• Home
  • Berita Sumut
  • Tujuh Investor Gelontorkan Rp 6,1 Triliun untuk Pariwisata Danau Toba

Tujuh Investor Gelontorkan Rp 6,1 Triliun untuk Pariwisata Danau Toba

faeza/rel Jumat, 12 Oktober 2018 17:48 WIB
Mtc/ist
Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Kementerian Pariwisata bersama tujuh investor menandatangani perjanjian kerja sama investasi untuk pengembangan kawasan pariwisata Danau Toba dengan komitmen investasi mencapai USD 400 Juta atau sekitar Rp 6,1
MATATELINGA, Bali: Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Kementerian Pariwisata bersama tujuh investor menandatangani perjanjian kerja sama investasi untuk pengembangan kawasan pariwisata Danau Toba dengan komitmen investasi mencapai USD  400 Juta atau sekitar Rp 6,1 triliun dengan lahan pengembangan seluas 77,5 hektar.   


Penandatanganan perjanjian investasi diselenggarakan di Sofitel Nusa Dua sebagai rangkaian acara  IMF World Bank Group Annual Meeting di Forum Pembangunan Berkelanjutan Tri Hita Karana ke-2 di Bali. 
Penandatanganan kerja sama investasi dilakukan oleh Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo bersama dengan tujuh investor, disaksikan oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah BPODT, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, para Menteri terkait, dan Duta Besar negara sahabat.  


Hadir pula Tenaga Ahli Menteri Pariwisata dan Ketua Pokja Bidang Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, Hiramsyah S. Thaib.  Ketujuh investor  diwakili oleh Bachtiar Karim (PT Gaia Toba Mas), Berlinton Siahaan (PT Agung Concern), David Makes (PT Alas Rimbawan Lestari), Erwin Hutabrat (PT Gamaland Toba Properti), Suhendro Santosa (PT Crystal Land Development), Surya Darmadi (PT Asset Pacific) dan Wiraseno (PT Arcs House Jambuluwuk).

Sebagai pengelola kawasan, BPODT memastikan para investor untuk melakukan pengembangan dengan pendekatan eco-tourism, yaitu pengembangan pariwisata yang tetap menjaga kelestarian lingkungan, melibatkan pemberdayaan sosial-ekonomi masyarakat di sekitar Danau Toba, serta yang menjaga kearifan lokal dan tradisi warisan budaya setempat.


Dalam kesempatan sebelumnya bulan Juli 2018 Presiden Joko Widodo telah mencanangkan Danau Toba sebagai salah satu dari empat destinasi pariwisata super prioritas yang menjadi fokus pengembangan dan pembangunan.  Selain itu, Pemerintah juga menargetkan Danau Toba sebagai eco-tourism andalan Indonesia. Dengan demikian, diharapkan kunjungan wisatawan domestik dan manca negara akan terus meningkat.
 
Arie Prasetyo, Direktur Utama BPODT menyampaikan BPODT menyambut sangat baik para investor yang berkomitmen tinggi untuk mengembangkan Danau Toba sebagai kawasan eco-tourism. Kerja sama yang terjalin ini tidak hanya mengenai solusi investasi saja. 

"Kami bersama-sama dengan para investor akan memastikan bahwa proses pengembangan berjalan sesuai dengan pendekatan eco-tourism yang menjaga keharmonisan alam, manusia dan aspek spiritual. "terangnya.
 
Lebih lanjut Arie menjelaskan, sejak kerja sama ini ditandatangani, para investor akan mulai melakukan pengembangan dengan membangun fasilitas-fasilitas penunjang pariwisata seperti: hotel dan resort berstandar internasional, MICE (meeting, incentive, convention and exhibition), agro-forestry, pertanian organik, wisata desa, pendidikan tentang pariwisata dan pemberdayaan sosial-ekonomi yang memungkinkan masyarakat di wilayah pariwisata Danau Toba dan sekitarnya menjadi sejahtera. 

"Luas area otoritatif BPODT yang memiliki luas lebih kurang 386,5 ha di Sibisa, Kabupaten Toba Samosir yang diperuntukkan sebagai pengembangan Eco-Cultural Tourism Development,"terangnya.
 
Sementara itu, pada kesempatan yang sama dalam acara penandangatangan kerjasama investasi tersebut, Hiramsyah S. Thaib, Tenaga Ahli Menteri Pariwisata dan Ketua Pokja Bidang Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, mengatakan,untuk mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi wisata berkelas dunia, peran sektor swasta dalam pengembangan kawasan ini sangat penting. 

"Beriringan dengan hal tersebut, Pemerintah juga memberikan dukungan penuh melalui sarana 3A yaitu Attraction, Accesibility, Amenity, serta pembangunan infrastruktur, kemudahan perizinan dan hal terkait lainnya. Saya yakin, para pelaku bisnis industri pariwisata dapat bergerak cepat untuk melakukan pengembangan. Selain itu, Pemerintah juga telah banyak melakukan terobosan untuk meningkatkan kepariwisataan Indonesia agar dikenal di dunia internasional, termasuk mengupayakan agar Geopark Kaldera Toba mendapat pengakuan sebagai UNESCO Global Geopark,"sebutnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mengapresiasi momentum ini. Menurutnya langkah ini sudah tepat dilaksanakan oleh Badan Otorita yang telah dibentuk tahun 2016 akhir ini. Seperti diketahui, pertumbuhan pariwisata tanah air 3 kali lebih tinggi dari Pertumbuhan Regional Asean bahkan dunia. Sampai Desember 2017, pertumbuhan Pariwisata Indonesia naik 22% jauh diatasi pertumbuhan Pariwisata Asean 7% dan pertumbuhan pariwisata dunia 6.4%.

"Tantangan investasi Pariwisata khususnya di 10 destinasi pariwisata prioritas termasuk Danau Toba sampai tahun 2024 yaitu kebutuhan kesediaan 120.000 kamar hotel, 15.000 restoran, 100 taman rekreasi,100 operator diving, 100 Marina, 100 KEK dan amenitas pariwisata lainnya. Untuk itu maka dukungan investasi dari pihak swasta seperti yang sudah dilakukan hari ini adalah tindak lanjut positif untuk mendukung tercapainya target kunjungan 20 juta wisman tahun 2019 dan sektor pariwisata sebagai penghasil devisa terbesar tahun 2019 yang diproyeksikan menyumbang devisa untuk Indonesia yaitu US$ 20 Milliar", demikian tutupnya.(mtc/fae)

Editor: faeza

T#g:MatatelingaMedanSumutTerkiniBpodtDanau tobaInvestasi
Komentar
Selasa, 18 Jun 2019 12:05Berita Sumut

Disdik Binjai Diminta Persiapkan Proses PPDB secara Bersih dan Transparan

Pemerintah Kota (Pemko) Binjai rutin melaksanakan upacara Hari Kesadaran Nasional, yang dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulannya. Bertindak sebagai pemimpin upacara Walikota Binjai yang diwakili Staff Ahli Pemko Binjai Drs. Afwan, Apt.MM dan turut d

Selasa, 18 Jun 2019 11:29Berita Sumut

Halal Bi Halal dengan Warga, Bupati Sergai Sampaikan Sejumlah Pesan

Bupati Serdangbedagai Soekirman menggelar halal bi halal dengan masyarakat di Kecamatan Perbaungan dan Pantai Cermin, Senin (17/6/2019). Dalam kesempatan itu, Soekirman menyampaikan banyak pesan untuk para warga dan OPD.

Selasa, 18 Jun 2019 11:14Nasional

569 Atlet Panahan Bersaing Rebut Piala Panglima TNI Open Tahun 2019

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P membuka Kejuaraan Panahan Piala Panglima TNI Open tahun 2019 di lapangan Pusjaspermildas TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (18/6/2019).

Selasa, 18 Jun 2019 11:06Berita Sumut

Apel Hari Kesadaran Nasional Kota Binjai 2019

Pemerintah Kota (Pemko) Binjai rutin melaksanakan upacara Hari Kesadaran Nasional, yang dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulannya. Bertindak sebagai pemimpin upacara Walikota Binjai yang diwakili Staff Ahli Pemko Binjai Drs. Afwan, Apt.MM dan turut d

Selasa, 18 Jun 2019 10:59Berita Sumut

Tim Verifikasi Tertib Administrasi Pusat Kunjungi Binjai

Ketua TP PKK, Hj Lisa Andriani Idaham didampingi Asisten I Otto Harianto,SH , beserta pimpinan OPD, dan anggota PKK, menyambut kehadiran tim verifikasi lapangan lomba pelaksanaan terbaik tingkat nasional tertib administrasi dalam rangka Hari Kesatuan Ger

Selasa, 18 Jun 2019 10:55Berita Sumut

Puluhan Pelajar Diamankan Polsek Medan Baru

Petugas Polsek Medan yang dipimpin Kanit Reskrim Iptu Philip Purba, Antonio Purba SH MH didampingi Pawas Panit 3 Sabhara Ipda Carles BA, mengamankan puluhan pelajar dari berbagai sekolah dari salah satu rumah makan samping Power Salon Jalan Darussalam, Se

Selasa, 18 Jun 2019 10:35Nasional

34 Perwira Tinggi TNI Dipromosi Jabatan Baru

Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi

Selasa, 18 Jun 2019 10:20Berita Sumut

Berkali-kali Beraksi, 3 Orang Pelaku Perampokan Rumah di Medan Dilumpuhkan Polisi

Tim Pegasus Polrestabes Medan meringkus 3 orang kawanan pelaku perampokan rumah yang sudah beraksi berkali-kali. Ketiganya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas lantaran melawan petugas saat penangkapan.

Selasa, 18 Jun 2019 08:30Bola

Chelsea Tolak Tawaran Dua Klub Besar Dunia untuk Willian Borges

Hanya menyisakan masa kontrak selama satu tahun lagi bersama Chelsea membuat Willian Borges

Selasa, 18 Jun 2019 08:15Lifestyle

Positif Hamil, Shandy Aulia Sempat Tak Percaya Hingga Gunakan 10 Testpack

Kehamilan aktris Shandy Aulia setelah 7,5 tahun menikah, tentu menambah bahagia biduk

Selasa, 18 Jun 2019 08:00Berita Sumut

Pangdam I/BB Harapkan Satgas Yonif 132/BS Mampu Menjaga Keutuhan NKRI Di Perbatasan Timor Leste

Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI MS.Fadillah memimpin secara langsung Upacara Pembukaan Latihan Pratugas Satuan Tugas

Selasa, 18 Jun 2019 07:45Internasional

Dibalik Jeruji Besi, Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi Meninggal Dunia

Mantan Presiden Mohammed Morsi meninggal dunia pada usia 67 tahun setelah pingsan di balik

Selasa, 18 Jun 2019 07:30Nasional

Hari ini, MK Kembali Gelar Sidang Lanjutan Gugatan Sengketa Pilpres 2019, Berikut Agendanya

Sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Selasa, 18 Jun 2019 07:15Ekonomi

Syarifuddin: Tahun Depan Tukin dan Insentif Tak Dinikmati PNS lagi

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah menerima insentif tidak diperbolehkan menerima

Selasa, 18 Jun 2019 07:00Ekonomi

Menanti Pejabat Baru PLN, Menteri Rini Siapkan 5 Kandidat

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno disebut sudah menyiapkan

Selasa, 18 Jun 2019 06:45Bola

Meski Dianggap Pengkhianat Juve, Fabio Capello Tetap Bela Antonio Conte

Keputusan Antonio Conte untuk melatih Inter Milan nyatanya mendapat banyak kritik, yang utamanya