Sumut. Insya Allah akan kita bangun sekolah, untuk tingkatkan kualitas pendidikan. Karena untuk membangun sekolah adalah tanggung jawab kami," ujar Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah saat mengunjungi Desa  Bawomataluo di Kecamatan Fanayama, Nias Selatan, Rabu (22/5/2019).

Dalam sambutannya, Wagub juga berpesan pada generasi muda agar tetap menanamkan nilai-nilai budaya leluhur dalam kehidupan. "Anak anak kami generasi muda, teruslah pelajari tradisi kita. Saya melihat kampung ini (Desa Bawomataluo), saya langsung berpikir bagaimana leluhur kita sudah memikirkan cara menata desa dengan sebegini baiknya. Sudah ada balai desa tempat berkumpul warga," katanya.



Menurut Wagub, Desa Bawomataluo menjadi salah satu bukti bahwa para leluhur telah memikirkan kehidupan untuk anak cucunya. "Semangat leluhur itu lah yang harus kita tiru, kekompakan harus dijaga. Sebab, Sumut bukan hanya satu etnis, ada delapan etnis, jangan kita melihat apa agamanya dan sukunya karena kita ini Indonesia," kata Musa Rajekshah.

Mengingat bahwa Nias Selatan adalah tempat berlangsungnya pembukaan Sail Nias 2019, Musa Rajekshah pun mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan acara tersebut. Terutama dalam menyiapkan berbagai sarana dan prasarana pendukung event Sail Nias 2019.



"Saya sudah tiga hari berada di Kepulauan Nias. Saya sudah mengunjungi seluruh venue yang akan digunakan untuk acara Sail Nias 2019, mulai dari Gunungsitoli, Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, hingga Nias Selatan. Banyak memang infrastruktur yang harus kita perbaiki dan masih banyak yang harus dikejar untuk pengerjaannya, hingga benar-benar siap untuk melaksanakan rangkaian acara. Semoga di sisa waktu yang ada sarana dan prasarana bisa diselesaikan sesuai waktunya, untuk itu mari sama sama kita sukseskan acara ini," tambahnya.

Wagub mengaku bahwa kesiapan acara sudah mencapai 30 % lebih, dimana kunjungannya saat ini adalah untuk memastikan kelayakan venue acara. "Masih banyak fisik jalan dan bangunan yang belum selesai secara menyeluruh, itu juga akan kita kejar pembangunannya lewat kerja sama Pemerintah Pusat, Pemprov Sumut dengan dukungan Pemerintah Kabupaten/Kota yang terlibat," ucap Musa Rajekshah  didampingi istri, yang juga Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari.



Bupati Nias selatan Hilarius Duha menambahkan, bahwa sukses atau tidaknya Sail Nias 2019 tergantung dukungan dari masyarakat.  "Hari ini juga Pak Wagub langsung meninjau lokasi pembukaan di Pelabuhan Baru Teluk Dalam dan terakhir di Desa Bawomataluo. Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh masyarakat marilah sama-sama kita sukseskan acara bertaraf Internasional ini," ucap Hilarius.

Usai memberikan sambutan, Wagub Sumut disuguhkan pertunjukan Parade Tari Perang dan Lompat Batu yang mengundang banyak decak kagum. Setelah itu, Wagub Sumut diajak berkeliling melihat keadaan rumah adat besar untuk rumah para raja yang disebut Omo Sebua atau Omo Ruyu.

Dalam kunjungan tersebut, turut berhadir Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Effendy Pohan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Hidayati, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Ismael Parenus Sinaga dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Baharuddin Siagian.
Editor: Amrizal

T#g:Matatelingamatatelinga.commatatelinga comNias selatanPemprovsuWakil Gubernur
Komentar
Rabu, 18 Sep 2019 10:15Ekonomi

Rupiah Pagi Ini Perkasa di Rp14.077/USD

Pada perdagangan pagi ini, nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat

Rabu, 18 Sep 2019 10:00Ekonomi

Imbas Serangan Drone, Saham Perusahaan Energi Ini Meroket

Pasca serangan drone terhadap dua fasilitas utama minyak milik Saudi Aramco, Arab Saudi

Rabu, 18 Sep 2019 09:45Nasional

Sebelum dan Sesudah Kunjungi Lokasi Kebakaran Hutan, Sepatu Jokowi Viral

Beserta rombongan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya sambangi lokasi kebakaran hutan di kawasan Pelalawan, Riau, belum lama ini

Rabu, 18 Sep 2019 09:30Internasional

Bocah Merokok di Stadion Hebohkan Warganet, Ternyata

Selama pertandingan yang disiarkan televisi antara Bursaspor dan Fenerbahce, dua klub sepak bola asal Turki, pemirsa disuguhi beberapa pemandangan yang mengganggu

Rabu, 18 Sep 2019 09:15Bola

Meski Tanpa Neymar dan Mbappe, Varane Tetap Anggap PSG sebagai Lawan Berat

Laga pertama Grup A Liga Champions 2019-2020. Bek Real Madrid, Raphael Varane, menganggap Paris Saint Germain (PSG)

Rabu, 18 Sep 2019 09:00Internasional

Kevin Hart Dituntut Rp844 Miliar

Minta ganti rugi dari sang aktor sebesar USD60 juta atau setara Rp844,5 miliar. Montia Sabbag menuntut aktor dan komedian Kevin Hart

Rabu, 18 Sep 2019 08:45Lifestyle

Mengenal Dibbler, Salah Satu Mamalia Terlangka di Dunia

Kali ini ada yang tak kalah uniknya yang biasanya Australia identik dengan hewan koala. Belum banyak orang yang mengetahui tentang bagaimana rupa hewan ini

Rabu, 18 Sep 2019 08:30Bola

Liga Champions 2019-2020, Rabu 18 September 2019, ini Hasil Laganya

Sejumlah pertandingan menarik pun telah berlangsung di ajang Liga Champions 2019-2020 resmi dimulai

Rabu, 18 Sep 2019 08:15Lifestyle

Ingin Bercinta Tanpa Miss V Harus Mengalami Sakit, Ini 5 Posisi Paling Tepat

Ada beberapa penyebab yang memicu terjadinya dyspareunia. Menurut studi yang dipublikasikan oleh jurnal BJOG

Rabu, 18 Sep 2019 08:00Bola

Napoli Bekuk Liverpool 2-0

Laga perdana Grup E Liga Champions 2019-2020. Napoli sukses menaklukkan Liverpool. Bermain di Stadio San Paolo

Rabu, 18 Sep 2019 07:05Bola

Marco Verratti, Mengaku Tak Sabar Melakoni laga Perdana Liga Champions

Pada pertandingan pembuka Liga Champions musim ini, PSG akan tampil di hadapan publik sendiri, Parc des Princes

Rabu, 18 Sep 2019 06:15Nasional

Kontra Bus Dengan Mobil Tangki, di Kabarkan Delapan Tewas dan Puluhan Luka Luka

Delapan orang dikabarkan tewas dalam kecelakaan lalu lintas antara bus Rosalia Indah bernomor polisi AD-1666-CE dan truk tangki dengan nomor polisi BE-9291-YJ di Jalan Lintas Tengah Sumatera KM 229, Kampung Way Tuba, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung

Rabu, 18 Sep 2019 06:00Berita Sumut

Kadispora Buka Kejuaraan Biliar Junior U 20 Piala Gubsu

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provsu (Kadisporasu) H Baharuddin Siagian SH MSi membuka Kejuaraan Biliar Junior U 20 Piala Gubsu, Selasa (17/9/2019) di Puslat POBSI Sumut Jl Kapt. Pattimura Medan

Selasa, 17 Sep 2019 20:45Nasional

Kapolri Dampingi Presiden RI Meninjau Lokasi Karhutla di Riau

Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D mendampingi langsung Presiden RI dalam meninjau lokasi karhutla di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Kota Pekanbaru Riau.

Selasa, 17 Sep 2019 20:30Berita Sumut

Anggota DPRD Sumut : " Saya Minta Lokasi Penggerebekan Galian C di Tutup Secara Permanen"

Terkait dengan penggerebekan Galian C ilegal oleh Sat reskrim Polres Binjai,Ketua DPRD Binjai Zainuddin Purba yang kini sudah menjabat sebagai anggota DPRD Sumut, sangat apresiasi dan mendukung.

Selasa, 17 Sep 2019 20:15Berita Sumut

Kedua Kalinya Sat Reskrim Polres Binjai Grebek Lokasi Galian C

Untuk yang kedua kalinya dimasa kepemimpinan Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto, melakukan penggerbekan Galian C ilegal yang disebut juga sebagai Pantai Acong , Selasa (17/9/2019), sekira pukul 14:30 Wib.