• Home
  • Berita Sumut
  • Tolak Revisi UU Ketenagakerjaan, Besok Ribuan Buruh FSPMI Sumut Geruduk Kantor Gubsu

Tolak Revisi UU Ketenagakerjaan, Besok Ribuan Buruh FSPMI Sumut Geruduk Kantor Gubsu

faeza Rabu, 14 Agustus 2019 17:48 WIB
mtc/net
Ilustrasi
MATATELINGA, Medan: Rencana pemerintah yang akan melakukan revisi Undang- undang Ketenagakerja (UUK) No 13 Tahun 2003 mendapat penolakan dari elemen buruh yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Provinsi Sumatera Utara (FSPMI Sumut).




[adx]

Untuk menyampaikan penolakan itu, rencananya besok, Kamis (15/8/2019) para buruh FSPMI Sumut akan menggelar aksi unjuk rasa ke kantor Gubernur dan DPRD Sumatera Utara.

" Kita besok aksi menolak tegas revisi UU Ketenagakerjaan yang mengebiri hak buruh Indonesia" Kata  Willy Agus Utomo Ketua FSPMI Sumut di dampingi Tony R Silalahi Sekretaris FSPMI Sumut, Dedi Heriawan KC FSPMI Deli Serdang, Apen Manurung Garda Metal FSPMI Sumut,  kepada para wartawan di Medan, Rabu (14/8/2019.


Menurut Willy, pemerintah terus terusan mengusik hak kaum buruh dan terkesan selalu berpihak pada pengusaha dengan mengeluarkan kebijakan yang mengurangi hak para buruh. Disisi lain kata Willy, UU Ketenagakerjaan yang ada saja masih belum menjamin hak dan keaejahteraan kaum buruh itu sendiri.

" Kami kaum buruh di kebiri, sementara pengusaha terus diberi kelonggaran dengan kebijakan pemerintah dalam kurun 5 tahun terakhir ini" ungkapnya.



[adx]


Masih kata Willy, UU Ketengakerjaan telah dibahas di Pusat oleh semua pihak, rencananya sebanyak 77 pasal dalam UU tersebut akan di revisi pemerintah, yang kesemuanya menguntungkan dunia usaha.

" Diantara 77 pasal tersebut, yakni  pesangon buruh akan dikurangi, biro jasa atau pekerja outsourching tanpa ada batas waktu dan bebas ditempatkan dimana saja, tenaga kerja asing bisa jadi HRD di perusahaan, upah buruh murah dengan menghilangkan sektoral upah dan lain lain yang semuanya merugikan kaum buruh" papar Willy 

Sementara Tony Rickson Silalahi, Sekretaris FSPMI Sumut manambahkan besok para buruh yang melakukan aksi berasal dari beberapa daerah di Sumut, seperti Buruh Kota Medan, Deli Sedang, Serdang Bedagai, Labuhan Batu Raya, Tabagsel.

Tony menyampaikan, selain menolak Revisi UU Ketenagakerjaan FSPMI sumutakan mengusung beberapa poin tuntutan dalam aksi besok. Yakni , Tolak revisi UUK No 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, Cabut kebijakan upah murah PP 78 tentang pengupahan, Tolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan, Hapuskan sistem kerja perbudakan (Outsourching,Kontrak , Harian Lepas dan Pemagangan), dan Pemerintah harus antisipasi gelombang PHK Masal.

" Itu untuk nasional, Untuk tuntutan daerah, kami meminta agar Gubernur Sumatera Utara memerintahkan Disnakernya untuk segera menyelesaikan kasus kasus perburuhan di Sumut, dan agar Gubsu bersama DPRD Sumut memperkuat penegakan hukum ketenagakerjaan dengan menambah anggaran, kuantitas, kualitas SDM pegawai pengawas ketenagakerjaan di Sumatera Utara" tutup Tony.(mtc/rel)

Editor: faeza

T#g:Buruh FSPMI Sumutfspmi sumutmatatelinga.commatatelinga comRevisi UU KetenagakerjaanTerkiniTolak Revisi UU KetenagakerjaanTraveloka
Komentar
Sabtu, 30 Mei 2020 22:15

Terkait Laporan Forbes Soal Kekayaannya, Kylie Jenner Menertawakannya

Kylie Jenner menanggapi laporan terbaru yang dirilis Forbes terkait statusnya sebagai ‘miliuner self-made termuda’ di dunia. Lewat Twitter dia terlihat menertawakan laporan tersebut.

Sabtu, 30 Mei 2020 22:00Nasional

Terapkan Protokol Kesehatan, Kemendikbud Dorong PPDB Dilakukan Secara Online

Kementerian Pendidikan mendorong sekolah untuk menggelar penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online. Sebab penyebaran corona masih terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Sabtu, 30 Mei 2020 21:45Nasional

Hati-Hati! Virus Corona Bisa Menyebar Sangat Cepat di Satu Tempat

Sejumlah negara berencana melonggarkan upaya pembatasan jarak sosial. Di sisi lain, para ahli terus mengingatkan bahwa kehati-hatian perlu terus ditingkatkan untuk mencegah peristiwa yang disebut dengan penyebaran super virus corona.

Sabtu, 30 Mei 2020 21:29Berita Sumut

Pemprov Sumut Siapkan Wisma Atlet Untuk Tenaga Medis Covid-19

Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meninjau kesiapan Wisma Atlet Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut di Jalan Willem Iskandar, Deliserdang yang akan digunakan untuk penginapan tenaga medis yang menangani Corona Virus Disease (Cov

Sabtu, 30 Mei 2020 21:14Nasional

Soal Logo Covid -19, RSO Ikut Mengecam

Presiden National Olympic Committee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari mengecam adanya logo Olimpiade digabungkan dengan gambar virus Corona atau Covid pada sampul sebuah majalah.

Sabtu, 30 Mei 2020 20:49Nasional

Inovasi Teknologi Cegah COVID-19, TNI AD Gunakan Helmet Thermal KC Wearable

Pertegas komitmennya dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, TNI AD akan menggunakan helm berteknologi terbaru helmet thermal KC wearable.

Sabtu, 30 Mei 2020 20:25Ekonomi

Pergerakan NIlai Tukar Rupiah berhasil di Tutup, Menguat Akhir Depan

Dipengaruhi oleh perkembangan hubungan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Sabtu, 30 Mei 2020 20:10Ekonomi

Hari ini Harga Emas Naik Rp 1.000 Menjadi Rp 914.000 per gram

Biasanya harga per gram emas Antam akan berbeda tergantung berat batangnya. Logam Mulia Antam menjual emas dan perak batangan dalam beberapa ukuran berat (misalnya 1 gram, 2 gram, dan 500 gram).

Sabtu, 30 Mei 2020 19:52Lifestyle

Bila Anda ke Jepang, Jangan Ketinggalan Mencicipi Makan Jepang

Di Jepang tidak cuma Kota Osaka yang terkenal dengan kuliner dan jajanannya.

Sabtu, 30 Mei 2020 19:37Berita Sumut

Horeee,,, Pelayanan SIM, STNK, dan BPKB Dibuka Kembali

Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) kembali dibuka.

Sabtu, 30 Mei 2020 19:22Internasional

Pemulangan 4.800 TKI Indonesia, Pakai Dana Malaysia Apa Dana Indonesia..?

Sebanyak 4.800 Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) yang berada di Depo Tahanan Imigrasi (DTI) Malaysia akan dipulangkan secara bertahap.

Sabtu, 30 Mei 2020 19:07Berita Sumut

Akhyar Kunjungi Anak Kurang Gizi, Pastikan Pelayanan Kesehatan Berjalan Baik

Mendengar kabar bahwa salah satu warganya mengalami kekurangan gizi, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi langsung mendatangi warga tersebut

Sabtu, 30 Mei 2020 18:22Berita Sumut

Akhyar Tekankan Jangan Ada Bantuan yang Tumpang Tindih

Bantuan Sosial (bansos) tahap II terus digulirkan kepada masyarakat Kota Medan yang membutuhkan terutama yang terdampak Covid-19.

Sabtu, 30 Mei 2020 18:07Berita Sumut

Akhyar Ingatkan Seluruh Kantor Pelayanan Pemerintahan Terapkan Protokol Kesehatan

Penyaluran bantuan sosial (bansos) tahap kedua Pemko Medan kepada masyarakat berupa 20kg beras dan 2kg gula pasir terus dipantau langsung Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi

Sabtu, 30 Mei 2020 17:52Berita Sumut

Akhyar Minta Warga Dilayani Dengan Baik

Proses penyaluran bantuan tahap kedua dari Pemko Medan kepada warga yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Lingkungan VI dan XII, Kelurahan Pasar Merah, Kecamatan Medan Area berlangsung tertib dan lancar

Sabtu, 30 Mei 2020 17:37Internasional

Tindakan Polisi Amerika Serikat (AS) Terhadap Pers Kembali Disorot

Sebuah rekaman yang memperlihatkan seorang reporter dan kru kamera stasiun televisi lokal ditembak peluru merica dari jarak dekat oleh polisi saat melaporkan demonstrasi yang memprotes kematian George Floyd di Kentucky