Tragedi KM Sinar Bangun : Jangan Hanya jadi Pemadam Kebakaran

Mtc/James Sabtu, 23 Juni 2018 15:49 WIB
MATA TELINGA/JAMES P PARDEDE
Pemerintah perlu melakukan penataan ulang terhadap moda transportasi air di kawasan Danau Toba
MATATELINGA : Tragedi kapal tenggelam yang meninggalkan rasa duka bagi keluarga yang ditinggalkan, sampai hari ini tim gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan instansi lainnya tetap berusaha untuk menemukan korban yang hilang dari ratusan korban yang terdata menjadi penumpang KM Sinar Bangun.

Berdasarkan penuturan para korban selamat atas nama M Fikri (21), Rahman Saputra (22) dan Sri Santika (26), warga Batubara, Heri Nainggolan (23), Jamuda Sinaga (17), Hermanto Turnip (27), Roni (17), Josua Sinaga (17) dan Juwita (32) Simalungun, Suhendra (22) dan Hafni (29) Pematangsiantar. Korban lainnya, Hernando Lingga (24), Sanri Sianturi (23) dan Dedi Setiawan (22) Deli Serdang, Tiambanus Situmorang (16) Aek Kanopan, Riko Sijabat (26), Toni (29) Kota Pinang, dan Rudi Wibiwo (22) Binjai, KM Sinar Bangun yang mereka tumpangi kelebihan muatan termasuk sepeda motor yang disusun sedemikian rupa di sisi kiri dan kanan kapal.



Kapal KM Sinar Bangun dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, antara Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dengan Desa Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin, sekitar pukul 17.30 WIB.

Musibah yang terjadi di kawasan wisata Danau Toba ini, seharusnya tidak perlu terulang apabila kita benar-benar mau belajar dari kejadian-kejadian yang terjadi berulang di Danau Toba. Ketika ada musibah, baru kita sibuk untuk mencari jalan keluarnya. Harusnya, kita jangan hanya jadi pemadam kebakaran, dimana api membesar baru kita sibuk untuk memadamkannya, sementara upaya kita untuk melakukan pencegahan tidak ada sama sekali.



Beberapa hal yang perlu diperhatikan di kawasan ini, terutama yang berkaitan dengan masalah transportasi air untuk penyeberangan dari Parapat ke Pulau Samosir atau dari Samosir ke Parapat. Perlu ada penataan yang komprehensif mulai dari kelayakan mesin, usia kapal dan perlengkapan yang harus tersedia saat kapal akan berlayar.

Yang tak kalah pentingnya adalah manifes perjalanan yang menjadi dokumen penting dalam penyelenggaraan jasa angkutan. Istilah ini kerap muncul saat terjadi kecelakaan pesawat atau kapal laut. Tidak semata itu, mengacu pada laporan Badan Pemeriksa Keuangan, manifes menjadi salah satu rujukan untuk perjalanan dinas pegawai yang menggunakan biaya negara.

Pentingnya dokumen manifes bagi maskapai atau penyedia jasa angkutan laut dan danau juga sangat bermanfaat bagi pihak ketiga, seperti jasa asuransi. Manifes secara umum adalah dokumen yang berisi daftar muatan yang diangkut menggunakan pesawat terbang atau kapal laut/kapal motor di danau. Manifes memuat data penumpang, awak pesawat atau kapal berikut dengan pelbagai barang yang diangkut oleh moda transportasi tersebut. Informasi ini dikumpulkan sebelum keberangkatan berdasarkan daftar penumpang yang masuk (check in).



Dokumen ini pada dasarnya bermanfaat bagi maskapai atau jasa angkutan laut untuk memeriksa kelengkapan penumpang. Dokumen ini bersifat rahasia atau terbatas mengingat memuat data pribadi penumpang. Manifest akan memuat daftar nama setiap penumpang yang berangkat pada satu penerbangan atau pemberangkatan kapal laut.

Dokumen manisfes juga bermanfaat untuk proses pencairan asuransi untuk kecelakaan transportasi. Pihak asuransi akan menggunakan data maskapai atau penyedia angkutan laut sebagai rujukan pencairan dana santunan. Hal ini yang menjadi alasan agar penumpang tidak menggunakan identitas orang lain dalam perjalanan beresiko seperti yang terjadi di Danau Toba. Penggunaan nama orang lain berpeluang mencegah pencairan dana santunan asuransi apabila terjadi kecelakaan.



Kenyataan yang kita hadapi dilapangan adalah, pemerintah dan pengusaha angkutan air di kawasan Danau Toba seakan tidak perduli dengan nyawa manusia yang mereka angkut. Setiap penumpang yang naik kapal motor penyeberangan harus siap dengan segala risiko yang ada. Urusan keselamatan di kawasan ini terkesan urusan penumpang dengan Tuhan.

Beberapa keluarga yang kehilangan anggota keluarganya dalam tragedi KM Sinar Bangun mengkritisi kinerja tim gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan instansi lainnya yang terkesan lambat dalam memberikan pertolongan. Sementara jawaban dari tim, proses pencarian mengalami kendala karena kondisi cuaca dan keberadaan danau yang kedalamannya sulit diprediksi.



Menyikapi tragedi yang terjadi di kawasan Danau Toba, beberapa hal perlu dibenahi termasuk manifest dan keseriusan pemerintah dalam menerapkan aturan-aturan yang ada. Kalau kapal motornya tidak laik jalan, pemerintah harus tegas dalam hal ini. Agar kita tidak lagi terkesan hanya sebagai pemadam kebakaran.

Editor: James P Pardede

T#g:
Komentar
Selasa, 18 Jun 2019 21:18Berita Sumut

Polsek Medan Baru Tangkap Geng Motor SL Pelaku Perampokan Disertai Penganiayaan

Aksi perampokan disertai penganiayaan yang dilakukan anggota geng motor SL di Medan berakhir sudah. Tiga orang anggota geng motor itu berinisial D ,25, A ,18, dan G ,45, ditangkap.

Selasa, 18 Jun 2019 20:14Berita Sumut

Pelarian Pelaku Pembunuhan Karyawati Bank Mandiri Syariah Terhenti

Teka teki kematian karyawati Bank Mandiri Syariah, Santi Devi Malau nampaknya mulai terkuak oleh Polres Tapanuli Tengah. Kerja keras yang dilakukan jajaran Polres Tapteng untuk mengungkap motif pembunuhan petugas Coustomer Service tersebut.

Selasa, 18 Jun 2019 19:51Berita Sumut

Kapolsek Patumbak Anjangsana ke Purnawiraran Polri

Kapolsek Patumbak Polrestabes Medan AKP Ginanjar Fitriadi, SH, S.I.K beserta Personel Polsek Patumbak melaksanakan Anjangsana ke beberapa Purnawirawan Polri yg bertempat tinggal di Wilayah Polsek Patumbak Polrestabes Medan, pada Selasa (18/6/2019) mulai P

Selasa, 18 Jun 2019 19:46Berita Sumut

Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Silaturahmi Dengan Wartawan

Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumatera Utara (Sumut) mengadakan silaturahmi dengan wartawan unit Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut di Aula Raja Inal Siregar, Selasa (18/6/2019). Diharapkan sinergi antara Biro Humas dan wartawan semakin meningkat

Selasa, 18 Jun 2019 19:31Berita Sumut

Pemprov Sumut Dukung Pengembangan Budidaya Kacang Macadamia

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menyambut baik rencana peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) pada 27 Juni 2019 di Huta Ginjang, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Masyarakat pun diimbau untuk beralih membudidayakan tanaman yang ramah li

Selasa, 18 Jun 2019 19:16Berita Sumut

Kapolsek : Kita semua bersaudara

Dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke - 73, Polsek Patumbak melakukan bersih-bersih di rumah ibadah (Gereja) Methodist di Jln Perjuangan IV Dusun IV Ds. Sigara-gara Kec. Patumbak, Selasa (18/5/2019).

Selasa, 18 Jun 2019 19:01Berita Sumut

Eratkan Komunikasi, Kapolrestabes Medan Anjangsana ke Rumah Ustadz Masri Sitanggang

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto didampingi Kasat Intel Polrestabes Medan AKBP Masana Sembiring dan Kapolsek Percut Seituan Kompol Subroto Anjangsana ke rumah Ustadz Dr Masri Sitanggang di Jalan Gambir Pasar VIII No 98 Kecamatan Percut Se

Selasa, 18 Jun 2019 18:49Internasional

Menurut PBB : Populasi di Bumi Akan Capai 9.7 Miliar Jiwa pada 2050

Berdasarkan laporan yang dirilis PBB, Senin, 17 Juni 2019 memperkirakan populasi manusia di bumi akan mencapai angka 9.7 miliar jiwa pada tahun 2050. Jumlah itu naik pesat dari populasi saat ini yang berada di angka 7.7 miliar jiwa dengan populasi di wila

Selasa, 18 Jun 2019 18:29Berita Sumut

Anggota DPRD Medan Zulkifli Lubis Meninggal Dunia

Anggota DPRD Medan Zulkifli Lubis meninggal dunia usai pingsan di parkiran basement gedung DPRD Medan, Selasa (18/6/2019) sekira pukul 16.35 Wib. Politisi PPP ini meninggal setelah sebelumnya sempat dibawa ke Rumah Sakit Malahayati, Medan.

Selasa, 18 Jun 2019 18:25Internasional

Ini Dia Kapal Nabi Nuh Seperti Digambarkan Alquran

Perlu diketahui, bahwa Nabi Nuh AS merupakan salah satu nabi Ulul Azmi, yaitu sebuah gelar khusus bagi golongan nabi istimewa yang mempunyai ketabahan luar biasa. Dikisahkan selama berdakwah, Nabi Nuh selalu dihina oleh kaumnya.

Selasa, 18 Jun 2019 18:04Berita Sumut

Terpidana Henry Panjaitan Serahkan Uang Pengganti Kerugian Negara ke Kejari Pematangsiantar

Keluarga terpidana Ir. Henry Panjaitan yang sudah divonis dalam kasus korupsi pembangunan kios darurat Pasar Horas Kota Pematangsiantar, menyerahkan uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 247.070.000 kepada Kepala Kejaksaan Negeri Pematangsiantar Ferzi

Selasa, 18 Jun 2019 18:03Berita Sumut

Melalui Komsos, Babinsa Koramil 16/TM Serap Aspirasi dan Permasalahan Warga Binaan

Melalui komunikasi sosial (Komsos), bintara pembina desa (Babinsa) Jajaran Koramil 16/Tanjung Morawa Kodim 0201/BS bisa menyerap aspirasi dan permasalahan masyarakat di wilayah binaannya.

Selasa, 18 Jun 2019 17:48Berita Sumut

Edy Rahmayadi Harapkan DMDI Jadi Pelopor Pemersatu Masyarakat Melayu di Sumut

Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) diharapkan menjadi pelopor pemersatu masyarakat Melayu di Sumatera Utara (Sumut). Hal itu diperlukan mengingat, Sumut sebagai “negeri berbilang kaum” yang memiliki beragam suku dan agama.

Selasa, 18 Jun 2019 17:33Berita Sumut

Wakil Wali Kota Tepungtawari Calon Haji Kecamatan Medan Deli

Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si mengajak Jama'ah Calon Haji agar bersyukur karena telah mendapat panggilan ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam yang Kelima yakni Ibadah Haji. Karena, sambung Akhyar, tidak banyak yang benar

Selasa, 18 Jun 2019 17:18Berita Sumut

Polda Sumut Kawal BPN dan PTPN II Distribusikan Tanah ke Masyarakat

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara akan mengawal proses pendistribusian lahan eks PTPN ke masyarakat. Langkah ini dilakukan agar penerima lahan memang warga yang mempunyai hak.

Selasa, 18 Jun 2019 17:08Berita Sumut

Maruli Siahaan Jalin Silaturahmi dengan Pengurus NU Kota Medan

Kombes Pol (Purn) Dr Maruli Siahaan SH MH kunjungi kantor Nahdatul Ulama (NU) Kota Medan di Jalan Palang Merah Medan, Selasa (18/6/2019) untuk lebih mempererat tali silaturahmi, terutama dengan pengurus baru NU Kota Medan.